Walaupun manajer sering memiliki peran penyelia namun saya beranggapan dia juga harus memiliki kepemimpinan. Karena berurusan dengan koordinasi maka manajer dengan kepemimpinannya yang kuat berarti dia memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.Kedudukan kepemimpinan merupakan komitmen total. Sementara kemampuan komunikasi merupakan kunci awal keberhasilan seorang manajer sebagai seorang pemimpin.

        Sehubungan dengan hal itu saya mengutip salah satu tulisan yang ada dalam buku The Everything Leadership Book,karangan Bob Adams, tentang pertukaran informasi:seni berkomunikasi. Dalam bab itu diuraikan bagaimana sebaiknya manajer berkomunikasi di semua tahap yaitu dengan karyawan, pemain kunci,dan dengan pelanggan. Dalam kesempatan ini yang diketengahkan adalah berkomunikasi dengan karyawan. Bentuk komunikasi ini dianggap sebagai aspek yang paling sulit.Biasanya sikap yang diambil adalah “Kami yang menerima mereka, dan mereka melakukan apa yang kami inginkan”. Di saat lain orang yang sedang berkuasa tidak mempunyai ide apa yang mereka inginkan atau mungkin apa yang mereka inginkan bukan yang paling menarik dari perusahaan. Kalau demikian apa yang seharusnya dilakukan manajer?

        Sebagai pemimpin, dalam keadaan apapun,manajer harus mulai mendorong, mendukung, dan merangkul serta berkomunikasi dengan, kepada, dan dari karyawan. Faktanya mereka adalah orang yang mempunyai ide paling baik mengenai apa yang sebenarnya terjadi. Kalau manajer mendengarkan karyawan,dia akan belajar lebih banyak dari yang pernah manajer bayangkan. Atau mungkin lebih banyak daripada yang manajer peduli untuk manajer ketahui.

       Ketika manajer mendengarkan, dan ketika dia menunjukkan pemahaman kepada karyawan,mereka akan mengerti bahwa mereka dihargai sebagai semacam mitra dalam bisnis. Tindakan manajer yang sederhana, mendengarkan dan berkomunikasi balik kepada karyawannya akan membangkitkan motivasi dan mulai menggerakkan tim kerja untuk berpikir secara lebih kreatif dan strategis.

       Agar komunikasi dengan karyawan dapat berhasil dengan efektif maka beberapa hal berikut bisa dipertimbangkan untuk dilakukan manajer yaitu (1) sepanjang hari kerja pilihlah cara terbaik untuk memuji tindakan dan tingkah laku karyawan yang positif dan produktif untuk perusahaan, (2) berbicaralah dengan singkat namun jelas untuk menangkap perhatiannya, dan mendorong karyawan untuk berpendapat, (3) usahakan selalu mengajukan pertanyaan terbuka sehingga karyawan terdorong untuk menanggapinya dengan terbuka pula, sambil mendengarkan setiap jawaban dari karyawan dengan penuh perhatian, (4) memberi kesempatan kepada karyawan untuk menyampaikan pernyataannya dengan utuh, tanpa harus diinterupsi atau mengambil kesimpulan dari pernyataannya yang sepotong-potong, dan (5) menunjukkan perhatian kepada karyawan bahwa informasi yang diterima adalah penting sebagai kontribusi bagi kemajuan perusahaan.