Ada seorang pegawai negeri  yang berada di gedung, lantai 26. Tiba tiba ada yang berteriak,"Tuan Z…! Tuan Z…! anak perempuanmu mati tertabrak mobil!!"
Pegawai negeri itu kaget dan langsung melompat dari lantai 26. Saat tubuhnya melewati lantai 14, ia baru sadar kalau ia tak punya anak perempuan. Saat melewati lantai 5, ia baru sadar kalau ia belum menikah, apalagi punya anak perempuan. Saat sampai tanah, ia baru ingat kalau namanya itu bukan TUAN Z.
Adaptasi dari sumberNadya Anwar, Ketawa.com

Nah, apa yang sebenarnya terjadi pada Tuan Z? Emosikah? Panikkah? atau Linglungkah? Apakah kita juga pernah seperti dia walau kejadiannya tidak seekstrem  itu? Apa implikasinya? (1) jangan panik ketika memeroleh berita duka apapun khususnya yang menyangkut keluarga sendiri; (2) harus jelas apakah informasi itu benar adanya; (3) siapa sumber informasinya; (4) kalau sudah diketahui sumbernya dan informasi itu benar maka bersikaplah tenang menghadapinya; dan (5) segeralah mengambil tindakan secepatnya dan jika dianggap perlu meminta bantuan kepada pihak-pihak terkait.