Menurut hasil studi the Hay Group, a global management consultancy, ada 75 komponen kunci dari kepuasan karyawan (Lamb, McKee, 2004). Mereka menemukan bahwa, pertama, kepercayaan dan keyakinan diri pemimpin puncak merupakan satu-satunya unsur penentu kepuasan karyawan. Kedua, komunikasi efektif dari pemimpin dalam tiga wilayah penting merupakan kunci keberhasilan perusahaan dalam membangun kepercayaan dan keyakinan diri dengan cara:

1. Membantu karyawan memahami strategi bisnis perusahaan

2. Membantu karyawan memahami bagaimana mereka berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan

3. Berbagi informasi dengan karyawan dalam hal bagaimana perusahaan dan karyawan di divisinya bekerja untuk mencapai tujuan stratejik perusahaan.

       Dengan demikian seorang pemimpin harus bisa dipercaya dan harus mampu mengkomunikasikan visi perusahaan kepada para karyawannya. Beberapa prinsip kepemimpinan yang harus dimiliki antara lain:

1. Memahami karakter para pengikutnya. Gaya kepemimpinan yang diterapkan ada yang bersifat umum dan spesifik bergantung pada karakter pribadi masing-masing karyawan. Misalnya gaya memimpin harus disesuaikan dengan perbedaan karyawan baru dan karyawan senior; karyawan yang bermotivasi rendah dan yang bermotivasi tinggi. Intinya seorang pemimpin harus memahami kebutuhan, kepentingan, emosi, dan motivasi para karyawannya dengan bijak.

2. Mengenali dan memahami karakter diri sang pemimpin sendiri. termasuk harus tahu apa yang diketahui dan diperbuatnya. Pemimpin harus memiliki percaya diri. Kalau tidak maka para karyawan kurang menghargai sang pemimpin. Karena itu pemimpin yang dihormati bukan karena posisinya tetapi lebih pada karakternya.

3. Pemimpin harus memiliki kemampuan efektif dengan para karyawan khususnya nonverbal. Isi pesan harus disampaikan secara lugas dan sederhana. Selain itu umpan balik sangat strategis dilakukan untuk memelajari setiap pesan dalam upaya memperbaiki kinerja perusahaan. Seorang pemimpin harus mampu menjadi pendengar yang baik.

Iklan