Februari 2013


Embah was a kind,caring and wonderful man who was loved and gave love back. I remember fishing with Embah and Rizki where I caught 5 fish in one day( a personal record on the best day of my life). If it hadn’t been for Embah,I would have never caught one. Ifonly he was still here.

I remember when he took me and Rizki to the mall. We bought T-shirts and clothes, bought ice cream and food, played in Timezone for over an hour,it was the time of my life. He let us do anything we wanted. If he was here, I wish we could do that again as it was perfect.

One day,he took my family out to the coolest zoo,Taman Safari where we saw coolanimals such as tigers, elphants, parrots and more. Embarrasing but I even rode a pony.We bought cool souveneirs such as Giraffe hats and Taman Safari shirts.We also played with an Asain elephant. I wish we could go again.

I felt like dying for him when I got the news that Embah had passed away.It was a gut wrenching day for me and my family. I cried eventually knowing the fact I was never going to talk to him again or even see him again.

There were many things people missed about Embah; his looks,himself,personality and more. I will miss his famous smile. The reason behind it is because whenever you would look at him, he always smiled no matter what. It was like he was forbidden to get angry or be sad and that is what I loved about him. The only person I knew that always smiled.That is what I will trully miss.

May Allah reward you with paradise as there is no paradise without Embah.I will never stop loving you Embah just as you never stopped loving me.

Thariq Maulana

Iklan

It was the first time in a long time that I travelled to Indonesia back in 2007 where we were able to reunite with our family.

I hadn’t remembered any of them, I wasn’t able to memorise back then. Since we were on the other side of the world I had to adjust my sleeping pattern which took a while. I wanted to go home honestly. Sure we are visiting our family yet this was a totally new environment. I missed our home. But after the holiday I realised I never wanted to leave. All of our relatives were so kind and playful with us; we developed a strong and warm relationship with each other. There was one man in particular who I have very fond memories of.

This was the first time we spent a day out together with my cousins. Embah, my grandfather on my father’s side, took us out on a day. He invited three of my cousins, Ara, Putri and Nisa along as well as a friend of his who was to assist us. We first went to a restaurant that was empty so we were able to sit where we wanted. We ordered what we wished for from the menu, I had a bowl of noodles and a glass of Teh botol. The restaurant also had an upper landing full of pool tables. We all decided to play pool together and we spent about half an hour up there.  Afterwards, Embah took us all to the ever-popular “Timezone.” It was a vast area of various games and machines. We were able to spend about an hour and some in this playing whatever we wanted. Time to time we stopped for a quick break to refresh ourselves with a shake or some Tehbotol.

Whenever we were at home he was very nice. Since I was new here he wanted to know about my life and my personality. I liked to talk to him about this because through this I was able to know a bit about him too. It was only at the end of the holiday that I wanted to know my grandfather much more.

After three years in 2011 we were able to come back to Indonesia and I was ever so excited.

Again we were able to talk to each other so I could tell him about the things going on over the past three years, and he could tell me how he was feeling.

One day Embah decided to take just Thariq and I to a place. I thought he might have taken us to Timezone however it was just us alone and I thought it had to be something else. After a couple of minutes we arrived in front of a large gate guarding a small lake and garden. He told us that we would practice fishing. None of us had never tried it and had always wanted to try it. I especially was excited about it since I like fish and fishing seemed had been one of those tasks on a to-do list with my life. Unsurprisingly I was terrible but Embah showed me the way. The rods used in Indonesia have a totally new technique to the UK methods but were actually more effective. With Embah’s little crash course I actually caught a fish, my very first fish, which we ate for dinner. We went fishing for a few more days.

Again we were able to Timezone which was fun. One day Embah decided to treat me and Thariq and took us out into the large shopping centre. He wanted to buy some clothes for us and some shoes. We walked around the large shopping area and picked out clothes and shoes we wanted to buy.

One memorable day was the day Embah and Eni’ took our whole family to visit “Taman Safari.” Taman Safari was a drive-through Safari Park where we were able to witness various exotic animals, from tigers to elephants to birds of the rainforest. Thariq even rode a pony… We took some incredible photos of us lined up against four humungous Asian Elephants and we were able to buy us some nice ‘Taman Safari’ T-Shirts.

These memories show me that Embah was a very generous man. He always wanted me and Thariq to receive the best he could offer. He wanted to introduce us the Indonesian lifestyle. Embah was always giving. Whether it was T-Shirts, more credit allowance in Timezone, some drinks, he was there to provide us to make sure we were always happy.

Embah was thoughtful. He wanted to know how I was back in England and how I was coping with my education and he was sympathetic with my issue of stress of exams and homework. I never saw Embah with a frown on his face. Every time I looked at him or talked to him or spent time with him he was always smiling, laughing and always happy. His ambience brightened the mood.

You never realize how much you love the person until they pass away out of your life. You will always remember them and miss them but you can never talk or touch or play with them again. And if you ever had some disputes or had some issues you can never resolve them again. You wish you should have always done what you wanted to do, what you wrongs you wanted to right before it was too late.

It also goes to show that you should never take your life for granted. Just because you’re a 15 year old doesn’t mean your life won’t be next. Ever since this event has happened I’ve come to realise that there is a beginning and end to my life and that the end can happen at any stage at which Allah wishes. I realise that I should appreciate my life more and do more with my life than waste it.

It was too soon for Embah to passed away. If he was alive for longer I would be able to show him and tell him about my results I will get in the following years of my education and tell him about all the other activities I have been doing such as my current DofE (Duke of Edinburgh programme).

So Insha-Allah we all wish Embah that he will be rewarded with Paradise, we thank him for all the kindness and gifts he presented to us and this world and we hope we can do just the same.

Love you Embah. Love the rest of the family if you’re there. Love God. Love whatever there is to love anyway…

From Rizki your grandson, all the way back in England. Wishing I was with you guys.

Hari ini shalat Jum’at pertama yang akan dilewati Alm. Mbah. Sudah dua hari mbah belum makan, belum minum obat, berapa hari ini cuma tidur.. sendiri..

“Minggu kemarin itu terakhir kalinya eni dan mbah itu nonton di bioskop setelah berapa puluh tahun..”, di tengah ruang makan eni bercerita pada saya. Kami duduk berdua membicarakan tentang banyak hal mengenai Almarhum. Mereka sempat menonton film “Habibie & Ainun” di Botani Square bersama anak ke-dua mereka yang saya panggil dg sebutan Uwa Amet.

“Nggak tau kenapa tapi wa Amet bilang ke Eni sm Mbah jam 13.40 padahal di karcisnya tulisannya jam 14.40 Ra. Kan kecepetan tuh, sampe disana jam 13.10 udah gitu wa Amet lama nyari parkirnya kan jadinya eni sama mbah ngopi aja dulu deh.” Saya fikir mereka bersantai di Starbucks, tapi ternyata tidak. Baru pertama kalinya mereka makan berdua di foodcourt Botani Square. Seperti kembali ke zaman PDKT.

“Pah, kayaknya itu tempat kopinya enak.” eni bilang ke mbah sambil menunjuk ke salah satu stand coffee di sekitar situ. Akhirnya mbah memesankan kopi untuk eni. “Kamu mau makan apa pah? Kayaknya ada pempek tuh disitu” “Iya deh Da, saya pempek aja”. Eni memesankan 1 buah pempek lenjer untuk mbah, katanya mahal terus kecil hehehe..

“Terus Ra, eni kan lihat ada cakwe kalau nggak salah namanya Cakwa Ratu deh yaudah eni pesan kan, nggak lama wa Amet sms nanya ada dimana. Nah terus akhirnya ketemu kita ke studionya deh.” Lucunya, eni sempat bercerita tentang perbincangan eni dan petugas toilet di XXI Botani.

“Si mbah kan udah kesel, studionya udah buka, eni pengen ke toilet tapi lama. Terus eni tanya deh ke petugasnya ada berapa kamar sih di masing-masing toilet perempuan dan laki-laki ternyata sama masa Ra. di yang perempuan ada 7, di laki-laki juga, cuma ada yang berdiri ya otomatis kan yang perempuan lebih lama kan antrinya tapi akhirnya pas masuk masih iklan belum film cuma udah gelap gitu.” Saya tersenyum sambil membayangkan eni menggandeng mbah sambil jalan di depannya wa Amet. Lucu, seperti masih pacaran…

Saya sudah dua kali menonton film ini, dan saya selalu bilang ke mbah “Mbah udah nonton Habibie & Ainun belum? Bagus banget tau, pasti kalau nonton sama eni nangis” “Iya ih belum, si eni tuh susah di ajak nontonnya sukanya kan nonton dvd” balasnya. Jadi waktu itu saya pernah janji ke eni akan membelikan dvd-nya kalau sudah keluar nanti.

“Mbah ketawa banget Ra pas denger Habibie bilang; “Waduh gula jawa sudah berubah menjadi gula pasir”” Ya saya juga jadi ikut tertawa mendengar si eni cerita sembari cekikikkan. “Cuma mbah kayaknya rada sedih pas bu Ainunnya bilang; “Apabila saya harus mengulang hidup saya, saya tetap akan memilih kamu”, ingat kali ya tentang apa yang udah eni dan mbah lewatin selama +/- 44 tahun ini” mendengarnya, jujur saya ingin sekali menitihkan air mata. Tapi mau tidak mau, saya harus tegar depan eni.

Malam tadi saya dan Nisa cucu ke-4 Almarhum menemani eni tidur. Setelah membuatkan teh manis, saya memeluk eni sampai tertidur. Subuhnya eni membangunkan saya untuk shalat, dengan tetesan air mata dan suara gemetar eni berkata “Ayo Ra, shalat dulu.. Doain mbah” cuma lagi-lagi saya cuma setengah terbangun dan meneteskan air mata. Akhirnya saya memegang tangan eni. Ternyata eni terbangun lebih dahulu daripada saya.

Paginya semua anak eni berkumpul di ruang makan, kita berbicara kembali tentang proses kepergian mbah. Memang sulit dipercaya, semuanya masih seperti mimpi. Seakan kita hidup di antara kehidupan nyata dan kehidupan bawah sadar.

“Harus ikhlas, semua itu ada hikmahnya.. Susah meninggal kayak mbah. Eni aja belum tentu bisa kayak gitu, dikabulkan segala keinginannya dan di permudah”. Ya, mbah memang pernah bilang kalau beliau ingin menghembuskan nafas terakhir di kampus karena sering bercanda dengan eni “Ah, dosen mah meninggalnya di kampus”. Dan menginginkan anak laki satu-satunya memandikannya saat sudah tidak ada, beruntung Wa Amet sudah pulang sekitar 1 tahun yang lalu.. Dan semua anaknya lengkap menemani mbah sampai ke pemakaman.

Rumah sekarang menjadi sepi, tidak ada lagi yang tertawa dengan nada “he he he”, tidak ada yang memuji cucu cucunya “Duuuh cucu mbah cantik cantik dan jangkung jangkung ya”, tidak ada yang menarik hidung kami sambil berbaca bismillah biar “mancung” katanya. Namun berjuta penyesalanpun tak bisa merubah apapun. Apa yang terjadi, sudah terjadi. Kami cuma bisa mengikhlaskan beliau. Berdoa, dan berdoa, dan berdoa.

YaAllah… Semoga engkau menerima segala amal Ibadah beliau, mengampuni segala dosaNya, mengangkatkan derajatNya, dan memberi tempat yang layak di sisiMu yaAllah.. Berilah kekuatan kepada keluargaNya, ketabahan, dan kesabaran. Aamin..

(Biandra Azzahra)

Tanggal 7 February, 2013 pukul 9:59 WIB. 24 jam telah berlalu, namun air mata ini tidak bisa berhenti menetes… Sulit merelakanMu pergi Mbah, sulit mengikhlaskan kepergianMu…

Pagi ini saya terbangun, mengira semuanya hanya mimpi.. Menuju lantai bawah, saya mencoba melupakan semua mimpi itu dan percaya bahwa mbah masih ada, untuk mengingatkan saya sarapan pagi ini. Tapi tidak, tidak ada suara yang memanggil nama saya menyuruh saya sarapan. Tidak ada suara ketikkan di laptop mbah bekerja di ruangannya. Tidak ada lagi, semua sudah hilang, selamanya.

“Mbah kan sering main pura-pura mati, pasti skarang juga lagi main.. Jangan lama-lama pura-puranya ya mbah” -@biandraazy. Tweet ini memang penuh pengharapan, penuh rekayasa, penuh….ketidak ikhlasan, tapi mbah, Ara masih pengen sama mbah.. Ara masih pengen bisa meluk mbah.. Ara kangen mbah..

Mbah itu suka beef burger tanpa keju, martabak manis coklat kacang tanpa keju, kalau makan manga atau jeruk pasti cuma setengah, setiap pagi di sediakan air hangat, air sirih. Tapi mbah suka nyemil, akhir-akhir ini mbah dan eni sering ke Michelle Bakery membeli cheese stick dan kue-kue kecil lainnya, yang biasanya 1 toples ada di meja kerjanya tapi Ara habiskan beberapa minggu yang lalu..

Aroma tubuhnya masih bisa saya cium disini, wangi khas dari mbah setiap saya memeluk dan menciumnya. Mbah, kake terbaik seorang cucu bisa dapatkan. Papah terbaik seorang anak bisa dapatkan. Seorang sobat yang membuat semua orang merasa bangga.. Kami kehilangan, mbah. Sangat kehilangan..

Tuhan, benarkah semua ini? nyatakah semua ini? Mengapa secepat ini? Ara belum sempat mengucapkan selamat tinggal…

(Biandra Azzahra)

Tepat tadi pagi(6/2/13), jam 10.10, dering telfon di hp -yang sudah lowbatt dan hampir mati- terdengar. Suara panik yang menyuruh saya ke Admission sekolah di terapkan teteh, Putri Farhah Thaliah (16). Kami bersekolah di tempat yang sama, Bina Nusantara International School Serpong. Saya sedang membeli crepes, karena sedang istirahat. Sekejap saya berfikir “Oh dia pengen curhat kali ya, yaudah deh santai masih ada setengah jam lagi”, tidak ada pemikiran apapun saat itu. Tiba-tiba Eni, istri Bpk. Sjafri, nenek kami, menelfon dengan suara menangis menyanyakan apakah saya sudah di jemput atau belum. Otomatis saya panik, eni itu adalah orang ter-strong, terkuat, tertegar yang pernah saya temuin dan tidak pernah menangis sesegukkan, baru kali ini.

Saya lari dari lantai satu ke lantai dua membenahi tas di kelas. Ketika sampai, saya Cuma bisa bertanya “Mbah kenapa sih?” dengan muka kebingungan. Mendengar jawaban teteh, saya terjatuh menangis merasakan sakit yang amat dalam, rasa kehilangan, rasa rindu yang tiba-tiba menancap begitu hebatnya.

Jam 12.30 saya sampai di Bogor, ceritanya begini.

Mbah, yang belum lama keluar dari rumah sakit, akhirnya mengikuti acara “Rabuan” di kampus IPB, Darmaga. “Ia memakai seragam FEM, masih memberi sapaan kepada semua yang datang, memberi amanah ke beberapa kenalannya, masih tersenyum sehat.” kata seseorang yang jalan di belakang saya setelah pemakaman. Katanya, saat Hymne IPB dinyanyikan, mbah sudah tidak sanggup berdiri. “kang, berdiri kang” tegur salah satu temannya. Dalam hitungan detik, mbah terjatuh dari kursinya sambil menyebut nama Allah SWT.

Perjalanan menuju Karya Bakhti di bantu oleh para security, ambulance, dan rekan rekan IPB lainnnya. Eni-pun langsung menyusul setelah mendengar kabar dari handphone mahasiswanya karena hp Eni mati. Namun ketika sampai, mbah sudah tidak Ada.. Innalillahi Wainaillaihi Rojiun… Selamat jalan mbah, selamat menempuh hidup yang jauh lebih baik, tetesan-tetesan air mata ini mendoakanmu sepanjang jalan, alunan ayat Al-Qur’an membimbingmu melewati semua ini. Berharap Mbah akan lebih tenang disana….

Suara ketikan ketikan di laptop beliau mengingatkan semua masa lalu kami, kami berdua. Di garasi yang sudah di renovasi menjadi tempat kerjaNya, Ditemani kalender MB IPB, speaker, penghargaan, aqua, buku-buku beliau, kamus, Al-Qur’an dan juga buku “Motivational Leadership” yang di tuliis oleh Scott Snair, Ph.D yang tergeletak terbuka di halaman 105 terbalik di mejanya.

Suasana rumah masih ramai, +/- dari 3000 orang menjengukMu Mbah, mengharapkan keajaiban, menantiMu kembali, berharap bisa bertemu untuk terakhir kalinya. Begitu disayangnya beliau, begitu dikasihi dan di hargai. Lebih dari 30 rangkaian bunga berucap “Turut Berduka Cita” di pajang di halaman rumah. Polisi, security, kerabat, semua datang membantu.

Saya ingat waktu dulu, lukisan pertama yang saya lukis saya berikan untuk mbah. Bergambar vas bunga dengan latar belakang jendela dan rak buku. Lalu lukisan terakhirpun adalah hadiah untuk mbah, ulangtahun mbah yang ke-65 tahun. Namun tak terasa 5 tahun telah berlalu, tidak ada lagi yang menegur menyuruh kami sekeluarga memakai seatbelt sebelum berangkat. Tidak ada lagi yang mengajak kami ber-wisata kuliner sekeluarga. Tidak ada lagi terdengar jerih tawaNya yang memberi kami ketenangan hati, jiwa, pikiran.

Belum berapa lama, saya menginap di Bogor sendiri. Mbah menitip pesan pada saya “Nanti, rumah sakit keluarga Mangkuprawira Ara yang terusin ya. Ara yang urus pas Ara udah jadi dokter spesialis nantinya”. Kita memang sering membicarakan masa depan, saya pernah berjanji kalau beliau pasti akan melihat anak saya nantinya. Akan bisa memegang dan menggendong anak saya. Tapi janji itu terputus. Satu janji yang tidak akan pernah saya langgar, adalah untuk menjadi seseorang di kemudian hari yang pasti akan membanggakan mbah. Entah berapa banyak halangan yang akan saya lewati, tapi ini semua hanya untuk mbah.

6 Februari, pukul 18:40 9 jam sudah berlalu, saya cucu ke-2 bapak Sjafri masih merasakan bahwa semua ini hanya sekedar mimpi buruk yang akan berakhir esok hari. “Mbah”, ya, itu panggilan sayang yang dilontarkan oleh para cucu-Nya. Semua serasa tidak nyata, serasa palsu, it hurts too much to be this real.

Mbah… semua terasa begitu cepat. Maafin Ara yang dulu sering marah-marah sama mbah pas kecil. Sering grasak-grusuk naik ke atas tangga kalau lagi marah sama mbah. Maaf, Ara belum bisa terlalu banyak menghabiskan waktu sama mbah. Ara senang, Ara yang menjemput mbah saat terakhir kali keluar dari rumah sakit. Tapi, kenapa harus secepat ini??

Ara akan selalu berdoa buat mbah, Ara akan selalu simpan dalam hati semua pesan-pesan dari mbah. Yang tenang ya mbah disana, semoga air mata ini bisa berhenti menetes dan hati ini bisa mengikhlaskanMu pergi… ALLAH akan selalu bersamamu mbah, jangan lupa untuk datang ke mimpi Ara kapanpun mbah bisa ya… Ara sayang mbah, sayang banget.

(Biandra Az-Zahra)