Tidak jarang para karyawan merasa kecewa karena dinilai tidak memiliki kinerja yang standar. Mereka menganggap telah terjadi manipulasi data oleh penilai. Bisa saja itu terjadi kalau penilaian kinerja terhadap karyawan dilakukan dengan ukuran subyektif. Dengan kata lain terjadi peluang munculnya bias. Di sini, bias merupakan distorsi pengukuran yang tidak akurat. Meskipun pelatihan bagaimana melakukan penilaian kerja dapat mengurangi bias, maka bias sering terjadi ketika penilaian tetap tidak lepas dari unsur emosional para penilai. Bentuk bias penilai meliputi hal – hal berikut.
Hallo Effect
Bias ini terjadi ketika opini personal penilai terhadap karyawan mempengaruhi ukuran kinerja. Sebagai contoh, jika seorang penilai menyukai seorang karyawan, maka opini tersebut bisa jadi mengalami distorsi estimasi terhadap kinerja karyawan itu. Masalah ini sering meringankan atau memberatkan ketika para penilai harus menilai karakter kepribadian teman–teman mereka, atau seseorang yang sangat tidak disukainya.
Kesalahan Kecenderungan Penilaian Berlebihan
Beberapa penilai tidak menyukai untuk menilai karyawan apakah dalam kondisi efektif atau dalam kondisi rata–rata. Dalam bentuk penilaian, distorsi ini menyebabkan para penilai untuk menghindari penilaian ekstrem, seperti nilai amat buruk dan sempurna. Sebagai gantinya mereka menempatkan angka–angka penilaiannya dekat dengan rata–rata. Inilah yang disebut bias atau kesalahan menilai. Padahal ini mengakibatkan kerugian pada karyawan yang memang secara obyektif memiliki kinerja tinggi.
Bias Kemurahan dan Ketegasan Hati
Bias kemurahan hati terjadi ketika para penilai cenderung begitu mudah dalam menilai kinerja para karyawan. Beberapa penilai melihat semua karyawan adalah baik dan memberikan penilaian yang menyenangkan. Bias ketegasan hati merupakan hal yang sebaliknya. Hal itu merupakan hasil dari para penilai yang begitu keras dalam evaluasinya. Sering disebut “kikir” dalam menilai. Kedua bentuk bias ini lebih umum terjadi ketika standar kinerja tidak jelas.
Bias Lintas Budaya
Tiap penilai memiliki harapan tentang perilaku manusia yang didasarkan pada budayanya. Ketika orang–orang diharapkan untuk mengevaluasi yang lainnya dari kultur yang berbeda, mereka mungkin menggunakan harapan budayanya kepada seseorang yang memiliki kepercayaan atau perilaku yang berbeda. Dengan keragaman budaya yang lebih besar dan tingginya mobilitas karyawan melintas batas internasional, sumber bias potensial menjadi lebih mungkin muncul.
Prasangka Personal (Contrast Effect)
Ketidaksukaan penilai terhadap sebuah kelompok orang dapat mendistorsi penilaian yang orang terima. Sebagai contoh, beberapa departemen SDM telah memperhatikan penyelia pria boleh jadi memberikan penilaian rendah yang tidak semestinya diberikan pada perempuan yang memegang pekerjaan atau jabatan yang secara tradisi dipegang kaum laki–laki. Kadang–kadang para penilai tidak sadar akan prasangkanya, dan hal ini membuat bias lebih sulit untuk dibatasi. Meskipun demikian, para ahli hendaknya memberi perhatian dalam membuat pola penilaian tanpa adanya unsur prasangka. Prasangka akan mengabaikan penilaian efektif dan dapat melanggar hukum antidiskriminasi. Hal ini akan melanggar persamaan hak dalam pekerjaan.
Bagaimana mengurangi bias penilai? Manakala ukuran kinerja yang subyektif harus digunakan, bias dapat dikurangi melalui pelatihan, umpan balik, dan teknik seleksi kinerja yang lebih baik. Ada tiga langkah pelatihan untuk para penilai, yaitu (1) bias dan penyebabnya harus jelas, (2) peranan keputusan tentang penilaian kinerja terhadap karyawan harus dijelaskan untuk menekankan kebutuhan akan kejujuran dan obyektif, dan (3) jika ukuran–ukuran subyektif digunakan, para penilai harus menggunakannya sebagai bagian dari pelatihan. Sebagai contoh, pelatihan di ruang kelas membutuhkan evaluasi terhadap pelatih atau video-tape untuk menunjukkan situasi pekerja dan pekerjaan. Kesalahan kesalahan yang tidak kelihatan selama evaluasi simulasi kemudian dapat dibetulkan melalui tambahan pelatihan atau konseling.
Sekali ukuran subyektif telah dibahas dan masuk dalam praktik, para penilai harus memperoleh umpan balik tentang penilaian sebelumnya. Apakah penilaian terbukti secara relatif akurat atau tidak akurat. Umpan balik akan membantu para penilai menilai perilaku mereka secara lebih tepat. Departemen SDM juga dapat mengurangi distorsi melalui penyeleksian teknik penilaian kinerja yang hati–hati. Fokusnya pada teknik penilaian terhadap kinerja masa lalu dan kinerja masa depan. Umpan balik dapat terjadi ketika yang dinilai berhak untuk memprotes jika hasil penilaiannya dianggap tidak adil.
Maret 2, 2008 at 12:33 pm
Assalamualaikum.
Wah pak artikel yang bpk tulis ini sangat sesuai dengan penelitian (skripsi) yang saya lakukan, kebetulan penelitian saya terkait juga dengan masalah efektifitas suatu sistem penilaian kinerja. Penelitian saya tentang penerapan sistem penilaian kinerja 360 derajat di IPB. Jika bpk berkenan meluangkan waktu, saya berencana akan menghadap bapak untuk berdiskusi terkait dengan hal ini dan bpk saya gunakan sebagai pakar SDM dari akademisi.
Terimakasih
Maret 2, 2008 at 1:08 pm
waalaikum salam….insya allah….kita cari waktu yang pas nanti……
Maret 3, 2008 at 1:06 pm
Baik pak. Apakah bpk berkenan jika selanjutnya saya menghubungi bapak untuk menyesuaikan jadwal pertemuan dengan bpk?
Terima kasih
Maret 3, 2008 at 1:16 pm
maaf pak sjafri..mau sedikit memberi masukan..mungkin blog bpk lebih lengkap lagi jika dimasukkan untuk kategori spiritual..
Terima kasih.
Maret 4, 2008 at 11:19 am
tentang blog spiritual,saya tidak menjanjikan….soalnya ngatur waktunya nih……insya allah yodi….silakan kontak saya…….
Maret 6, 2008 at 12:30 am
Terima kasih Pak. Tulisan Bapak mengenai penilaian kinerja, khususnya tentang bias penilaian, sangat membantu saya.
Maret 8, 2008 at 2:32 am
terimakasih sama-sama bung herman….selamat berkarya…..
Desember 16, 2008 at 8:06 am
Assalamualaikum..
Pak Sjafri apa kabar?
pak,saya resty mahasiswa manajemen 42.saya sekarang sedang dalam tahap pembuatan proposal pak.judul penelitian saya tentang “menilai efektivitas sistem penilaian kinerja 360 derajat”.saya mau bertanya sama bapak tentang efektivitas suatu sistem penilaian kinerja itu seperti apa dan ukuran suatu penilaian kinerja dikatakan sudah efektif itu bagaimana.oiya pak,buku apa yang harus saya jadikan sebagai referensi saya?Jika bpk berkenan meluangkan waktu, saya berencana akan menghadap bapak untuk berdiskusi terkait dengan hal ini.
Desember 16, 2008 at 8:09 am
maaf ya pak saya terlalu banyak bertanya sama bapak
sebelumnya terima kasih ya pak…
Desember 16, 2008 at 11:43 am
[…] Tulisan ini dan berbagai tips-tips praktis seputar MSDM dapat diakses juga di: BIAS PENILAIAN KINERJA […]
Desember 16, 2008 at 11:50 pm
waalaikum salam……alhamdulillah baik-baik saja….semoga resty juga…….judul penelitian yang menarik…..silakan nanti kontak saya lagi….kita cari waktu yang pas untuk diskusi ya….salam
Desember 18, 2008 at 4:39 am
assalamualaikum..
baik pak…terima kasih ya pak…
oiya pak,sebelumnya saya mau minta saran dari bapak,sebaiknya buku apa yang harus saya cari dan baca untuk saya jadikan sebagai referensi saya?saya mau tahu tentang efektivitas sistem penilaian kinerja itu seperti apa sebelum saya berkonsultasi dengan bapak.
terima kasih ya pak
Desember 19, 2008 at 12:22 am
resty….coba baca dua buku dahulu yakni Performance Appraisal (2004) karangan Veithzal Rivai dan Ahmad Fawzi M.S,PT RajaGrafindo; dan Manajemen Mutu SDM (2007) tulisan Sjafri Mangkuprawira dan Aida Vitayala Hubeis,PT Ghalia Indonesia……..
Desember 19, 2008 at 7:47 am
Terima kasih byk y pak atas masukan dan saran nya..
Saya akan cari dan baca buku nya..
Saran dan masukan dari bapak sangat berguna sekali buat kelancaran skripsi saya
Desember 21, 2008 at 12:07 am
sama-sama resty….salam
Januari 1, 2009 at 3:51 am
assalamualaikum..
bagaimana kabar bapak sekarang?
terima kasih ya pak atas saran dari bapak kemarin…
saya sudah baca buku karangan rivai dan buku karangan bapak juga..
oiya pak, di buku manajemen mutu SDM saya membaca tentang tesis nya bu ratih tentang analisis pengaruh efektivitas sistem penilaian kinerja terhadap motivasi,kepuasan dan kinerja karyawan. di sana bu ratih mengguanakan metode SEM.kalau kita ingin menilai efektivitas sistem penilaian kinerja apa kita menggunakan metode itu atau metode apa yang seharusnya kita gunakan pak?saya sudah membaca buku rivai tapi disana tidak di kasih tahu metode apa yang harus kita gunakan kalau ingin menilai efektivitas penilaian kinerja,disana cuma dibahas tentang karakteristik tentang penilaian kinerja yang efektif dan tidak efektif.dan buku apa yang harus saya baca pak?
terima kasih banyak ya pak
Januari 1, 2009 at 2:23 pm
waalaikum salam ww….baik-baik saja mbak resty…..terimakasih…..semoga anda pun demikian…..ya bisa menggunakan analisis SEM atau regresi…..dan juga analisis korelasi……dan bisa juga model balanced score card…….berikut saya berikan tiga judul buku yang insya allah dapat membantu anda:
1. Panduan evaluasi kinerja karyawan. 2003.James E.Neal Jr.
2.Evaluasi kinerja sdm.2006.Anwar Prabu Mangkunegara
3.Audit SDM.2002.Willy Susilo
semoga bermanfaat.
Januari 3, 2009 at 3:43 am
terima kasih pak…
saya akan coba pelajari bukunya..
saran dari bapak sangat bemanfaat buat saya…
Januari 3, 2009 at 11:27 pm
semoga sukses resty……please dont hesitate to contact me……
Januari 11, 2009 at 12:08 pm
Saya mohon bantuan Bapak, mungkin bisa diberikan judul referensi tentang teori/konsep berkaitan dengan kinerja, motivasi, pelatihan, pembimbingan, kompensasi dan penghargaan, karena saya sedang menyusun proposal untuk penelitian tentang kinerja Penyidik Polri. Terima kasih atas perhatian dan bantuan Bapak.
Januari 11, 2009 at 2:36 pm
bung ronny….berikut referensi yang diharapkan dapat memenuhi permintaan anda…..tersedia di toko buku…….dan perpustakaan universitas……
1. Panduan evaluasi kinerja karyawan. 2003.James E.Neal Jr.
2.Evaluasi kinerja sdm.2006.Anwar Prabu Mangkunegara
3.Audit SDM.2002.Willy Susilo
4.Performance Appraisal.2004. Veithzal Rivai dan Ahmad Fawzi M.S,PT RajaGrafindo; dan
5.Manajemen Mutu SDM.2007. Sjafri Mangkuprawira dan Aida Vitayala Hubeis,PT Ghalia Indonesia
6.MSDM Strategik.2002.Sjafri Mangkuprawira.PT Ghalia Indonesia
……..salam belajar……
Januari 14, 2009 at 5:05 am
Assalamualaikum pak…
pak,saya sangat kesulitan mencari literatur tentang efektivitas sistem penilaian kinerja.saya sudah coba cari buku yang bapak kasih tahu,tapi saya cuma menemukan karangan anwar prabu mangkunegara.Setelah saya lihat,saya tidak menemukan tentang efektivitas sistem penilaian kinerja.buku karangan Willy dan James E. Neal saya kesulitan untuk menemukannya pak.Kapan saya bisa berkonsultasi dengan bapak? Saya juga sudah coba cari di proquest IPB tapi saya tidak menemukannya.apakah bapak punya literatur tentang efektivitas sistem penilaian kinerja?Terima kasih pak
Januari 14, 2009 at 5:39 am
resty…..apa yang anda maksud dengan efektifitas dalam hal ini?……secara kualtitatif efektifitas dideskripsikan sebagai sesuatu kegiatan yang benar……..kalau ada perlakuan terjadap sesuatu dan ada efeknya maka itulah yang disebut efektifitas….nah ukurannya bisa kualitatif dalam bentuk persepsi…..misalnya hubungan atau pengaruh sistem penilaian kinerja dengan/terhadap kepuasan dan motivasi kerja…..lalu dari data ordinal anda uji saja dengan analisis korelasi atau SEM……kalau hubungan/pengaruhnya nyata itu bisa anda terjemahkan sebagai efektifitas…….kalau analisis pengaruh berarti anda menterjemahkannya sebagai kepekaan….kalau uji korelasi anda melihatnya ada keeratan hubungan antar variabel yang diuji…..nah itulah efektifitas…….
Juli 13, 2009 at 1:11 pm
Selamat Malam Bapak Sjafri Mangkuprawira.
Perkenalkan saya Jeffry dari Semarang..
Btw, saya baru saja membaca blog Bapak (Rona Wajah). Dan saya sangat terkesan dan tertarik…Awesome …
Anyway, saat ini saya sedang dalam tahap pembuatan proposal untuk tesis. Adapun topik penelitian saya tentang Penerapan Sistem Penilaian Kinerja 360 Derajat. Sistem Penilaian Kinerja ini saya akan terapkan di perusahaan tempat saya bekerja saat ini (tentunya di Semarang)
Kalo tidak salah (saya membaca di tanggapan sebelumnya) penelitian tentang penerapan sistem kinerja ini sudah pernah ada yang menanyakan kepada Bapak (Sdr. Yodi Dwesta-mahasiswa IPB). Tapi saya berharap Bapak tidak bosan-bosannya untuk menanggapi pertanyaan yang sama dari saya hehehe…
Sebenarnya saya ingin sekali bertemu langsung dengan Bapak dan berdikusi tentang topik saya ini…Tapi karena jarak dan waktu sehingga saya tidak dapat bertemu langsung dengan Bapak. Saya berharap saya dan Bapak dapat berdikusi lebih lanjut via email atau telepon..
Oya Pak, buku apa yang harus saya jadikan sebagai referensi saya?
Mungkin ini dulu yang saya ingin tanyakan kepada Bapak…
Saya berharap bisa mendapatkan masukan dan ilmu dari Bapak.
Terima Kasih
Best Regards,
Jefri
Juli 13, 2009 at 1:15 pm
Selamat Malam Bapak Sjafri Mangkuprawira.
Perkenalkan saya Jeffry dari Semarang..
Btw, saya baru saja membaca blog Bapak (Rona Wajah). Dan saya sangat terkesan dan tertarik…Awesome …
Anyway, saat ini saya sedang dalam tahap pembuatan proposal untuk tesis. Adapun topik penelitian saya tentang Penerapan Sistem Penilaian Kinerja 360 Derajat. Sistem Penilaian Kinerja ini saya akan terapkan di perusahaan tempat saya bekerja saat ini (tentunya di Semarang)
Kalo tidak salah (saya membaca di tanggapan sebelumnya) penelitian tentang penerapan sistem kinerja ini sudah pernah ada yang menanyakan kepada Bapak (Sdr. Yodi Dwesta-mahasiswa IPB). Tapi saya berharap Bapak tidak bosan-bosannya untuk menanggapi pertanyaan yang sama dari saya hehehe…
Sebenarnya saya ingin sekali bertemu langsung dengan Bapak dan berdikusi tentang topik saya ini…Tapi karena jarak dan waktu sehingga saya tidak dapat bertemu langsung dengan Bapak. Saya berharap saya dan Bapak dapat berdikusi lebih lanjut via email atau telepon..
Oya Pak, buku apa yang harus saya jadikan sebagai referensi saya?
Mungkin ini dulu yang saya ingin tanyakan kepada Bapak…
Saya berharap bisa mendapatkan masukan dan ilmu dari Bapak.
Terima Kasih
Best Regards,
Jefri
Juli 14, 2009 at 9:35 pm
silakan bung jefri…dengan senang hati kita bisa berinteraksi….sementara bisa via sjaf43@yahoo.com…atau blog ini ….selamat belajar
Juli 14, 2009 at 9:37 pm
silakan bung jefri…dengan senang hati…kita bisa berinteraksi….untuk sementara ini bisa via sjaf43@yahoo.com dan blog ini…selamat belajar…
Juli 21, 2009 at 1:17 pm
Terima Kasih banyak atas balasan emailnya…
Btw, yang mau saya tanyakan saat ini, adakah Bapak memiliki referensi untuk bahan penelitian bagi saya??? Baik itu buku, jurnal, dan atau situs web lainnya…Soalnya saat ini saya merasa kewalahan mencari data-data di situs-situs internet, or search google…Sampai saat ini saya belum mendapatkan data-data yang dapat dijadikan sebagai literatur untuk proposal saya…
Atas bantuan dan perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.
Juli 24, 2009 at 12:29 am
bung jeffry….buku-buku di bawah ini semoga bisa memenuhi harapan anda …
1. Panduan evaluasi kinerja karyawan. 2003.James E.Neal Jr.
2.Evaluasi kinerja sdm.2006.Anwar Prabu Mangkunegara
3.Audit SDM.2002.Willy Susilo
4.Performance Appraisal.2004. Veithzal Rivai dan Ahmad Fawzi M.S,PT RajaGrafindo; dan
5.Manajemen Mutu SDM.2007. Sjafri Mangkuprawira dan Aida Vitayala Hubeis,PT Ghalia Indonesia
6.MSDM Strategik.2002.Sjafri Mangkuprawira.PT Ghalia Indonesia
7.Evaluasi Kinerja SDM,2009,Wirawan,Penerbit Salemba Empat
Juli 24, 2009 at 2:08 am
Selamat Pagi Pak…
Apa kabarnya???
Btw, terima kasih banyak Pak atas referensi bukunya….
Finally, saya jadi bersemangat lagi neh buat ngerjain proposalnya….SEMANGAT!!! 😀
Saya yakin dengan adanya referensi dari Bapak dapat memenuhi kebutuhan saya dan semoga semuanya berjalan lancar…Amin..
Oya Pak, apakah Bapak masih berkomunikasi dengan Sdr. Yodi Dwesta (mahasiswa yang meneliti penilaian kinerja 360 derajat di IPB)?? Kebetulan inti topic tesis saya sama dengan beliau…Dan saya berharap skripsi beliau bisa menjadi tambahan referensi bagi saya…Bagaimana ya saya bisa berkomunikasi dengan beliau???
Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih atas bantuan Bapak selama ini…Sukses selalu buat Bapak…Amin..
Tuhan Memberkati..
Regards,
Jeffry
Juli 26, 2009 at 7:13 am
bung jeffry…semoga refrensi itu bermanfaat….btw yodi belum berkomunikasi lagi dgn saya….sukses studinya…
Agustus 1, 2009 at 4:42 pm
Selamat Malam Bp. Sjafri Mangkuprawira
Apa kabarnya Pak??
Semoga Bapak dalam keadaan sehat selalu. Amin..
Sebelumnya, terima kasih banyak atas support ya diberikan selama ini…
Oya Pak…ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan kepada Bapak, mengenai Masalah Penelitian tesis saya, antara lain adalah:
a. Bagaimakah kemungkinan penerapan sistem penilaian kinerja 360 derajat pada perusahaan tempat saya bekerja saat ini.
b. Bakaimanakah sikap pimpinan dan karyawan jika sistem penilaian kinerja 360 derajat diterapkan pada perusahaan tempat saya bekerja saat ini.
===> Yang jadi pertanyaan saya:
Apakah ada referensi literatur mengenai:
1. Penerapan sistem penilaian kinerja 360 derajat pada suatu perusahaan???
Yang saya maksudkan adalah dalam kondisi seperti apakah sistem tersebut dapat diterapkan dalam suatu perusahaan, apakah ada syarat2 tertentu yang harus dipenuhi oleh perusahaan dalam penerapan sistem tersebut???
2. Sikap (pimpinan dan karyawan) jika (terhadap) sistem penilaian kinerja 360 derajat diterapkan pada suatu perusahaan??
Yang saya maksudkan disini adalah untuk mengetahui sikap karyawan yang dinilai kinerjanya terhadap proses penilaian kinerja 360 derajat.
Pak, mungkin hanya itu dulu yang ingin saya tanyakan kepada Bapak.
Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan banyak terima kasih.
Regards,
Jeffry
Agustus 3, 2009 at 3:03 am
bung jeffry…nanti kita berkomunikasi via email ya…tolong ingatkan saya jika saya lupa…thx
September 11, 2009 at 6:12 am
Assalamualaikum..
Bpk Sjafri, saya sedang membuat prposal skripsi untuk performance apparaisal, tetapi saya binung Pak mencari buku yang lengkap dimana. di Gramedia jarang sekali buku tentang hal ini. mohon bantuannya Pak untuk diberitahukan lokasi atau tempat yang bisa saya datangi untuk mencari buku-buku tersebut. terimakasih ya bpk.
Allifan-
September 11, 2009 at 9:09 pm
waalaikum salam…mas alfifan…seharusnya ada ya…coba juga ke perpustakaan perguruan tinggi setempat….
September 29, 2009 at 5:15 am
Assalaamu’alaikum, Pak Sjafri…
Perkenalkan, saya Umi.
Setelah membaca blog Bapak,saya bermaksud mau minta tolong ke bapak. kebetulan saya akan mengadakan penelitian tentang implementasi pengembangan pengukuran kinerja dosen PTAI, berdasarkan UU Guru Dan Dosen (studi kasus di…). Sementara yang saya bingungkan: saya berkeinginan menemukan satu model baru tentang pengukuran kinerja dosen yanng lebih memacu dosen untuk meningkatkan kinerjanya. Yang menjadi kebingungan saya:
Bagaimana penelitian itu dilakuka, apakah saya harus melakukan eksperimen atas model baru tersebut, atau saya melakukan evaluasi model pengukuran kinerja dosen dengan DP3, kemudian ada penawaran dengan pengukuran berdasar UU Guru Dan Dosen.
Demikian kebingungan yang saya sampaikan, semoga Bapak berkenan untuk membantu saya. Terimakasih, dan semoga menjadi ilmu-ilmu bapak semakin bertambah kemanfaatannya, dan meluber kepada orang yang menimba ilmu dari bapak. Wassalaamu’alaikum Wr.Wb.
September 29, 2009 at 1:08 pm
mbak umi…pengukuran kinerja dosen dgn DP3 terlalu kualitatif dan tak terukur, bias pada kepentingan atasan, like and dislike,sering bias, dan halo effect,…sebaiknya anda menerapakan model kpi yi key performance indicator….di ipb sudah diterapkan model indeks kinerja dosen dlm peklaksanaan tridarma termasuk karya tulis dan penelitian…utamanya digunakan untuk pemberian insentif kerja semacam tunjangan….dan tentunya untuk menstimulus kinerja dosen…
Oktober 4, 2009 at 8:58 am
terimakasih sekali atas informasinya. Jika merujuk kepada informasi tersebut (di ipb), sepertinya senada dengan yang diamanatkan UU guru dan Dosen. Sementara itu dulu. lain kali saya akan berkonsultasi kepada Bapak. Terimakasih sekali lagi saya ucapkan.
Oktober 5, 2009 at 12:39 am
ya mbak umi…diusahakan seobyektif mungkin…sehingga setiap dosen merasa diperlakukan secara adil….
Oktober 23, 2009 at 3:43 pm
assalamualaikum pak…..salam kenal…
wah seru juga membaca komentar dan pertanyaan temen2 seblmnya….mgkn saya jg tidak jauh beda….terkait dengan tesis yg harus disusun…permasahannya, mgkn bukan permaslaahan lebih tepat, kondisinya saya seorang ibu rumah tangga..bukan karyawan dimanapun…tp karena saya ingin belajar saya lanjut s2 dan ambil konsentrasi SDM…saya tertarik SDM…dan untuk tesis ini rencananya saya ingin gabungkan komunikasi(karena dulu saya s1 ilmu komunikasi) dan SDM…..saya punya judul ” Pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan” tapi saya juga tertarik melakukan evaluasi kinerja suatu perusahaan(agak sulit menentukan perusahaannnya, krn saya bukan karywan…jd masih proses mencari obyek….) misal saya buat judul “evaluasi kinerja dengan metode 360 derajat atau balance score card pada PT X” menurut bapak bagaimana???kemungkinan saya mencoba mengajukan di rumah sakit swasta dikota saya…..atau ada usul lain???
atas masukan dan bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak
wassalam
Oktober 27, 2009 at 11:22 pm
waalaikum salam ita…judul thesis yg menarik….dan pasti bermanfaat bagi organisasi….silakan saja anda tentukan mana organisasi sbg tempat penelitian sesuai minta…anda bisa menjelaskan kpd pimpinan perusahaan… dan sekaligus prastudi….salam sukses
Oktober 23, 2009 at 3:46 pm
oh iya pak….maaf sebelumnya….apa boleh saya menghubungi bapak, langsung via email bapak???
thanx
Oktober 27, 2009 at 11:19 pm
silakan ita…sjaf43@yahoo.com
Juni 4, 2010 at 4:34 am
makasih pak tulisannya ngebantu bwt tugas saya ^^
Juni 10, 2010 at 10:53 pm
sama-sama tita…salam
Agustus 9, 2010 at 3:34 pm
ass..pak sjafri,sy mahasiswa STIA-LAN,mohon bimbingan penulisan skripsi saya yg berjudul penilaian kinerja pegawai terutama penilaian kinerja dgn konsep MBO, terimakasih sebelumnya,,
Agustus 10, 2010 at 9:51 am
mahrus…spesifiknya bimbingan skripsi dalam segi apa?
Agustus 23, 2010 at 3:54 pm
salam sejahtera, bapak sjafri..
saya salah satu mahasiswa di Universitas Atmajaya Jakarta dan akan menyelesaikan studi S-1.
saya sangat tertarik dengan metode penilaian kinerja metode umpan balik 360 derajat.
Saya ingin mencoba menerapkan metode penilaian ini dalam suatu perusahaan , namun saya memiliki kendala, sedikitnya bahan dan kebingungan untuk memulai penelitian ini, saya ingin mengetahui secara detail mengenai penilaian dan faktor apa saja yang harus saya perhatikan dalam merancang penelitian ini.
mohon bantuannya
terima kasih pak..
Agustus 23, 2010 at 8:01 pm
ria…topik skripsi yg menarik…yang utama adalah kesiapan semua pelaku organisasi di perusahaan itu untuk dinilai dan menilai…belum tentu mereka sudah menyadarinya…karena itu penting disosialisasikan…selain itu isntrumen kajian pelu disiapkan secara matang (validiti dan keandalannya) dan harus teruji…variabel apa saja yg dikemas sesuai dgn tujuan penilaian…namun tak mungkin dijelaskan secara rinci dalam blog ini…saya anjurkan silakan ke toko2 buku…banyak buku tentang itu…atau ke perpustakaan…salam
Agustus 24, 2010 at 3:07 am
pak ,jika bapak tidak keberatan, boleh saya minta tolong dikirimkan contact (email/phone) dari jefry yang sebelumnya juga berkonsultasi dengan bapak.?
saya ingin berkomunikasi dengan sdr. jefri, karena topiknya sama dengan apa yg saya inginkan.
adakah referensi2 buku yang bisa bapak berikan untuk saya ? terutama faktor apa saja yang mempengaruhi perancangan metode 360 derajat.
sebelumnya saya telah mendapatkan model desain penilaian 360 derajat yg dikutip dari antonioni yang terdiri dari input,proses dan output, apakah cukup jika model ini saja yang saya gunakan terimakasih pak. salam
Agustus 25, 2010 at 4:54 am
pak, saya ingin sekali berkomunikasi dengan bapak melalui email ,
sekiranya bapak mempunyai waktu. terima kasih bapak .
Agustus 25, 2010 at 10:06 pm
silakan ria…dengan senang hati
Agustus 25, 2010 at 10:16 pm
maaf ria…saya tak punya telepon beliau…referesni buku banyak ditemukan di toko buku dan perpustakaan…
September 3, 2010 at 3:20 am
pagi pak sjafri.. apa kabar ?
pak sy sudah invite bapak di yahoomessanger tp belum di confirm pak.
disamping itu, banyak sekali yang ingin saya tanyakan:
1. saya sudah coba mencari buku2 referensi yang bapak berikanm namun belum ditemukan karena kehabisan pak. oleh sebab itu sy belum menemukan model untuk perancangan penilaian 360 derajat. apakah ada referensi yg lainnya pak ?
2. penelitian saya ini akan saya lakukan disalah satu perusahaan yang bergerak di bidang asuransi jiwa, apa yang saya harus perhatikan agar saya tidak salah langkah pak ? awalnya pasti sy akan memperhatikan penilaian yg dilakukan saat ini .
terus terang pak, saya masih ngawang,, sehingga banyak bertanya. sekiranya bapak tidak keberatan untuk menjaawab pertanyaan saya ini.
terima kasih pak atas waktunya ..
September 5, 2010 at 2:00 am
maaf ria saya gaptek ym…sementara ini referensi penilaian 360 derajat itulah yg saya tahu…saya belum menemukan yg lain…coba browsing internet…kalau penelitian di asuransi jiwa artinya fokus pada bidang jasa pelayanan…anda bisa lakukan benchmarking perusahaan sejenis lainnya…dan untuk itu perlu disusun parameter dan ukuran-ukurannya…kaitkan semua itu dengan tujuan dan hipotesis penelitian…tentunya karena penilaian 360 derajat maka yg dijadikan responden berupa stakeholdr internal (pihak manajemen dan staf/operator) dan stakeholder eksternal (pelanggan,konsumen,institusi lainnya)…
Desember 23, 2011 at 11:31 pm
selamat pagi pak sjafri
sy adi mahasiswa yg lagi pembuatan tesis dengan judul Rangcang bangun sistem informasi penilaian kinerja karyawan di PT GLM. didalam pembuatan tesis sy adanya kendala-kendala dalam penilaian prestasi karyawan dimana salah satu kendala itu adalah adanya “hello effect” yang mau sy tanya sy butuh ref buku tentang teori hello effect, munurut bapak buku apa yg bs sy jadikan refensi tentang teori hello effect. kiranya bapak bisa membantu sy terima kasih
Maret 1, 2012 at 6:51 am
asslmkm pak?
nma saya kasi. pak minta teori tentang judul pengaruh tingkat pendididkan dan penempatan karyawan terhadap kinerja karyawan lah pak.
pak mengapa kinerja itu merupakan bagian terpenting dalam suatu perusahaan( teorinya pak.)
Maret 9, 2012 at 10:32 am
weleh…kasi…apa saja teori yg sudah pelajari?…kirim ke saya…nanti saya beri komen…salam
Maret 7, 2012 at 11:03 am
Assalamualaikum.
bapak, artikel yang bpk tulis ini sangat sesuai dengan penelitian (skripsi) yang saya lakukan sekarang, kebetulan penelitian saya terkait juga dengan masalah efektifitas suatu sistem penilaian kinerja. Penelitian saya tentang penerapan sistem penilaian kinerja 360 derajat di salah satu pabrik baja di cilegon . Jika bpk berkenan meluangkan waktu, saya mohon dikirimi email tentang kuisioner penilaian tentang mengukur kinerja karyawan 🙂
saya bingung membuat kuisionernya pak, proposal skripsi saya jadi pending dan ngga terarah . mohon pencerahannya ya pak, terima kasih .
email : nanae_bound@yahoo.com
Maret 9, 2012 at 10:24 am
anna…dalam proses pembelajaran mandiri…blog ini tak penyediakan permintaan seperti yg anda inginkan…salam
Januari 6, 2014 at 4:04 am
assalamualaikum wr.wb
pak, saya ingin bertanya, referensi apa yang harus saya cari dengan judul Analisis kinerja pegawai dalam pembuatan paspor pada kantor Imigrasi kelas I Pekanbaru? Mohon masukan nya pak. terimah kasih.
Maret 2, 2016 at 3:04 am
selamat pagi pak, saya mau bertanya bagaimana cara mengukur tingkat bias yang terjadi dalam penilaian kinerja pake metode dan alat uji ya pak. sebelumnya terima kasih banyak.
November 5, 2018 at 4:56 am
selamat siang pak. saya mau bertanya pak referensi yang bapak gunakan dari buku mana ya pak. kebetulah yang bapak bahas dalam artikel ini sangat berkaitan dengan judul penelitian saya pak.
Maret 22, 2021 at 4:58 am
Selamat siang Prof…kenalkan saya Wening dari Program Pascasarjana UTY Yogyakarta, tulisan prof menarik ringan namun berisi. Jika tidak berkeberatan share tulisan lainnya, akan sangat menyenangkan…terimakasih