Dalam perkembangannya, peran blog sebagai media sosial alternatif khususnya di Indonesia pernah ternodai dengan adanya isu blog hitam. Kalau jurnal hitam bicara tentang persoalan penting tidaknya akses terbuka sementara blog hitam bicara tentang penyalahgunaan akses. Pasalnya blog pernah (atau masihkah?) disalah-gunakan untuk menyebar luaskan  informasi yang menjurus fitnah, aib seseorang, pornografi,.dan bahkan bisa menjadi selebaran gelap untuk kepentingan politik tertentu. Ada semacam malpraktek dalam pemanfaatan komputer yang begitu bebasnya.

         Seperti diketahui  salah satu domain dari blog adalah penulisan artikel. Umumnya bernada tulisan pendek yang bersifat ilmiah populer. Walau sebagai media sosial, namun kalau ada yang ingin mengutip isi blog oleh blogger tertentu maka dia  harus memeroleh izin dan memberi royalti kepada blogger sumbernya. Jadi ada unsur komersialnya. Namun  ada pula yang gratis. Blog seperti ini lebih ditujukan untuk syiar kepada siapapun yang membutuhkannya.

          Salah satunya adalah blog  Rona Wajah.wordpress.com yang saya asuh sejak lebih dari lima tahun lalu. Domain dan isi blog ini terbanyak  berfokus pada Sumberdaya Manusia, Manajemen SDM, dan Organisasi. Hingga kini artikel yang sudah saya buat di blog itu mencapai 947 tulisan; dengan 11,510 komentar; dan alhamdulillah sudah dikunjungi sebanyak 1,232,0873 kali. Alhamdulillah pula dari kumpulan artikel ini lahirlah dua buku: Bisnis,Manajemen dan SDM (2009) dan Strategi Efektif Mengelola Karyawan (2011). Keduanya diterbitkan di PT IPB Press.  Buku yang kedua memeroleh peringkat best seller.

         Ada sekitar 20 blog lain yang mengunduh sebagian dan atau seluruh artikel yang ada di blog saya. Mereka saya biarkan melakukannya asal mencamtumkan sumbernya. Mengapa itu dilakukan? Ya semata-mata punya niat kuat ingin berbagi ilmu pengetahuan kepada orang lain. Dari situ saya memeroleh kepuasan bathin tidak terhingga. Memang sangat personal sifatnya. Karena itu moto yang saya cantumkan dalam blog itu adalah “Syiarkanlah kebajikan walau cuma satu kata, semata-mata karena mengharap ridha Allah” . Ya Allah semoga saya terhindar dari sifat ryia..