Dalam usia Blogor yang sudah mencapai empat tahun ini, Kepengurusan Blogor 2010-2012 pada awal  September akan berakhir dan diganti pengurus baru. Insya Alah akan berlangsung bersamaan dengan acara halal bi halal blogor 2 September 2012 di Bogor. Capaian program pengurus 2010-2012 relatif banyak. Antara lain adalah konsolidasi internal rapat pengurus dan berupa kopdar/talas bogor yang intensive. Program ini ditujukan untuk memerkuat sendi-sendi berorganisasi dan manajemen personalia. Selain itu adalah program memererat silaturahim antaranggota dalam suasana kekeluargaan yang sangat akrab. Sementara program-program aksi antara lain adalah penulisan dan pembuatan buku, mengundang dan bertukar pikiran dengan pengurus blog daerah lainnya, dan menghadiri undangan seminar dan diskusi-diskusi di tingkat nasional.

       Tentu saja capaian program pengurus lama jangan dijadikan patokan bahwa kepuasan kita sudah mencapai taraf maksimum. Kita memerlukan evaluasi total menyeluruh faktor-faktor apa saja yang memengaruhi capaian program. Apa saja yang sudah tercapai dan mana yang belum. Lalu ditelaah faktor-faktor penyebab dan apa saja program berikutnya yang harus ditingkatkan. Dengan kata lain kita harus menelaah dahulu secara mendalam dari sisi kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman. Dari situ maka kita bisa menyusun perencanaan strategis berupa program-program yang bersifat umum vs spesifik, dan prioritas program. Pada dasarnya setiap program yang akan disusun hendaknya berpegang pada tujuan program itu sendiri. Maka tujuannya hendaknya memiliki karakteristik spesifik, dapat diamati dan diukur, cenderung dapat dicapai, realistik dan berskala waktu tertentu.

       Selain program-program konvensional seperti konsolidasi organisasi internal (rapat-rapat dan kopdar), pelatihan, pembuatan dan penerbitan buku, bakti sosial, dan aktif menghadiri event nasional dan regional maka salah satu program unggulan Blogor 2012-2014 yang bisa dijadikan fokus adalah yang bersifat lebih mengindonesia. Artinya bagaimana Blogor bisa berperan lebih aktif lagi untuk tampil di kancah nasional. Apakah sebagai pengambil inisiatif untuk memberikan pemikiran nasional yang menyangkut peran blog sebagai media sosial dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara atau terlibat dalam program perblogan nasional. Selain itu Blogor bisa menjadi tuan rumah pertemuan blogger nasional dan regional. Untuk itu maka peran hubungan masyarakat (humas) menjadi sangat strategis untuk menginformasikan semua program Blogor. Saya percaya mengindonesianya blogor bisa dijadikan program unggulan mengingat beberapa alasan. Pertama sumberdaya manusia yang andal di blogor cukup banyak tersedia. Kedua, pengalaman blogor selama empat tahun bisa menjadi andalan untuk punya program tingkat nasional.

SELAMAT MILAD BLOGOR. DIRGAHAYU BLOGOR

SELAMAT RAPAT PEMILIHAN KETUA BLOGOR 2012-2014

DALAM SEMANGAT HALAL BI HALAL

Iklan