Perilaku manusia termasuk karyawan secara keseluruhan tidaklah homogen. Ada saja perbedaan sifat karyawan satu dengan yang lainnya. Coba saja kita lihat dalam kesehariannya. Ada karyawan yang begitu harmoni dengan lingkungan kerjanya termasuk dengan manajernya. Kepercayaan dirinya cukup tinggi dan wajar. Bekerja dengan disiplin dan keras serta cerdas. Sementara di pojok tertentu ada sekumpulan kecil karyawan yang sulit bergaul dengan sesama rekan kerjanya. Sepertinya tak ada gairah dan suka menyalahkan orang lain. Dalam kondisi seperti itu kinerjanya pun di bawah standar. Ini berarti ketika perusahaan punya masalah maka karyawan bersangkutan merupakan bagian dari masalah perusahaan. Sementara karyawan kelompok pertama pantas disebut sebagai bagian dari solusi.

        Setiap karyawan di perusahaan seharusnya terikat pada organisasi secara kuat. Artinya mulai dari pemahaman luas tentang visi dan misi perusahaan juga memiliki kedisiplinan kerja yang tinggi. Dengan demikian ketika perusahaan sedang bermasalah misalnya kinerja beberapa bulan terakhir menurun maka seharusnya karyawan ikut berupaya untuk mendongkrak kinerja organisasi. Apalagi kalau asal muasal timbulnya masalah dari sumber internal perusahaan termasuk masalah kedisiplinan, semangat atau motivasi dan ketrampilan kinerja karyawan. Apa yang harus dilakukan karyawan?

       Katakanlah manajer telah berupaya melakukan pendekatan peningkatan motivasi dengan membangun hubungan kerja yang harmonis, mengevaluasi manajemen kompensasi, dan pelatihan dan pengembangan. Namun dari sisi lain proses tersebut tidak serta merta akan cepat meningkatkan kedisiplinan dan kinerja karyawan. Karena itu dengan berpikir bahwa kemajuan perusahaan adalah berarti kemajuan untuk semua maka karyawan pun harus pula mengoreksi diri. Tidak mungkin upaya peningkatan kinerja hanya datang dari upaya perusahaan saja. Karyawan harus segera mengevaluasi diri tentang kedisiplinan, ketrampilan dasar bekerja, efisiensi waktu kerja, dan citra dirinya. Hal ini penting misalnya ketika perusahaan sedang dan akan menghadapi persaingan bisnis yang tak mudah dielakan.

       Kedisilpinan karyawan merupakan unsur utama dalam mencapai keberhasilan atau kinerja perusahaan. Membangun kedisiplinan tidak cukup dilakukan oleh perusahaan saja. Justru yang paling efektif adalah dilakukan sendiri oleh karyawan secara sadar. Disiplin tinggi akan menguntungkan karyawan. Sebab dari sini karyawan akan memeroleh kepercayaan diri yang semakin tinggi untuk bekerja dengan lebih baik. Selain itu tentunya akan merupakan perhatian yang lebih khusus lagi bagi manajer dalam memberikan penghargaan, apakah berbentuk kompensasi finansial ataukah non-finansial. Nah dalam konteks ini kedisiplinan tinggi harus diikuti atau dilekatkan dengan kecerdasan dan keikhlasan dalam bekerja.

       Kecerdasan karyawan dapat ditingkatkan melalui pendekatan penguasaan ketrampilan-ketrampilan dasar bekerja. Dengan ketrampilan tinggi maka kinerja pun diharapkan dapat meningkat. Untuk itu para karyawan hendaknya memanfaatkan setiap kegiatan pelatihan yang diselenggarakan perusahaan. Di sisi lain karyawan pun tekun terus untuk belajar sendiri. Dalam hal ini karyawan jangan segan-segan berkonsultasi dengan manajer atau dengan para senior yang sudah memiliki ketrampilan dasar yang tinggi. Sekaligus juga menujukkan pada manajer bahwa karyawan sangat serius untuk meningkatkan kinerja perusahaan sekaligus ingin menjadi bagian solusi masalah.

       Selain aspek-aspek kedisiplinan dan ketrampilan dasar maka citra diri karyawan pun memegang peranan signifikan. Dalam hal ini citra di depan sesama rekan kerja dan juga manajer. Karyawan hendaknya mampu membangun suasana kerja yang nyaman. Caranya? Yakni antara lain dengan memerbaiki cara berkomunikasi, menahan emosi untuk tidak marah berlebihan, sifat bersahabat dengan siapapun, dan tentunya meningkatkan kinerjanya. Efek dari pendekatan ini niscaya dalam bentuk penghargaan dari lingkungan kerja internal. Pasti orang-orang di sekitarnya akan merasa senang bekerja dengannya. Selain itu citra diri juga dibangun ketika melayani pihak pelanggan atau konsumen. Kemampuan berkomunikasi verbal dan nonverbal sangat dianjurkan. Dengan demikian para pelanggan dan konsumen merasa dilayani dengan prima.  Dengan kata lain mereka dihargai dan pada gilirannya loyalitasnya meningkat. Tentu saja citra perusahaan juga ikut meningkat.

        Dengan membangun kedisiplinan, ketrampilan dasar, dan citra diri yang sebagian dilakukan atas prakarsa sendiri oleh karyawan maka berarti karyawan telah menjadi bagian dari solusi. Dengan kata lain tidak menjadi beban organisasi yang akan menambah masalah baru. Justru yang terjadi adalah meringankan masalah perusahaan secara lebih efektif dan lefisien. Disitu telah terjadi solusi bersama demi kepentingan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.