Apakah Ekonomi Kreatif (EK) itu. Buku “The Creative Economy: How People Make Money from Ideas” yang ditulis oleh John Howkins pada tahun 2001 mengungkapkan sebagai EK sebagai “The creation of value as a result of idea”. Kemudian definisi umum ekonomi kreatif menurut UNCTAD “Creative Industries as those industries which have their origin in individual creativity, skill & talent, and which have a potential for wealth and job creation through the generation and exploitation of intellectual property and content”. Sementara di Indonesia, Kementerian Perdagangan pada tahun 2009 mendefinisikan Oekonomi kreatif : “Era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari sumber daya manusianya sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya”.

         Kriteria dan Indikator EK dapat berupa; berbasis Nilai PDB yang meliputi; Nilai Tambah Bruto Industri Kreatif; Persentase Terhadap PDB dan Pertumbuhan Tahunan Nilai Tambah Bruto. Kriteria lainnya adalah berbasis Ketenagakerjaan yang meliputi Jumlah Tenaga Kerja; Persentase Jumlah Tenaga kerja; Pertumbuhan Jumlah Tenaga Kerja; dan Produktivitas Tenaga Kerja. Sementara itu peran EK juga dapat berbasis Aktivitas Perusahaan yang meliputi indikator-indikator Jumlah Perusahaan dan Nilai Ekspor.

       Mengapa ekonomi kreatif? Sejak Kabinet Bersatu jilid ke-dua, hasil ocok ulang, perhatian pemerintah terhadap ekonomi kreatif semakin meningkat. Untuk itu ada seorang menteri yang menanganinya secara khusus. Mengpa? Karena EK berkaitan dengan beberapa segi  yakni : (1) Kontribusi Ekonomi: PDB, penciptaan lapangan kerja, mengatasi kemiskinan.(2) Iklim bisnis: penciptaan lapangan usaha, dampak ke sektor lain, perluasan segmen pasar, prospek ekspor. (3) Sumberdaya terbarukan: berbasis pengetahuan dan daya cipta, penciptaan green economy, dan penciptaan green community, kelestarian lingkungan. (4) Inovasi dan kreativitas: pengembangan ide, penciptaan dan pengembangan nilai. (5) Dampak sosial: kualitas hidup, pengakuan teknologi lokal, brand lokal

Topik- toik EK antara lain

Ø RISET & RANCANGAN PRODUKSI DAN EKONOMI KREATIF

Ø SUMBERDAYA MANUSIA DAN EKONOMI KREATIF

Ø IPTEK DAN EKONOMI KREATIF

Ø PEMASARAN DAN EKONOMI KREATIF

Ø PERAN EKONOMI KREATIF TERHADAP PDB

Ø PERAN EKONOMI KREATIF DALAM MENCIPTAKAN LAPANGAN KERJA DAN USAHA

Ø KELEMBAGAAN SOSIAL EKONOMI DAN EKONOMI KREATIF

Ø PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Ø PENGELOLAAN SUMBERDAYA LOKAL DAN EKONOMI KREATIF

Ø MODAL SOSIAL DAN EKONOMI KREATIF

Ø DIMENSI LINGKUNGAN DAN EKONOMI KREATIF

Ø PERAN PERGURUAN TINGGI DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF

Ø BUDAYA LOKAL DAN EKONOMI KREATIF

Ø AGRIBISNIS DAN EKON OMI KREATIF