Kalau anda peraih kinerja puncak (PKP) bisa jadi anda sebagai seorang manajer top, dosen top,inovator, pengusaha sukses, atau bahkan atlit top. Kalau demikian maka anda termasuk orang yang secara taatasas menghasilkan kinerja luar biasa di tempat anda berkarir. Untuk mencapai itu ada delapan atribut dasar segi mental dari 12 atribut yang dikutip dari Ranjit Singh (Enhancing Personal Quality;2004) sebagai berikut :

  1. Harga Diri. Atribut ini memegang peranan pokok seseorang dalam meraih kinerja puncaknya.Harga diri merupakan prasyarat berperilaku produktif. Seseorang berkinerja lebih baik lagi ketika dia memiliki kepercayaan diri dan kompetensi untuk menghadapi setiap tantangan hidup dan mengolahnya sebagai sesuatu yang bernilai. Harga diri tinggi membuatnya sebagai orang yang paling tinggi mutu kepribadian dan kemampuannya. Dengan kata lain harga diri juga memacu semangat, meningkatkan kreatifitas dan hubungan antarpersonal, dalam mencapai tujuan yang diinginkan.
  2. Misi yang Jelas. Misi pribadi berisi nilai-nilai kehidupan yang ingin dituju dan diraih dalam hidup ini. Dibuat secara spesifik, realistik, dan dengan dimensi waktu yang jelas. Misi akan memotivasi PKP untuk berbuat terbaik; membantu mengolah sumberdaya dan enerjinya ke arah yang benar; dan memfasilitasi pengambilan keputusan personal untuk mencapai nilai hidup tinggi.
  3. Persiapan Mental. PKP menyiapkan mental dalam menghadapi tiap tantangan. Mereka mengharapkan citra cemerlang dari tiap kegiatan yang sukses dan kinerja luar biasa. PKP sering mengkombinasikan visualisasi mereka dengan apa yang telah diungkapkan dalam dirinya. Dengan kata lain bagaimana pencapaian kinerja puncak terujud seperti yang dipikirkannya.
  4. Hubungan antarmanusia. PKP menerapkan hubungan antarmanusia sebagai unsur pokok. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 85% keberhasilan bisnis dicirikan oleh ketrampilan berhubungan dengan orang lain dan hanya 15% berupa kemampuan teknis. Sebagai manajer, para PKP trampil dalam memotivasi dan memberdayakan subordinasi mereka untuk meningkatkan kinerjanya. PKP melakukan interaksi sosial yang saling bermanfaat; misalnya sebagai pendengar yang baik, bicara positif, respek dan apresiasi kepada orang lain.
  5. Perasaan Tenang dan Damai. PKP umumnya memiliki jiwa yang tenang dan damai yang membuat mereka sanggup untuk berkonsentrasi penuh pada tujuan dan mengatasi semua apa yang dikerjakannya. Kondisi ini berhubungan erat dengan kesehatan mental dan fisik PKP.
  6. Manajemen Diri yang Efektif. PKP biasanya melakukan sesuatu yang benar dengan penggunaan waktu relatif sedikit. Upayanya fokus pada kegiatan-kegiatan yang dapat mencapai tujuan. PKP menerapkan ketrampilan mengelola waktu yang baik seperti “first things first”;mengatasi tantangan tugas ketika yang bersangkutan pada posisi terbaik; perencanaan; pendelegasian tugas; dan menolak tugas berlebihan.
  7. Disiplin Diri. Atribut ini sangat menentukan ketika mentranformasi misi dan tujuan menjadi realitas. PKP biasanya mengerjakan sesuatu yang banyak orang segan melakukannya. Mereka sangat disiplin yang tidak jarang mengorbankan dan menghindari imbalan yang terlalu dini.
  8. Keluwesan. PKP mampu beradaptasi ke dalam situasi realita yang baru dengan cepat. Mereka terbuka untuk menerima gagasan-gagasan baru; dan berkehendak belajar dari orang lain yang pengetahuannya lebih banyak. Mereka secara bersinambung melakukan adaptasi dan perubahan sampai meraih hasil yang didambakan.
  9. Dari uraian di atas maka peraih kinerja puncak atau tinggi umumnya berperilaku produktif dengan kualitas pribadi yang positif. Pada kenyataannya mereka termasuk orang-orang yang luar biasa dalam hal semangat berkinerja tinggi. Kinerja yang diraih PKP tidak selalu merupakan fungsi dari tingkat akademik atau intelegensia intelektual, keturunan, atau bahkan keberuntungan yang bersangkutan. PKP tidak dilahirkan melainkan dibentuk.

Iklan