Saya percaya hampir setiap orang mengetahui tentang arti mogok dan jenisnya. Ada . mogok yang tidak disengaja dan ada yang disengaja. Kalau yang tidak disengaja,misalnya terjadi pada mobil dan kereta. Itu disebabkan adanya kerusakan salah satu atau lebih komponen penggerak mesin. Sementara, mogok yang disengaja dimaksudkan sebagai pernyataan protes terhadap keadaan tertentu. Misalnya mogok kaum buruh karena tuntutan kenaikan upah dan kesejahteraan tidak dipenuhi sang mjikan. Mogok makan para mahasiswa karena tuntutan untuk menurunkan dana sumbangan pendidikan tidak dipenuhi pihak rektor. Mogok bekerja oleh para  pegawai daerah untuk menuntut bupati turun dari jabatannya. Dan masih banyak lagi jenis mogok lainnya.

Nah,mogok yang satu ini agak unik. Yakni dilakukan para tukang tahu tempe (3T). Rasa-rasanya baru kali inilah ada mogok yang dilakukan oleh usaha kecil-menengah yang bergerak di bidang usaha makanan. Kejadiannya tadi siang dan tidak tanggung-tanggung dilakukan di depan istana oleh sekitar 100an orang. Mereka menuntut agar pemerintah menurunkan harga kedele (bahan baku tempe dan tahu) yang sempat naik sekitar 70%.Belum lagi penderitaan itu semakin bertambah dengan naiknya harga bahan bakar solar dan bahan lainnya. Di daerah tertentu ada 3T yang sudah beralih ke profesi lain seperti supir angkutan kota. Kalau tuntutan tidak dipenuhi mereka akan mengancam untuk melanjutkan mogok.yang dilakukan tukang tahu tempe (M3T). Untuk itu mereka mengajak para aktifis 3T untuk mogok berpoduksi dan berdagang tahu tempe. Ada yang mengikutinya karena merasa diancam tetapi ada juga yang tenang-tenang atau tetap saja berusaha. Kalau benar-benar mogok itu berlangsung di seantero tanah air, bisa dibayangkan betapa banyaknya 3T yang merugi.Betapa banyaknya pula para karyawan yang menganggur.

Karena M3T, saya membayangkan tahu-tempe makanan favorit rakyat semesta itu bakal hilang dari pasar.Ternyata tidak.Ini terbukti malam ini di atas meja makan tersaji bobotok tahu.  Makanan kesukaan saya sejak semasa kecil tempo doeloe.Plus sayur lodeh bersambal maka jadilah malam ini saya merasa puas.Dan kalau sore hari terkadang saya suka minta tolong asisten rumahtangga  untuk membelikan tahu goreng yang lezat itu. Sambil santai melihat acara televisi, saya santap tahu hangat dengan nikmatnya. Sebagaimana diketahui tahu tempe sebagai makanan rakyat itu memiliki nilai gizi tinggi. Tempe/tahu yang dikenal sejak zaman dahulu, merupakan makanan pelengkap sebagai sumber protein tinggi yang rendah kolesterol. Harga jual tempe tahu pun masih relatif lebih rendah ketimbang makanan sumber protein lainya, misalnya ikan dan daging ayam.Jadi sangatlah naif kalau ada anjuran karena impor kedele sangat menguras cadangan devisa maka kurangilah kosumsi tahu tempe.  

Karena sudah menjadi makanan pelengkap dan merakyat, maka sebaiknya pemerintah berupaya untuk swasembada produksi kedele. Saat ini tercatat Indonesia mengimpor sekitar 1,3 juta ton kedele atau setara sekitar 45% konsumsi nasional.. Seharusnya pemerintah mendorong pihak swata didukung kredit usahatani mengembangkan kedele di sentra-sentra pertanian. Suatu ketika, devisa yang dikeluarkan untuk impor kedele dapat digunakan untuk membiayai sektor-sektor produktif lainnya. Sekaligus juga kita tidak ”dihantui” bakal terjadinya M3T lagi.  

Iklan