Dengan mengucap Syukur ke hadirat Illahi, penulis mempersembahkan buku berjudul Manajemen Mutu Sumberdaya Manusia (MMSDM) kepada khalayak luas. Buku ini khususnya diperuntukkan bagi mereka yang berprofesi akademisi, mahasiswa, dan pelaku organisasi khususnya pengusaha dan manajer. Buku ini dibuat untuk melengkapi khasanah ilmu pengetahuan dalam bidang manajemen dan sumberdaya manusia (SDM). Isi buku berdasarkan fenomena empiris dan teoretis yang menyangkut masalah manajemen, organisasi dan mutu SDM.
Latar belakang diterbitkannya buku MMSDM sebagai ilmu terapan iniadalah: Pertama, di dalam kumpulan literatur nasional dan internasional, penulis belum menemukan satu pun buku dengan topik MMSDM. Dengan kata lain buku ini merupakan yang pertama tentang MMSDM; Kedua, tidak dapat dipungkiri pembuatan buku MMSDM ini terinspirasi dari buku-buku yang ada hubungannya dengan berbagai aspek yang terkait dan fokus pada mutu barang dan jasa yakni Gugus Kendali Mutu (Total Quality Control), Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Pemeliharaan Produktif Terpadu (Total Productive Maintenance) dan Pelayanan Mutu Terpadu (Total Quality Services). Sementara buku ini berfokus pada mutu SDM; Ketiga, MMSDM dinilai sangat penting bagi setiap organisasi khususnya bagi perusahaan yang akan meningkatkan kinerja organisasi melalui peningkatan mutu SDM dan kinerja karyawannya. Kinerja karyawan itu sendiri sangat dipengaruhi oleh keberhasilan organisasi dalam menerapkan MMSDM; Keempat, data menunjukkan bahwa sumberdaya manusia Indonesiamasih tertinggal kualitasnya. Dalam skala global dapat dilihat dari daya saing ekonomi, pendidikan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
International Institute for Management Development (2001), suatu organisasi internasional yang bermarkas di Kota Lausanne, Swiss, menyajikan informasi tentang peringkat daya saing ekonomi sejumlah negara. Dari sebanyak 49 negara, ternyata Indonesia berada pada posisi paling rendah; yaitu peringkat ke-49. Negara-negara tetangga seperti Australia, Selandia Baru, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Korea Selatan memiliki peringkat di atas Indonesia. Artinya daya saing ekonomi kita memang paling lemah di antara negara-negara dunia pada umumnya, termasuk negara-negara tetangga
Hal ini diduga terkait dengan kemampuan sumberdaya manusianya. Dibanding dengan tahun 2001 derajad daya saing usaha Indonesia pada tahun 2005 tidak berubah positif. Menurut hasil survei International Institute for Management Development, Indonesia pada tahun 2005 terpuruk pada peringkat ke-60 dari 61 negara.
Mengapa hal itu bisa terjadi? Ada tiga indikator besar yang menyebabkannya: Pertama, adalah faktor ekonomi makro, seperti ekspektasi resesi dan kondisi surplus atau defisitnya suatu negara yang masih memprihatinkan. Tingkat pertumbuhan ekonomi relatif masih lambat, tingkat penyerapan tenaga kerja masih rendah, investasi berjalan lambat, tingkat sumberdaya manusia (SDM) karyawan yang masih rendah, dan kemiskinan masih tinggi; Kedua, institusi publik dan kebijakan yang diambil dalam melayani kebutuhan masyarakat masih jauh dari optimum. Masyarakat masih dihadapkan pada kesulitan memperoleh pelayanan maksimum; Ketiga, adalah teknologi yang digunakan dalam proses produksi masih belum menghasilkan produk-produk yang mampu bersaing di pasar global.
Sementara itu dalam hal pendidikan kondisinya juga sama. Studi Political and Economical Risk Consultancy (2001), menunjukkan bahwa Indonesia berada di urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Seperti diketahui tingkat pendidikan (SDM) angkatan kerja Indonesia didominasi oleh pendidikan dasar yaitu sekitar 63%. Dalam hal ini Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, dan Filipina, lagi-lagi berada di atas kita. Kondisi demikian diperkuat dengan data dari laporan UNDP, United Nations Development Programme, dalam “Human Development Report 2005” tentang kualitas pembangunan manusia. Dari 177 negara, Indonesia berada pada peringkat ke-110. Sementara Singapura mencapai peringkat ke-25, Brunei Darussalam ke-33, Malaysia ke-61, Thailand ke-73, dan Filipina ke-84.
Gambaran kondisi SDM Indonesia yang lemah tersebut diduga berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan. Pada tahun 2003, tingkat produktivitas kerja tenaga kerja Indonesia berada jauh di bawah negara-negara maju. Diperkirakan hanya sepertiganya saja. Dengan demikian kondisi ini menambah deretan panjang permasalahan mutu SDM yaitu betapa lemahnya daya saing dunia usaha kita di pasar global. Hal itu mendorong penulis untuk menganalisis masalah mutu SDM dan bagaimana mutu SDM seharusnya dikelola secara komprehensif. Intinya adalah kalau perusahaan berkeinginan kuat meningkatkan daya saingnya maka salah satu unsur penting yang perlu dimiliki adalah manajer dan karyawan yang profesional.
Dalam buku ini fokus sentral perhatian adalah menganalisis seberapa jauh pengaruh mutu SDM terhadap kinerja organisasi, khususnya di bidang bisnis dan bagaimana pendekatan peningkatan mutu SDM perlu dilakukan. Dengan kata lain, MMSDM menempatkan pentingnya mutu sumberdaya manusia (SDM) sebagai unsur potensial dalam mencapai keberhasilan suatu tujuan organisasi. Karena itu MMSDM dapat dipandang sebagai ilmu dan sekaligus juga seni mengelola mutu SDM seseorang. Memahami MMSDM berarti mengetahui secara mendalam apa, mengapa dan bagaimana masalah mutu SDM karyawan dikelola dalam suatu organisasi secara optimum.
Uraian diawali secara teoretis tentang peranan MMSDM sebagai ilmu terapan yang diturunkan dari ilmu Manajemen Sumberdaya Manusia (MSDM). Termasuk di dalamnya diuraikan perlunya dilakukan reposisi karyawan sebagai aset investasi perusahaan yang efektif. Kemudian diutarakan batasan dan ciri-ciri mutu SDM baik dilihat dari sisi input, proses, output maupun outcome. Pengaruh perubahan dunia terhadap MMSDM dimana setiap perusahaan harus memiliki manajer dan karyawan profesional juga diuraikan dalam buku ini. Telaahan juga dilakukan dalam berbagai unsur peningkatan mutu SDM karyawan dan manajer seperti dalam hal kemampuan berkomunikasi, motivasi, etika dan disiplin kerja, kesehatan dan keselamatan kerja, produktivitas dan mutu kehidupan kerja.
Untuk mencapai mutu SDM optimum maka ditawarkan pendekatan fungsi-fungsi strategis yakni pengembangan budaya kerja; perencanaan mutu SDM; membangun motivasi; etika dan kedisiplinan karyawan; pengembangan komunikasi efektif; pelatihan berbasis kompetensi; pengembangan produktifitas dan mutu kerja; pengembangan motivasi, etika dan kedisiplinan; pengembangan keselamatan dan kesehatan kerja; kepemimpinan mutu dan pendelegasian tugas; penilaian mutu SDM dan kinerja karyawan; penerapan manajemen perubahan dan inovasi mutu SDM; dan manajemen organisasi pembelajaran. Secara lebih khusus penulis menciptakan dan membahas model pengembangan Kelompok Belajar pada setiap tingkatan manajemen. petunjuk manajemen, pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan dan berbagai kasus. Sumber rujukan untuk penulisan buku ini berupa buku-buku (dipublikasi dan tidak dipublikasi) dan jurnal ilmiah berskala nasional dan internasional. Contoh-contoh hasil penelitian ilmiah (studi kasus) juga disajikan untuk melengkapi isi buku ini.
Buku ini memiliki jumlah halaman setebal 212 halaman, dan diterbitkan oleh Ghallia Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang buku ini silakan menghubungi Ratih Maria Dhewi (HP. 0856-8012328 dan email ratih_md@ipb.ac.id).
Semoga buku ini bermanfaat dalam ikut mencerdaskan bangsa.
Bogor, Maret 2007.
Tb. Sjafri Mangkuprawira dan Aida Vitayala Sjafri Hubeis.
April 30, 2007 at 12:52 pm
Pak Sjafri,
Selamat hari ulang tahun Pak, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Juga selamat atas peluncuran buku Manajemen Mutu SDM, yang diselenggarakan tadi siang di kampus IPB.
Menyimak acara diskusi pada peluncuran buku tadi, saya membayangkan bahwa suatu saat para profesor atau akademisi pada umumnya di Indonesia akhirnya sanggup menciptakan model-model manajemen sendiri yang khas Indonesia.
Selama ini kita hanya mengadopsi model-model manajemen yang diciptakan oleh para akademisi luar, misalnya balanced scorecard oleh Kaplan dan Norton, TQM oleh Edward Deming, manajemen SDM berbasis kompetensi oleh McCleelland, dan sebagainya.
Suatu saat, saya membayangkan, akan ada Sjafri Mangkuprawira’s Model on HR Quality Management. Ini tentu menjadi kontribusi yang luar biasa pada teori maupun praktik SDM di Indonesia.
Sekali lagi selamat Pak, terus berkarya Prof … semoga selalu di bawah lindungan Allah SWT. Amin. Terima kasih.
Riri Satria
Mhs DMB IPM angkatan 1
http://www.ririsatria.net
Mei 4, 2007 at 10:14 am
Yth. Pak Sjafrie,
Ass.ww.
Terus terang saja , adalah kehormatan buat saya diberi kepercayaan sebagai pembahas bedah buku Manajemen Mutu SDM karangan bapak dan ibu Sjafri yang berlangsung pada hari Senin yang lalu. Terima kasih ya pak.
Saya jadi bisa lebih mendalami pengetahuan yang mendasari pentingnya manajemen mutu SDM, terlebih lagi saya sebagai seorang praktisi dalam manajemen dan kepemimpinan yang selama ini lebih banyak prkatek tapi kurang baca , buku tersebut tentu menjadi pencerahan tersendiri.
Sudah 2 tahun ini saya dan teman-teman di BUMN melalui BUMN Executive Club (BEC) yang peduli akan manajemen kinerja, melalui Yayasan Indonesia Quality Award (Y-IQA) telah dan akan terus menyelenggarakan penilaian kinerja perusahaan ( saat ini baru terbatas BUMN dan kedepan untuk semua organisasi) guna menuju kinerja ekselen berdasarkan metode Malcom Baldrige Criteria for Performance Excellence. Lagi-lagi, untuk mencapai kinerja ekselen tersebut sangat dibutuhkan SDM yang bermutu dan Manajemen Mutu SDM.
Tentu saja buku Manajemen Mutu SDM dimaksud dan pemikiran-pemikiran bapak akan saya tularkan kepada teman-teman di BEC dan Y-IQA.
Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan barokahNYA kepada Bapak sekeluarga . Amien.
Wassalam,
Rudjito
Mei 7, 2007 at 9:21 am
Mas Rudjito ysh,
Terimakasih atas apresiasi terhadap situs rona wajah ini. Sekaligus terimakasih dan penghargaan atas ulasan terhadap buku kami (dengan isteri) dalam acara peluncuran buku itu minggu lalu. Insya Allah buku ini dapat dipakai sebagai salah salah satu jalur pengembangan ilmu tentang SDM khususnya manajemen mutu sdm.Kita masih harus terus kerja keras ya mas. Mutu SDM adalah segalanya dalam pembangunan di berbagai bidang. Faktornya-faktornya begitu kompleks. So Saya tetap masih menunggu sumbangan pemikiran mas tentang mutu SDM dari seseorang yang memiliki pengalaman dan horison bisnis yang luas seperti mas.
salam
Juni 16, 2007 at 4:01 am
sangat menarik, untuk diterapkan, sukses terus buat bapak, salam hormat dari rasid
Juni 16, 2007 at 4:03 am
sangat menarik untuk diterapkan, semoga kesuksesen selalu pada bapak. salam hormat. terima kasih
Juni 16, 2007 at 10:45 pm
Terimakasih bung Rasid.Diharapkan buku itu bermanfaat.Semoga anda pun sukses.Amiiin.Salam
Januari 31, 2008 at 3:15 am
terimakasih pak Sjafri yang masih tetap eksis dalam penulisan buku. yang tentunya dapat menambah wawasan bagi kami yang membacanya.
Januari 31, 2008 at 9:23 am
terimakasih mas tariyono…..insya allah saya akan tetap menulis….dan kini sedang menyiapakan buku kumpulan catatan lepas tentang bisnis dan sdm…..
April 15, 2008 at 7:31 am
ASS…
maaf paK,, apa bukunya dah terbit di daerah sy ya??
kebetulan sY mengambiL judul skripsi tentang manajemen muTu…^^
April 15, 2008 at 6:22 pm
ritha……setahu saya sejak tahun lalu sudah beredar dan dijual di beberapa toko buku…….
April 23, 2008 at 4:41 am
Assalamualaikum Pak Sjafri,
Salam kenal Pak, saya Johny Janwarie.
Salut saya atas tulisan2 di blog Pak Sjafri, khususnya isi buku Bapak judul “Manajemen Mutu SDM”. Lebih khusus lagi saya tertarik dengan tulisan yang terkait dengan Manajemen Mutu.
Pak, berkenaan denga penerapan mutu, apapun bentuknya saya tertarik mendapat kan sharing dari Bapak, tentang bagaimana sih untuk menimbulkan komitmen total dari manajemen suatu perusahaan (BUMN), dan yang terpenting pula bagaimana untuk membuat mutu menjadi shared value atau menjadikannya sebagai budaya yang terus terpelihara.
Kemudian, mohon apabila ada artikel atau pendapat atau pengalaman dari Bapak, tentang hubungan peningkatan profit dengan pelaksanaan / perolehan sertifikasi ISO. Beberapa pendapat, sepertinya ISO sedikit hubungannya dengan peningkatan profit ya..Lagi-lagi ini hubungannya dengan shared value lagi..
Terima kasih.
Wassalam,
Johny Janwarie.-
Juli 29, 2008 at 10:02 am
Assalamualaikum, pak sjafri
Bahagianya ketika melihat bk MMSDM ini.smua msalah yg sy angkat untk skripsi alhmdllh mendapat jwbn dr bk bpk.sy mengambil judul karya akhr sy adlh Pengaruh rekrutmen dalam meningkatkan mutu SDM.Tanggal 5 agusts ini sy sidang,mhon doany pak.terima ksh tlah membntu dlm stiap jwbn yg sy perlukan ttng mutu SDM yg baik.
Wassalama
Nia Anggraeni
Juli 29, 2008 at 11:38 am
waalaikum salam nia…..terimakasih sudah membaca buku saya….semoga anda sukses ujiannya….
Agustus 5, 2008 at 8:36 am
Saya menyambut baik terbitnya buku ini karena akan sangat membantu dalam khaazanah keilmuan SDM di Indonesia. Pentingnya SDM harus menjadi gong bersama aagar ada kesungguhan dari semua pihak untuk meningkatkan kualitas SDM kita, dan lebih jauhnya meningkaatkan produktivitas dan daaya saing negeri ini.
Agustus 5, 2008 at 5:42 pm
Terimkasih bung dede…..semoga buku itu bermanfaat…….
November 20, 2008 at 3:33 am
Salam,
Saya serang karyawan pegawai negeri di Timor Leste bekrja untuk bagian kepegawaian…… saya igin menayakan informasi tentang buku-buku sumber daya manusia.
terima kasih
Desember 2, 2008 at 3:25 pm
Senang saya bisa buka site ini.
Saya yakin buku bapak akan bermanfaat banyak untuk banyak pihak.
arman
Desember 3, 2008 at 12:50 pm
bung arman….semoga buku itu bermanfaat……
Maret 19, 2009 at 8:15 am
selamat sore pak,
saya sangat tertarik dengan manajemen mutu.
apakah saya boleh tau dimana saya bisa memperoleh buku tersebut ?
dan berapa harganya ?
terimakasih pak.
Maret 20, 2009 at 12:27 am
ya mas ronap….buku manajemen mutu sdm dapat dibeli di toko buku….namun sudah setahun ini…saya sendiri kesulitan mencarinya…..harganya (2007) kalau tidak salah 43 ribu rupiah….
Mei 25, 2009 at 6:42 am
Bung arman kami diaceh saat ini sangat sulit mendapatkan buku-buku manajemen, baik Mutu,SDM dll. bgm cara nya saya bisa dapat buku-buku tersebut dengn mudah.
Mei 26, 2009 at 12:28 am
mbak nur…siapa itu bung arman?……
Oktober 12, 2009 at 2:34 pm
assalammu’alaikun wr wb.,
Sy memiliki pengalaman bekerja di dunia marketing selama 6 tahun dan memiliki gelar Amd jurusan M. Personalia di APP Jakarta. ketika sy melamar kerja sbg marketing, interviewer menawarkan posisi sebagai spv. HRD. Namun sy sdh sedikit lupa mengenai MSDM. Beliau memberikan kesempatan kepada sy untuk mempelajarinya kembali…. Sy tinggal di Depok., adakah buku Bapak Sjafri mengenai MMSDM di Gramedia Depok? terima kasih informasinya. assalammu’alaikum
Oktober 13, 2009 at 8:15 pm
kang ade…saya mendengar kabar sudah tidak ada lagi di toko buku gramedia…sebaiknya anda hubungi saja penerbitnya PT Ghalia Indonesia…khususnya bagian marketing…..
November 13, 2009 at 7:20 am
Q mw tnx,
bgus tdk jurusan Manajemen i2?
Soalny aku mw kuliah n ku ambl jurusan Manajemen. . .
Tlg dikOnfirmasi
November 15, 2009 at 12:47 pm
bergantung minat anda…hemat saya jurusan manajemen bagus ama…bisa berpeluang kerja dimana saja….
Agustus 19, 2011 at 5:07 am
sangat menarik pak, bagus dan jelas dalam menjelaskan nya pak.
paham di mengerti.
Oktober 3, 2012 at 6:41 am
Saya tertarik dengan buku tsb. Saya sdh coba cari dgramedia tp tdk ada. Bgmn saya bs mendapatkan buku tsb? Thx
Oktober 6, 2012 at 9:17 pm
ya anita…masih sedang diedit untuk edisi yg baru….
September 24, 2021 at 2:33 pm
Selamat Malam Bapak, Buku ini sangat menarik untuk menjadi bahan rujukan kami selaku dosen dengan Konsentrasi SDM, yang juga mengampu mata kuliah sama dengan Judul Buku Bapak. Namun, saya mencari buku ini di Toko Buku Kami di Kota Palu tapi tidak tersedia. Dimanakah saya bisa mendapatkan buku tersebut pak? terima kasih