Dalam dunia bisnis yang berubah cepat, perusahaan harus mampu mengadaptasi  ekses setiap perubahan atau resiko dari kegagalan yang mungkin muncul. Namun yang terjadi, reaksi pertama terhadap perubahan yang ada biasanya dalam bentuk resistensi. Disisi lain boleh jadi para individu mengekspresikan kepeduliannya melalui perubahan kebiasaan, norma dan cara-cara mengerjakan sesuatu.

          Dalam perusahaan, kemampuan akan berubah mungkin meningkat dengan menggunakan MSDM secara benar dan tepat. Sebagai contoh, perusahaan yang berkepentingan untuk menjadi lebih adaptif terhadap tekanan-tekanan lingkungan dan perubahan seharusnya menggunakan orang yang luwes dan mampu mengembangkan potensinya. Tujuannya agar yang bersangkutan  menyadari bahwa perubahan adalah sesuatu yang penting sebagai bagian dari pertumbuhan perusahaan.

         Lebih jauh, perusahaan seharusnya merumuskan standar yang fleksibel dan bervariasi dalam hal pendekatan perubahan dan pemberian penghargaan kepada karyawan yang inovatif. Selain itu perusahaan harus juga mendengarkan kritik para pelanggan untuk bahan penyusunan perubahan yang dikehendaki para pelanggan. Umumnya suatu perusahaan, dalam kondisi persaingan tinggi, dengan kemampuan perubahan yang besar akan sangat mungkin memuaskan, bertahan dan memberi daya tarik kepada  para pelanggan.

         Namun keberhasilan suatu perubahan membutuhkan waktu yang tidak pendek. Sebagai contoh, sekitar tahun 70an, industri otomotif untuk menghasilkan kendaraan model baru membutuhkan waktu tujuh tahun dimulai dari konsep baru.  Ford ketika memperkenalkan mobil baru Taurus/Sable hanya menghabiskan waktu 3,5 tahun karena perusahaan menyelenggarakan pelatihan bagi para karyawannya. Waktu yang lebih singkat itu merupakan hasil dari keterlibatan para tim pemasok bahan baku, ahli mesin, pabrik, distributor, pekerja perakitan dan pelanggan secara terpadu.

       Jadi hasil gemilang itu merupakan perpaduan antara kelompok-kelompok tersebut dengan perubahan yang terjadi dalam MSDM seperti dalam pelatihan, penyusunan pegawai, komunikasi dan sistem imbalan. Semuanya ini memberi manfaat bagi Ford dalam bentuk peningkatan keuntungan dan kinerja perusahaan.