Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat, misalnya dalam bidang elektro dan telekomunikasi serta bidang-bidang teknologi produksi lainnya, telah mendorong setiap orang untuk mengembangkan kapasitas dirinya. Semua tantangan-tantangan yang dihadapi organisasi menuntut manajer untuk mendorong kayawannya mengembangkan sesuatu yang bersifat inovatif. Alasannya dapat beragam.

        Alasan pertama adalah adanya mitos yang menyebutkan fenomena suplai yang terbatas di satu sisi dan di sisi lain permintaan tidak terbatas sudah berubah. Ternyata dapat saja suplai suatu barang dan jasa telah melampaui permintaannya. Dalam situasi itu posisi rebut tawar konsumen atau pelanggan semakin tinggi. Pelanggan telah menjadi “raja”. Kondisi ini meningkatkan persaingan diantara perusahaan dimana unsur pangsa pasar menjadi faktor kunci. Perusahaan terdorong menerapkan strategi pasar produknya yang berorientasi pada hilir (kehendak pasar). Turunan dari fenomena itu adalah meningkatnya penggunaan SDM bermutu.

       Alasan lainnya yakni adanya kecenderungan terjadinya pengembangan perusahaan internasional yang memiliki strategi bisnis global. Beberapa sasaran perusahaan berskala ini adalah memasarkan produknya ke seluruh dunia dan siap mengeluarkan uang banyak untuk kegiatan promosi. Strategi manufaktur mereka menjamin bahwa perluasan produk-produk khusus yang dihasilkan di luar negeri mampu melayani pasar domestik setempat dengan biaya yang lebih murah. Misalnya karena mutu karyawan cukup tinggi dengan biaya pekerja yang relatif murah maka perusahaan memiliki daya saing tinggi.

        Alasan terakhir adalah terjadinya revolusi telekomunikasi dan transportasi telah mampu memperlancar akses jejaring informasi yang semakin cepat. Misalnya melalui internet dan transportasi modern, perusahaan mampu membuka segmen pasar baru yang semakin meluas. Dengan demikian transaksi barang dan jasa akan semakin mendunia secara lebih mudah. Pengembangan kapasitas diri karyawan utamanya dalam pengembangan system pelayanan menjadi sangat penting untuk menghadapi revolusi tersebut.

Iklan