Kemampuan membangun tim kerja yang efektif diperlukan dengan memanfaatkan kombinasi ketrampilan dan kepribadian perorangan di kalangan karyawan untuk dilibatkan dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Hal ini karena manajer memahami kondisi yang dibutuhkan untuk membangun tim kerja yang efektif.

         Karyawan atau siapapun manajer akan mencapai sesuatu yang bermanfaat jika manajer bekerja bersama dalam satu tim daripada bekerja sendiri-sendiri. Para karyawan akan merasa lebih peduli dan komit bekerja dalam satu tim karena dengan cara itu terjadi interaksi antarkaryawan yang positif. Juga terjadi saling mengisi dan saling memperkuat karena terjadi fenomena berbagi informasi, pengalaman, dan berbagi bakat dan keahlian  sekaligus memperkecil kelemahan yang dimiliki masing-masing karyawan.

        Apakah model kerja dalam satu tim selalu dicirikan oleh hal-hal tadi? Tidak juga karena bisa saja terjadi ada tim kerja tetapi karyawan bekerja sendiri-sendiri dan tidak  terkendali akibat tidak adanya kepemimpinan efektif. Sehubungan dengan itu agar suatu tim berhasil dengan efektif dibutuhkan beberapa hal yaitu: (1) Walau ada keragaman keanggotaan tim namun dengan suatu tujuan bersama, (2) Tujuan yang berorientasi pada  tantangan, (3) Keterlibatan aktif para anggota tim, (4) Uraian peran dan koordinasi anggota tim yang jelas, (5) Komunikasi yang baik, dan (6) Kepemimpinan tim yang handal.