Setelah mengikuti serangkaian debat publik dan uji kelayakan dan kepantasan, calon rektor IPB yang semula berjumlah tujuh orang kini tinggal tiga orang saja. Mereka adalah Prof.Dr.Ir.Dudung Darusman (dosen Fakultas Kehutanan), Prof.Dr.Ir MA Chozin (dosen Fakultas Pertanian), dan Dr.Ir Heri Suhardyanto (dosen Fakultas Teknologi Pertanian). Insya Allah pada hari Senin depan, 3 Desember 2007, Majelis Wali Amanat akan memilih Rektor IPB periode 2007-2012

Khalayak akademik, tenaga penunjang, dan alumni IPB tentunya bertanya-tanya mana diantara tiga orang calon rektor tersebut yang paling layak untuk menjadi orang nomor satu IPB itu. Tidaklah mudah menebak mana yang paling oke. Pasti ketiga calon memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. Saya selaku Ketua Senat Akademik relatif cukup sering diposisikan sebagai sumber yang dianggap paling tahu tentang kapabilitas tiga calon tersebut. Mereka banyak bertanya bahkan minta pendapat saya.

Sementara itu berseliweran beragam pendapat lewat SMS tentang pro dan kontra terhadap setiap calon. Tetapi saya tetap tidak bergeming untuk tidak memihak kepada calon tertentu. Sebagai seorang pemimpin suatu organ normatif tertinggi di bidang akademik, saya harus menjaga integritas kelembagaan dan juga pribadi saya.

Memang kebetulan tiga calon itu adalah anggota Senat Akademik. Saya sendiri sama sekali tidak menjawab mana kira-kira pilihan saya. Dalam pandangan saya, kebetulan sebagai senior mereka, selalu mengatakan mereka semua pantas menjadi rektor. Mereka sudah melewati proses filterisasi yang ketat dan melelahkan. Kita tunggu saja otoritas Allah mana yang dianggap paling tepat untuk menduduki jabatan rektor.  

Iklan