Alhamdulillah, ronawajah kemarin genap berusia 24 bulan. Persisnya ia dilahirkan tanggal 23 April 2007 di ruang kerja saya; kantor Senat Akademik IPB. Sebagai bidannya adalah Bung Riri Satria. Beliau adalah akhli IT, blogger, dan sebagai mahasiswa bimbingan saya pada program doktor manajemen bisnis IPB. Ronawajah ternyata tidak Lahir  begitu saja. Pemiliknya semula tidak punya minat dan semangat dengan keberadaan dia. Dengan semacam dorongan kuat dari sang bidan akhirnya pemiliknya nyerah juga. Sampai akhirnya dengan teori AIDDA yakni diawali dengan tumbuhnya atensi (attention), lalu dirayu oleh lingkungan maka muncullah minat (interest), plus mulai mencoba maka timbullah keinginan menggebu (desire). Kemudian setelah merasakan manfaatnya maka timbullah keputusan (decision) untuk melanjutkannya dengan aksi (action) hingga sekarang.

Outcome dari diterapkannya model AIDDA, ronawajah selama 24 bulan telah telah menunjukan  beberapa indikasi sbb: Pertama jumlah postingan hingga kini mencapai 537 buah; atau naik hampir 200% dari setahun sebelumnya. Atau sebanyak 22 postingan/artikel perbulannya. Kedua, jumlah kunjungan atau klik mencapi 357ribuan; atau rata-rata 14500 klik perbulan. Bahkan dalam setahun terakhir, jumlah klik bisa mencapai 24ribuan perbulan. Sementara yang ketiga, berbeda dengan kunjungan, jumlah komentar relatif sedikit yaitu mencapai 6514 buah atau 271 komen perbulan atau hanya sembilan komen perharinya. Termasuk di dalamnya  berbentuk  tanggapan langsung dan pertanyaan yang menyangkut aspek akademis/keilmuan MSDM dan Mutu SDM; dan hampir tak ada komen bernuansa guyonan atau lucu-lucuan.

Itu adalah outcome yang sekaligus kontribusi kecil ronawajah selama ini dengan tema pokoknya “syiarkan kebajikan walau cuma satu kata, semata-mata karena mengharap ridha allah”. Bentuk kontribusi lainnya adalah diterbitkannya satu buku berjudul “Horison : Bisnis, Manajemen, dan SDM”; tahun 2008; IPB Press. Semua isi buku berasal dari artikel ronawajah. Buku ini tidak saja digunakan oleh mahasiswa sebagai rujukan karya tulis tetapi juga oleh kalangan pebisnis. Insya Allah tahun 2009 ini dari ronawajah dihasilkan  satu buku lagi berjudul “Strategi Sukses Mengelola Karyawan” yang akan diluncurkan bulan Juni ini.

Apa pelajaran yang bisa ditarik  dari adanya blog, khususnya yang memiliki domain tema tertentu seperti ronawajah (MSDM dan Mutu SDM). Pertama adalah kalau ada keseriusan dan fokus dari pengasuhnya pada misi blog maka insya allah hampir tak ada halangan berarti untuk tetap menulis secara rutin. Kedua, isi artikel jangan kaku pada konten teori melulu ketimbang pada isi yang sifatnya aplikasi. Semakin banyak tulisan yang hanya bersifat teori semakin membosankan pembaca. Ada baiknya disajikan tulisan-tulisan pop yang berkait dengan fenomena mutakhir. Ketiga, setiap isi artikel seharusnya diniatkan untuk dibukukan. Dengan demikian syiar kebajikan tidak sebatas pada dunia maya tetapi juga langsung dalam bentuk buku ataupun jurnal. Dan keempat, niatkan setiap postingan hanyalah untuk syiar kebajikan; bukan untuk menyebar kemungkaran. Insya Allah……