Pengetahuan tentang komputer dan internet sudah begitu pentingnya dalam berkomunikasi global. Banyak sudah masyarakat yang memanfaatkannya untuk mencari informasi apapun dalam menambah pengetahuannya. Bahkan lewat internet terjadi interaksi sosial. Karena itu internet otomatis diposisikan sebagai jejaring sosial. Malah gara-gara menggunakan jejaring ini Prita sempat diperkarakan lewat jalur hukum sampai makan waktu 1,5 tahun. Pasalnya karena dia mengadukan kekecewaannya kepada sesama teman yang menyangkut pelayanan rumah sakit tertentu. Alhamdulillah dengan desakan para pendudungnya, yang antara lain lewat internet, yang terus gencar mendorong proses penegakan hukum yang adil maka dia bebas dari jerat hukum.

       Walau komputer sudah lama hadir di Indonesia, saya sendiri baru memanfaatkannya sejak April 2001. Tapi cuma baru untuk mengetik dan berkomunikasi serta mencari informasi lewat internet. Dan hampir tiga tahun belakangan ini, sejak April 2007, saya sudah manfaatkan untuk membuat dan mengisi blog saya hingga sekarang. Termasuk sejak lima bulan yang lalu ber-facebook ria. Namun saya masih belum intensif menggunakannya untuk pengolahan dan analisis data. Di sisi lain jangan kaget, beberapa teman saya, profesor, malah masih tergolong gaptek (gagap teknologi) komputer. Masih sangat konvensional. Jika ingin menulis sesuatu apapun mereka pakai mesin tik atau kalau lagi malas ya pakai tulisan tangan saja.

        Saya sendiri baru tahu tentang penggunaan komputer dan internet pada usia 58 tahun, sementara cucu-cucu saya (lima dari tujuh orang) sudah mulai tahu sejak usia rata-rata lima tahun. Umur cucu saya yang sudah aktif berkomputer tertua adalah 13 tahun dan termuda lima tahun. Mulai dari menggunakannya untuk ”games” sampai mengetik, membuat animasi, berkomunikasi dan browsing, mereka sudah trampil. Hampir setiap hari mereka menggunakannya. Kalah saya… Memang pemilikan dan akses pemanfaatan komputer era sekarang ini begitu mudahnya. Beda dengan zaman ketika saya masih kecil…..miskin.

