Promosi diri? Terdengarnya aneh. Sepertinya ingin menjajakan diri: inilah saya.. Layaknya manusia sombong, angkuh, sok percaya diri, dan sebangsanya. Benarkah demikian? Dalam zaman yang sudah semakin terbuka, promosi diri bukanlah “barang” aneh. Dalam dunia kerja yang semakin bersaing, promosi diri sudah bukan barang baru. Ketika anda ingin melamar pekerjaan bukankah itu promosi diri? Lalu ketika anda melamar ingin menjadi anggota DPR, rektor, bupati, kepala desa, bahkan presiden sekalipun, apakah itu bukan promosi diri?. Ketika anda ingin naik jabatan dan pangkat tidak mungkin berhasil tanpa mempromosikan diri. Jadi, promosi diri dapat disimpulkan bukanlah perilaku yang  diharamkan. Dan promosi diri merupakan bagian dari pencapaian kehidupan yang lebih baik lagi. Pertanyaannya bagaimana agar promosi diri bisa berlangsung sukses?

Keberhasilan promosi diri sangat bergantung pada dimensi-dimensi kekuatan dan kemampuan anda  serta proses yang dijalankan anda. Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah apa bentuk kelebihan yang anda miliki. Apanya yang akan anda promosikan? Apakah potensi diri berupa intelektual, ketrampilan tertentu, atau pengalaman anda. Bagaimana dengan citra yang anda miliki selama ini? Apakah itu ditunjukkan oleh rasa percaya diri, prestasi atau gagasan inovasi baru anda dalam bidang tertentu? Tampil beda dibanding dengan prestasi orang lain? Sehingga memiliki nilai jual tinggi? Semakin tinggi mutu potensi dan semakin luas penyebaran citra diri anda semakin besar peluang keberhasilan dari upaya promosi diri.

Selain itu anda juga harus bertanya siapakah segmen pasar untuk potensi diri dan nilai kinerja yang anda miliki. Apakah kalangan departemen teknis, pendidikan, penelitian, bisnis, atau badan-badan nasional dan internasional? Dengan kata lain siapa saja yang akan membeli gagasan-gagasan cemerlang anda? Karena promosi sebagai suatu proses maka anda harus sangat proaktif mendekati khalayak pengguna. Informasikan segala sesuatu yang terkait dengan maksud anda berpromosi diri. Buatlah mereka tertarik untuk ”membeli” anda lewat beragam media (iklan) yang ada termasuk dalam forum-forum diskusi dan seminar. Selamat berpromosi. 

Iklan