Insya Allah malam ini   adalah tarawih pertama ummat Islam di Indonesia menyambut shaum ramadhan esok. Ramadhan suatu fenomena seribu bulan dimana diturunkannya al-Quran. Ramadhan, Ramadan atau Romadhon adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam). Kekhususan bulan Ramadhan ini bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Al Qur’an pada surat al Baqarah; 185 yang artinya:

bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu…

Ramadhan, bulan yang selalu dirindukan dan ditunggu-tunggu ummat Islam. Di dalam shaum Ramadhan telah dijanjikan Allah sebagai bulan penuh rahmah, berkah dan magfirah; penuh ampunan bagi ummat yang beriman dan bertaqwa. Di bulan itu juga ummat Islam sangat dianjurkan untuk meningkatkan kedekatannya pada Allah. Begitu pula dengan amal ibadahnya. Amalan ini menjadi sangat penting ketika bangsa Indonesia masih berada pada suasana keprihatinan  sosial dan ekonomi. Tingkat kemiskinan dan pengangguran walau sudah menurun namun masih memprihatinkan.  

 Karena itu, bulan Ramadhan pantas disebut sebagai bulan untuk meningkatkan perasaan dan perilaku kebersamaan dan solidaritas kesolehan dalam membantu mereka yang  kurang beruntung hidupnya. Selain itu, ummat terpanggil untuk merenungi diri tentang apa saja yang telah diperbuat selama ini: Apa yang kurang dan bagaimana memperbaiki diri hingga menjadi manusia yang kembali fitrah. Putih dan bersih dari dosa. Allah  menjanjikan pahala berlipat bagi ummatnya yang selalu meningkatkan iman, taqwa dan beramal ibadah kapan dan dimana pun. Selamat datang Ramadhan sebagai bulan mempertebal iman dan membersihkan batin dengan mengendalikan segala godaan nafsu duniawi. Maaf memaafkan dan doa mendoakan. Amin. Diadaptasi dari Tb.Sjafri Mangkuprawira, Ramadhan nan Mulia, Buku Rona Wajah : Catatan Seorang Dosen, 2007; jilid dua.

Iklan