Pernahkah anda,sebagai eksekutif muda , saking semangat kerja yang menggebu-gebu lupa pada lingkungan sosial di tempat kerja anda? Yang dipikirkan bagaimana tugas dilakukan sesuai tepat jumlah, mutu, dan tepat waktu? Begitu terpakunya sehingga kehilangan sensitifitas anda terhadap teman-teman sekerja? Apakah anda sadar perilaku seperti itu bisa membuyarkan suatu tim kerja yang solid?

         Banyak diantara kita yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, semangat kerja tinggi, dan ambisi besar namun kurang memiliki empati. Suatu sikap yang dapat menunjukkan perasaan yang sama ketika rekan-rekan lain sedang gembira maupun susah. Perasaan yang sama ketika sedang bingung atau bersemangat tinggi. Kalau anda kurang memilikinya maka hati-hatilah. Ini sama saja anda tidak trampil dalam membangun kerjasama tim.

        Menurut Hillon I.Goa (Semua orang bisa hebat,2007), ketrampilan anda berempati akan teruji ketika sedang dalam krisis menghantam lingkungan kerja anda. Menurutnya anda seharusnya menunjukkan ketegasan bertindak diimbangi dengan sensitivitas tinggi terhadap rekan kerja Tim anda. Ketegasan tersebut diperlihatkan dalam bentuk: (1) pengambilan keputusan yang cepat dan tepat berdasarkan data yang ada, (2) fokus keluar yakni bagaimana anggota tim mempengaruhi lingkungan eksternal, dan (3) mendahulukan tindakan-tindakan stabilisasi agar lingkungan segera kembali stabil.

         Sementara itu sensitivitas anda ditunjukkan dalam bentuk : (1) empati untuk menghilangkan penderitaan orang lain, (2) mengembalikan keadaan emosional rekan sehingga mereka dapat kembali mampu dan menjadi anggota yang bersemangat tinggi, (3) fokus ke dalam yakni membantu anggota tim lain, dan (4) mendahulukan tindakan stabilisasi empati untuk memulihkan mental anggota lain. Untuk itu anda harus memiliki kualitas sikap yang tenang dan terkendali, perhatian pada manusia, giat berkomunikasi, menetapkan prioritas, meletakkan harapan, meyakinkan kembali pelanggan, terlihat kehadirannya, kembali ke tugas,manusiawi, dan membangun kesatuan ”jiwa”.