Katakanlah anda sebagai manajer suatu perusahaan. Anda membawahkan sejumlah karyawan. Disini salah satu fungsi manajer adalah membangun tim kerja yang efektif. Pertanyaannya apakah anda otomatis juga berperan sebagai motivator? Nah untuk mengetahuinya, anda harus  memetakan cita-cita pekerjaan dan potensi motivasi anda.

Yang pertama, memahami tujuan hidup anda seperti; apakah anda memiliki tujuan yang terinci; apakah ketika merumuskan tujuan anda dikaitkan dengan sumberdaya yang anda miliki; apakah anda selalu mengembangkan pengetahuan anda; apa dan bagaimana dengan karir anda; dan seberapa besar cita-cita anda sudah tercapai.

Kemudian hal   yang kedua adalah anda perlu memahami identitas diri anda. Apakah anda termasuk menyukai diri anda sendiri; apakah anda termasuk pekerja keras; apakah anda biasa menghargai orang lain; apakah anda memiliki banyak teman yang baik; apakah anda memiliki selera humor; apakah anda menyenangi pekerjaan anda; apakah anda benar-benar sudah menjadi pembimbing; apakah anda mampu mengelola waktu anda dengan efisien; apakah anda memiliki rekan kerja yang baik; apakah anda memiliki naluri dalam mengatasi konflik; apakah anda melibatkan karyawan untuk merumuskan, melaksanakan, dan menilai tujuan kelompok atau perusahaan anda.

Kalau jawaban anda sebagian besar bernilai positif berarti anda sudah menjadi motivator. Tidak saja untuk orang lain  tetapi juga untuk anda sendiri. Dengan kata lain anda sudah mampu membangun motivasi sekaligus komitmen kerja di kalangan karyawan. Anda sudah diteladani oleh para karyawan karena anda dipandang sebagai pekerja keras yang selalu meningkatkan pengetahuan, menghargai orang lain, dan melibatkan karyawan untuk berpartisipasi aktif.

Disini anda sudah mampu membangun nilai-nilai organisasi belajar. Suatu set nilai yang berisikan tentang kepercayaan bahwa bekerja dengan keras, jujur, prestasi, siap dengan tantangan, dan amanah sudah merupakan nilai-nilai kehidupan pribadi dan kehidupan profesi semua karyawan. Pertanyaannya apakah semua manajer sudah mampu membangun suasana seperti itu?