Manajemen adalah perpaduan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian(organizing), pelaksanaan (actuiting), dan pengawasan/pengendalian (controlling) untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu pula. Ada juga yang mendefinisikan manajemen sebagai perpaduan pelaksanaan fungsi-fungsi rencana (plan), kerjakan (do), periksa (check) dan aksi (action) untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu. Selain itu, ada yang menerapkan model fungsi-fungsi manajemen yang terkait dengan manajemen mutu yaitu rencana (plan), kerjakan (do), study (kajian) dan aksi (action).
Profesional diartikan sebagai ciri-ciri kekuatan yang dimiliki seseorang berupa keahlian, kompetensi, kerja efisien, keterampilan, kualifaid-pandai, berpengalaman, dan sifat mengagumkan. Dalam konteks SDM, manajemen profesional adalah pelaksanaan fungsi-fungsi tersebut dalam pengembangan mutu SDM secara profesional. Lawannya adalah manajemen amatiran yang ciri-cirinya bertentangan dengan ciri-ciri manajemen profesional.
Ciri-ciri manajemen profesional dalam pengembangan mutu SDM dapat dilihat dari sisi operasional dan manajerial yakni:1) Berbudaya korporat: transparansi, independensi, responsif, akuntabilitas, dan kejujuran.2) Dukungan manajemen puncak.3) Bermanfaat untuk kepentingan internal dan juga eksternal organisasi.4) Berorientasi ke masa depan dengan pendekatan holistik.5) Berdimensi jangka panjang dan bersinambung.6) Sistem nilai-prinsip efisiensi dan efektivitas.7) Dilakukan secara terencana/terprogram.8) Monitoring dan evaluasi serta umpan balik.9) Dilakukan oleh pelaku dan tentunya pimpinan unit yang memiliki:a. kompetensi atau keakhlian dan pengalaman panjang di bidangnya.b. sifat haus pada tantangan-tantangan.c. sikap dan ketrampilan inovatif, kreatif, inisiatif dan efisien.d. integritas tinggi.e. sifat menghargai profesi lain.f. sifat yang selalu siap menghadapi setiap resiko.g. bertanggungjawab atas setiap kata dan perbuatannya.10) Penggunaan teknologi tepatguna.11) Kepemimpinan dalam membangun komitmen.12) Partisipasi aktif semua anggota.13) Kerjasama Tim.14) Pemberian penghargaan pada tiap karyawan yang berprestasi (kompensasi termasuk peluang pendidikan-pelatihan lanjutan dan promosi karir).15) Persuasi pada karyawan yang kurang berprestasi untuk menjadi yang terbaik melalui konsultasi-bimbingan dan pendidikan-pelatihan bersinambung. Sumber: Sjafri Mangkuprawira dan Aida Vitayala Hubeis, 2007, Manajemen Mutu SDM,PT Ghalia Indonesia.
Mei 14, 2007 at 10:03 am
Dear pak Sjafri, tulisan ini bagus sekali pak. Mohon bapak berkenan mengijinkan saya kutip untuk dimasukan di blog saya, supaya lebih memberikan manfaat kepada yang melihat dan lebih tertarik lagi untuk membaca bukunya (Manajemen Mutu SDM).
Salam
Mei 14, 2007 at 11:30 am
Bung Sadikin,
Sure, no problem. Silakan tulisan saya disebarluaskan via blog Anda. Thanks to you.
Salam
SM
Mei 21, 2007 at 1:59 am
Pak Sjafri, referensi yang juga menarik mengenai manajemen profesional ini terdapat dalam buku Peter Drucker yang berjudul “Peter Drucker on the Profession of Management” diterbitkan tahun 1998, dan untuk kondisi Indonesia rasanya buku Tantri Abeng yang berjudul “Profesi Manajemen” terbitan 2005 juga menarik Pak … demikian Pak .. terima kasih ..
Mei 24, 2007 at 12:53 pm
Bung Riri,
Terimakasih atas masukannya. Ya relatif cukup banyak referensi tentang manajemen profesional. diantaranya, Donald R.Brown dan Don Harvey (Organization Development) mengungkapkan tentang professionalism.Ada empat determinan yakni expertise, autonomy, commitment, dan code of ethics. Peter Drucker pun dalam bukunya “Managing for the future: The 1990’s and Beyond” telah menekankan kata kunci terpenting dalam organisasi profesional yakni knowledge. Bukan labor intensive, bukan materials intensive, dan bukan energy intensive, tetapi knowledge intensive.
Salam
SM
Juni 26, 2007 at 6:03 am
gmn cr ya saya bs menemukan buku2 itu?
Juni 26, 2007 at 6:06 am
tlg ya kbrin saya… saya butuh sekali buku semacam itu khusus ya tntg SDM di bidang perhotelan. sekarang ini saya lagi menyusun skripsi tntg SDM di bidang perhotelan. mohon bantuan ya pak… makasi…
Juni 26, 2007 at 6:51 am
neng yuli, silakan hubungi sdr.Agus Setiyawan 081 332 150 803
Juni 26, 2007 at 7:45 am
maaf pak… dia itu sapa ya?
Juni 26, 2007 at 8:10 pm
neng Yuli,
Sdr.Agus itu yang memiliki buku dan hands out yang sudah dicopy dalam bentuk cd;antara lain kalau tak salah tentang perhotelan. Kalau buku yang saya tulis yakni MSDM Strategik (2004,cetakan ketiga) tampaknya belum dipasarkan lagi karena akan direvisi.Sementara buku baru yang saya tulis bersama isteri saya berjudul Manajemen Mutu SDM (2007) diterbitkan PT Ghalia Indonesia,sudah sedang beredar di hampir semua toko buku; semisal Gramedia dan Gunung Agung.
salam
Oktober 31, 2010 at 12:03 pm
[…] https://ronawajah.wordpress.com/2007/05/13/manajemen-profesional/ […]
November 28, 2011 at 6:53 pm
[…] https://ronawajah.wordpress.com/2007/05/13/manajemen-profesional/ […]
November 9, 2012 at 5:10 pm
[…] – https://ronawajah.wordpress.com/2007/05/13/manajemen-profesional/ […]
November 16, 2012 at 9:08 am
[…] https://ronawajah.wordpress.com/2007/05/13/manajemen-profesional/ […]
Desember 4, 2014 at 7:24 pm
[…] https://ronawajah.wordpress.com/2007/05/13/manajemen-profesional/ […]
Januari 21, 2016 at 10:10 pm
[…] https://ronawajah.wordpress.com/2007/05/13/manajemen-profesional/ […]
Oktober 23, 2017 at 1:20 pm
bg izin copy yah…
mau gabungin dalam makalahku….
Maret 10, 2019 at 1:17 pm
[…] , kurang tanggun jawab terhadap tugas masing-masing, kurangnya rencana masa depan. LINK SUMBER : ronawajah blog’s nissakfh blog’s teddywirawan blog’s pewexgombel […]