Dilahirkan 69 tahun yang lalu di desa Luragung Kuningan Jawa Barat. Lulus sebagai Sarjana Pertanian dan Doktor  di bidang Ekonomi  Pertanian Faperta IPB. Juga pernah studi lanjutan di University of Sussex Inggeris. Bekerja sebagai dosen Faperta IPB sejak 1969 dan kini sebagai Guru Besar Emeritus Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB dalam Ilmu Manajemen Sumberdaya Manusia. Selain itu sejak awal Agustus 2012 sebagai Guru Besar Sekolah Tinggi Manajemen PPM Jakarta.  Aktif mengajar dan membimbing mahasiswa strata satu sampai strata tiga di Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), dan Sekolah Pascasarjana IPB khususnya Program Studi Ekonomi Pertanian, Manajemen Bisnis, Komunikasi Pembangunan, Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan (PSL), dan Program Studi Ilmu Manajemen.
Mata Kuliah yang sedang diasuh pada strata satu meliputi Manajemen Sumberdaya Manusia (MSDM) dan Perilaku Organisasi. Mata Kuliah pada strata dua terdiri dari MSDM Strategik, MSDM Internasional, Perencanaan SDM, Manajemen Kinerja, Manajemen Pelatihan, dan Manajemen Program Komunikasi. Mata Kuliah pada strata tiga meliputi Teori Organisasi Lanjutan, MSDM Lanjutan, Manajemen Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan, Falsafah Sains, Strategi Komunikasi Politik Pembangunan Pertanian dan Perdesaan, dan Manajemen Program Komunikasi.

Selain menulis artikel ilmiah dan populer, sampai kini tercatat lima judul buku yang ditulis dan diterbitkan; berjudul Manajemen Sumberdaya Manusia Strategik (2001;cetak ulang tiga kali; dan edisi kedua-2011), Strategi Efektif Mengelola Karyawan (2011);  Manajemen Mutu SDM ditulis bersama Dr.Aida Vitayala (2007), dan Horison:Bisnis,Manajemen, dan SDM (2008-2009,cetak ulang dua kali) serta dua buku populer masing-masing berjudul Rona Wajah (jilid Pertama dan Kedua;2006 dan 2007) dan Jantungku Harapanku (2003).

Selain sebagai dosen, pernah sebagai Pembantu Dekan III, Ketua Jurusan Sosek Faperta, Dekan Faperta, Ketua LPPM IPB, Pembantu Rektor IV IPB, Ketua Senat Akademik IPB, Ketua Program Studi Ilmu Manajemen Pascasarjana IPB, sebagai staf ahli Menteri Koperasi dan UKM,staf ahli Bimas Deptan, dan Tenaga Ahli pada Depdikbud dan Kementerian Koperasi dan UKM serta di Bappeda Jawa Barat; Komisaris Utama BPRS Bina Rahmah, Komisaris PT BLST IPB serta tenaga akhli Bank Dunia dan USAID. Kini sebagai Komisaris Utama PT IPB Press dan Komisaris PT Global Scholarship Services Indonesia.

Dari perkawinan dengan Prof.Dr. Ir. Aida Vitayala Hubeis, Sjafri dikaruniai tiga orang anak. Yang pertama Drg (Unpad). Ratu Mirah Afifah,MSDSc (Sydney University Australia) dosen FKG UNPAD dan Manager of Profesional Relationship UNILEVER; yang kedua Ir (IPB). Tb.Nur Ahmad Maulana, MBA, MSc, PhD di bidang Finance dari University of Strachclide, Inggris bekerja di Sekolah Pascasarjana IPB program studi Manajemen dan Bisnis,  program studi  Ilmu Manajemen ,dan program studi Ilmu Ekonomi, Peneliti Senior Komite Ekonomi Nasional, Konsultan BNI dan BRI; dan yang ketiga Desina Kartika SSi (IPB), MComp.Sc (University of New South Wales, Australia), manajer program IT di perusahaan multinasional . Dari tiga orang anak, Sjafri dikaruniai tujuh orang cucu.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 119 pengikut lainnya.