Assalamu ‘alaikum wr wb.

Terima kasih atas kunjungan Anda ke blog Rona Wajah ini. Mudah-mudahan Anda mendapatkan sesuatu dari blog ini, apakah tulisan, atau hanya sekedar blog walking. Untuk menjalin silaturrahmi, saya akan sangat berbahagia jika Anda menuliskan sesuatu di buku tamu dengan meninggalkan pesan. Terima kasih banyak. Wassalam.

1.229 Tanggapan to “Buku Tamu”

  1. Riri Satria Says:

    Assalamu ‘alaikum wr wb, Pak Sjafri.

    Saya yang mengisi buku tamu pertama kali, Pak :) Selamat berkarya terus Pak, membagikan wisdom kepada generasi muda melalui blog Rona Wajah ini. Semoga selalu di dalam lindungan Allah SWT.

    Terima kasih. Wassalam
    Riri Satria (mhs DMB-IPB angkatan 1)

    http://www.ririsatria.net

    1. SR4Y4 Lw4t Says:

      Assalamu’alaikum
      Salam kenal pak Sjafri.. blognya ramai sekali, Jangan lupa kapan2 Berkunjung kesini

      wassalam


      1. waalaikum salam sr4y4…trims telah mampir…saya juga sempat mampir ke blog anda quran dan sunnah…baravo


      2. Salam kenal bpk, saya salud dengan bpk masih bisa mengatur waktu untuk tetap Bloggging dengan tulisan yang luar biasa, memberi inspirasi.

        Salam,
        Imam-Jogja

      3. sjafri mangkuprawira Says:

        blogger jpgja…terimakasih…salam

  2. aida Says:

    selamat atas munculnya blog rona wajah. Sebaiknya blog ini difokus pada beragam aspek SDM, khususnya manejemen SDM dan mutu SDM. Sedangkan rona wajah 3 biarkan saja ditulis sendiri seperti dulu sehingga pembaca surprise pada saat membaca bahan tercetaknya.

  3. Fachriyan H.Pasaribu Says:

    Ass.wr.wbr.
    Pak Sjafri, selamat atas dibukanya blog ini, tentunya akan menstimulasi sahabat2 lain membuat blog juga untuk mengembangkan ilmu dan informasinya ke penjuru tanah air, bahkan dunia. Betul sekali, walaupun sebesar biji zarah kebajikan itu tetap diberi oleh Nya pahala. Amin. Kapan muncul rona wajah nomor 3, semoga lebih seru lagi. Selamat berkarya
    Wassalam
    Fachriyan H. Pasaribu

  4. cucumu Says:

    cie……………. mbah nie udh dapet 2 jilid buku rona wajah ara juga lho……. yg masukin tambahan apalah itu ksh tips doank…… mbah nie pelit ah………… udh dulu ya…… bye bye

  5. Hendra Says:

    Assalamualaikum Wr Wb,

    Pak Sjafri, saya senang dan kagum melihat semangat Bapak,. jujur saya tidak mengenal bapak, namun saya bisa membaca pemikiran bapak lewat tulisan2 Bapak.

    Saya Hendra, kini juga sedang belajar Manajemen (pemula). senang bisa kenal dfan baca blog Bapak. Kren Habis

    Salam
    Hendra
    http://www.hendrasyahputra.wordpress.com

  6. Sadikin Kuswanto Says:

    Selamat pagi pak Sjafri, selamat atas peluncuran “blog” bapak. Ini akan lebih memudahkan kita untuk berkomunikasi, khususnya dalam mendiskusikan khasanah ilmu yang berkaitan khususnya dengan “Strategic Human Resource Quality Management” dan manajemen umum lainnya.

    Kami ingin juga bisa memberi warna pada “Rona Wayah” agar lebih merona……

    Sampai jumpa pada acara bedah buku bapak minggu depan.
    Sekali lagi selamat pak…. Bravo.

    Sadikin Kuswanto
    Mahasiswa Program Doktor Manajemen Bisnis
    Sekolah Manajemen Bisnis – IPB


  7. Selamat Malam Bapak,
    Saya ingin mengucapkan “Selamat” atas diluncurkannya Blog Rona Wajah. Dengan gaya bahasa yang sederhana dan menarik, Bapak mampu mengekspresikan berbagai bentuk pemikiran Bapak selama ini. Kumpulan tulisannya ringan namun sarat akan makna, membuat blog ini mudah untuk dipahami berbagai kalangan.
    Semoga blog ini mampu menginspirasikan kami kaum muda untuk terus berkarya dan mampu meneladani jejak langkah yang telah ditorehkan oleh seorang guru besar tetap FEM-IPB, Bapak TB. Sjafri Mangkuprawira.
    Tetap terus berkarya Pak :)

    Salam Hangat
    Cosmas Hino Prasetyo
    Calon Mahasiswa PPIM IPB Ang.1

  8. ronawajah Says:

    Sjafri :
    YTH Riri Satria, Prof. Fachriyan Pasaribu, Hendra, Sadikin Kuswanto dan Cosmas Hino, terimakasih untuk saran dan tanggapannya. Mohon kesediaan anda menghadiri acara Bedah Buku saya yang baru “Manajamen Mutu Sumberdaya Manusia”
    Hari : senin, 30 April 2007
    Pk : 09-12 wib
    di : Gedung MMA IPB jalan Pajajaran Bogor.
    Terimakasih.

  9. Ritfan Wisesa Says:

    Ass. Wr. Wb.
    Selamat Ulang Tahun yang ke-64 Pak Sjafri dan juga Selamat atas diluncurkannya Buku yang berjudul Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia yang ditulis bersama istri tercinta ibu Aida Vitayala Hubeis, saya salah seorang mahasiswa bapak S1 manajemen IPB angkatan 41 yang kagum kepada bapak karena dept. manajemen memiliki seorang Guru Besar seperti bapak…
    kebetulan saya juga interest terhadap MSDM dan Insya Allah rencananya skripsi saya juga berkaitan dengan MSDM, mohon bimbingannya ya pak…terima kasih atas semua yang bapak ajarkan karena saya banyak belajar dari apa yang bapak ajarkan….Chayoo Pak Sjafri…
    -Wassalam-

  10. jsofian Says:

    Salam Sejahtera Prof. Sjafri.

    Walaupun urutan ke 10, saya masih berbangga hati karena masih masuk 10 besar mengisi buku tamu Prof. Masih sangat langka ada seorang Profesor yang merangkap sebagai blogger.

    Selamat dan tetap berkarya Prof.

    wassalam
    http://www.jsofian.wordpress.com

  11. ronawajah Says:

    To Ritfan Wisesa,
    Wa’alaikum salam ww,
    Terimakasih atas komentar anda. Dengan senang hati silakan datang ke saya baik di kampus maupun di rumah. Selamat belajar.

  12. ronawajah Says:

    To Jsofian,
    Terimakasih atas komentar anda. Insya Allah saya akan terus menulis dalam konteks syiar kebajikan. Salam.

  13. Eddi Wahyudi Says:

    Meskipun saya tidak masuk dalam kelas yg Bapak bimbing, namun saya cukup mengikuti kiprah Bapak dalam dunia pendidikan. Tulisan2 Bapak menurut saya sangat mengena jika dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari…..

    Mohon untuk senantiasa menularkan ilmu2 manajemen baru lewat blog ini Pak agar anak2 bangsa yg tidak bisa masuk ke dalam dunia pendidikan tinggi karena keterbatasan biaya dapat juga merasakan pancaran cahaya ilmu dari bapak, sehingga mereka juga dapat terus berkarya….

    Semoga Bapak mendapat limpahan berkah & hidayah dari Allah SWT, atas ilmu yg telah Bapak bagikan……

  14. teguh setyawan Says:

    masih ingat saya kan, Pak? Mahasiswa bimbingan akademik bapak di manajemen 41.
    satu komentar untuk bapak: LUAR BIASA! begitu juga dengan buku bapak terbaru (manajemen mutu sumber daya manusia), walaupun saya belum bisa membeli dan membacanya, tetapi tetap saja membuat saya kagum.
    bapak pernah bilang, bahwa kebanyakan orang yang sukses itu dimulai dari bawah, bahkan dari orang-orang yang dulunya tidak punya. dan saya ingin sekali seperti itu. karena saya sadar saya tidak memiliki bekal apa-apa kecuali karunia Allah berupa fisik yang sehat dan otak untuk berfikir.
    ngomong-ngomong, untuk tugas akhir nanti, saya ingin konsentrasi tentang sumber daya manusia. saat pemilihan dosen pembimbing kemarin, saya pilih bapak loh buat jadi pembimbing saya. mohon bimbingannya ya pak.
    Semoga Allah selalu memberi petunjuk dan perlindungan kepada kita semua. Amin. Tetap Semangat ya Pak!!

  15. ronawajah Says:

    ananda teguh,
    terimakasih atas apresiasinya.semoga anda selalu rajin belajar.silakan mengikuti blog ini dan akatif memberi pendapat.oh ya silakan segera anda mendaftar proses bimbingan skripsi segera ke departemen. selamat berkarya.
    salam

  16. ronawajah Says:

    mas edi yth,
    Terimakasih atas apresiasi terhadap situs rona wajah ini. Silakan masuk dalam dialog tentang sdm.Anda benar,sistem pendidikan plus dukungan fasilitas dan anggaran pendidikan di indonesia masih belum memadai. Tetapi celakanya kalau toh anggaran pendidikan yang masih 11,8% dari APBN selama ini ditingkatkan menjadi 20% tanpa perbaikan mutu sistem pendidikan plus kesejahteraan guru dan dosennya akan percuma saja. Apalagi kalau setiap anggaran bocor dimana-mana. Silakan mas kita berdialog lagi. terimakasih
    salam

  17. redcorp Says:

    Sebelumnya saya minta maap..Saya melihat keberadaan saya mengisi buku tamu ini sepertinya berstatus ‘outsider’. tetapi saya membaca di tag depan profil Bapak terdapat kalimat: “Selamat membaca. Jangan lupa mengisi buku tamu. Terima kasih.”. Jadi saya mau tidak mau harus memperkenalkan terlebih dahulu posisi saya sebagai tamu, Pak. Mohon berkenan membaca tulisan2 Bapak.

  18. sadikin kuswanto Says:

    Untuk Pak Sjafri dan tamu bapak yang lain:

    “Make this year a year of achievements. You don’t know what you can achieve until you try.”

    “It’s amazing what you can achieve if you believe you can do it.”

    “One of the great pleasures in life is doing what others say you cannot do.”

    Salam
    Sadikin
    http://www.sadikinkuswanto.wordpress.com


  19. Salam kenal Pak Sjafri…

  20. Sjafri Mangkuprawira Says:

    senang berkenalan dengan anda bung rohmat….boleh tahu anda berprofesi apa?
    salam
    SM

  21. bhq Says:

    Senang baca tulisan bapak.
    Salam kenal Pak.

    Bhq

    http://baihaqi.wordpress.com

  22. Pak Pur` Says:

    Salam kenal Pak, senang baca tulisan Bapak, Saya seorang Guru SMA swasta di kota Palembang. Dalam perjalanan karir sebagai seorang pengajar, sering timbul rasa pemberontakan dalam diri saya bahwa saya tidak tepat jadi seorang guru.

    Namun karena saat ini hal yang paling mungkin dilakukan untuk menghidupi keluarga hanya ini. Ke depan saya ingin beralih profesi, namun belum tahu profesi mana yang paling tepat buat saya.

    Maaf kalau ini sudah keluar dari tujuan mengisi buku tamu, saya hanya ingin sharing saja, Karena Bapak seorang Guru Besar jadi menurut saya Bapak memiliki ilmu/sesuatu yang sedang saya cari (jati diri seorang guru).

    Mohon maaf kalau ada hal yang tidak berkenan !
    Terima kasih !

  23. osinaga Says:

    salam kenal pak sjafri. salut utk bapak, tulisan nya bagus2, komprehensif dan informatif. saya sebagai alumni ipb turut bangga ada guru besar ipb yg masih sempat utk menyumbangkan tulisan lewat media blog. cuma ada satu pertanyaan yg menggelitik saya selama ini pak, agak sepele namun menurut saya cukup penting yakni soal penamaan ipb terkait diversifikasi ranah ilmu/rumpun pengetahuan di ipb yg saat ini sudah makin meluas dengan dibukanya FMIPA, FEM dan FEkologi; apakah ada kemungkinan untuk merubah status ipb dari institut menjadi universitas pak? karna utk soal penyebutan nama menjadi tidak sinkron karna institut pertanian bogor diterjemahkan sebagai bogor agricultural university (universitas pertanian bogor??). atau itu memang disengaja sebagai stage/tahapan yakni : dari institut pertanian – universitas pertanian – universitas (murni). demikian pak sekali lagi salam kenal dan sukses selalu utk pak sjafri.

  24. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Bung redcorp,
    Siap dan tentu saja saya senang berkenalan dengan anda.Terimakasih.
    Salam

  25. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Bung bhq,
    Terimakasih atas tanggapan anda. Ya saya juga senang tambah seorang kenalan-sahabat seperti anda. Keep in touch.Sukses ya.
    Salam. SM

  26. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Pak Pur,
    Terimakasih atas tanggapan dan tulisan singkat anda. Ini mengingatkan saya ketika saya masih menjadi murid SMA punya cita-cita selepas dari perguruan tinggi,saya ingin jadi camat.Keren atau gagah sebagai pamong praja.Tapi apa di kata di tengah perjalanan,ketika saya masih menjadi mahasiswa tingkat akhir di Faperta IPB(1969),alm Prof.Sudjanadi meminta saya bersama Prof.Bungaran Saragih (mantan Mentan zaman Megawati) untuk menjadi asisten dosen.Saya merasa tersanjung.Saya bilang saya mau hanya sebagai asisten luar biasa. Namun tanpa bertanya lebih lanjut, rupanya Prof.Sudjanadi mengusulkan saya dan Prof Saragih menjadi asisten dosen tetap.Tiga bulan kemudian keputusan rektor-atas nama Mendikbud keluar. Saya bimbang hampir selama tiga tahun. Hilanglah cita-cita saya sebagai “penguasa” daerah kecamatan.Di sisi lain kesejahteraan dosen jauh lebih rendah dibanding teman-teman saya yang bekerja di luar perguruan tinggi (kepala dinas, Bulog, departemen, swasta, pebisnis). Dan kondisi itu berlangsung lebih kurang selama 15 tahun. Nah untuk mengurangi perasaan subordinasi, saya harus berbuat banyak mencari jalan bagaimana caranya untuk menjadi dosen yang layak (kecerdasan intelektual dengan studi lanjutan, emosional, dan materi).Mulailah saya banyak terlibat kerja keras dalam penelitian, pengajaran, dan seminar-seminar (penyaji),serta penulisan buku.Semuanya berbasis pada ibadah dan kepercayaan yang saya tumbuhkan dengan kesabaran. Semuanya dilakukan semata-mata untuk memperoleh ridha Allah. Alhamdulillah, saya ternyata sangat menikmati sebagai seorang dosen selama 39 tahun. Insya Allah sampai saya memasuki masa pensiun April tahun depan.
    Semoga anda sukses selalu.
    Salam. SM

  27. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Bung Sinaga,
    Terimakasih atas tanggapan anda. Kangen dong yang lihat-lihat kampus. Ya anda benar. Bahkan debat tentang status IPB,apakah bertahan sebagai institut ataukah universitas, juga masih terjadi di kampus IPB. Lebih kurang 12 tahun tahun lalu IPB pernah mengadakan seminar tentang itu. Pro dan kontra berseliweran. Alasannya pun sangat beragam.Mulai dari pemahaman tentang institut dan universitas seperti yang ada pada undang-undang sampai pada ranah kompetensi utama IPB. Bahkan ada yang melihatnya dari sejarah berdirinya IPB.Lalu ada yang membandingkannya dengan kedudukan MIT di USA.Di tanah air ada yang membandingkan dengan ITB.Walaupun sekarang membuka Sekolah Bisnis dan program diploma akuntansi,tetapi toh tetap bernama ITB. Tentang IPB sendiri berkembang pendapat bahwa walaupun IPB sudah memiliki FMIPA,Fak Ekonomi-Manajemen, dan Fak Ekologi Manusia) namun kompetensi utamanya tetap pertanian tropika. Artinya di IPB dipelajari semua dimensi pertanian mulai dari ilmu-ilmu dasar pertanian, input, produksi, pengolahan, distribusi, sampai perilaku konsumen dan pelanggan serta kemasyarakatan. Ditambah dengan pendapat dari tokoh-tokoh pendidikan di luar IPB, sebaiknya nama IPB tetap dipertahankan dengan segala kelebihannya (pusat pengembangan keilmuan pertanian).
    Apapun masukan anda sangat ditunggu ya.
    Salam.SM

  28. Sadikin Kuswanto Says:

    Selamat pagi pak Sjafri,
    Membaca tanggapan bapak nomor 26 diatas (untuk pak Pur), saya sempat termenung… memperhatikan perjalanan hidup bapak yang dijalani dengan ikhlas, perjuangan dan dedikasi serta komitmen yang tinggi terhadap pilihan hidup yang membuahkan kebanggaan karena menjadi berarti untuk sesama.

    Bapak memang tidak menjadi Camat, tapi sekarang bapak malah telah banyak “menjadikan & menghasilkan” Direktur, Menteri, Dosen, dan pejabat lainnya.

    Salam
    Sadikin Kuswanto

  29. rido Says:

    luar biasa ….!!

  30. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Bung Sadikin,
    Nuhun atas komen Anda. Ya, setiap orang pasti punya pengalaman hidup masing-masing. Mungkin bisa digolongkan ada yang naik turun, datar-datar saja, naik terus dan mapan, dan ada yang naik tiba-tiba tapi lalu terpeleset dan jatuh. Sifatnya beragam. Prosesnya begitu gradual.Dan ketika seseorang akan memilih karirnya yang dianggap tepat maka ciri-ciri kehidupan di atas akan hadir secara signifikan.Mungkin proses menentukan pilihan karir terbaik bisa kita adopsi rumus AIDA yakni awareness, interest, desire, and action.
    Salam
    SM

  31. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Bung Rido,
    Trims atas komen Anda

  32. exma Says:

    saya senang sekali membaca tulisan bapak ini,terus berkarya ya pak….

  33. Sjafri Mangkuprawira Says:

    mas atau mbak? exma
    Terimakasih atas komen anda,semoga anda pun terus berkarya ya…
    salam

  34. illah Says:

    Selamat pak, semoga makin lancar menulis, menulis dan menulis. Tiada hari tanpa menulis untuk anak cucu dan masyarakat. Hanya dengan menulis kita tidak jadi stress karena unek-unek tersalurkan, potensi teralirkan.

  35. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Terimakasih Bu Illah atas dorongannya.Semoga ibu pun demikian.
    Salam

  36. Rudjito, Riri, Sadikin, Haniv, Denny, Herry Says:

    Selamat malam pak Sjafri,

    Kami saat ini sedang bersama rekan-rekan group SDM menunggu kuliah pak Bomer di kantor saya di BRI, Jakarta.

    Bersama-sama kami membuka blog bapak serta mengunjungi buku tamu ini untuk menyampaikan salam dari rekan-rekan.

    Selamat berakhir pekan,
    Wassalam,
    Group SDM

  37. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Bung Rudjito dkk,
    Terimakasih. Selamat berakhir pekan juga. Selamat ujian tengah semester MSDML.
    Salam

  38. M. Efendi Arianto Says:

    Prof. Sjafri, Assalamu’alaikum.

    Saya jadi sering mengamati blog Rona Wajah beberapa minggu ini (tetapi baru kali ini menulis di buku tamu).

    Saat ini saya sedang mencoba (berusaha keras untuk) menghayati makna ilmu MSDM yang Prof. Sjafri sedang ajarkan di kelas kuliah. Tulisan-tulisan (yang ringan dan segar) dari Prof. Sjafri di blog ini cukup membantu saya memperoleh pencerahan dalam upaya untuk lebih memaklumi ilmu MSDM.

    Terus lanjut menulis Prof!

    Salam,
    M. Efendi Arianto
    DMB 2 IPB

  39. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Waalaikumsalam ww,
    Terimakasih Mas Efendi atas komen dan perhatian terhadap Ilmu MSDM. Ketika dunia bisnis nasional sedang dirundung daya saing melemah maka barulah para pengamat dan bahkan pengusaha semakin mengakui pentingnya peran SDM sebagai pelaku utama dan investasi efektif bisnis.Disinilah dalam tataran organisasi,MSDM menjadi sangat strategis.
    Insya Allah saya akan tetap menulis. Selamat menuntut ilmu.Sukses selalu.
    Salam


  40. Prof. Sjafrie yang terhormat,
    Sejak pertemuan saya dengan Bapak kira-kira tahun 2002 (bersama jadi konsultan di Menneg KUKM), Bapak telah begitu banyak memberikan begitu banyak inspirasi kepada saya. Bagi saya, BAPAK adalah Exceptional Teacher, walaupun pada saat itu saya belum pernah diajar (langsung) oleh Bapak.

    * buku pertama yang saya dapat dari Bapak (jantungku
    harapanku), telah mendorong tekad saya untuk menulis
    buku. Alhamdulillah saat ini saya sudah berkontribusi dalam
    3 judul buku;
    * ajakan Bapak untuk melanjutkan pendidikan strata S-3, dan
    kehadiran saya dalam pengukuhan Bapak sebagai Profesor, telah memberikan dorongan kepada saya. Alhamdulillah saat ini saya jadi murid Bapak di DMB-2;
    * buku RONA WAJAH,


  41. Prof. Sjafrie yang terhormat,
    Sejak pertemuan saya dengan Bapak kira-kira tahun 2002 (bersama jadi konsultan di Menneg KUKM), Bapak telah begitu banyak memberikan begitu banyak inspirasi kepada saya. Bagi saya, BAPAK adalah Exceptional Teacher, walaupun pada saat itu saya belum pernah diajar (langsung) oleh Bapak.

    * buku pertama yang saya dapat dari Bapak (jantungku
    harapanku), telah mendorong tekad saya untuk menulis
    buku. Alhamdulillah saat ini saya sudah berkontribusi dalam
    3 judul buku;
    * ajakan Bapak untuk melanjutkan pendidikan strata S-3, dan
    kehadiran saya dalam pengukuhan Bapak sebagai
    Profesor, telah memberikan dorongan kepada saya.
    Alhamdulillah saat ini saya jadi murid Bapak di DMB-2;
    * buku RONA WAJAH, inilah gambaran (foto) diri kita semua.
    Akar permasalahan di Indonesia memang ada pada area :
    soft-side, basic mentality, mental model & system thinking,
    atau apapun istilahnya;
    * sekaligus disini saya mohon ijin Bapak untuk menjadikan
    buku (materi/isi) sebagai referensi (contoh/ kasus) saya
    dalam mengajar agar nilai-nilai positif yang ada dalam buku
    Bapak dapat didesiminasikan.

    TERIMAKASIH, kami menunggu pemikiran Bapak yang lain agar kami selalu dapat terinspirasi.

    NUGROHO ANANTO
    Mahasiswa DMB-2 IPB

  42. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Mas Nugroho,
    Sekurang-kurangnya ada dua hal yang membuat saya merasa bahagia.Pertama,Mas sudah menulis tiga buku.Ini berarti telah ikut mensyiarkan kebajikan. Membuat orang lain, pengetahuannya semakin bertambah. Boleh tahu buku tentang apa saja? Kedua,Mas sekarang sedang studi lanjutan.Dengan demikian kepiawaian mas selama ini dalam menganalisis fenomena tertentu insya Allah semakin tajam mendalam. Tentu saja semakin arif dan tekun dalam mencari kebenaran ilmiah dan empiris.Semoga sukses.
    Salam
    SM

  43. awan Says:

    Assalamulaikum w.w.

    Salam hormat saya sampaikan.
    Saya dari Kuningan (asal daerah Bapak dilahirkan), saya tertarik dengan tulisan-tilisan Bapak. Oleh karena itu saya berminat untuk mengutip tulisan Bapak sebagai sumber inspirasi dalam tulisan saya.

    Jika diijinkan saya akan mengutipnya dengan mencatumkan alamat blog Bapak.

    Demikian, atas kebijaksanaan Bapak saya mengucapkan terima kasi.

    Wassalamualaikum w.w.

    http://awan965.wordpress.com/

  44. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Waalaikumsalam ww,
    Ananda Awan; kumaha apakah hucap (tahu plus ketupat kecapnya) di kuningan masih laris dikonsumsi kaum remaja?.Ini mengingatkan saya ketika masih anak-anak pulang mudik lebaran.Hucap itu lah yang kerap saya serbu.
    Baru saja saya membaca tulisan pada blog ananda. Saya bersyukur sekaligus bangga ananda sangat peduli akan lingkungan dan moral lewat pesan-pesan religius.Silakan ananda mengutip isi blog saya. Kita saling berbagi demi syiar kebajikan.
    Sukses selalu.Amiin.
    Salam

  45. arul Says:

    Salam kenal Pak. Wah tulisan2 bapak banyak menginspirasi. BOleh dong pak bagi2 ilmunya…(termasuk buku2nya)
    Oia… pak saya juga di kampus sering memberikan materi pelatihan tentang organisasi dan kayaknya bapak ahlinya.. kapan-kapan saya bisa tertukar fikiran dengan bapak yah…

    Oia Pak saya link kan blog bapak dari blog saya pak yah…

  46. Sjafri Mangkuprawira Says:

    adinda arul,
    Terimakasih.Dengan senang hati saya sambut ajakan dinda.Semoga dinda sukses selalu
    Salam

  47. Rini Riestiany Says:

    Assalamualaikum wr. wb.
    Malam Pa Sjafri

    Saya mahasiswa Manajemen IPB angkatan 41 yang saat ini duduk di semester 6. SAya teramat bangga sekali terhadap Bapak selaku ahli dibidang manajemen SDM. Saya juga sangat tertarik dibidang ini dan rencananya saya akan mengambil skripsi di bidang SDM dengan spesifikasi tentang manajemen mutu SDM. sesuai dengan buku yang Bapak tulis bersama isteri Bapak tecinta. Tapi Pa, sampai saat ini saya belum juga mendapatkan bukunya karena kehabisan. SEmoga sajasaya cepat-cepat bisa mendapatkan buku tersebut. Apalagi buku Bapak itu kan yang pertaman di dunia.

    Besar harapan saya untuk bisa menjadi mahasiswa bimbingan Bapak saat skripsi nanti. mohom bimbingannya ya Pa.

    terimakasih
    wassalam.
    selamat malam

  48. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Waalaikumsalam,ww
    Terimakasih Rini.Baik saya selalu siap membimbing anda. Oh ya, jangan khawatir masih ada buku MMSDM dengan harga khusus (rabat 15%) buat mahasiswa.Kumpulkan saja teman-teman yang membutuhkan buku itu. Silakan kontak mbak Ratih segera ya.
    Salam

  49. deki Says:

    Assalamualaikum wr. wb.
    Sore Pa Sjafri

    Saya mahasiswa perguruan tinggi swasta di sebuah kota kecil Blitar. saat ini saya duduk di semester 6. Saya bersyukur menemukan artikel-artikel yang bapak susun. saya bangga sekali terhadap Bapak selaku ahli dibidang manajemen SDM. dan saya berharap bisa konsultasi dengan bapak secara intensif bagaimana ya caranya?

    terimakasih
    wassalam.
    selamat sore

  50. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Waalaikumsalam ww,
    Terimakasih. Silakan kontak saya via e-mail, smprawira@telkom.net. Insya Allah saya siap berbagi ilmu apa yang nanda deki minta apakah dalam ilmu-ilmu msdm, manajemen mutu sdm, perilaku organisasi, dan ekonomi sdm.
    selamat belajar.sukses
    salam

  51. Virda Says:

    Bagi rekan2 yang mau SMS GRATIS LEWAT INTERNET, dan di jamin 100% GRATIS-TIS.
    klik:

    http://smscity.com/?rid=451708

  52. b1ntang Says:

    mohon bimbingannya
    saya pengunjung baru di wordpress.
    mkasih
    heheheheh

  53. Sjafri Mangkuprawira Says:

    neng b1ntang,
    wow gaulnya…bimbingan spesifik yang dibutuhkan seperti apa? Insya Allah saya bersedia berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang ilmu manajemen, msdm, ekonomi sdm, dan organisasi, serta tentang kehidupan.
    salam

  54. aisalwa Says:

    assalamu’alaikum …..

    wah dah sering mampir lupa ngisi buku tamu
    meskipun terlambat gak papa khan pak ?

    kayaknya cuma saya sendiri deh yang bukan anak kuliah-an
    pernah kuliah satu semester terus DO, biasa masalah keuangan, ttp saya bisa belajar banyak lewat tulisan-2 Bapak.

    Terus berkarya ya bapak …….

    wassalam

  55. sadikin kuswanto Says:

    Yth Pak Prof. Sjafri,
    Bagaimana rencana Bapak (kita) untuk membuat forum peminat MSDM ? Saya lihat DMB2 mulai banyak peminatnya. Mungkin kita bisa mulai dari DMB dulu pak.

    Beberapa hari ini “teler” Pak, ngejar setoran untuk mengumpulkan UTS siang ini. Namun demikian sekarang rasanya lebih segar karena banyak mendapat bimbingan dari pertanyaan-pertanyaannya.

    Terima kasih,
    Salam
    http://www.sadikinkuswanto.wordpress.com

  56. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Bung Sadikin,
    Konsep Masyarakat Manajemen Mutu SDM masih sedang disiapkan. Insya Allah secepatnya diselesaikan.Syukurlah uts msdml sudah dilalui.Sukses.
    salam

  57. caknun Says:

    Saya sudah sering mampir tapi belum kulo nuwun sambil ngisi tamu. Rasa salut saya muncul manakala melihat orang punya kemampuan untuk menulis. Banyak orang punya ide hebat, tapi tak mampu menuliskannya. Saya pikir Prof. sedikit diantara orang pinter yang mampu mendokumentasikan pemikiran melalui tulisan. Hebatnya lagi dalam usia yang sudah sepuh masih semangat untuk menulis. Saya banyak belajar, bagaimana menjadi penulis yang baik. Salam kenal, wassalam.

  58. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Mas Caknun, terimakasih.
    Saya percaya setiap insan memiliki potensi untuk melakukan apapun demi syiar kebajikan. Dan potensi itu tentunya datang dari Allah. Yang sering menjadi pertanyaan, bagaimana caranya kita-kita ini mampu membangun hasrat untuk menulis.Juga bagaimana sih menerapkan teknik dalam mengelola waktu hidup kita secara optimum? Tiap orang pasti punya metodenya masing-masing. Selamat menulis mas.
    Salam

  59. Sjafri Mangkuprawira Says:

    neng aisalwa,
    Kehebatan seseorang dalam bidang tertentu tidak disyaratkan bahwa dia lulusan perguruan tinggi atau tidak. Adi Sasono eks menkopukm bukan sarjana, pengusaha es teler terkenal bahkan lulusan smp…en Bil Gates pengusaha microsoft milyarder dolar itu, tidak menyelesaikan kesarjanaannya. Yang menentukan adalah cita-cita atau impian. Berani mimpi. Juga spirit mau berkarya. Mau belajar dari kegagalan, inovatif and so on so forth……buktinya blogmu isinya bagus kok.

  60. Sadikin Kuswanto Says:

    Selamat sore pak Sjafri,
    UTS sudah lewat, kapan ngumpul di rumah Bapak nih, sambil minum teh dan jagung bakar ? Atau ‘colenak’ juga boleh pak.
    Ditunggu undangannya.

    Salam
    http://www.sadikinkuswanto.wordpress.com

  61. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Bung Sadikin,
    Ya saya merencanakan ada acara silaturahim.Tapi tidak minggu ini karena ada teman kita terkena demam UTS msdml dan sibuk dengan pekerjaannya. Ybs minta izin diundur penyerahan jawaban soal uts itu. Ada juga yang jatuh sakit. Get well soon. Nanti saya beri kabar kapan kita bertemu.
    Salam.

  62. Sadikin Kuswanto Says:

    Dear Pak Sjafri,

    Saya sedang dikelas pak Djoko, neng Ratih duduk didepan saya pak.
    Iya pak, kelihatannya teman-teman ada yang sibuk sekali dengan pekerjaannya. Sehingga kadang-kadang “demam UTS”.

    Have a nice week end
    Salam

  63. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Bung Sadikin ysh,
    Semoga kuliah-kuliah berikutnya lancar. Banyak bahan tambahan untuk memperkaya draf proposal penelitian anda dan teman-teman.
    HNWE2
    Salam

  64. anggara Says:

    Waduh, Guru Besar ngeblog, keep blogging pak..eh maaf prof

  65. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Blog saya baru delapan minggu, Insya Allah akan terus mas anggara. Baru saja saya buka blog anda.Saya senang. Tema dan isinya bagus.
    salam

  66. Yari NK Says:

    Aduh, maaf prof udah beberapa kali saya ngasih komentar, tapi belum sempat mengisi buku tamu. Seharusnya sih mungkin bagusnya mengisi buku tamu dulu baru kasih komentar ya? Ya udah…. better late than never…. saya sangat tunggu artikel-artikel berikutnya!

  67. anggara Says:

    Selamat menulis dan berkarya prof

  68. Sjafri Mangkuprawira Says:

    terimakasih bung yari. tidak apa-apa tanpa bertamu lebih dulu.yang penting ada link. saya berharap anda pun semakin produktif menulis.
    salam

  69. Sjafri Mangkuprawira Says:

    mas anggara, terimakasih.semoga anda pun semakin produktif mensyiarkan kebajikan.
    salam


  70. salut buat guru besar yang blogger. saya belum baca semua isi blog ini, tapi dari siapa bloggernya serta updatenya (jarang buku tamu di-balas-koment-nya) saya yakin akan keseriusan pengisian postingan blog ini. tema msdm bagus, secara keilmuan maupun implementasinya. karena menyangkut kita semua, organisasi & masyarakat. kebetulan saya 13 juni 2007 lalu menghadiri istri wisuda di s2 ilmu ternak, oleh-olehnya – semoga & mungkin berkenan – berupa foto-2 & GoogleEarth foto udara ipb dari satelit (meski update th 2003). kayaknya agak nyambung dengan image-header blog ini. kalau enggak salah foto rektorat. rektorat dari atas bagus, lho. ini linknya : 1.http://yosnex.blogsome.com/2007/06/07/ipb-darmaga-bogor-wisuda/
    2.http://yosnex.blogsome.com/2007/06/16/wisuda-ipb-dermaga/

    saya tergerak untuk koment dengan latar belakang sbb.:
    1.sesama blogger, sesama blogger saling mendoakan semoga selalu dalam keadaan sehat & bahagia, lahir bathin.
    2.sesama pengajar/dosen, cuman beda usia, beda mata kuliah & kepakaran.
    3.keluarga besar ipb (dari pihak istri, yg kuliah istri saya)
    4.sama-sama punya keyakinan bahwa ilmu harus disampaikan, disharing & dikaji terus-menerus.

    jadi pengen kuliah ke ipb, kayaknya s3 manajemen cukup cocok, s1 saya fisika murni, s2 Magister Manajemen ‘asal-asalan’ sabtu minggu. ah, niat aja dulu, siapa tahu ada rejeki.

    salam dari bandung, stmik-im & stie stan-im.
    haryoso wicaksono 38th yosnex.blogsome.com yosnex@yahoo.com

  71. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Mas Haryoso ysh,
    Terimakasih. Saya percaya blog dapat digunakan sebagai syiar dan tempat berbagi ilmu, pengetahuan, dan beragam sisi kehidupan walau disajikan dengan beragam gaya.
    Btw, silakan kalau mas berminat studi lanjutan di bidang manajemen. IPB sudah membuka program doktor manajemen dan bisnis.Hingga kini sudah angkatan ke-tiga.
    salam

  72. Iyung Pahan Says:

    Assalamu’alaikum wr. wb. Prof. Sjafri,

    Menurut Drucker, seorang pekerja ilmu pengetahuan (knowledge worker) akan mengalami kebosanan dalam pekerjaannya setelah 20 tahun. Pada kondisi ini, pekerjaan menjadi tak bermakna, dan kehidupan seakan daun-daun kering berguguran. Pada saat inilah dimulai paruh kedua kehidupan, dimana orang kembali mencari makna dalam kehidupan profesionalnya.

    Boleh saja seseorang menjadi si gagal atau si sukses dalam karirnya, tetapi tetap tidak mendapat ketenangan batin dan menemukannya dalam aktivitas lain di dunia paralel seperti menjadi tetua adat dalam komunitas blogger, penyanyi paruh waktu di restoran eksklusif, aktivis lembaga swadaya masyarakat, pembina pramuka yang melarikan diri dari krisis paruh baya dengan membina anak-anak remaja tanpa dosa dll. dst. dsb.

    Sebagai mantan mahasiswa MSDM Bapak (E-24) yang sedang melakoni paruh kedua kehidupan, saya menyampaikan salut atas kerelaan Pak Sjafrie berbagi opini eksklusif dalam komunitas blogger sebagai media kolaborasi sekaligus kodifikasi pengetahuan tacit menjadi pengetahuan eksplisit. Selamat untuk Pak Sjafrie yang telah sukses menjalani paruh kedua kehidupan. Terus berkarya Prof.

    Wassalam,
    Iyung Pahan

    http://iyungpahan.blogspot.com

  73. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Terimakasih sdr Iyung Pahan,
    Saya percaya anda pun akan terus berkarya secara cerdas.Salam kebajikan

  74. Yermias R.A.Manu Says:

    Yth. Bapak Sjafri

    Saya mantan mahasiswa bapak di MMA-IPB (R-30) yang saat ini bekerja pada Dinas Koperasi NTT (Kupang). Saya bangga karena pernah berkesempatan untuk mendapat bimbingan dengan salah satu akademis terbaik di Indonesia. Doa saya, Bapak sukses dalam berkarya dan suatu saat saya bisa menjadi penerus ide-ide untuk membangun sdm di NTT.

  75. Sjafri Mangkuprawira Says:

    ya sdr Manu, terimakasih. Saya masih sangat ingat tentang anda. Anda termasuk salah satu bimbingan saya yang rajin, cerdas, dan lulus tercepat. Semoga anda selalu sukses dalam berkarya khususnya dalam mengembangkan kualitas sdm di NTT.Kalau sempat ada di Jakarta dan atau sekitarnya silakan datang ke kampus anda,IPB.
    salam buat keluarga.

  76. evi RH Says:

    Assalamu’alaikum wr.wb pak Sjafri…
    Saya baru melihat blog bapak hari ini…
    tulisan Bapak benar2 menggugah hati juga dapat memberikan inspirasi buat saya… Terima kasih ya Pak..
    oya Pak.. saya mahasiswa MB IPB R35 yang sedang menghadapi tesis. Walaupun konsentrasi saya bukan di bidang Sumber Daya Manusia tetapi di Finance, tetapi tulisan2 bapak Insya Allah mudah2an dapat membangkitkan semangat saya untuk mengerjakan tesis, Insya Allah…
    Salam untuk keluarga terutama Ibu Aida yang kebetulan bersama Bapak mengajar saya di mata kuliah Etika Bisnis…
    Wassalam.

  77. Sjafri Mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww,
    Terimakasih evi sekaligus selamat memasuki dunia blog.Mari berbagi ilmu dan pengalaman tentang sdm.Semoga cepat selesai studinya.Insya Allah salam nanti disampaikan karena ibu aida sedang di sydney nengok anak dan cucu.
    Salam

  78. Sadikin Kuswanto Says:

    Selamat pagi pak Sjafri,
    Pertama-tama ijinkan saya mengucapkan selamat atas keberhasilan anak-anak Bapak yang baru saja meraih gelar Doctor dan Master-nya di luar negeri. Penerus-penerus Bapak yang akan mengabdikan diri dan ilmunya bagi bangsa.

    Sekarang tugas Bapak belum selesai nih, yaitu mendidik Cucu-Cucu dan membimbing kami-kami agar juga mencapai keberhasilan yang membanggakan.

    Dari buku tamu ini saya melihat banyak mantan mahasiswa MMA yang mengunjungi Bapak. Lama-lama blog Bapak bisa dijadikan ajang temu alumni (cyber) yah.

    Salam
    Alumni MMA IPB R2
    sadikinkuswanto@wordpress.com

  79. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Terimakasih Bung Sadikin,
    Keberhasilan anak-anak saya itu bergantung pada potensi dirinya masing-masing. Orangtua cuma mendorong dan mendoakannya setiap saat. Namun yang maha penting, semuanya itu adalah karena keputusan Allah yang maha besar.
    Ya saya mendoakan semua bimbingan mahasiswa saya dari strata satu,dua, sampai strata tiga termasuk anda dkk dapat menyelesaikan studinya tepat mutu dan tepat waktu.Amiiin.
    Salam

  80. Tjaya Budi Santoso Says:

    Selamat siang dan salam Pak

    saya senang membaca artikel-artikel di blog Bapak…
    sangat menarik..

    mari kita tingkatkan SQ dan EQ SDM indonesia, biar tidak ada lagi main jotos2.

    ini blog saya, silakan berkunjung:

    http://cedhas.wordpress.com

  81. Sjafri Mangkuprawira Says:

    Ya bung Tjaya,saya juga sudah baca isi blog anda yang banyak membawa syiar kebajikan. Semoga setiap isi blog anda selalu memberi cahya keoptimisan hidup, dengan kadar berbudi luhur, untuk meraih kesantosaan.Amiiin

  82. yossi Says:

    assalamualaikum,pak sjafri, saya yossi manajemen 41 mahasiswa bimbingan skripsi bapak. saya bernaksud minta bimbingan bapak. dalam skripsi saya nanti insyaallah saya ingin membahas tentang Quality Of Work life di hbungkan dengan produktifitas karyawan. tetapi saya belum mendapat referensinya pak. mohon bimbingan dari bapak. terimakasih pak. saya senang sekali menjadi bibingan bapak
    wassalamualaikum.

  83. Sjafri Mangkuprawira Says:

    neng yossi,
    topik skripsi yang menarik; silakan hubungi saya kapan dan dimana kita bisa bertemu ya.Insya Allah saya siap menyediakan waktu buat anda.Nanti saya berikan beberapa referensi yang sebaiknya anda pelajari.
    salam

  84. yossi Says:

    termakasih pak atas balasannya. nanti saya akan menghubungi bapak..
    terimakasih. maap balasannya telat.

  85. doeytea Says:

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Selamat siang Pak Sjafri,
    Saya kagum atas usaha Bapak untuk memasyarakatkan ilmu MSDM melalui blog ini. Apalagi setelah saya tahu Bapak adalah seorang guru besar di perguruan tinggi ternama di negeri ini. Semoga Allah SWT memberikan limpahan rahmat dan karunia kepada Bapak.

  86. Sjafri Mangkuprawira Says:

    waalaikumsalam ww,terimakasih mas doeytea atas kunjungannya.Saya baru saja membaca isi blog anda yang informatif dan bagus-bagus.Tampaknya lebih fokus pada aspek keuangan dan perpajakan ya.Saya pasti akan banyak memperoleh manfaat dari isi blog anda.Semoga kita selalu mendapat petunjuk dan perlindungan-NYA.Amin

  87. Roffi Says:

    Salam kenal Prof. Saya baru nemu blog ini. Terus berkarya pak!

  88. Sjafri Mangkuprawira Says:

    salam kenal juga roffi.saya baru saja membuka blog anda.saya senang tiap blog memiliki ciri fokus tema tertentu termasuk blog anda yang berisi masalah aquakultur dan lingkungan.terus berkarya.
    salam

  89. k4mpr3T Says:

    aku baru buka blog “rona wajah”… & suka sekali baca artikel2 di blog ini. Minta ijin aku masukkan “rona wajah” ke dlm blogroll aku…

    Thx

  90. sigit Says:

    smoga generasi bisa meneladani bapak , dan maju terus untuk berkarya,trims

  91. erna Says:

    bapak salam kenal dari kami yang ada di solo,bagus banget artikel yang bapak buat, apa yang saya cari ternyata ada di sini ,trism ya pak

  92. Dicky Firmansyah Says:

    Assalamu alaikum Prof Sjafri
    Saya Dicky Firmansyah, dan sedang merancang blog pribadi juga, mohon diterima untuk menjadi salah satu “pelajar” di “kelas” Bapak ini.

  93. Sjafri Mangkuprawira Says:

    =bung K4mpr3T,dengan senang hati saya siap berkenalan dengan anda,silakan blogroll.
    =mas sigit n mbak erna:terimakasih atas masukannya
    =mas dicky,kita sama-sama belajar,selamat ya.
    salam

  94. mathematicse Says:

    Assalamu’alaikum

    Sebelumnya maaf nih Prof, kemarin-kemarin pas baca blog ini langsung baca coretannya, kurang hirau dengan sang pemiliknya, jadinya langsung koment aja ga lihat kiri-kanan… hehe…

    Btw, tulisannya enak dibaca, mudah dikunyah oleh saya yang masih awam begini. Jadinya, saya bisa belajar banyak dari tulisan-tulisan di blog ini.

    Btw lagi, saya minta ijin ya Prof, blognya saya taut, biar mudah saya kunjungi, biar saya bisa banyak belajar…

    Udah ah, takut kebanyakan, khawatir ga dibaca, ga dihirau… :D

    Wassalamu’alaikum

    Al Jupri

  95. Sjafri Mangkuprawira Says:

    waalaikumsalam ww,
    terimakasih n sekali lagi saya senang mempelajari isi blog anda.Insya Allah pengetahuan saya tentang math semakin nambah.
    silakan bertaut.
    salam

  96. Yudhi Arie Baskoro Says:

    Salam kenal Om….

    Hiasi Hidup dengan Seni Cahaya

    Berbagi demi damai di hati

  97. Sjafri Mangkuprawira Says:

    salam kenal juga yudhi..blog anda bermutu…

  98. anto Says:

    Salam kenal Pak Syafri,
    semoga ronawajah tetap bersinar. kalau sempat ke belanda, jgn lupa mampir ke Maastricht Pak.

    salam hangat,
    anto

  99. Sjafri Mangkuprawira Says:

    salam kenal juga mas yanto,
    semoga sukses di negeri orang..udah lama saya tidak ke negeri keju..terakhir tahun ’98 ke wageningen..terus ke goetingen jerman…

  100. ABe Says:

    Salam kenal Pak.. (atau kalo boleh saya panggil Pakdhe atau Uwak??hehe)

  101. Sjafri Mangkuprawira Says:

    salam kenal juga nanda ABe..wah isi blognya bagus tuh…

  102. Sadikin Kuswanto Says:

    Selamat sore pak Sjafri,
    Wah saya melihat daftar visitor blog bapak memecahkan record dunia. Sedikit lagi mencapai 16.500 dalam waktu yang sedemikian singkat. Niscaya niat menyiarkan kebajikan besar manfaatnya buat semua dan besar pahalanya buat yang menyiarkan.

    Salam
    Sadikin

  103. sjafri mangkuprawira Says:

    insya Allah;utamanya syiar kebajikannya..

  104. suparmanto Says:

    pak sayfri yang terhormat,
    senang sekali saya berkenalan dengan anda dan membaca tulisan anda.

  105. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih mas suparmanto;saya pun tentunya senang juga berkenalan dengan anda….
    salam

  106. Adman Nursal Says:

    Assalamualaikum Prof.
    Salut dan terima kasih atas syiar Prof. lewat blog rona wajah. Ibarat makanan, blog rona wajah ini adalah buah-buahan tropis yang segar. Ada vitamin yang menyehatkan, rasanya nikmat, dan moga-moga tidak ada zat kimia yang menimbulkan efek samping. Semoga terus ber-syiar, Prof.

  107. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww,
    benar bung adman; semoga setiap isi syiar kita punya makna..bagi kebajikan semua…amiin

  108. mathematicse Says:

    Prof, setelah saya baca Tentang Tb. Sjafri Mangkuprawira saya jadi semakin termotivasi untuk makin banyak belajar dan berprestasi.

    Oh iya, prof juga mengasuh mata kuliah falsafah sains yah? Kalau gitu, boleh dong membaca tulisan saya (bila sempat dan ada waktu luang) tentang Pola Pikir Sains* dan Matematika. Atas komentarnya (saran, masukan, koreksi, kritik, perbaikan, dlsb), saya ucapkan terimakasih. Saya akan sangat berterimakasih sekali untuk perbaikan selanjutnya.

    Salam

    Al Jupri (Mathematicse).

  109. yossi Says:

    assalamualaikum,
    pak sjafri saya yossi mahasiswa bimbingan bapak. maaf pak saya belum menghubungi bapak karena saya sekarang ada di yogyakarta magang di BPR Bank jogja. pak saya mau konsultasi dengan bapak, kemarin saya ngobrol dengan pihak manajemen bank bahwa saya tertarik untuk penelitian tentang SDM di bank tersebut. ternyata pihak manajemennya mengijinkan saya untuk penelitian disini. pihak manajemen menginginkan penelitian tentang peninkatan mutu SDM nya. karena di bank jogja itu sendiri saat ini sedang mengalami kondisi SDM yang kurang bagus mutunya. oleh karena itu saya ingin mengangkat tema ” manajemen mutu sumberdaya mnusia” dari buku bapak. apakah itu sesuai atau terlalu luas untuk di bahas pak?
    saya minta saran dari bapak.apa yang sesuai untuk keinginan perusahaan tersebut.
    sebelumnya terimakasih atas saran yang diberikan.
    saya akan menghubungi bapak ketika saya sudah berda di bogor.
    wassalamualaikum.

  110. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww,bagus yossi…problem hunting saja dahulu…nanti di bogor kita bahas..

  111. yossi Says:

    assalamualaikum bapak..terimakasih atas tanggapannya. disini saya juga sekalian membuat rancangan proposal buat penelitian pak. tetapi untuk alat analisis yang akan digunakan saya belum tahu pak. kira-kira alat analisis apa yang sesuai pak sehingga saya bisa mencari literaturnya juga pak.
    maaf pak hanya bisa menghubungi bapak lewat buku tamu bapak
    terimakasih.
    wassalamualaikum.

  112. heri Says:

    Assalamualaikum..
    sebenarnya saya agak penasaran, kenapa nama “rona wajah” yang dipilih.. apa ada cerita di balik itu.. apa dari rona wajah dapat tercermin rona kepribadian..

    btw saya adalah murid bapak di MB IPB kelas R37, ingat pak waktu itu saya, dinda dan Andi maju.. kedepan untuk memperlihatkan jati diri kita masing2 (rona wajah saya bagaimana Pak? hehehe) .. what a amazing experience..:)
    makasiy pak yah atas masukannyah..

    Btw lagi, masukan buat bapak.. Untuk buku MSDM nyah..
    1. Kover nya kurang menarik (alotof people judge by a cover)
    2. Terlalu monoton seperti text book pada umum nya (perbandingan nya “recode dna” nya renald kasali, atau buku management nya mankiw)

    wassalam..

  113. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikumsalam ww,
    trims heri b atas masukannya; btw penilaian setiap pembaca terhadap buku pasti akan beragam…lihat komentar para pereview, ketika buku itu diluncurkan;30 april ’07 (kalau tak salah ada dalam blog ini)…..yang menilai buku ini enak dan mudah dibaca dan bisa dipakai oleh segala lapisan (pengajar,mahasiswa, birokrat, dan pebisnis) ….selain itu dapat dilihat dari perspektif pasar…alhamdulillah sejak peluncuran (tiga bulan lalu) sudah empat instansi pemerintah membeli 365 buku…dua pebisnis membeli 150 buku…perguruan tinggi di bogor dan daerah….belum lagi mahasiswa dan di beberapa toko buku…total yang terjual langsung dari pendistribusi di Bogor mencapai sekitar 700an….benar buku ini memang dikemas sebagai text book….. apapun insya Allah untuk buku saya berikutnya (pengantar manajemen dan manajemen etika bisnis) saran anda akan sangat diperhatikan…oh ya dalam blog ini sudah dijelaskan apa itu “rona wajah”…silakan diselusuri…
    salam rona

  114. Widia Hatta Says:

    ass. pa,,tulisan2 disini keren2 pak..

    insya 4jj saya buka tiap nge-net..

    (Widia Hatta, mhs ekstensi manajemen)

  115. sjafri mangkuprawira Says:

    wid,ajak teman-teman anda untuk buka blog….manfaatkan sebagai tambahan pengetahuan….

  116. Abdul Karim Saleh Naser Says:

    Saya belum komen, cuma mau nanya refferensi untuk Tesis Alat/Tools pengukuran Kinerja Karyawan, jika ada bagaimana cara mendapatkan.
    Terima kasih

  117. sjafri mangkuprawira Says:

    bung Naser,
    ada beberapa referensi yang dapat anda beli di toko buku,antara lain:
    -Evaluasi Kinerja SDM,2006,Anwar Prabu Mangkunegara, Refiko Aditama Bandung
    -Performance Management,2005,Robert Bacal,Gramedia Pustaka Utama Jakarta,
    -Panduan Evaluasi Kinerja Karyawan,2003,Prestasi PustakaJakarta
    -Mengevaluasi Kinerja Karyawan,2001, Paul J.Jerome,Penerbit PPM Jakarta
    -Performance Appraisal,2005,Ahmad Fauzi M.B dan Veitzhal Rivai,2005,Rajagrafindo Jakarta.

  118. Didik S Says:

    Selamat pak Syafri, saya salut keuletan bapak corat-coret yang sangat bermanfaat; saya sudah terima 3 buku karya bapak: rona wajah 1 dan 2, dan manajemen mutu SDM. Coretan di blog ini juga menarik untuk disimak dan diteladani. (Didik, Dept Manajemen Hutan IPB)

  119. ali surahman Says:

    saya searching di google dan tertarik dengan materi blog ini dan liat isinya …. bagus pak.
    terimakasih
    ali s

  120. aisalwa Says:

    Assalamu’alaikum Bapak,
    Surprise ……..
    Bapak mau kasih koment di my blog, eh iya ternyata template-nya dah ganti ya

    Terimakasih bapak, saya memang sering mampir di blog ini, sering gak kasih koment sih, sekedar baca soalnya kadang bingung mau kasih koment apa

  121. sjafri mangkuprawira Says:

    kang didik,terimakasih;kapan-kapan kita ngobrol-ngobrol ya…di kampus atau dimana saja…salam

  122. sjafri mangkuprawira Says:

    trims bung ali;semoga anda pun semakin berkarya….

  123. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikumsalam; neng aisalwa…ah rasanya anda sudah beberapa kali ngasi komen kok…bagus….

  124. marwan Says:

    assalamualaikum..
    blog bapak bagus banget pak,
    tp maaf yah pak, kalo seandainya comment saya ada yang salah terucap atau salah ketik,,,mohon bimbingannya pak,,,terus berkarya ya pak..
    trima kasih,,semangaat…
    wassalam..

  125. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikumsalam ww; trims bung marwan,semoga anda pun terus berkarya…salam

  126. Edwin Says:

    Maaf pak,
    saya malah dari tadi mengisi comment-nya saja. Sukses dengan blognya, pak.
    Salam.

  127. sjafri mangkuprawira Says:

    sama-sama edwin;sukses berkarya terus ya….dies ipb tahun ini pulang kampus?

  128. Edwin Says:

    saya masih berjuang di negeri orang pak, semoga selesai nanti bisa bargabung dengan IPB.

  129. sjafri mangkuprawira Says:

    selamat berjuang edwin…sukses

  130. Toha Muhaimin Says:

    Ass w.w.

    Lama tidak ketemu. Salam.

  131. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikumsalam ww,
    ya mas toha…apa kabarnya…
    salam

  132. kipli Says:

    webnya sangat bagus


  133. Konsultasi KESEHATAN GRATIS dengan dokter-dokter berpengalaman. Di : http://www.dokter-online.co.nr. Di bulan September kita tampil dengan tampilan baru.


  134. Salam hormat prof..saya angk.E28…
    Salut buat bapak, bisa membagi ilmunya di dunia blog…:)

  135. sjafri mangkuprawira Says:

    salam hormat juga bung zamzani; kapan pulang kampus?…selamat studi lanjutan…sukses

  136. Untung Haryono Says:

    Dari pertama kali saya menemukan blog ini, saya senang sekali, Ilmu MSDM saya menjadi bertambah, Saya sangat bangga, di indonesia yang carut marut ini ternyata masih menyisakan Prof. yang arif nan bijak berkontribusi ilmu via blog

  137. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih mas untung;anda telah begitu mendorong saya untuk terus mensyiarkan ilmu tentang msdm…semoga anda sukses selalu….

  138. Puji Says:

    Assalamu’alaikum Prof. Sjafri,

    saya sedang diminta pimpinan menyusun proposal untuk sosialisasi nilai-nilai IPB. Mbah Google bilang, saya harus membuka blog Bapak. Terima kasih banyak atas pencerahan Bapak, insya Allah blog ini akan menjadi amal yang mengalir…Amiin.

    Puji

  139. orangb4ru Says:

    Apa yang saya ingin dapatkan dari ngeblog, sebagian besar sudah Bapak sediakan. Gratis lagi. Maaf kalau hanya bisa balas dengan do’a semoga kesehatan dan kebahagiaan senantiasa menjadi milik Bapak dan segenap keluarga besar. Seandainya semua orangtua sebijak Bapak, dan seandainya semua orang pintar sebaik Bapak, mungkin hidup kita tidak akan sesulit sekarang ini.

    Mohon ijin prinsip mengcopy tulisan-tulisan Bapak untuk saya sharing dengan teman dan saudara saya (dengan tetap mencantumkan alamat blog Bapak sebagai sumber, tentunya). Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih.

  140. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih orangb4ru; saya termasuk orang lama yang selalu ingin menjadi baru…..silakan dikutip….tak masalah….demi syiar kebajikan….

  141. sjafri mangkuprawira Says:

    ms puji;wah ini pasti ada pesanan dari seseorang ya…..proyek im here..isnt it?….silakan mbak puji…datang ke kantor saya…nanti kita diskusi…..salam


  142. assalamualaikum ww
    salam kenal prof…
    baru pertama kali ini saya mengunjungi blog bapak. tampilannya bagus, memikat. isinya, maaf ya prof, saya belum baca insya allah akan saya baca diwaktu luang. tadi pas mau buka arsip BOBOR (1) kok gak bisa?

    salam

  143. R. Pria Sanubari Says:

    Selamat siang Boss, . . . eh Prof.
    Salam kenal,
    saya begitu banyak bisa belajar dari tulisan2 yg bapak buat, saya harap bapak akan terus berkarya & memperkaya wawasan kami2 yg lebih muda. Bravo, sukses selalu Boss, . . . eh Prof. (sorry)

  144. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih…..salam kenal juga bung alris…

  145. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih mas pria….salam kenal juga ….semoga anda yang muda dan berkarya…..
    salam

  146. Bonett Satya Says:

    Terima kasih bapak,…… tulisan njenengan adalah inspirasi pengembangan buku saya tentang PERILAKU DAN KOMUNIKASI BERMASYARAKAT

    “Nama, Pangkat dan Derajat adalah sebuah embel-embel belaka,Yang penting adalah bagaimana kita mampu membangkitkan semangat seseorang untuk berkarya”

    4JJ I memang memberikan yang terindah buat Anda dan SAYA

  147. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih mas satya; semoga anda selalu terus mensyiarkan kebajikan….antara lain lewat buku…

  148. Harry Hartoyo Says:

    Assalamualaikum WW
    Salam kenal pak, dan mohon ijin ikut belajar pada bapak. Kami PNS di lingkungan Depkeu, barusan pindah dari Surabaya ke Jakarta.
    Tugas kami yang baru berkaitan dengan kepegawaian, browsing di internet, ketemu blog ronawajah. Kami ingin baca2 tulisan bapak, sekaligus coba mengaplikasikan untuk tugas2 kami.
    Terima kasih atas karya2 bapak.
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  149. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww; selamat bertugas di tempat yang baru mas harry;silakan pelajari tulisan-tulisan saya;dan saya siap menerima masukan-masukan….
    salam

  150. Adman Nursal Says:

    Assalamualaikum Prof.
    Saya membaca, Prof. menjadi promotor untuk penganugerahan Doktor Honoris Causa kepada Pak Sumet Jiaravanon dari Thailand. Saya tertarik untuk mengetahui, kriteria apa yang digunakan sehingga seseorang layak diberi gelar Doktor Honoris Causa, dan bagaimana prosedur dan tata tertib mengusulkannya. Apakah boleh inisiatif pengusulan dimulai dari “orang luar” senat guru besar dan bagaimana caranya? Saya sering memikirkan ada beberapa orang pantas diganjar dengan Doktor Honoris Causa, tapi saya ragu apakah benar pikiran saya karena saya tidak tahu kriterianya. Terima kasih Prof. Selamat menjalankan ibadah Ramadhan. Adman Nursal

  151. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww; bisa jadi setiap perguruan tinggi memiliki kriteria khusus untuk penganugerahan gelar kehormatan Dr.H.C; di IPB Dr.H.C merupakan gelar akademik yang diberikan oleh institut kepada seseorang yang telah berprestasi luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia yang meliputi:
    1.prestasi ilmu pengetahuan,teknologi,dan seni di bidang pertanian secara luas,
    2.karya yang bermanfaat bagi kemajuan atau kemakmuran dan kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia pada khususnya serta umat manusia pada umumnya,
    3.mengembangkan hubungan baik antara bangsa dan negara Indonesia dengan bangsa dan negara lain di bidang pertanian arti luas,
    4.menyumbangkan tenaga dan pikiran bagi perkembangan institut.

    Pengusulan dapat diajukan oleh perorangan (dalam-luar IPB),unit di IPB,dan institut dengan mengemukakan alasan-alasan sesuai dengan kriteria dan aturan di IPB.Usulan itu diajukan ke rektor lalu dibentuk tim kajian dan promotor, dan kemudian dibahas dan disetujui Senat Akademik.
    Demikian mas,selamat beribadah Ramadhan.
    Salam

  152. Black_Claw Says:

    Assalamualaikum,
    wah, sepertinya theme blog kita sama pak.
    Hehehe.. ;-)
    salam kenal pak. Teman saya, Aang, sepertinya adalah anak didik bapak, soalnya saya dapat link bapak juga dari blognya dia… :-D

  153. sjafri mangkuprawira Says:

    ya tema sama untuk saling bersinergi,bung black….senang berkenalan dengan anda….

  154. likalikulaki Says:

    aslkm..
    pak,alhamdulillah saya sudah punya blog..
    http://www.likalikulaki.wordpress.com..
    jika ada waktu mohon kesediannya pak untuk memberikan nasehat serta masukan2 karena saya masih tahap belajar untuk menulis…
    terima kasih pak..
    marwan..r37..
    wassalam..

  155. Adman Nursal Says:

    Assalamualaikum
    Sehabis sahur hari ini, putri saya berkomentar, “Wah, Ayah selalu lihat blog yang ini.” Saya bilang, ini blog bagus untuk belajar dan memperoleh inspirasi, dan jarang Profesor yang menyediakan waktu untuk terus meng-up date blognya terus-menerus. Tidak banyak pula profesor yang melihat peluang bahwa dunia blog merupakan salah satu wahana untuk bersyiar. Saya yakin blog Prof banyak dikunjungi orang, meskipun tidak banyak yang menyempatkan diri untuk berkomentar. Saya sendiri meskipun tiap hari mengintip, tapi tidak selalu berkomentar. Yang jelas, sehabis sahur ini dipicu oleh blog ini, anak saya lalu bertanya, “Inspirasi itu apa?”. Betapa hebatnya pengaruh blog ini, Prof. Terima kasih banyak, Prof.

  156. sjafri mangkuprawira Says:

    nanda marwan; saya gembira anda sudah punya blog…syiarkanlah ide-ide anda via blog…..insya Allah akan banyak lagi umat memperoleh nikmah dari suatu blog…..selamat

  157. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww;
    mas adman; terimakasih atas ulasan anda…..saya justru semakin merasa rendah dengan sanjungan itu…..yang penting saya harus semakin taatasas mengisi blog ini sejauh saya mampu….memperoleh komentar adalah yang kedua…..salam buat neng putri yang begitu curious….konon itu sebagai ciri-ciri awal seorang peneliti…..


  158. KONSULTASI KESEHATAN GRATIS DI : http://www.dokter-online.co.nr Pada bulan yang suci ini team kami mohon maaf jika ada tutur kata kami ada yang kurang berkenan

  159. sjafri mangkuprawira Says:

    sama-sama mas

  160. Efendi Nur Says:

    Yth, bapak sjafri
    Assalamu’alaikum wr. wb
    saya seorang staf pengajar di sebuh PTAIN, rasanya untuk mencari manajer di PTAIN sangat sulit sekali, karena SDMnya rata-rata seperti itu. Apalagi selalu tarik ulur kepentingan antara NU dan Muhammadiyah.
    Oleh karenanya mohon saya diberi tulisan/artikel yang berkaitan dengan dengan manajemen pendidikan tinggi Islam (apakah perubahannya, stagnanya, sdmnya, politiknya, manajemennya atau yang lain terserah bapak)
    Terimakasih pak Sjafri, mudah-mudahan kerso dan ikhlas memberi pada kami.
    Selamat berpuasa, mudah2an Allah memberi jalan yang terbaik.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

  161. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww; selamat berpuasa juga mas efendi nur…..insya Allah nanti saya coba memberi sumbangan pemikiran semampu saya….

  162. marwan Says:

    aslkm…
    pak, terima kasih sudah berkenan berkunjung ke blog saya,,tetep berkarya yah pak,,
    wassalam

  163. sjafri mangkuprawira Says:

    ya marwan….berharap anda terus berkinerja….

  164. Annie Says:

    Assalamu’alaikum Pak Sjafri,

    Sebelumnya saya mau minta maaf nih pak, sbenarnya saya suka sekali baca-baca blog bapak, dan pernah sekali menulis comment tentang “pegawi vs CPNS” dan sudah Bapak jawab juga. Terimakasih ya Pak berkat jawaban Bapak saya jadi tambah yakin. Tapi baru sekarang ini saya baru sempat menulis buku tamu. :)

    Oh iya, saya tertarik tuk membaca kategori yang judulnya “tentang IPB” tapi kok tidak ada isinya ya pak? saya ingin mengeluarkan uneg-uneg saya disana.

    Baiklah sekian dulu, terimakasih

    Wassalam,

  165. sjafri mangkuprawira Says:

    annie; silakan klik….anda kirim uneg-uneg tentang ipb…..saya yakin isinya akan bermanfaat bagi pengembangan ipb…..salam

  166. Firdaus Noor Says:

    Assalamu’alaikum Pak Syafrie,

    Surpised juga nih waktu surfing ternyata menemukan blog-nya Pak Syafrie. Salam hangat & semoga selalu sehat Pak.

    Wslmlkm,
    Firdaus Noor
    MMA.A-1

    http://www.hri.or.id/blog/

  167. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww;
    wah gembira bisa kontak lagi….btw isi blognya bagus dan khusus bertema msdm ya…..kalau bisa anda bantu mma ipb (sekarang MB: manajemen dan bisnis_…saya butuh kader-kader nih….keep in touch…
    salam hangat

  168. HIDMI GRAMATOLINA RAMDHAYANI Says:

    Ass.Wr.Wb
    Salam Kenal pak…
    Saya butuh referensi tentang ergonomi fisiologi kerja, yang berhubungan dengan kesehatan,kenyamanan dan keselamatan kerja. Mohon bantuannya pak…
    Trims

  169. Firdaus Noor Says:

    Betul Pak, blog tsb temanya mmg khusus ttg MSDM termasuk juga organization development (corporate culture etc).

    Mengenai tawarannya membantu MB IPB, jadi tersanjung bener nih he…he…

    Btw salam kenal buat semua pengisi buku tamu blog-nya Pak Sjafri ini. Luar biasa… buku tamu suatu blog bisa serame ini.

    Selamat menjalankan ibadah puasa.

  170. juwina Says:

    Hi, I was browsing the internet and found your website.I really love your website with all layout and navigation.My other favourite website was http://www.samsung.com/id/ and http://www.mypagedigital.com. Thank you for letting me to put my comments here.Nice Website and keep good work!And dont forget to always keep your Website up-to-date then ! :) Thanks.

  171. osolihin Says:

    Assalaamu’alaikum wr wb

    Salam kenal Pak. Lahir di desa Luragung, Kuningan nya Pak? Wah, tatanggaan atuh. Simkuring oge lahir di desa Legok. Kecamatan Cidahu. Kabupaten Kuningan. Jawa Barat :-)

    Sekarang saya tinggal di Bogor.

    Insya Allah ku simkuring blog ieu di-LINK (blogroll) di blog simkuring. Teu sawios Pak?

    Salam,
    O. Solihin

  172. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih; salam kenal juga kang solihin;silakan link ….keep in touch…

  173. sjafri mangkuprawira Says:

    juwina; terimakasih komentarnya…regards

  174. sjafri mangkuprawira Says:

    ya bung firdaus…terimakasih….silakan saling kontak via emal sjafmp@yahoo.com….

  175. sjafri mangkuprawira Says:

    salam kenal juga Hidmi; maaf saya belum punya referensi yang anda maksud…namun coba browsing…tampaknya banyak yang terkait dengan ergonomi….

  176. felix Says:

    Pak Sjafri, salam kenal lagi, saya mahasiswa bapak di MKPM SDM MMA E 27… Salut, pak baru ini saya ketemu seorang dosen n profesor yang buat blog n di update terus lagi… kalau saya boleh bilang bapak adalah salah satu mungkin satu2nya profesor yang senior di IPB yang berpikiran muda, malahan yang muda juga mungkin kalah hehehe…Terus berjuang, pak

  177. sjafri mangkuprawira Says:

    salam kenal via blog, felix….yang muda yang bergaya……yang tua yang ber…….
    salam sukses ujian mkdm-nya


  178. Di :www.dokter-online.co.nr tempat kita KONSULTASI KESEHATAN secara GRATIS.

  179. Janususilo Says:

    Assalam;alaikum
    Terimakasih Pak Sjafri atas tulisannya tentang produktivitas dan budaya produktif di Indonesia… saya salah seorang yang sangat prihatin dengan kondisi tingkat produktivitas bangsa ini yang masih jauh dari apayang diharapkan… banyak faktor yang perlu dipertimbangkan yang saling terkait dan saling mempengaruhi…
    Pak salam kenal dari saya.. sekarang sudah berdiri Asosiasi Produktivitas Nasional Indonesia … kegiatan produktivitas nanti di bulan Nopember sebagai bulan Mutu dan Produktivitas di Indonesia… semoga Bapak dapat berpartisipasi dalam bulan tersebut…. saya bekerja di Direktorat Produktivitas – Depnakertrans Jl Gatot Subroto Kav.51 Jaksel. ke depan saya harap dapat bekerjasama dengan Bapak

    Wassalam
    Janususilo

  180. sjafri mangkuprawira Says:

    salam kenal juga mas susilo…..saya tertarik dengan asosiasi itu…kalau memungkinkan,apakah saya dapat menerima info lebih lanjut tentang asosiasi itu via email smprawira(@)telkom.net atau sjafmp@yahoo.com…..terimakasih


  181. Great blog. Really appreciate on your enlightening ideas about people management. If you have time, please drop by my blog at http://strategimanajemen.net

    Goodluck and have a fantastic life, pak!!

  182. sjafri mangkuprawira Says:

    mr yodhia, thank you for appreciation…..your blog is great …..

  183. abuabdilbarr Says:

    Terima kasih atas kunjungan bapak di blog saya, seorang alumni IPB 2007, saya angkatan 2001 (38) di departemen teknik pertanian.

    Assalamualaikum ww,
    Saya bersyukur anda memelopori blog berisi uraian-uraian tentang islam dan pertanian.Terus berkarya dengan mengharap ridha Allah.Saya dosen fem ipb.Sebelumnya dosen faperta,angkatan 1963.
    Salam
    Sjafri Mangkuprawira

    http://www.ronawajah.wordpress.com

    Jawaban:
    Wa’alaikumussalaam Warohmatullohi wa barokatuh
    Terima kasih atas dukungannya, Dan sesungguhnya islam memang merupakan agama yang sempurna yang mengatur segala urusan manusia. kalau kita mau mencari dalam suatu perkara maka islam telah mengindikasikannya.
    Tidak terkecuali pertanian yang merupakan profesi yang telah ada sejak dulu kala sebelum Rosululloh diutus, maka sungguh ajaran islam telah mengatur dan memberikan arahan.
    Lalu bagaimana dengan hal-hal yang baru ada di zaman sekarang. Mungkinkah islam mengajarkan tentang membuat komputer dan teknologi? Saya jawab: ya! Al-Qur’an telah memberikan jawaban untuk pertanyaan semacam ini. Bukan kah Alloh berfirman: “Fas’alu ahladz-dzikri in kuntum la ta’lamuna” Tanyakanlah kepada ahli Ilmu jika kalian tidak mengetahui”
    Jadi Al-Qur’an telah mengisaratkan kepada kita untuk menanyakan suatu ilmu kepada ahlinya, ketika kita mau membuat komputer maka Al-Qur’an/Islam menyuruh kita bertanya kepada ahli komputer.
    Kesimpulannya Islam telah mengatur segala urusan kehidupan manusia, karena Agama Islam adalah agama yang sempurna.
    Barokallohu fiikum

    http://www.abuabdilbarr.wordpress.com

  184. abuabdilbarr Says:

    Merupakan suatu kebahagian ketika saya bisa kenal dan berkomunikasi dengan bapak Sjafri, meski hanya dalam dunia maya di blog
    Oya.. kalau boleh tanya dan minta bantuan dari bapak..
    Bapak punya chanel atau relasi di Saudi Arabia ga? Saya ingin melanjutkan studi ke sana..
    Saya Ingin belajar atau kuliah agama di sana, namun saya belum mendapat jalannya..
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih
    Wassalamu’laikum Warohmatulloh wa barokatuh

  185. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww;
    bung abuabdilbarr…terimakasih anda sudah berkunjung ke blog saya…..tentang relasi untuk studi agama di arabia, ada baiknya anda kontak Prof Didin Hafidudin-dosen agama islam-IPB….saya yakin beliau memiliki relasi……salam sukses…amiin

  186. wiwin windiyatmi Says:

    ass.
    selamat sore pak, salam kenal trima kasih bp dah memberikan tambahan informasi bagi saya…
    kalau boleh saya mau tanya pendapat bapak sebagai guru besar FEM IPB menurut bp adakah hubungan antara BUDAYA ORGANISASI DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN???
    Trima kasih atas perhatiannya

  187. sjafri mangkuprawira Says:

    salam kenal juga wiwin; batasan budaya organisasi cukup banyak…..tapi intinya budaya organisasi mengandung makna sistem nilai, visi,perilaku, sudut pandang,etc…….dikenal beberapa fungsi budaya organisasi:fungsi identitas dan komitmen semua elemen organisasi,instrumen pengorganisasian,penguatan nilai-nilai,dan mekanisme kontrol….Robbins menyebutkan tujuh ciri-ciri budaya organisasi:inovasi,perhatian thd detail,orientasi pd manusia,orientasi pd tim,agresif,dan stabil….jadi bisa diduga ada hubungan budaya organisasi dengan produktivitas kerja karyawan….
    salam budaya

  188. Elly Rosana Says:

    Assalammualaikum,
    Saya baru gabung nih pak, jadi belum baca banyak…insyaAllah akan ngikutin terus.
    Saya kagum bapak masih sempat membuka forum ini ditengah kesibukan yang buanyak banget….
    Semangat pak…semoga ilmunya tetular pada saya dan temen2 di KMP 2007… amin

  189. uwes Says:

    Prof, saya kagum dan bangga melihat Aki yang sekaligus juga seorang blogger. Catatan-catatan besar bapak ini adalah harta warisan bagi kami kaum muda. keep writing.

    Uwes A. Chaeruman
    uwes@fakultasluarkampus.net

    http://fakultasluarkampus.net

    http://tpers.net

  190. sjafri mangkuprawira Says:

    trims neng elly;semoga anda sukses studi KMPnya…

  191. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih bung uwes; semoga demikian…amiiin….saya baru saja buka situs anda….isinya bagus sekali….selamat

  192. retno setyowati Says:

    terima kasih prof sjafri tulisan anda benar-benar sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah sehingga saya mendapatkan tambahan ilmu dari prof……. Keep fire!!!!

  193. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih mbak retno…semoga studi anda lancar dan sukses…..

  194. mukhamad arif saefulloh Says:

    makasih banget karna bapak sudah menyediakan karya-karya yang sngat dibutuhkan.dan semoga bapak bisa melanjutkan karya-karya bapak .salam kenal dari aku arif balas ke email aku ya?makasih

  195. sjafri mangkuprawira Says:

    bung arief; terimakasih…..dan salam kenal juga…..alamat e-mail anda?

  196. eriek Says:

    Assalamualaikum Prof,

    salam kenal sebelumnya kepada Prof. nama saya eriek. saat ini tinggal di kota Bandar Lampung dan mahasiswa di Universitas Lampung.

    Bisa mampir kemari sebelumnya ada yang mengusulkan Prof ikut serta pada acara pesta blogger akhir Oktober ini. Menarik Prof kalau bisa ikut. Saya kagum dengan Prof yang masih aktif menulis, terutama di blog-nya Prof sendiri. Terus terang, masih jarang saya temui terutama dosen/akademisi berbagi ilmunya melalui blog. mungkin karena keterbatasan akses internet ya Prof. hehe..

    Oh ya, mungkin Prof kenal dengan koleganya dari IPB dan juga guru besar di FP Unila. Beliau adalah Prof.Bustanul Arifin. Tapi beliau mengajar di jurusan Sosek FP.

    Itu saja dulu dari saya Prof. Menyenangkan bisa mengenal Prof melalui dunia blog ini. Semoga karya-karya Prof bermanfaat bagi mahasiswanya dan juga semua rakyat Indonesia :)

    salam hangat,

    eriek
    Blog: http://eriekha.blogspot.com

  197. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih bung eriek; salam kenal juga….isi blog anda bagus dan energik…..insya Allah blog saya akan terus hadir….btw Prof.Bustanul Arifin adalah mantan mahasiswa saya ketika beliau kuliah di dept sosek faperta ipb…..salam ramadhan…..

  198. Bayu Krisnamurthi Says:

    Asalammualaikum Bapak.
    Bravo ! Saya bertemu alamat bloq ini secara tidak sengaja. Selamat ! Semoga Bapak dan keluarga selalu dikaruniai Allah SWT dengan kesehatan dan keselamatan. Amin.

  199. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww; terimakasih mas bayu…..semoga anda dan sekeluarga pun selalu sehat dan sejahtera…..amiin

  200. Sadikin Kuswanto Says:

    Yang kami cintai, Prof. Sjafri Mangkuprawira,
    Ijinkan pada kesempatan yang berbahagia ini saya serta keluarga memohon Maaf Lahir & Batin, semoga berkah yang limpah menyertai Bapak sekeluarga…. amiin.

    Salam Sejahtera

  201. sjafri mangkuprawira Says:

    bung sadikin, terimakasih,maaf memaafkan;doa mendoakan….

  202. mathematicse Says:

    Di sini saja ya Prof.

    Selamat hari raya Idul Fitri 1428 H. Mohon maaf lahir dan bathin. :D

    Salam

    Al Jupri

  203. sjafri mangkuprawira Says:

    sama=sama kang Al Jupri; maaf memaafkan,doa mendoakan…..amiiin

  204. Andi Kusnandi Says:

    Selamat Idul Fitri 1428 H semoga sehat-sehat selalu dan sukses akan Website Rona Wajah nya.
    Wasallam

  205. sjafri mangkuprawira Says:

    selamat idul fitri juga bung andi…..semoga anda sukses selalu….salam

  206. mahabudiman Says:

    Salam kenal Pak Sjafri, Met Iedul fitri saya senang baca artikel anda,doakan saya sukses dalam berkarir dan berorganisasi terimakasih

  207. sjafri mangkuprawira Says:

    salam kenal juga bung budiman…..semoga anda sukses di segala bidang…..

  208. widhodho t.karyomanggolo Says:

    Yth.Sdr Sjafri.Assalammuailikum WW Salam kenal dahulu.Saya ada buku biografi dari Ir.Setiadi Reksoprodjo dgn Judul Refleksi Orang Biasa Dalam Sejarah Yang Luar Biasa
    Bapak Ir Setiadi R ini pernah menjabat Menteri Penerangan dalam kabinet Amir Syarifrudin.Pada waktu itu beliau adallah menteri kabinet RI yang termuda sekitar 26 tahun.
    Tebal bukunya 168 halaman.Isi histori tiga zaman
    Bila bapak berkenan akan saya kirim melaui pos
    Mohon Alamatnya.
    Saya sendiri seorang pensiunan pn berumur 76 tahun.
    Wassalam ww. Widdhodho

  209. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww.salam kenal juga pak widdhodho…dengan senang hati…..alamat saya Jl.Raya Gunung Batu 81/118 Bogor tlpn 0251-322932/385488…..terimakasih atas perhatian bapak…..


  210. yang keberapa ya…???

    salam kenal…. :)


  211. oh iya,… pak profesor…
    cuma mau kasih saran…
    lebih baik kalo memberi alamat rumah atau apapun langsung ke email yg bersangkutan..
    coz mungkin saja disalah gunakan orang lain

  212. sjafri mangkuprawira Says:

    bung bagus…..salam kenal dan terimakasih atas sarannya

  213. marwan Says:

    aslkm..
    pak apa kabar?
    saia maw ngucapin,,
    minal aidin walfaidzin,,
    maafin saya yah pak,,,
    dan kebetulan hari ini kita halal bihalal dikampus,,
    marwan

  214. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww;maaf memaafkan,doa mendoakan…..

  215. Ridwan Says:

    Ringkasan pidato Pesta Blogger Nasional 2007
    Assalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh.
    Selamat siang teman-teman blogger Indonesia!
    Sebuah pertemuan seperti ini pernah terjadi. Generasi baru sebuah bangsa pernah datang dari berbagai penjuru katulistiwa untuk berkumpul, duduk, bertatap muka dan melakukan janji bersama. Kami bangsa Indonesia mengaku berbangsa satu.
    Hampir delapan puluh tahun kemudian, sebuah generasi baru kini pun tengah berjumpa.
    Berkumpul, duduk, bertatap muka dan berjanji untuk saling mengunjungi blog dan bertukar link kalau tidak lupa. :)
    Sebuah hari yang istimewa, sebuah suara baru yang dibawa.
    Mari kita tandai hari ini teman-teman, sebagai sebuah tonggak dimana pertukaran idea, keterbukaan, dan partisipasi akan mengalahkan kejumudan, ketertutupan dan apatisme.
    Inilah waktunya untuk berbicara, untuk berkekspresi, untuk berpartisipasi. Inilah waktunya bagi kita semua untuk menjadi.
    Lewat blog, kita melihat, mencermati, menulis, dan berbagi tentang keseharian kita, tentang apa yang terjadi di sekeliling kita.
    Lewat blog, sebuah kesadaran kolektif di dunia maya tengah terbangun
    Dan lewat blog, percayalah, pada suatu titik kita pun dapat mengambil aksi.
    Mari kita tandai hari ini teman-teman blogger, sebagai sebuah hari blogger nasional milik kita bersama!

    Ini hanyalah sebuah permulaan, acara ini bukan lah sebuah akhir tapi justru awal dari sesuatu yang sangat besar. Banyak kekurangan dari acara hari ini dan untuk itu kami mohon maaf, tentu yang berikutnya nanti harus lebih baik.
    Kami dari para anggota Steering Committe sangat berterima kasih atas dukungan dan ikatan kekeluargaan antar blogger yang kita miliki bersama.
    Untuk mengingatkan saja, acara kita ini bersifat non profit, segala sesuatunya nanti akan di audit oleh Priyadi dan akan kita laporkan di blog.

    Atas terlaksananya acara ini, ijinkan saya untuk mengucapkan terima kasih kepada Maverick , satu-satunya perusahaan PR di Indonesia yang sudah mengerti potensi dan kekuatan blog. Terima kasih Ong dan teman-teman di Maverick.
    Terima kasih kepada Bubu.com yang bila tanpa bantuannya acara ini tidak akan dapat terlaksana. Makasih mbak Shinta dan teman-teman di Bubu.
    Terima kasih kepada kolega para anggota Steering Committe Pesta Blogger ini, Mas Budi Putra , Ndoro Kakung , Fatih , Mas Nukman , Bang Wimar (yang juga moderator acara kita nanti), Pak Priyadi , Lita , Ratna yang tidak dapat hadir, Ong Hock Chuan , Mbak Shinta dan Mas Yosef Ardi , yang tanpa dukungan, saran, masukannya kita tidak akan berkumpul sekarang.
    Spesial terima kasih untuk Pesta Manager kita dari Maverick, Hanny Kusumawati . Yang selalu tersenyum dan ceria. Yang kerja keras dan sumbangsihnya sangat krusial untuk Pesta Blogger ini, tahun depan lagi ya Han! :D
    Tolong beri tepuk tangan juga untuk para sponsor kita. Microsoft, sponsor pertama kita, Nokia dan XL Business Solution. Terima kasih atas dukungannya bagi blogger Indonesia!
    Terima kasih pada media partners kita, The Jakarta Post, Tempo, Kompas Cyber Media dan O Channel.
    Terima kasih pada para desainer Jerry Aurum yang mendesain logo, Roni yang tidak dapat hadir yang mendesain button/badge Pesta Blogger, Rangga dan Alia yang mendesain print ad serta Bubu untuk desain banner online.
    Terima kasih pada para wellwishers dan kontributor: Veetos, Mobile Magazine, Digital Mark Reader, AngingMammiri, Cyber Media College, Solidaritas Kebersamaan, Sari Wangi, Coca Cola, Handphone Magazine dan Qwords.
    Terima kasih kepada para fasilitator diskusi kita nanti, Bu Enny, Pak Risman, Anjar, Nila Tanzil, Maylaffayza, Joko Anwar, Mas Ndobos serta Pak Adrianto Gani.
    Terima kasih untuk Event Organizer kita, MIND PLUS
    Terima kasih juga untuk teman-teman dari media lainnya yang sudah sangat mendukung para blogger dan acara kita bersama ini. Juga para relawan yang sudah membantu, baik online maupun offline.
    Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Pak Nuh, Pak Cahyana dan jajarannya di Depkominfo Republik Indonesia, atas visinya yang sangat progresif tentang blog dan Internet Indonesia pada umumnya, serta dukungannya pada Pesta Blogger dari awal. Tepuk tangan untuk Pak Nuh dan Depkominfo.
    Terima kasih dan tepuk tangan juga untuk komunitas blogger yang hadir disini! AnginMammiri dari Makasar, Angkringan dan Cah Andong dari Yogya, Loenpia dari Semarang, BBV dari Bandung, Go RanahMinang dari Padang, Tukang Lenong tuan rumah dari Jakarta, Blogfam, Komunitas Blogger Muslim, Merdeka, Multiply Indonesia, dan IDGMAIL!
    Dan terakhir, panitia Pesta Blogger dan angggota Steering Committe ingin mengucapkan terima kasih pada pihak yang paling penting dan alasan kenapa acara ini dibuat. Anda semua para Blogger Indonesia!
    Nikmati hari ini, karena hari ini hari milikmu juga esok masih terbentang. Dan mentari kan tetap menyala di dalam hati kita semua.
    Selamat berpesta! Dan maju terus blogger Indonesia!
    Dan para pemenangnya adalah:
    1. Kategori online marketing dan sales: Media Ide Bajing Loncat
    2. Kategori women’s issues: Fashionese Daily
    3. Kategori blog teknologi: Ilmu Komputer.com
    4. Kategori blog personal: Istri Bawel
    5. Kategori blog selebriti: Jennie S. Bev
    6. Kategori current issues: Perspektif. net
    7. Kategori bridge blogging: Enda Nasution
    8. Kategori pendatang baru terbaik: Lidya Wangsa

  216. Ridwan Says:

    Pa’ Prof maaf suntingan berita pesta blogger nya saya masukan dalam comment pembaca soalnya e-mail pa’ Prof tdk bisa diakses (sdh saya coba 2X kiriman gagal terus)

  217. Ridwan Says:

    Pa’ Prof mungkin saya terlambat memperkenalkan diri dan langsung saja memberikan komentar tanpa memperkenalkan diri soalnya saya baru masuk dan baca2 di rubrik buku tamu ini.
    Saya Ridwan Hardiawan, saat ini saya bekerja di
    PT. Translingkar Kita Jaya, Cinere – Jagorawi Toll Road
    Direktorat Pengembangan SDM & Umum.
    makasih Pa’Prof

  218. liezmaya Says:

    semakin saya perdalam apa2 yang dibahas dalam artikel anda, saya semakin yakin & mantap untuk memberikan acungan jempol kepada anda :)

    salam kenal

  219. Johan Says:

    Assalamu’alaikum. Selamat malam pak Sjafri. Kemarin malam saya baru buka-buka blog bapak. Saya lihat dari daftar blog yang diberikan wordpress. Disitu direkomendasikan bagi netter yang kepingin tahu tentang SDM dan permasalahannya. Terus, saya baca posting tentang sumpah pemuda. Maaf ya pak kalau komentar saya untuk tulisan itu. Mungkin terkesan asal bunyi saja. Saya tidak milih-milih apa yang harus saya dibaca. Yang penting tulisan itu bisa mengilhami pembaca untuk memperbaiki apa saja yang sudah rusak. Tulisan bapak pas banget untuk kriteria ini. Terus berkarya ya pak. Salam.

  220. sjafri mangkuprawira Says:

    bung ridwan…saya sudah mengenal anda walau dalam dunia maya lewat membaca isi blog anda yang bagus-bagus itu…..btw terimakasih atas info pesta blogger dari anda…..wah sebenarnya perlu diinventarisasi blogger berdasarkan lokasi domisilinya…misalnya di daerah bogor dan sekitarnya….nah kita bisa saling jumpa dan bersilaturahim termasuk tukar menukar pengalaman langsung…..salam

  221. sjafri mangkuprawira Says:

    hatur nuhun liezmaya;blog anda aduhai…dan perlu dibaca…..salam kenal juga ya…..

  222. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww;terimakasih bung johan atas komentar anda……walau kelihatannya baru mulai….blog anda bagus…salam

  223. Ridwan Says:

    setuju Pa’ Prof tp bgmn cara menghubungi rekan2 blogger lain dan kita mulai dr mana ya pak

  224. dkmfahutan Says:

    Assalamu’alaikum…

    kami dari dkm fak. kehutanan pak, salam kenal…

    blognya benar-benar berilmu…
    kalau banyak dosen yang mulai nge-blog seperti bapak mungkin masyarakat kita bisa semakin tercerdaskan…

    ayo pak, dosen-dosen IPB yg lain di provokasi buat nge-blog juga :)

    wassalam…


  225. ehmmmm………………

    sebelumnya saya mohon maaf……..
    sepertinya ada komentar saya yang dihapus
    bisa minta klarifikasinya pak….

    mungkin ada salah kata dari saya

  226. sjafri mangkuprawira Says:

    yang mana nanda bagus?….apakah dalam buku tamu atau terhadap artikel saya…..rasanya setiap ada komentar dari siapapun sejauh ini saya respon……tak ada yang dihapus….karena itu perbuatan tidak etis…..tunggu kabar

  227. sjafri mangkuprawira Says:

    bung ridwan…mungkin salah satu caranya bisa kita lacak dan informasikan via blog masing-masing….

  228. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww; mas dkmfahutan…..terimakasih telah berkunjung ke blog saya…..blog anda jauh lebih dahulu ketimbang saya….isinya bagus-bagus….oh ya nanti saya ajak prof endang suhendang dkk…btw prof dudung darusman sudah buka blog sehubungan dengan posisi beliau sebagai calon rektor…..salam sukses

  229. dian nusa Says:

    selamat hari raya idil fitri 1428 h, maaf lahir bathin. saya alumni agronomi dg no mhs A.161253. saya bekerja di pemkab bintan, prov kepri. mantan komandan satpol pp, sekarang ngurusi pemuda-olahraga dan pemberdayaan perempuan. ditugas yang terakhir ini saya ketemu ibu aida di tanjung pinang dalam rangka pelatihan kaum perempuan. memang betul kata orang2, alumni ipb bekerja diberbagai bidang, sebelumnya saya di dinas pertambangan, ngurusi konservasi. memang manajemen dan pola fikir anak ipb sangat ok, sampai sby sekolah di ipb. tetapi bagaimana dgn menhut, sah ngak ijazahnya?

  230. sjafri mangkuprawira Says:

    yaa mas dian….ada hal baru…..dari ungkapan “alumni ipb unggul di luar bidangnya kecuali di bidang pertanian”…berubah menjadi “alumni IPB unggul di luar bidangnya apalagi di bidang pertanian”…..tapi kita tak perlu arogan………btw ijasah MS Kaban sah….. selamat bertugas

  231. Saptadi Says:

    Ass.Wr.Wb.
    Pak. prof. Sjafri, saya sangat tertarik dengan karya buku MMSD tersebut saya berharap dapat membuat acara bedah buku tersebut di lingkungan Pemerintah DKI Jakarta terutama di Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta, agar kinerja dan Organisasi Perpustakaan Umum lebih mampu berbuat banyak dengan pemahaman Manajemen Mutu SDM di organisasi kami. Kami mohon informasinya secepatrnya, kalau bisa akhir November atau awal Desember bisa terialisir, Thanks Bravo ! (saptadi).

  232. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww: silakan mas saptadi, kontak saya lewat e-mail sjafmp@yahoo.com atau hp 0816.1810.880….terimakasih atas perhatian…..salam

  233. mahabudiman Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Pak Sjafri mohon bantuan bagaimana pedoman dan metode negosiasi kenaikan gaji kepada perusahaan,selama ini hanya mengandalkan inflasi dan kebutuhan minimum, mungkin ada metode lainnya pak yang bisa dijadikan reperensi, kebetulan saat ini saya ditunjuk sebagai wakil dari karyawan untuk menjalankan amanah dari mereka

    Terima kasih sebelumnya.

    Wassalam.


  234. Wah keren juga Artikelnya. Besok saya kunjungi lagi. moga sukses

    Oh ya bagi temen-temen yang
    ingin menghasilkan uang milyaran rupiah
    bukan jutaan lho!
    Bisa daftar disini http://klikdisini.com/hai
    Bener deh. Saya aja baru satu bulan udah dapat 100 juta. Kerjanya cuman tidur

  235. sjafri mangkuprawira Says:

    mas budiman;ada beberapa prinsip umum dalam menerapkan metode kenaikan gaji:
    =berbasis pada kondisi perusahaan;berapa persen yang bisa dibayarkan perusahaan relatif terhadap gaji di pasar kerja…
    =membuat matriks hasil penilaian kinerja dengan kenaikan gaji–>sistem merit…
    =apakah karyawan yang ada bakal tergantikan oleh karyawan lain/baru dengan ketrampilan relatif sama tapi mau dengan gaji yang lebih rendah…
    =apakah produktivitas kerja karyawan sekarang ini sudah berada di atas standar perusahaan….
    semoga bermanfaat…..

  236. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih bung yohanes atas kunjungannya….

  237. mahabudiman Says:

    Pa’ Prof tanya lagi nich
    kalau outsourcing boleh tidak jadi anggota serikat karyawan disuatu perusahaan.
    Apa hak dan kewajibannya jika jadi anggota
    Terima Kasih

  238. sjafri mangkuprawira Says:

    bung maha;dalam UU Republik Indonesia no 21 Tahun 2000 tentang Serikat pekerja/Serikat Buruh,dalam bab IV “Keanggotaan”,di hampir semua pasal tidak tercantum kedudukan outsourcing dalam keanggotaan serikat….ada pasal 14 berbunyi “Keanggotaan Serikat Pekerja/serikat buruh,federasi,dan konfederasi serikat pekerja/serikat buruh diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumahtangganya…..
    semoga jelas…

  239. yossi Says:

    assalamualaikum pak sjafri lama tidak mengisi buku tamu ini. bagaimana kabarnya pak?smoga selalu sahat..bapak alhamdulillah yossi uda menyerahkan draft proposal pertama ke ibu rahma,tapi belum diperiksa. apakah saya juga harus menyerahkan ke bapak? judul dari usulan penelitian saya tentang “analisis pengaruh efektifitas sistem pelatihan dan penilaian kinerja terhadap motivasi dan kinerja karyawan” bagaimana menurut bapak?apakah tema yang saya bahas layak atau tidak? alasan saya mengambil tema tersebut karena analisis dari kebutuhan dalam perusahaannya pak. saran dan kritik tentang tema saya akan sangat membangun. terimakasih pak..

  240. ella Says:

    assalamualaikum…

    saya mahasiswa Bapak untuk mata kuliah Manajemen, dari Agribisnis angkatan 43, IPB….

    pukul 10.00
    hari Kamis 22 November 2007
    pertama kalinya bertemu Bapak, dan cara mengajar yang sangat menyenangkan saya dapatkan pagi ini, dalam selingan mengajarnya tadi pak sjafri memberi kan alamat blog ini, tentunya tidak hanya ke saya,
    dan entah kenapa saya sangat penasaran dengan sosok seorang Ayahanda yang saya pikir beda dari yang lain….

    dan setelah saya mengunjungi blog ini, rasa penasaran saya terjawab…
    memang tidak salah saya berpikir bahwa Bapak orang yang sangat luar biasa…

    artikel nya bagus-bagus Pak…!!!!

    oiya soal tawaran Bapak untuk anak2 agribisnis 43, berkunjung ke rumah Bapak dan menikmati combro dan misro nya,,,,
    sepetinya tawaran yang sangat menarik….

    terus berkarya ya Pak….
    semoga akan selalu ada dalam lindungan Allah swt
    Amiiinnn….

  241. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww;nanda ella….terimakasih atas kunjungan dan dorongannya…..btw saya senang ngajar di kelas anda…..mahsiswanya smart dan aktif…..oh yaa boleh kapan-kapan kita programkan percombroan di rumah saya atau di kebun saya…selamat belajar

  242. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww…nanda yossi…topik penelitian yang menarik….silakan dengan bu rahma dahulu…..selamat belajar

  243. Rudi Hartono Says:

    Assalamualikum wr wb

    Salam kenal Pak Prof……..
    Saya baru buka website berkat info dari bapak ketika kuliah Falsafat Sain Tahun 2007.

    Terus terang, ketika saya baca artikel-artikelnya sangat menarik dengan ilustrasi yang sederhana dan mudah difahami. Terutama berkaitan dengan SDM dan pendidikan.

    Insya Allah akan sangat bermanfaat bagi saya. Terima kasih

    Rudi Hartono
    rudihartono_usu@yahoo.co.id

  244. Wihatmoko W Says:

    Assalamu’alaikum pak Prof.
    Saya adalah salah satu mahasiswa bapak di kuliah Falsafah Sains hari Jum’at jam 14, saya yg selalu duduk di barisan depan persis di muka layar.
    Pada kuliah kemarin, mohon maaf karena saya terlalu bersemangat untuk segera berkomentar atau menjawab pertanyaan bapak, saya tidak menyangka ada beberapa tebakan saya yang sesuai, terutama yang alat tulis astronot itu, mudah-mudahan lain waktu tidak akan saya ulangi lagi.
    Web site ini sudah saya buka seja bapak memperkenalkannya pada hari pertama kuliah, tapi baru sekarang saya isi buku tamunya.
    Banyak pelajaran berharaga dalam blogger bapak ini dan terlalu sayang untuk dilewatkan, sehingga saya juga memperkenalkannya ke rekan saya yang lain. Semoga berkenan.
    Hormat saya
    Wihatmoko

  245. Adman Nursal Says:

    Assalamualikum Prof. Sekedar usul. Ada baiknya, isi buku tamu dibalik urutannya: yang paling mutakhir masuk ditempatkan di bagian paling atas. Hal ini tampaknya memudahkan pelanggan blog Rona Wajah melihat buku tamu. Terima kasih.

  246. Tetri W Says:

    Ass. wr. wb.
    Saya Tetri, salah satu mahasiswa di kelas Bapak di matakuliah Falsafah Sains Jumat siang pukul 14.
    Saya membuka blog bapak karena sangat terkesan pada bapak ketika memberikan kuliah. Matakuliah falsafah sain yang selama ini saya anggap sangat-sangat sulit dimengerti menjadi sangat menyenangkan untuk dipelajari berkat kepiawaian bapak dalam mengajar. Kuliah 2 jam tidak terasa membosankan. Saya yang juga sebagai seorang dosen yg masih ‘agak baru’ (6 tahun) dibandingkan bapak yg sudah > 25 tahun banyak belajar dari gaya mengajar bapak.
    Bravo Prof….
    Wass. wr. wb.

  247. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih mbak tetri;semoga anda selalu berminat dalam mempelajari falsafah sains…dari sana kita banyak mempelajari bagaimana langkah-langkah menjadi seorang imuwan yang tidak saja mampu atau ahli di bidangnya tetapi juga yang memiliki kearifan, kerendah hatian, dan kebesaran jwa untuk menghargai disiplin ilmu orang lain…selamat belajar…semoga sukses

  248. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih mas adman;nanti saya coba kontak ahlinya….

  249. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih mas whatmoko; saya tidak kaget anda mampu menjawab kasus yang saya berikan di kelas…karena anda termasuk mahasiswa yang rajin bertanya, berpendapat,dan banyak ingin tahu…..selamat belajar…sukses

  250. Muh Syaifudin Says:

    Assalamu’alaikum Pak Sjafri

    saya keasikan baca blog bapak, pas coba saya ingat nama bapak perasaan familiar, apalagi tulisan bapak buku profil guru besar IPB, wah saya jadi semakin tertarik, baru saya baca profil bapak. Luar biasa, bapak bisa berkarya di tengah kesibukan yang luar biasa. Sekedar ingin bersilaturrahmi sesama saudara, perkenalkan saya pernah merasakan bangku kuliah di IPB angkatan 31 pada jurusan TPG FATETA, namun karena satu dan lain hal belum bisa menyelesaikan S1 sampai sekarang, padahal keinginan untuk menyelesaikan dan melanjutkan ke jenjang berikutnya masih ada. Saya surprise pas lagi browsing gak sengaja “”nemuin mutiara” yang sangat luar biasa. Saya mohon ijinkan saya untuk membaca tulisan2 bapak sebagai penambah wawasan, ilmu dan pelajaran bagi saya, penambah semangat untuk lebih bisa mendarmabaktikan sisa umur saya agar lebih berguna untuk masyarakat sekitar saya.

    Nuhun Prof atas tulisannya.

    Syaifudin
    Technical Support PT Kumaitu Cargo
    Tanjung Priok

  251. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww…bung syaifudin….terimakasih telah berkunjung…..semoga karir anda semakin maju walau belum meraih S1 IPB…seingat saya tidak jarang orang tanpa bertitel namun karirnya bagus…..karena memang potensi inovasi,kreatifitas,dan inisiasinya tinggi….salam

  252. b oe d Says:

    Assalamu ‘alaikum wr wb, Pak Sjafri

    Luar biasa salut atas kesediaan Pak Sjafri untuk menginspirasi kami – para dosen muda melaui media yang gaul ini.

    wassalam
    boed | NUS | http://budihartono.wordpress.com/

  253. aida Says:

    waalaikum salam ww; terimakasih mas boed atas kunjungannya,selamat berkarya…

  254. sjafri mangkuprawira Says:

    uups, maaf mas boed….saya salah menggunakan komputer….itu punya isteri saya…isinya asli dari saya….

  255. Alim S Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Ayahanda Sjafri…
    Saya sangat kagum atas dedikasi, prestasi dan pemikiran ayahanda. Bagi saya, apa yang ayahanda sudah kerjakan sangat luar biasa dan menjadi inspiring bagi semua orang. Dan, setelah membaca isi-isi blog ini dengan tidak sengaja plus buku Rona Wajah 1&2, saya menjadi tambah tertarik untuk bisa berdiskusi langsung lebih banyak dan menimba ilmu dari ayahanda. Selama ini saya memendam keinginan itu, tetapi segan mengganggu karena kesibukan ayahanda yang sangat banyak. Mudah-mudahan nanti datang kesempatan itu.
    Terus berkarya ayahanda. Sukses selalu !!!

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    Ananda
    Alim Setiawan
    Dept. Manajemen, FEM, IPB

  256. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww,
    nanda alim,terimakasih telah berkunjung……tiap individu….siapapun dia bisa berkarya….termasuk nanda…..oke dengan senang hati kapan-kapan kita bisa bersua bertukar pikiran……salam


  257. Salam kenal pak, saya Binsar , mahasiswa bapak di MB-IPB. Wah pak blog bapak inspiratif, edukatif dan enak dibaca pak. Thank buat nambah ilmu.

  258. sjafri mangkuprawira Says:

    bung binsar…terimakasih telah berkunjung…selamat belajar

  259. Ismawan Says:

    Pak Sjafri Yth,
    senang sekali saya bisa mendapatkan situs Bapak. Dan saya langsung mem-bookmark link ini. Saya alumni sekolah pascasarjana FMIPA IPB.
    Pak, saya ingin bertanya, apakah seorang steady relater bisa dengan cepat menjadi dominant director ? Apakah perlu waktu atau malah menurut Bapak tidak bisa berubah. Hal ini berhubungan dengan pekerjaan saya dimana ada tuntutan untuk menjadi pengarah sedangkan dari uraian bapak di blog ini saya adalah steady relater. Terima Kasih atas perhatian Bapak.

    Wassalam,

  260. sjafri mangkuprawira Says:

    bung ismawan…jangan khawatir…steady relater punyak banyak kelebihan….mereka ,konsisten,sabar,hasrat kerja tinggi,kooperatif, dan dapat dipercaya….bukankah itu ciri-ciri seorang pemimpin?…memang ada sifat-sifat yang kurang suka konflik,kalem,senang dengan keteraturan, easy going,rileks….selain itu loyal dan penolong…..nah itu kelebihannya….yang jelas butuh waktu untuk jadi direktur….yang siap dengan penerapan cara-cara tegas,siap berhadapan dengan konflik dan persaingan,siap memberi penalti pada karyawan yang tidak disiplin dan pembuat masalah……insya Allah anda bisa…..


  261. Pak Sjafrie, emailnya sjafmp@yahoo.com koq mental ya? Tks

  262. sjafri mangkuprawira Says:

    bung ridwan,coba gunakan alamat e-mail yang lain; smprawira@telkom.net.id atau sjaf43@yahoo.com

  263. mathematicse Says:

    Maaf mau numpang OOT nih Prof… ada sedikit permintaan dari saya. Silakan dilihat di sini.
    :D

  264. sjafri mangkuprawira Says:

    kang jupri, delapan harapan anda begitu mulianya….semoga terwujud…..btw insya Allah permintaan anda akan dicoba dipenuhi…walau saya tak terbiasa menulis hal yang fiktif….lebih banyak ulasan teori,normatif,dan contoh-contoh faktual…..salam

  265. mathematicse Says:

    Amin.

    Terimaksih Prof, sudah menyambut permintaan saya dengan baik. Ini merupakan kehormatan yang luar biasa bagi saya… :D

    Saya tunggu tulisannya..

  266. Budi Nasution Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb Pak Sjafri,
    Salam kenal, Saya Budi Anshari Nasution
    Usia saya 26 tahun, menikah dan memiliki 1 orang anak. Sekarang saya belerja di bank swasta nasional.
    Saya mengagumi kesungguhan bapak untuk meningkatkan mutu SDM dan berbuat kebajikan dg meluangkan waktu untuk berkarya di blog ini.

    Saya ingin belajar banyak dengan Bapak,
    boleh tahu e-mail Bapak.

    “Mari kita berlomba – lomba untuk kebajikan”

    Wasalamualaikum Wr.Wb

    Budi Anshari

  267. Adhi Saputra Says:

    Assalamu’alaikum.

    Salam kenal pak Sjafri,
    Terima kasih Bapak sudah mau berbagi ilmu dan pengetahuan yang Bapak miliki untuk kemaslahatan bersama. Semoga banyak manfaat dan keberkahan yang Allah turunkan melalui media ini.

  268. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikumsalam ww,bung budhi,terimakasih telah berkunjung…ya mari bersyiar kebajikan…selamat berkarya semoga karir anda terus melaju….e-mail saya… sjaf43@yahoo.com…mari bersilaturahim..salam

  269. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikumsalam ww,salam kenal juga bung adhi…semoga blog anda pun banyak manfaatnya bagi syiar kebajikan….

  270. teguh Says:

    assalamualaikum.
    selamat malam, Pak.
    Saya belum bisa tidur malam ini. Ada permasalahan yang mengganggu pikiran saya. Dan saya ingin mengutarakannya kepada Bapak.
    Ini tentang proses bimbingan dengan pembimbing kedua saya (Bu Siti Rahmawati), Pak. Saya bingung karena proposal penelitian saya “tertahan” di Bu Rahma sudah 6 minggu lebih. Selama ini saya sudah berusaha menanyakan perkembangan proposal saya, tetapi jawaban yang saya dapat selalu sama bahwa Bu Rahma belum sempat memeriksanya. Katanya beliau sedang sibuk.
    Saya berusaha memahami dan berusaha sabar. Tetapi ini sudah minggu ke-6 dan proposal saya belum kembali. Saya bingung karena bila tidak dikembalikan berarti saya tidak bisa melakukan perbaikan. Dan waktu saya hanya untuk menunggu. Padahal saya ingin secepatnya melakukan penelitian, Pak. Selain karena saya ingin cepat lulus juga karena saya sudah hampir kehilangan kontak dengan pihak Telkom (calon tempat penelitian saya). Dulu mereka (pihak Telkom) meminta saya datang dengan proposal penelitian saya. Sedangkan proposal penelitian saya belum fix. Selama ini, saya tidak melakukan bimbingan dengan dosen lain karena saya takut mereka berbeda pandangan dengan Bu Rahma. Takutnya nanti malah proposal saya acak-acakan.
    Saya mohon nasihat dari Bapak. Apakah saya bisa minta bimbingan dosen lain, atau harus ganti pembimbing kedua, atau bagaimana Pak. Kalaupun ganti pembimbing kedua, bagaimana saya menyampaikannya kepada Bu Rahma…
    Mohon maaf kalau agak panjang. Atas saran dan nasihat Bapak sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalamualaikum.
    Teguh.

  271. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikumsalam ww; nanda teguh saya ikut prihatin atas kemajuan proposalmu….saya sarankan anda dapat bertemu dengan pembimbing pertama dan menyerahkan proposal kepadanya…konsultasi intensiflah dengannya…kemudian saya insya Allah akan bicara langsung dengan bu Rahma….selamat belajar….

  272. teguh Says:

    maaf, Pak. saya baru buka internet lagi, jadi baru membaca dan bisa balas pesan Bapak.
    Baik, terima kasih Pak. Insya Allah secepatnya saya akan print lagi proposal saya dan menghubungi Bapak untuk konsultasi.
    Wassalamualaikum.
    Teguh.

  273. luqman Says:

    assalamualaikum pak
    masih ingat saya pak? Waktu itu saya ikut penjurian lomba maskot IPB

    terimakasih atas tulisan2 yang bermanfaat dari blog ini

    wassalamualaikum
    Luqman O

  274. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww;ya saya masih ingat utamanya dengan sulapnya yang spektakuler…trims telah berkunjung….


  275. Assalaamu ‘alaikum…

    Saya selalu berdoa agar insan-insan peduli yang terus berkarya agar senantiasa diberi kekuatan oleh Allah SWT agar dapat terus berkarya…

    Terimakasih Prof masih ada waktu untuk melakukan pencerahan-pencerahan pemikiran…

    PENDIDIKAN-lah yang bertanggung jawab atas kesinambungan peradaban manusia… Pada saat yang sama kita melihat semakin mengenasnya nasib PENDIDIKAN di tangan pemerintah kita…

    SOS….

  276. yodi dwesta Says:

    Assalamualaikum.
    Sebelumnya perkenalkan dulu Pak, saya Yodi mahasiswa manajemen IPB, seseorang yang sangat beruntung karna kuliah di manajemen dan tentunya dapat mengenal lebih jauh tentang Bapak (walaupun kalo diitung-itung mungkin hanya 5 kali pertemuan pernah diajar oleh bapak).Sejak pertama kali bertatap muka dengan bapak, yang ada dibenak saya adalah bapak adalah sorang ketua senat yang rendah hati.Itu yang ada dipikiran saya tentang bapak. Sejak itu saya menjadikan bapak sebagai figur bagi saya.Suatu hal yang luar biasa bagi saya jika saya mendapat kesempatan untuk mengetaui lebih mendalam tentang bapak, tentang karier bapak, tentang keluarga bapak, dan yang terpenting adalah tentang filosofi serta kepribadian bapak.

  277. sjafri mangkuprawira Says:

    mas wawan;terimakasih telah berkunjung….saya sudah membuka blog anda…walaupun tergolong baru isinya bagus…dan perlu….

  278. sjafri mangkuprawira Says:

    nanda yodi;terimakasih telah berkunjung….sayang saya tidak mengenal satu persatu mahasiswa,saking banyaknya….nah kapan-kapan kita ngobrol di kantor atau rumah saya atau dimana pun…selamat belajar dan sukses….

  279. Tetri W Says:

    Ass. wr. wb.
    Maaf prof, kok sekarang tampilan huruf di blog ini kecil2 bgt ya….?? Terutama untuk judul2 artikel & juga buku tamunya.
    Oh iya prof, saya Tetri mhs bpk di kelas falsafah sain. Hasil ujiannya bagaimana prof…??? Kapan diumumkan?
    Maturnuwun.
    Wass. wr wb.

  280. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam…ooo begitu ya tetri….saya tidak bisa menjelaskan mengapa formatnya bisa begitu…btw insya allah nilai ujian falsafah sain diumumkan senini depan…..

  281. fahmy Says:

    Wah…. good blog pak!.
    Bisa kasi info yang banyak nih buat mahasiswa..

    Oh iya buat temen2.. yang butuh info lowongankerja.. coba aja disini…

    http://indo-lowongankerja.blogspot.com

  282. Zero Says:

    Salam kenal Prof,… minta ijin mentaut blognya ya… :D

  283. sjafri mangkuprawira Says:

    bung zero…..terimakasih telah berkunjung…salam kenal juga….silakan ditaut…. dengan senang hati….

  284. Firdaus Noor Says:

    Ass Wr Wb,

    Berhubung isi weblog bapak ini sangat bagus, mohon keikhlasannya karena saya sdh menggunakan link-nya pada weblog saya di http://fnoor.wordpress.com

    Tks.

  285. sjafri mangkuprawira Says:

    silakan bung firdaus…dengan senang hati…saya banyak belajar dari isi blog anda yang bagus itu…yang beberapa kali saya buka….

  286. risyuwono Says:

    Assalamualaikum
    Bapak Sjafri, apa kabar.Semoga Allah SWT selalu memberikan berkah kesehatan kepada Bapak sekeluarga.Meskipun sering berkomentar, ternyata saya belum isi buku tamu, jadi sekarang saya isi buku tamu.Terima kasih.Wassalam.

  287. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww;alhamdulillah baik-baik saja semoga anda pun demikian mas ris……semoga sukses studinya….


  288. salam kenal juga dari saya pak, lihat blog bapak pada top post jadi tertarik untuk melihat. ternyata dosen IPB. salam kenal juga
    dari saya

    http://www.satyasembiring.wordpress.com

  289. sjafri mangkuprawira Says:

    bung satya……terimakasih telah berkunjung……. salam kenal juga…….btw blog anda bagus…..

  290. felix_lukman Says:

    Selamat malam,Prof…
    Semoga masih ingat saya, saya Felix mahasiswa pendalaman SDM di MMA e27.
    Saya terkesan waktu Prof mengkoreksi tugas kita dulu, selama kuliah di MMA baru kali itu tugas dikoreksi hehehe…berani ngomong karena sudah kelar kuliah semuanya .
    Prof, saya kalau boleh ingin minta pencerahan tentang thesis saya yang rencananya tentang pengembangan SDM disebuah universitas…kira2 pustaka apa yang bisa membuat saya lebih connect?

    Hatur Nuwun sebelumnya
    best regards,

    Felix F Lukman
    Mhs MMA E 27

  291. sjafri mangkuprawira Says:

    bung felix….dianjurkan untuk mempelajari katalog universitas bersangkutan dahulu….di situ biasanya diuraikan tentang misi,visi,dan tujuan universitas, dan sejarah perkembangannya serta masalah yang dihadapi khususnya tentang sdm……lalu pelajari buku-buku yang menyangkut human resource development, kurikulum berbasis kompetensi,human capital dan kompetensi,pelatihan dan pengembangan, perencanaan sdm,dan capacity building serta thesis dan skripsi tentang pengembangan sdm…….selamat meneliti…….

  292. Abied Says:

    Assalamu Alaikum …
    Ternyata ada juga Prof yang gemar dunia online, salut ma tulisannya.
    Salam kenal Pak, semoga saya bisa belajar banyak dari tulisan-tulisan Bapak. Amin …
    Jalan-jalan ke blog saya ya Pak …

  293. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww,….bung abied, trims telah berkunjung….salam kenal juga…..saya pun baru melongok ke blog anda yang bagus….sekaligus beri komen atas artikel anda……salam

  294. ardianzzz Says:

    webnya keren. isinya bermutu. bisa buat bahan kuliah
    haha

  295. sjafri mangkuprawira Says:

    trims ardianzzz……blog anda unik…..tampilan tentang fenomena dan suasana alam…..bravo

  296. Nurhajati Says:

    Assalamu alaikum pak

    Salu masih memiliki waktu untuk menulis seperti ini. Saya ingin sekali bisa mengikuti jejak Bapak.

    Salam

    Nurhajati

  297. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww…..terimakasih nur telah berkunjung……saya senang membaca isi blog anda yang bagus……bicara tentang human……bravo…..

  298. Dewi Harfina Says:

    Dear Pak Sjatri

    Saya adalah salah satu anggota team peneliti di LIPI yang berencana akan mengeneliti mengenai pengangguran terselubung di perdesaan. Team kami sangat mengharapkan bapak berkenan menjadi pembahas dalam rancangan penelitian kami yang Insya Allah akan di selenggarakan pada tangga 11 – 12 Maret 2008. Surat dan informasi lainnya kan segera akan saya hubungi via telepon dan email. Sebelumnya terima kasih.

    Dewi Harfina S.
    Puslit Kependudukan LIPI
    Ged. Graha LIPI Lt. 10
    Jl. Gatot Subroto no. 10
    Jakarta 12710
    Telp. 021 5221687
    HP. 08129623681
    email : d.harfina@lipi.go.id
    dharfina@yahoo.com

  299. rosyid Says:

    menghadapi anak semacam koko sebenarnya perlu proses panjang yang semuanya dimulai dari umur emas anak-anak. semakin banyak komunikasi sejak dini semakin dekat anak itu dengan kita dan hasilnya anak tak akan merepotkan kita dimanapun kita berada. mari kita contohkan yang baik-baik kepada anak yang lebih muda dari kita kapanpun dimanapun. jazakalloh atas artikelnya semoga bisa bersilaturrami lain waktu

  300. sjafri mangkuprawira Says:

    anda benar mas koko…..keteladanan perilaku orang tua yang baik sangat diperlukan……terimakasih telah berkunjung……

  301. sjafri mangkuprawira Says:

    insya allah mbak dewi……mudah-mudahan bisa…….terimakasih

  302. Mang Asep Susilo Says:

    Assalamualaikum Pak Sjafri, Kumaha damang?
    Alhamdulillah…Senang sekali bisa membaca tulisannya yang menurut saya membawa nuansa yang “berbeda” dan memberikan pencerahan dengan gaya tulisan yang khas. Saya juga adalah lulusan IPB (Statistika) angkatan 1990 yang kebetulan “Terjerumus” berkarir di bidang SDM/ Human Recources selama lebih kurang 14 tahun… Kapan-kapan boleh dong Pak kalau saya undang untuk memberikan “pencerahan” kepada team HRD saya juga disini…… kalau ndak salah saya satu angkatan dengan salah satu puteranya Bapak (Namanya Amet?) Kumaha wartosna?……mangga wilujeng neraskeun deui karya-karya Bapak anu estu mangpaat pisan pikeun sobat praktisi SDM…. Abdi oge kawit ti Kampung ti Kuningan….
    salam
    Mang Asep Susilo
    HR Director – Danone Dairy Indonesia

  303. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam mang asep……alhamdulillah….senang sekali jumpa dengan sesama almamater…….walau beda generasi……ya saya juga sebenarnya nyimpang ilmu dari semula ekonomi pertanian eeh sejak 1990 hijrah nekuni SDM (ekonomi SDM dan MSDM)……..asyyiiik juga yang penting fokus……oh ya anak saya amet….alhamdulilah tahun lalu sudah menyelesaikan PhD di bidang finance…sebelumnya ngambil MBA dan MSc di bidang yang sama…sekarang masih di Glasgow UK……selamat berkarya…..

  304. progoharbowo Says:

    Salam kenal Prof Sjafri,
    saya juga alumnus IPB tapi jauh dibawah bapak …angkatan 19 agronomi.
    saya selalu tertarik dengan artikel dan ilmu menyangkut leadership & HR. beruntung ketemu blog bapak, bisa menambah wawasan. terimakasih prof.

  305. sjafri mangkuprawira Says:

    salam kenal juga mas bowo……rupanya kita sealmamater,cuma beda generasi……saya sudah beberapa kali kunjungi blog anda yang menarik dan bermanfaat….terus berkarya…..

  306. veni Says:

    salam kenal ya… om rupanya kita seumuran muaaach

  307. lilique Says:

    Assalamualikum ww.
    Saya salah seorang lulusan MMA IPB. Saat ini saya tidak bekerja formal, dan tinggal di UK nemenin suami yang bekerja di oil industry. Boleh mengeluarkan sedikit uneg2 ya pak.
    Kemarin, sewaktu tea break di perpustakaan dimana saya bekerja sebagai volunteer, librarian nya menyinggung berita dari kampong kita, tentang busung lapar. Dia bertanya, Bukan kah Negara kamu itu “nice” dan sangat kaya raya sumber alamnya? Negara tropis kan ? Tentu saya jadi gelagapan menjawab nya. Ya… it used to be.. and what a shame.
    Saya tidak tau apa yang dipikirkan orang2 yang tinggal di Indonesia. Kebanyakan dari mereka pun susah dengan nasibnya. Tapi lihatlah dari sisi lain. Bagaimana mungkin sih? Ingatlah lagu koes plus tempo dulu, “bukan lautan hanya kolam susu, orang bilang tanah kita tanah surga, tempat kayu dan batu jadi tanaman”. Harusnya memang sampai sekarang masih seperti itu.
    Apa sih yang salah sama Negara kita? Capek saya memikirkannya.
    Minyak goreng langka, stok beras tidak mencukupi sehingga harus impor. Pupuk mahal sehingga petani tidak sanggup beli.
    Para ahli pasti akan menjawab pakai segala teori dan statistik untuk defends mengapa hal itu bisa terjadi. So, audience cukup puas and memang hal itu wajar saja.
    Cobalah kita tengok apa yang orang lain pikirkan. Menurut pengamatan saya, dalam rangka membela negara, seringkali beberapa oknum menjawab hantam kromo malah kadang mem”bego2”in orang lain yang bertanya.
    Dari hasil diskusi dengan temen2 lain sebangsa, Para pejabat yang duduk di cabinet sekarang sangat capable dlm posisi nya. Tapi mungkin karena masalah politis n “instansi terkait” dan cara berpikir yang sudah complicated, tidak mau focus ke masalah dan solusinya juga pasti lah tabrak lari karena banyaknya “different point of interest”. (termasuk lah di dalamnya how to make money from it? Is it true?).
    Kalau DPR menurut kami sih just bunch of opportunist and idiots who want to take advantage from the country. Ngabis2in duit Negara aja. Masa rapat aja n pengesahan uu harus pake bonus segala. That’s just part of their job. Kalau ga mau capek mikirin Negara dengan gaji segitu ya jangan jadi anggota. Sick and tired of them.
    I wish i can give back something for my country. Just don’t know how, yet.
    Menurut pemikiran awam saya,
    Cukup kan dulu keperluan “basic” nasional.
    Jadi kan lagi basis Negara agraria (tentunya ini adalah Strenght Negara kita…ga usah neko2 lah, USA aja agrarianya ok kok, makanya dia punya nasa). Indonesia pernah sukses dengan SWASEMBADA PANGAN.
    Mungkin caranya/ mekanismenya sedikit tricky.
    Dengan jumlah sumber daya manusianya, mengapa tidak membuat usaha pertanian nasional padat karya. Transmigrasi itu ok, hanya saja sekarang perlu commitment dari pemerintah sendiri. Harus selalu ada supervision yang diserah kan kepada pegawai ahli yang mau di tempat kan dengan kontrak kerja selama beberapa tahun dan dibayar premium yang tinggi. Seperti expartiate, pasti pada mau apply.
    Orang yang di tempatkan di pelosok kampung untuk menunjang usaha pertanian dibayar lebih mahal dari yang duduk di meja Departemen2. (ini baru bisa memutar SEKTOR RIL yang sering di degung2 kan itu).
    Hasil panen harus di serap pasar, alat2 pertanian murah di supply, pupuk di jamin, Jalur distribusi dibangun, dan segala ditangani professional. Secara teori yang saya pelajari di MMA sih sangat possible tuk dilakukan.
    Belum lagi soal minyak goreng langka. It’s easy to solve kalau tidak pakai acara tabrak lari tadi pak.
    Wah pusing juga pak, mikirin Negara. Apakah mungkin kita berbicara pada Presiden SBY? Coffee morning nya pernah jadi ide saya. Untuk pertemuan informal dan mendapat feed back dari berbagai lapisan rakyat secara langgsung. Tapi yah…yang ada pada minta naikin gaji semua.


  308. Salam kenal, Bapak Sjafri.

    Saya adalah tukang ngeblog yang baru dua bulan menulis, terutama menulis dalam masalah lingkungan hidup dan kemanusiaan.
    Tulisan Anda betul2 mencerahkan, karena sangat obyektif dan tidak menunjukkan emosi pribadi dan memaksakan kehendak, seperti para pinisepuh yang saya kenal di dunia nyata. :-}.
    Bahkan bisa melembutkan generation gap, dan membawa penghormatan tulus dari kaum muda terhadap yang lebih senior.
    terimakasih telah turut mencerahkan mental saya. Dan semoga Anda selalu diberi kesehatan oleh Allah, karena kaum muda masih membutuhkan cendikiawan kencana seperti Anda.

    Hormat saya
    susetyo basuki (27th)
    kunjungi saya di http://www.mannusantara.blogspot.com

  309. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih telah mampir mas basuki….saya sudah mampir dan buka blog anda……bagus…..terus bersyiar mas…..sukses

  310. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww……benar mbak lilique….sependapat……seharusnya kita mengetahui secara jelas mau kemana bangsa ini dirahkan……banyak sekali kejadian paradoks……but kita tentunya tak perlu berdiam diri….untuk berbuat terbaik buat bangsa ini……bravo

  311. Zahra Says:

    Asskum!

    Numpang komen..
    Pas pertama kali baca artikelnya..wah isinya T.O.P pak, ternyata setelah saya baca profilnya…Cek..cek…Guru Besar yang punya nih Blog…Subhanallah saya jadi pengen jadi kaya Anda nih. Berilmu,bijak dan Sukses…BTW, Anda mirip kakek saya….( Maaf y Pak!)Just Jokes….

    Salam Kenal,,,,

    Wasskum…

  312. sjafri mangkuprawira Says:

    waalikum salam ww………cucunda zahra…salam kenal juga….trims sudah mampir…..hope your dream comes true……amiiin

  313. qodoq Says:

    Salam kenal Pak Sjafri..
    Wah nunggu sampai kapan ya.. dosen-dosen di Indonesia mau nge-blog kayak Bapak.. jumlahnya masih bisa dihitung dengan jari.
    Oh ya.. sekalian ijin.. besok2 mau mampir lagi..
    Salam juga buat keluarga di rumah.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  314. sjafri mangkuprawira Says:

    ass.ww….salam kenal juga kang qodoq…….silakan mampir lagi….saya barusan mampir ke blog anda yang bagus itu….bravo…… wass

  315. Romadlon Says:

    Saya orang baru di wordpress, mohon kritik dan saran.
    Dengan adanya ronawajah menambah bahan rujukan.
    Mohon bisa ditampilkan “Ilmu Jiwa Belajar”
    Terima kasih

  316. sjafri mangkuprawira Says:

    insya Allah bung romadlon….dan terimakasih telah berkunjung….

  317. isma Xman3 Says:

    Assalamualaikum pa….
    wah bapa hebat, masih nyempetin nge blog. Heheh….

    btw pa…kapan ngajar MSDM lg? :D

  318. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww……trims isma…telah berkunjung….btw saya juga sudah mampir ke blog anda yang lucu itu….terus ekpsresikan via blog anda…..

  319. yossi Says:

    Assalamualaikum,,
    bapak maaf baru ngisi buku tamunya,,
    bapak saya sangat berkesan sekali dengan pertemuan akbar yang diadakan kemaren di rumah bapak,, selain dapat mempererat tali silaturahmi juga kita dapat saling sharing dengan orang-orang yang lebih berpengalaman dalam hal ini bimbingan bapak yang sudah di jenjang S2 dan S3.
    sering-sering aja ya pak ngadain pertemuan akbar kaya kemeren,, hehehehe,,,
    terimakasih bapak,,

  320. Hartini Tresnadijaya Says:

    Terima kasih. Kata pertama yang dapat saya ungkapkan untuk dosen saya atas ilmu yang diberikan. Mudah-mudahan bermanfaat dan saya dapat terus-menerus mendapatkan ilmu MSDM melalui blog yang bapak buat.

  321. teguh setyawan Says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Bapak, saya ingin memberitahukan tentang progress penelitian saya. Hari ini saya bertemu lagi dengan pihak Telkom. Ada hal yang cukup mengejutkan saya. Berdasarkan kebijakan dari pihak Tekom, objek penelitian saya yang dulunya saya rencanakan di Unit General Support diharapkan untuk diganti menjadi Divisi MDF, Unit Access Network Operation.
    Hal ini karena masalah beban kerja yang ada di General Support sudah ditangani oleh HR Telkom. Sekarang saya diminta membantu Telkom untuk menyelesaikan masalah beban kerja di Unit Access Network Operation.
    Menurut Bapak bagaimana? Apakah saya bisa langsung berganti objek penelitian? Karena menutut pihak Telkom, esensinya sama, hanya objek penelitiannya yang lain. Kalau memang bisa, apakah saya harus memperbaiki proposal atau nanti saja saat menyususn draft hasil penelitian saya saja Pak?
    Mohon petunjuknya, Pak. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Selamat malam.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  322. sjafri mangkuprawira Says:

    bisa saja………judul segera saja diganti…….dan tentunya latarbelakang penelitian masalah juga disesuaikan……..

  323. Agung Says:

    Pasang Iklan baris anda di sini langsung tampil dan gak ribet 100% gratis. TANPA DAFTAR!! PILIHAN TEPAT UNTUK PROMOSI BISNIS ANDA…
    klik aja http://www.iklanbandung.net

  324. M.Lafhaddin Says:

    Assalamu’alaikum War.Wab.
    Slamat malam, salam kenal : Saya lulusan program ekonomi pertanian Universitas Mataram 1993 dan sekarang lebih banyak bergelut sebagai konsultan yang berkaitan dengan irigasi di Indonesia Bagian Timur. Bidang ini tidak terlepas dari subyek pembangunan sektor riil yaitu petani dan usahataninya. Membaca tulisan Prof yang banyak tentang MDM dan Mutu, maka mungkin bisa ditampilkan kondisi riil pola managemen petani di Indonesia, agar dapat dijadikan dasar untuk melangkah ke managemen profesional petani.

  325. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww mas Lafaddin….insya allah kita nanti diskusi tentang manajemen di tingkat petani……

  326. alfha Says:

    assalammu’alaikum..

    saya alfha manajemen 42..

    maaf pak sebelumnya, saya mo minta tolong sama bapak buat ngejelasin tentang “TEKNIK EVALUASI KINERJA ORIENTASI MASA DEPAN MELALUI PENILAIAN PSIKOLOGIS”

    terima kasih ya pak sebelumnya..


  327. Assalamu’allaikum wr, wb

    Saya Sandhy manajemen 42

    Apa kabar pak? Semoga selalu sehat dan mendapat rahmat dari yang Maha Kuasa.. amin :)
    Saya ingin bertanya tentang “metode evaluasi kinerja komparatif berdasarkan model ranking”….Saya sudah berusaha mencari literatur baik di perpus maupun di internet…tapi saya tidak menemukan jawaban secara spesifik…mohon bantuan Bapak ya…Saya juga ingin tahu rekomendasi buku yang membahas materi yang sama…
    terima kasih sebelumnya… :)

    wassalamu’allaikum wr, wb.

  328. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam……insya allah alfha,nanti ada artikel pendek untuk itu….

  329. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam…….alhamdulillah saya baik-baik saja….semoga anda pun demikian……insya allah sandhy nanti saya akan ulas dalam kesempatan lain….atau anda datang ke kantor saya ya…….

  330. Felix(E27) Says:

    Yth.Prof Sjafri

    prof, great thanks atas pengajaran MSDM selama saya kuliah…Finaly saya dinyatakan lulus Senin, tanggal 28 April kemarin…

  331. sadikin kuswanto Says:

    SELAMAT ULANG TAHUN PAK SJAFRI, SEMOGA TUHAN SELALU MELINDUNGI, MEMBERIKAN BERKAT DAN ANUGERAH BAGI BAPAK DAN KELUARGA BESAR. TERUS BERKARYA DALAM PENGABDIAN BAGI BANGSA DAN NEGARA. AMIIIN…

    Salam dari kami sekeluarga.
    Sadikin

  332. hanggadamai Says:

    salam kenal pak, diriku mahasiswa IPB…
    Diriku sangat bangga memiliki salah satu dosen yang exist di dunia blog…

  333. Teguh Setyawan Says:

    Ass. Wr. Wb.

    Hari ini (30 april) saya ingin mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN kepada Bpk. Semoga Allah selalu memberikan perlindungan, rahmat, dan karunia terbaik kepada Bpk. Amiin..
    Saya juga ingin mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN untuk Blog Rona Wajah ini. Semoga Rona Wajah semakin populer dan semakin berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan.
    Terus berkarya, Pak. Sehingga menjadi contoh bagi generasi muda untuk terus berkarya juga.

    Wass. Wr. Wb.
    -teguh-

  334. sjafri mangkuprawira Says:

    selamat ya felix….semoga karir anda semakin berkembang……

  335. sjafri mangkuprawira Says:

    trims bung sadikin….semoga anda cepat selesai studi doktornya….amiiin

  336. sjafri mangkuprawira Says:

    trims hangga….salam kenal juga…..

  337. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww….terimakasih teguh….semoga anda cepat selesai studinya….

  338. Puji Says:

    Assalamu’alaikum Pak Sjafri…
    Ini puji Pak, rindu rapat sama Bapak dan dengar pendapat Bapak yang selalu menyejukkan. Puji tadi baca berita di Web IPB kalau Bapak sudah menyelesaikan amanah di SA. Selamat ya Pak… mudah2an amanah yang sudah ditunaikan dengan baik menjadi tabungan akhirat yang terus mengalir.
    Salam dari Kassel…

  339. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww….ya secara alami tiap orang akan seperti saya…..yang penting semua bakti dijalankan dengan ikhlas dan semata ingin memperoleh ridha allah semata……btw rindu nih dengan senyum dan tawa puji yang lepas dan tulus……sukses ya……studinya..

  340. dani Says:

    Selamat ya pak….
    Bapak telah memenangkan lomba personal website ipb yang diselenggarakan oleh SDM ipb.

    terus berkarya … :)

  341. Ita Lestari Says:

    Assalamu’alaikum wr wb….

    Selamat sore pak (^-^)..

    saya Ita, mahasiswa MB IPB yang tadi baru aja ngehadirin acara Purnabhakti bapak di ruang Mahoni. Ita pertama kali kenal bapak pas kuliah MSDM di MB IPB. Walaupun ita bukan anak bimbingan Bapak, tapi ita anak bimbingan Ibu Aida (hopefully ibu masih kenal ita pak, hehehe ^_^)..

    Ita senang punya dosen seperti bapak. Sosok yang ramah kepada mahasiswa, sosok yang tegas, dan juga berwibawa, apalagi disela-sela kesibukan bapak, tetapi bapak tetap selalu menyempatkan untuk nulis-nulis…

    Benar seperti yang dikatakan oleh Bapak Prof. Dr. Payaman J. Simanjuntak tadi, bahwa “masa pensiun Bapak hanya sekedar stop tunjangan dosen dan terima uang pensiun saja, tetapi karya-karya baru Bapak sebenarnya baru akan dimulai…”

    Bravo untuk Bapak, sukses selalu ita do’akan… Salam untuk Ibu Aida

    – Ita Lestari, MB IPB R36 -


  342. 恭喜, 教授, Selamat Pak, atas terpilihnya Rona Wajah sebagai Juara I Weblog Dosen IPB. Selamat (terus) berkarya, Pak…

  343. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih dani…….semoga anda pun semakin aktif berblog…….

  344. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ita…insya allah saya masih aktif menyumbangkan sesuatu kepada lingkungan…….btw ibu aida tahu tentang anda….selamat belajar…..

  345. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih bung ali….semoga sukses selalu…….

  346. Yani Says:

    Selamat ya Pak, sebagai pemenang lomba Personal Website IPB…
    ini pertama kali saya melihat situs Bapak, emang ok banget. Tidak salah deh kalau Bapak dinobatkan jadi Juara I. Selamat….

    Yani
    SDM IPB

  347. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih mbak yani….saya sendiri baru tahu mendapat peringkat pertama dari rektor ketika disampaikannya dalam acara purnabakti saya kemarin……

  348. Decko Wahyu Says:

    Assalamu’alaikum Pak Sjafri
    Sebelumnya saya merasa sangat bahagia dan terbantu dengan situs Ronawajah ini, benar-benar memberikan banyak wawasan dan membantu sekali dalam lingkup pekerjaan.. dan sangat bermanfaat untuk pengembangan SDM dilingkungan pekerjaan..

    sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas semua ilmu dan bimbingan yang saya dapatkan di web ini… semoga ronawajah tetap eksis dan semakin baik…..

    Wassalam….

  349. yuniaripb39 Says:

    nice blog, I like it


  350. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Selamat malam Prof, selamat atas terpilihnya ronawajah sebagai pemenang personal weblog IPB. Semoga dosen-dosen yang lain bisa meniru Prof.

    Meskipun sudah purna tugas, saran dan kritik dari Bapak sangat kami harapkan. Oya, Prof kunjungi website sederhana kami:

  351. sjafri mangkuprawira Says:

    terimkasih mas wahyu….semoga bermanfaat…….bagi peningkatan horison di bidang sdm…..salam

  352. sjafri mangkuprawira Says:

    thanks to you, yuni……salam

  353. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih bemfem……situs anda bagus….saya barusan beri vote dengan nilai sangat baik……teruskan berkiprah dengan mengembangkan aspirasi mahasiswa……..jangan lupa kembangkan artikel ilmiah populer dengan topik yang faktual…….bravo….btw insya allah saya tetap berkiprah di dunia pendidikan dan penelitian…….

  354. nh18 Says:

    Pak Sjafri …
    Salam Hormat saya pak …
    Saya alumnik sosek angkatan 19 …
    Senang bisa silaturahmi kesini …
    Salam buat ibu ya pak …

    Salam takzim saya untuk Dosen-dosen Tercinta

  355. nh18 Says:

    Pak Sjafri …
    Salam Hormat saya pak …
    Saya alumni sosek angkatan 19 …
    Senang bisa silaturahmi kesini …
    Salam buat ibu ya pak …

    Salam takzim saya untuk Dosen-dosen Tercinta

  356. aulia muttaqin Says:

    Assalamualaikum pak Sjafri,

    Senang berkunjung di blog bapak. Saya seorang pemula di praktisi HR. Mau tanya, apakah bapak punya file ttg sejara perkembangan HRD ? kalau gak salah membahas sejak sebatas administrasi s/d sebagai partner bisnis top management . Bolehkah saya dibagi soft file nya pak ? terima kasih.

    Wassalam (aulia.muttaqin@yahoo.com)

  357. m badri Says:

    Ass. Yth Pak Syafri
    Saya alumni S2 KMP IPB (wisuda Februari 2008), yang dulu pernah mengambil kuliah SDM dengan Bapak. Menarik sekali kuliah dengan Bapak, banyak hal mengenai SDM yang dapat saya pelajari. Tapi sayangnya cuma beberapa kali pertemuan. Melalui blog ini barangkali saya bisa melanjutkan kuliah dengan Bapak,hehehe…
    Mohon ijin blog ini saya link di blog saya

    Selamat atas terpilihnya Rona Wajah sebagai Blog Dosen terbaik….
    Semoga sehat dan sukses selalu.

    wassalam

    M Badri

    http://negeribadri.blogspot.com

    negeribadri@yahoo.com

  358. sjafri mangkuprawira Says:

    salam kembali nh18….saya juga senang bersilaturahim dengan anda….kapan-kapan ke acara dies ipb, pulang kampus ya……

  359. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww….bung aulia…..insya allah malam ini saya kirim sekelumit sejarah HRD lewat email anda….semoga bermanfaat……

  360. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih bung badri….senang bisa bersilaturahim….silakan dilink….selamat

  361. MAIZONRIZANDA Says:

    SELAMAT
    SEMOGA BAPAK SEHAT SELALU DAN TERUS MENEBAR ILMU

  362. MAIZONRIZANDA Says:

    Pak, saya akan menyusun skripsi dengan konsentrasi SDM.
    Saya ingin meneliti motivasi karyawan dikantor saya yang kesemuanya berusia >40 tahun, dikaitkan dengan cara-cara yang tepat melakukan motivasi kepada karyawan yang nyaris tidak memiliki harapan karir. Tolong bantu buku apa sebaiknya sebagai referensi dan apa metodologi yang sebaiknya digunakan.
    Maaf ya Pak, permintaan saya kebanyakan. mohon dikirim ke email saya.
    Terima kasih ya Pak. semoga Allah membalas kebaikan Bapak

  363. yodi dwesta Says:

    Assalamualaikun.
    wah kangen juga ni pak sdh agak lama tidak mengunjungi ronawajah, sibuk mengerjakan skripsi. Sepertinya banyak artikel br bpk yang belum saya baca..
    oh iya pak, maaf sy tidak bisa datang di acara purna bhakti bpk, sebenarnya ingin skali, tapi kuota untuk mahasiswa S1 sangat terbatas jadinya saya tidak kebagian..
    Purna bhakti bukan berarti berhenti dalam berkarya, tetap saya tunggu artikel-artikel bpk selanjutnya,,
    Semoga Allah SWT memberi kesempatan kpd saya untuk menjadi orang yang luar biasa seperti bpk,Amin.
    Wassalamualaikum

  364. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih maizon……..wah kalau anda di bogor,silakan kita bertemu dan mendiskusikan apa yang anda butuhkan….insya allah saya punya waktu……

  365. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam yodi…..salam kangen juga….ya insya allah saya tidak mengenal arti bakti sebagai suatu pengabdian yang berakhir…..amiiin


  366. Assalamualaikum wr wb.
    Perkenalkan, nama saya Alwan Rosyidi. Mahasiswa semester VI, Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen, Konsentrasi MSDM, Universitas Diponegoro Semarang.
    Saya sangat tertarik dengan kajian-kajian MSDM, oleh karena itu saya mengambil konsentrasi MSDM. Kajian-kajian tentang manusia, terutama dari aspek psikologis-sosiologis.
    Walaupun saya sedang mendalami teori di MSDM, namun untuk kajian tentang organisasi bisnis perusahaan, saya lebih tertarik ke manajemen strategik. Dan saat ini, saya sedang sangat tertarik dengan dunia IT, khususnya fenomena Free Open Source Software (dengan Linux-nya).
    Tema IT itu selalu hinggap di pikiran saya, dan sekarang saya sedang mencoba membuat perumusan tentang aspek MSDM dari implementasi FOSS yang marak saat ini, dan pada kapasitas yang lebih luas, menyangkut manajemen strategik perusahaan.
    Demikian sharing dari saya,
    sebelumnya terimakasih, blog ini sangat berharga untuk saya.
    Assalamualaikum wr wb
    Alwan Rosyidi al_van_halen@linuxmail.org

  367. sjafri mangkuprawira Says:

    bung alwan….terimakasih telah mampir…..topik kajian yang menarik kalau skripsi anda fokus pada bidang msdm dalam suatu organisasi yang bergerak dalam IT…….nanti isu utamanya adalah bagaimana menerapkan salah satu sub-budang MSDM stratejik, misal pelatihan dan pengembangan, untuk mengembangkan kinerja perusahaan IT…..selamat belajar

  368. rita komalasari Says:

    Wah… ketika membaca artikel “pengeluh’ saja, saya sudah mulai jatuh cinta dengan Blog ini. Isinya sarat manfaat, pengetahuan, kebijakan dan keseimbangan. jika saja banyak civa IPB yang membaca blog ini, mau merenungkan dan menelaah kebaikan dan kebenaran dari artikel yang prof. Sjafri buat, lalu mengamalkannya/mengimplementasikan dalam kesehariannya, saya yaqin, IPB akan semakin maju dan jaya.

  369. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih atas kunjungan mbak rita…..insya allah mbak

  370. duniabaruku Says:

    Assalamu alaikum Wr.Wb.
    Pak Sjafri, nggak nyangka Bapak suka nge-blog. Malam ini baru saya temukan blog Bpk. Perkenalkan, Pak…nama saya Syaefudin. Mahasiswa Biokimia angkatan 2004. Saya berharap dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia dan ummat manusia umumnya (kayak semboyan IPB aja He..he…).
    Oh ya, saya sedang penelitian. Mohon do’anya supaya diberikan yang terbaik ya, Pak….
    Alhamdulillah walaupun nggak punya user ID untuk manfaatkan wifi-IPB, tapi bisa leluasa OL karena jadi operator warnet. He…he…sambil kuliah nyari jatah makan lah…

    Smangat Pak…

  371. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww….bung saefudin…..semoga cita-cita anda tercapai….amiiin…….keep in touch……selamat


  372. Damang Juragan ? Wah lama gak kontak-kontak Prof. Saya sekarang mengajar di Jur. Penyuluhan Sekolah Tionggi Perikanan. Kapan-kapan sowan ke Juragan Prof. ah…. Salam buat bu Aida

    Andin tea -

  373. sjafri mangkuprawira Says:

    baik-baik saja bung andin….semoga anda pun demikian……selamat kembali ke habitat akademik…..oke saya pun kangen untuk bertemu…….salam kembali dari aida……

  374. misbahirma Says:

    Prof, salam kenal dari saya. Perkenalkan, saya Mishbahul Munir, mahasiswa FEB UGM. Saya sangat tertarik minat di SDM, jadi ketika searching dapat blog Bapak. Saat ini saya sedang mempersiapkan skripsi S1 saya. Dan, ingin saya tentang Kompetensi SDM di Rumah Sakit. Mohon doa dan masukannya.
    Mohon ijin untuk menambah link blog Bapak ini di blog Saya dan Istri. Terimakasih. salam. http://misbahirma.wordpress.com/

  375. sjafri mangkuprawira Says:

    salam kenal juga mas misbah…….topik skripsi yang menarik……pada buku saya berjudul Manajemen Mutu SDM, PT Ghalia Indonesia (2007) diulas tentang kompetensi, begitu pula ada tiga artikel saya tentang kompetensi dalam blog ini. Silakan juga baca Palan R.2007. Competency Management. PPM Jakarta….salam studi

  376. aulia muttaqin Says:

    Pak Sjafri,

    Ma’af, kiriman sejarah HRD nya belum masuk di e-mail Yahoo saya. Apabila bapak tidak berkeberatan, mungkin dapat dikirimkan ke e-mail kantor saja : aulia.muttaqin@sumalindo.com , terima kasih.

    Aulia Muttaqin

    http://auliamuttaqin.wordpress.com

  377. sjafri mangkuprawira Says:

    maaf bung aulia……saya terlambat merespon…….sejarah HRD cukup panjang untuk diuraikan dalam email anda………anda bisa baca beberapa rujukan seperti Strategic Human Resource Develompment karangan Joh Walson, Manajemen karang Stoner dan Juga Robbins; dan saya juga menulis buku Manajemen Mutu SDM,PT Ghalia Indonesia……… disitu ada penjelasan bagaimana sdm dikembangkan…..tetapi bukan spesifik dalam bentuk judul sejarah HRD…….

  378. icemoo Says:

    saya sangat suka sekali dengan artikelnya…
    saya slalu berkunjung ke sini loh
    keep posting
    perbanyak lagi isi artikelnya

    http://www.icemoo.com

  379. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih icemoo…..insya allah saya akan terus menulis…..salam

  380. Husain Amin Says:

    salam hormat prof,
    membaca karya anda hati ini tergetar, betapa luasnya ilmu yg masih harus saya pelajari jika ingin memiliki pengetahuan seperti bapak,
    namun tidak sekedar dari sudut ilmu saja yg saya kagumi, dari karya tulis dan cara bapak menjawab komentar buku tamu ini saya menilai bapak adalah sosok yg patut saya hormati sebagai orang tua dan sebagai suri tauladan… alangkah bangganya jika saya bisa sempat belajar langsung dengan bapak
    salam kenal prof, saya sekarang adalah mahasiswa jayabaya yg dalam tahap akhir penyelesaian,
    hormat saya…

  381. sjafri mangkuprawira Says:

    salam kenal juga bung amin…insya allah saya akan terus belajar….belajar dan belajar….semoga anda sukses dalam studi dan kehidupan apapun….

  382. Husain Amin Says:

    selamat pagi prof, semoga kita semua diberi kesehatan buat menunjang aktifitas kita.
    saya ada kesulitan prof, saat ini saya sedang menggarap tugas akhir dengan judul “peranan rekrutmen dan seleksi untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas”, saya kesulitan dalam mendapatkan referensi (landasan teori) mengenai kualitas karyawan, apa definisi kualitas karyawan, parameter , cara penilaiannya serta apapun yg berhubungan dengan kualitas karyawan.
    saya telah hunting di toko buku mencari refrensi di katagori MSDM, tidak luput juga buku karangan prof, tapi hasilnya nihil(ataukah ada yg saya terlewati?)
    mohon pencerahannya prof mungkin anda punya petunjuk buat saya,
    trims, hormat saya

  383. sjafri mangkuprawira Says:

    bung husain….silakan baca buku saya berjudul Manajemen Mutu SDM,2007,PTGhalia Indonesia……dijual di toko Buku Gramedia dan Gunung Agung….disitu dijelaskan arti mutu sdm……semoga

  384. Husain Amin Says:

    terima kasih prof,
    nanti siang sy langsung meluncur….
    salam :)

  385. rozi Says:

    salam hormat prof,
    wah saya lancang ya prof, udah ngisi komen di postingannya lebih dulu padahal belum ngisi buku tamu.he.he. sering wara wiri di blog ini baca tulisannya eh belum permisi..
    Isinya bagus banget prof, semoga terus berkarya. Saya suka bahannya simpel-simpel, mudah dicerna tapi banyak manfaatnya di bidang manajemen SDM. Dari pertama saya liat ini blog saya cuma bisa kagum, karena referensi manajemen SDM disini cukup lengkap. Trus yang jadi pertanyaan terakhir dari perkenalan saya ini, kalo boleh bapak menceritakan, kenapa nama blog ini rona wajah ??
    Terima kasih dan terus berkarya prof…

  386. sjafri mangkuprawira Says:

    ya rozi….terimakasih telah berkunjung…..tema ronawajah awalnya nama buku saya yang sudah diterbitkan sebanyak dua jilid,tahun 2006 dan 2007 isinya berfokus pada catatan harian yang menggambarkan fenomena sosial-ekonomi-politik-hukum di tingkat nasional dan dunia…..kemudian tema tsb dipakai untuk blog ini sejak setahun lalu…..intinya bermula dari pandangan bahwa permukaan bumi ini ibarat sebuah cermin besar….setiap orang bisa melihat beragam fenomena dan karakter manusia pada cermin itu…..yang begitu beragamnya….atau beraneka wajah….ada yang wajah tulus,jujur,tanpa dosa,sangar,kejam,dsb…..namun untuk blog ini rona wajah berfokus pada manajemen sdm dan mutu sdm…..semoga memahami….salam

  387. Menik Says:

    Assalamualaikum Pak Sjafri…

    wah hebatnya bapak masih bisa menyempatkan diri nge-blog ditengah kesibukan :)

    salam kenal Pak, dari warga Bogor yang bangga akan IPB :)

  388. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih yi enik…telah berkunjung…..salam kenal juga…..saung bundanya sangat menarik…..

  389. Husain Amin Says:

    salam prof,
    sesuai petunjuk prof sy telah coba cari buku karangan prof yg berjudul Manajemen Mutu SDM,2007,PTGhalia Indonesia. di berbagai toko buku besar (gramedia/gunung agung) di klp.gading, matraman, senen hingga di surabaya pun juga tidak ada prof.
    apa sudah tidak terbit lagi ya prof?

  390. sjafri mangkuprawira Says:

    sayang bung husain ya…bisa jadi persediaannya sudah habis….kalau di bogor yaitu di gramedia dan gunung agung dua minggu terakhir masih tersedia……silakan ke bogor

  391. Ronny Dasril Says:

    Assalamualaikum Pak Syaf..

    Maaf…baru kali ini saya dapat mengisi buku tamu, walaupun saya sering selama ini melihat tulisan bapak di rona wajah..

    mungkin lewat tulisan ini juga saya dapat menucapkan terimakasih kepada bapak atas bimbingannya baik secara langsung (lisan), maupun lewat tulisan di rona wajah.

    saya kagum atas semangat dan perjuangan bapak terhadap syiar kebajikan, semoga dapat menjadi suri tauladan bagi saya untuk masa selanjutnya…..

    terimakasih pak….
    dari sorang anak bimbingan bapak.

  392. sjafri mangkuprawira Says:

    terimakasih roni….semoga anda sukses dalam menapaki jenjang karir dengan membuat hal terbaik selalu….saya percaya anda mampu….selamat….

  393. Teguh Setyawan Says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Lewat blog ini saya ingin mengucapkan rasa terima kasih saya yang sebesar-besarnya atas bimbingan Bapak selama ini sehingga saya bisa menyelesaikan studi S1.
    Banyak hal yang telah saya dapatkan selama dibimbing oleh Bapak. Mulai dari pengetahuan hard skill maupun soft skill. Dari proses bimbingan itu juga saya belajar untuk menjadi lebih dewasa dalam menghadapi segala hal. Banyak pengalaman yang tak terlupakan memang. Mulai deg-degan waktu pertama bimbingan, mendapat banyak nasihat, hingga mendapat teguran-teguran. Tapi saya sadar semua itu pasti ada tujuan dan alasannya, dan suatu saat nanti pasti berguna untuk saya. Satu hal lagi Pak, sekarang saya sudah tidak terlalu tegang ketika harus berhadapan dengan orang, dan saya berusaha untuk tersenyum :)
    Harapan saya semoga Bapak dan keluarga selalu sehat, mendapat rahmat dan perlindungan dari Allah SWT.
    Sekali lagi terima kasih, Pak. Mohon doa dari Bapak untuk saya memasuki dunia baru selanjutnya yang pasti lebih banyak tantangan dibanding kehidupan kampus.

    Selamat malam…
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  394. sjafri mangkuprawira Says:

    ..waalaikum salam ww….selamat ananda telah selesai studi…tinggal pelantikan saja…..keberhasilanmu baru merupakan langkah awal saja untuk menapaki jalan-jalan menuju karir yang semakin tinggi…..yang tidak sedikit tantangannya…..namun sesuai dengan nama yang diberikan kedua orang tuamu….kau akan teguh dan setia untuk memenuhi cita-cita ortumu dan tentunya harapan khalayak luas agar anda mampu menjadi orang yang soleh, smart,kerja keras, namun tawadhu….nah ananda punya potensi untuk itu…..ini terlihat bagaimana percepatan kemajuan penguasaan ilmu dan perilaku yang semakin tinggi dan hangat selama masa bimbingan hampir tiga tahun ini…..selamat; semoga Allah selalu memberi petunjuk dan ridha bagi usaha-usaha ananda mendatang…..saya minta maaf kalau saya selama ini membimbing ananda dengan pendekatan disiplin tinggi,ada yang kurang berkenan …..amiin


  395. ramai murid murid juga mapir di sini ya pak
    tampaknya merupakan dosen favorite.
    kelihatan dari blognya

  396. teguh setyawan Says:

    Terima kasih atas doanya, Pak. Insya Allah semoga saya bisa menjadi apa yang diharapkan oleh orang tua saya.

    Saya juga minta maaf apabila ada kesalahan-kesalahan saya selama dibimbing oleh Bapak.

    Apabila nanti saya mengalami kesulitan yang saya belum bisa memecahkan sendiri, saya akan menulisnya di blog ini (Alhamdulillah ada media ini yang bisa saya gunakan untuk tetap berkomunikasi dan menyambung silaturahmi dengan Bapak). Dan sudi kiranya Bapak memberi nasihat lagi kepada saya.

    terima kasih Pak. Selamat malam.

  397. sjafri mangkuprawira Says:

    bung satyia…..mereka relatif dekat dengan saya….tidak sebatas bimbingan akademik tetapi juga non-akademik…..btw isi blog anda bagus-bagus…..selamat

  398. sjafri mangkuprawira Says:

    teguh….silakan blog ini dimanfaatkan untuk berkomunikasi….atau silakan datang langsung ke saya…..bravo….

  399. fadlly Says:

    Salam,,

    Prof..saya dapat tugas liputan tentang penelitian IPB yang berlokasi di daerah, terutama yang bertujuan meningkatkan nilai bisnis daerah tersebut. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan, bisa saya sampaikan lewat email??

    Fadlly

  400. sjafri mangkuprawira Says:

    silakan bung fadly….dengan senang hati….hubungi sjaf43@yahoo.com

  401. eko antono Says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Pak Sjafri, salam kenal, saya praktisi di bidang sdm, saya baru hari ini baca tulisan bapak di blog rona wajah, wah banyak yang saya petik dari tulisan bapak, mungkin kalau diijinkan tulisan bapak yang cocok akan saya share dengan teman-teman kantor.
    Wasalamu’alaikum Wr.Wb

  402. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam….terimakasih mas eko…..salam kenal juga…..dengan senang hati silakan berbagi pengetahuan dengan teman-teman…..

  403. hanggadamai Says:

    Siap pak, kita ada kopdar tanggal 24 agustus ini. Untuk tempat sementara di dreded tp ada kmungkinan berubah.
    nama bapak sudah saya masukkan di Blogger Bogor
    untuk info selanjutnya akan saya beritahu secepatnya.
    Salam

  404. httsan Says:

    Assalamualaikum Pak Sjafrie,
    Salam kenal
    Blog anda luar biasa, tempat berbagi ilmu yang cukup menawan.
    : )


  405. ya hangga….insya allah….kalaupun saya tidak bisa hadir karena ada acara keluarga besar saya di bogor….saya akan berupaya mengikuti perkembangan klub blogger bogor….bravo


  406. waalaikum salam….terimakasih bung httsn telah mampir….blog anda dengan catatan kecil yang berfokus pada pelestarian lingkungan bagus sekali….

  407. Syamsul Anam Says:

    Pak Sjafri,

    Saya sangat senang bisa menjumpai blog bapak. saya yakin, dimasa-masa yang akan datang saya akan banyak belajar dari tulisan-tulisan bapak. Terima kasih.
    Dan, salam kenal.
    Syamsul

  408. Syamsul Anam Says:

    Pak Sjafri,
    Saya senang bisa menjumpai blog bapak. Terima kasih. Saya yakin dimasa-masa mendatang saya dapat belajar dari tulisan-tulisan bapak. Salam kenal.
    Syamsul


  409. terimakasih mas syamsul…..saya juga senang bisa bertemu dengan anda….dan saya juga akan memanfaatkan isi blog anda yang bagus itu untuk menambah pengetahuan umum saya…..salam kenal juga…

  410. Fika Nursanti Says:

    Assalammu’alaikum? pak Sjafri
    sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat atas keberhasilan blogger bapak yang meraih juara pertama di tingkat IPB. meskipun ini pertama kalinya saya membuka ronawajah dan baru sedikit membaca tulisan bapak, saya berharap Semoga rona wajah yang bermanfaat bagi kebanyakan orang untuk mendapatkan pengetahuan dan motivasi dari setiap kata-kata yang bapak tuliskan di blog ini, semakin jaya.pak saya senang mendapat pembimbing pak Sjafri, memang belum cukup lama saya mengenal bapak tapi saya sudah merasakan kehangatan kasih sayang yang bapak berikan kepada anak bimbing bapak, meskipun awalnya saya suka gemeteran berhadapan dengan bapak karena bapak yang terkenal dengan ketegasannya.tapi ketika ngobrol dengan bapak saya merasa nyaman.Terimakasih pak.


  411. terimakasih fika….semoga anda sukses studinya….dan kita suatu ketika akan lebih sering berdiskusi….salam


  412. Yang terhormat Bapak Profesor

    Ijinkan saya ikut meramaikan Blog Bapak. Saya, Ririn WUlandari, Mhs DMB4 IPB. Saya juga Blogger Pak..

    Sejujurnya saya belum membaca semua tulisan Bapak, kalau boleh saya berpendapat bahwa tulisan Bapak ‘bernas’ dengan bahasa populer. Selanjutnya ijinkan tulisan-tulisan Bapak sebagai acuan saya dalam mengikuti pembelajaran di semester ini maupun nanti di kelas konsentrasi.

    Terima kasih Bapak….

    Salam hormat
    ririnwulandari


  413. terimakasih mbak ririnwulandari….telah mampir…..isi blog mbak bagus….silakan mbak,dengan senang hati….artikel saya dijadikan rujukan kuliah atau untuk makalah….

  414. Ricky ARIEF Says:

    Assalammu ‘alaikum Pak Sjafri…
    Salam kenal. Saya praktisi di bidang konstruksi dan aspek QSE ( quality safety & environmental ). Saya mendapatkan cukup banyak manfaat dari Blog Bapak ini, artikel-artikelnya bagus dan mengajak kita untuk lebih berpikir kritis. Insya Allah Blok Bapak ini akan bermanfaat bagi kita semua…
    Terima kasih ya, Pak Sjafri…

    Wass.
    Ricky ARIEF


  415. waalaikum salam bung ricky….terimakasih telah berkunjung…semoga artikel dalam blog ini bermanfaat……..

  416. Bhima Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Salam Kenal Pak Sjafri…..

    Semoga Anda selalu dilimpahi Nikmat Sehat dan Bahagia selalu selamanya..

    Degan ini saya mengenalkan diri dan mohon untuk gabung di blog Bapak.

    Sebelumya saya minta maaf kalaulah tindak-tanduk saya kurang berkenan.

    Wassalamuallaikum. Wr Wb.


  417. waalaikum salam…..salam kenal juga bhima…silakan gabung….blog anda penuh upaya membangun semangat juang….bagus….wassalam

  418. kamal Says:

    assalaamu’alaikum,

    wah pak sjafri ini profesor IPB yah?? jarang2 ada profesor rajin ngeblog :)


  419. waalaikum salam….bung kamal terimakasih telah berkunjung….saya juga sudah mampir ke blog anda yang bagus itu….

  420. Erik Kusmanto Says:

    Assalamu’alaikum..

    apa kabar pa? wah saya senang sekali bisa ikut gabung di buku tamu bapak. saya sebagai salah satu dari anak bimbing bapak merasa sangat bangga sekali karena bisa di bimbing oleh bapak. saya merasa bapak adalah orang tua saya sendiri di IPB ini. banyak saran dan masukan yang di berikan pada saya. oya moga blog rona wajah ini semakin sukses dan bermanfaat bagi semua yang membacanya. di blog bapak ini banyak sekali ilmu yang bisa kita dapatkan. moga pa sjafri tetap berada dalam rahmat dan lindungan Allah SWT..


  421. waalaikum salam baik-baik saja erik…semoga anda pun demikian….ya semoga anda semakin lincah lagi membuka pergaulan di antara teman-teman mahasiswa….saya yakin anda bisa…..selamat belajar….

  422. HABIB ALI MALIK AL GADRI Says:

    Sejalan dengan dekatnya dengan bulan Ramadhon 1429 maka salam buat segenap shobat-shabat kami yaitu Ulama Muda yang Moderat Prof.DR.KH.Nanang Hariadi Se.MSc. Gus Har semoga menjadikan bertambah ketaqwaan beliau sekaligus alloh Mengankat Derajatnya Amien saya atas nama keluarga Al Gadri Mendo’akan Semoga Prof.DR.Nanang Hariadi Se.MSc Gus Har menjadi Menteri Agama Republik Indonesiaperiode tahun 2009-2014 Mendatang Amien Demikian salam kami sampaikan Wasslamam Wr.Wb.

  423. marwan Says:

    assalamualaikum
    sebelum ramadhan tiba, hendaklah kita bersuci dari dosa, nista dan dusta. maka izinkanlah diri ini memohon maaf atas segala salah dan dosa yang pernah terukir. “marhaban yaa Ramadhan”. mari kita rengkuh semua nikmat, rahmat dan berkah yang ALLAH SWT hadirkan di bulan yang suci ini..


  424. bung marwan….maaf memaafkan dan doa mendoakan….amiin

  425. rachmatg Says:

    Sebuah ungkapan yang menyentuh. Katakan kebaikan itu walaupun pahit (karena follower belum siap, dll) :D. Salam kenal dari saya. Saya kenal bapak dari Bu Yuni Ros Bangun, dosen saya di SBM ITB.


  426. salam kenal juga bung rachmatg…ya saya kebetulan menjadi dosen bu yuni…..semoga anda selalu memperoleh rahmat dari allah swt….amiiin.

  427. yherlanti Says:

    bangga deh punya dosen yang tetap semangat. walaupun saya tidak pernah langsung di ajar bapak, tetapi kami mahasiswa angkatan 27 di pertanian sangat mengenal nama bapak dan bu aida. Berbagi kebajikan terus ya pak! inilah yang akan selalu kami ingat dari diri bapak!


  428. terimakasih mbak yherlanti…saya juga bangga anda berkesempatan untuk mensyiarkan kebajikan lewat blog madrasah anda yang isinya bagus itu….

  429. aditcenter Says:

    Assalamualaikum pak…
    Boleh dong sekali2 berkunjung ke ITS…
    Terus kita diskusi bareng..

    Salam kenal pak dari saya


  430. waalaikum salam…silakan juga datang ke ipb….salam kenal juga bung adit

  431. Muchlis Ahmady Says:

    Prof Syafri, Salam kenal.
    Saat ini saya mengelola sebuah perusahaan kecil dan saya ingin karyawan saya mempunyai masa depan atau jenjang karir yang terencana dengan baik namun saya masih kesulitan mencari sesuatu yang sampai saat ini belum saya jumpai.

    Yaitu bagaimana kita menyusun sebuah jenjang karir karyawan berikut dengan salary structure nya. Karena saya ingin mereka bekerja dengan penuh tanggung jawab dan merasa mempunyai usaha ini akan tetapi kitapun harus memikirkan masa depan mereka beserta keluarganya.

    Apakah Bapak bisa membantu saya, buku apa yang harus saya baca. Terus terang saya merasa kerdil sekali apa bila melihat banyak perusahaan nasional yang belum sepenuhnya mempunyai jenjang karir yang terstruktur baik seperti IBM, CITI bank dan lainnya.

    Terima kasih atas bantuannya Pak.

    Salam hormat untuk keluarga dirumah.

    Muchlis Ahmady


  432. insya allah bung muchlis….tolong ingatkan saya ya….salam kenal

  433. rasyid ridha Says:

    saya mohon ditautkan ya pak…

    http://rasyid14.wordpress.com/

    siapa tahu blog ini berguna.Amien


  434. ok bung rasyid…silakan ditaut….

  435. RIRI SATRIA Says:

    Pak, ada komentar saya yang menunggu moderasi Bapak di buku tamu ini berkaitan dengan kompetisi blog internasional di Jerman … blog ronawajah saya daftarkan, … saya juga ikutan Pak … di komentar tsb ada link ke website panitia pak … terima kasih


  436. bung riri….wow blog anda go internasional dong….tetapi tentang bahasa pengantar apakah tidak menjadi kriteria?…..

  437. RIRI SATRIA Says:

    … untuk kriteria blog yang berbahasa Indonesia Pak … ada 13 kelompok bahasa di kompetisi itu Pak …

    http://www.thebobs.com/index.php?w=1221137565118549BZJOQWEP

  438. RIRI SATRIA Says:

    Nah, info Indonesian Blogger Fiesta 2008 tgl 25 Oktober nanti ada di sini Pak :

    http://pestablogger.com/


  439. terimakasih bung riri atas info dan pendaftaran saya sebagai peserta penggembira di arena blog “internasional”


  440. bung riri….btw gimana caranya mendaftar untuk indonesian blogger fiesta?…..selamat ber-prelim ria siang ini….semoga sukses…..

  441. sjafri mangkuprawira Says:

    bung ahmady….sesuai permintaan….berikut daftar buku tentang sistem penggajian:
    1. Edytius Adisu,2008.Hak Karyawan atas Gaji& Pedoman Menghitung.Forum Sahabat Jakarta.
    2.Michael Armstrong&Helen Murlis.1995.Sistem Penggajian (terjemahan).Seri manajemen PPM
    3.Anthonius Purba.1995.Sistem Penggajian Imbal Jasa.Grasindo Jakarta.
    Semoga bermanfaat.

  442. yossi Says:

    Assalamualaikum bapak,,
    saya yossi pak,, udah lama tidak bertemu dan berdiskusi dengan bapak rasanya kangen sekali dengan petuah-petuah bapak yang tentunya sangat membimbing saya.
    saya ingin sekali ni pak mengikuti bapak menjadi blogger, tapi kadang-kadang ko saya bingung ya pak mau nulis apa.
    semoga bapak selalu sehat,, terimakasih atas bimbingan bapak selama ini..


  443. waalaikum salam ww yossi…..kangen juga nih….udah kerja dimana…..sukses ya….saya sehat-sehat saja,semoga yossi juga ya….btw mulailah mencoba berblog ria yoss…..cucu saya pun yang kelas enam sudah buka blog……banyak materi tulisan yang bisa disampaikan ke khalayak….saya pun awalnya enggan….tetapi setelah dicoba dan mendapat respon ternyata blogging itu mengasyikkan…..

  444. tuansufi Says:

    Assalamu alaikum, Prof.

    Senang sekali membaca tulisan bapak diblog ini, sebab tentunya ditengah kesibukan dan kapasitas bapak, sangat tidak mudah melakukannya.’Tulisan di waktu sempit’ bapak bagi saya amat mendalam dan padat serta dapat menghilangkan dahaga terhadap nasehat orangtua di masa-masa saya menuntut ilmu ini.

    http://tuansufi.info


  445. waalaikum salam ww…..bung tuansufi….terimakasih telah berkunjung….saya terkesan sekali dengan isi blog anda…..yang sarat dengan pesan-pesan menuju keseimbangan ruhyyiah, fikriyah, dan jasadiyah…..subhanallah….

  446. demustaine Says:

    Assalamualaikum Prof
    Saya senang sekali dengan apa yang Bapak tulis, walupun saya baru mampir, lihat tagnya, semuanya harus saya baca, ini manajemen tulisan aseli pribumi, sungguh sangat bermanfaat untuk saya dan temen-temen saya.
    teruslah beramal Pak, semoga diberikan kesehatan dan waktu longgar.


  447. waalaikum salam ….bung demustaine…..terimakasih telah berkunjung……saya baru saja mampir di blog anda yang bagus itu….mari sama-sama terus bersyiar…….

  448. yulism Says:

    Assalamuallaikum Wr. Wb,

    Bapak Sjafri Yth, sebelumnya saya memohon ijin untuk membaca tulisan tulisan Bapak. Dan terimakasih sudah berkenan untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang tidak ternilai harganya dengan kami kami semua. Terus berkarya dan sukses selalu untuk Bapak dan keluarga tercinta. terimakasih

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    Best Regards
    Yulis Mullins


  449. waalaikum salam ww….mbak yulism terimakasih telah berkunjung….saya juga sudah mampir ke blog anda yang isinya sarat dengan himah pengalaman hidup…..please keep in touch….wassalam

  450. Puti Redyanti Says:

    Ass Wr. Wb,

    Selamat Idul Fitri 1429H
    Mohon Maaf Lahir&Batin

    Perkenalkan pak,saya Puti Redyanti,mahasiswi bapak di departemen manajemen ang.42.Sebagai mahasiswa manajemen,saya bangga memilki Guru Besar SDM seperti bapak.Akhirnya saya tertarik dan memilih berkonsentrasi di bidang SDM dalam skripsi saya.Maaf pak,ada yang ingin saya konsultasikan berkaitan dengan tugas akhir saya.Topik penelitian saya adalah rekrutmen dan seleksi karyawan,namun yang menjadi ganjalan sampai saat ini adalah metode penelitian yang akan digunakan.Menurut pandangan bapak,kira-kira metode yang tepat untuk digunakan dalam penelitian saya apa ya,pak?Mengingat keterbatasan ilmu yang masih saya miliki sampai saat ini.Mohon bantuannya ya,pak..Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Wassalam


  451. judul riset yang menarik Puti……ok nanti kontak saya lagi via sms atau call langsung….kita cari waktu yang pas ya……

  452. Puti Redyanti Says:

    Ass. Wr. Wb,

    Terima kasih banyak ya,pak.
    InsyaAllah nanti saya menghubungi bapak,semoga tidak mengganggu kesibukan bapak,,


  453. ok puti….nanti kita cari waktu konsultasi…..selamat belajar


  454. ok puti…..selamat belajar


  455. Pak, terima kasih atas segala kebaikannya.
    Saya bangga mengenal bangga.
    BLOGOR bangga memiliki Bapak.

  456. Angga :) Says:

    pak makasih banyak yah pak kopdarnya..
    nuhun pisaaan..
    jadi inget terus kata-kata bapak, hmmm.. yang bapak maksud ngomong ‘wkwkwkwkwk’ itu bukan saya kan pak? :)


  457. terimakasih kembali angga……siapapun yang ber-wekwekwek….no problem….saya mah cuma bisa senyum-senyum saja……

  458. falla Says:

    pak sjafri, makasih tempat dan waktunya kemaren, saya jadi tau lebih banyak tentang bapak, dan saya juga bisa ambil beberapa yang bapak berikan ke kita..
    tawaran di kebun bapak itu sepertinya menarik… :)

  459. agussalim Says:

    Sebelumnya mau ngucapin SELAMAT IDUL FITRI 1429 H, Minal aidin wal faidzin maaf lahir batin dan juga salam kenal yah pak di dunia maya.


  460. sama-sama falla…..ya nanti kita cari waktu yang pas buat mancing…..


  461. bung agus…..selamat idul fitri juga….maaf memaafkan;doa mendoakan…..salam kenal juga

  462. Puti Redyanti Says:

    Terima kasih banyak ya,pak..

  463. Puti Redyanti Says:

    assalamu’alaikum..
    Pak,saya puti. Pak,saya sudah mencari dan membaca skripsi terdahulu mengenai rekrutmen sebagai referensi.Pada skripsi-skripsi tsb menggunakan metode AHP.Selain itu,saya mendapat masukan yaitu metode MPE.Menurut bapak,apa kedua metode tsb sesuai dengan topik rekrutmen?Maaf ya,pak,saya jadi berkonsultasi dan banyak bertanya melalui blog bapak dikarenakan kendala-kendala yang ada.Terima kasih atas masukan dan saran bapak.Mohon doa bagi penyelesaian proposal saya.Sukses selalu untuk bapak.Terima kasih..

  464. sjafri mangkuprawira Says:

    puti….apakah tidak berat menggunakan keduanya; analisis proses berjenjang (AHP) dan perbandingan eksponensial (MPE)?…..saya pikir cukup AHP saja….oh ya….saya anjurkan beli buku Measuring Competency for Recruitment and Development…suatu terjemahan….2007;PPM…dijual di Gramedia….

  465. cahyono T W Says:

    Assalamu alaikum prof
    Alhamdulillah bisa bergabung jadi bisa banyak konsultasi gratis ya Prof,
    Semoga Profesor selalu sehat


  466. waalaikum salam ww…..trims telah berkunjung mas cahyo…..amiiin…..

  467. helmy Says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Baru pertama kali berkunjung ke sini, Ahamdulillah bisa mengenal bapak lebih jauh justru lewat dunia maya.

    Saya alumni IPB, tapi justru tau banyak mengenai bapak dan buah pikiran bapak lewat blog ini. Mudah-mudahan saya bisa meresap banyak wejangan bapak di blog ini.

    Terakhir, saya juga salut untuk bapak yang sangat peduli terhadap blogger-blogger bogor terutama generasi mudanya. Mudah2an kepedulian bapak membawa kepada kemaslahatan kita semua. Amiin.

    Wassalam,

    Helmy
    Augsburg DE

  468. IR H HUSEN ABDUL AZIZ MT Says:

    PROF.DR.KH.NANANG HARIADI SE.MSc. atau Gus Har Dinilai Penuhi Kriteria Menteri Agama RI 2009-2014

    Ketua Umum DPP KOBUKI Gus Har disebut banyak pihak memenuhi kriteria untuk mengisi posisi Menteri AGAMA REPUBLIK INDONESIA menggantikan MAHFUD BATSUNI. Sesuai rencana, Calon Presiden H Wiranto SH akan menunjuk pengganti MAHFUD BASTUNI seusai Hari Raya Idul Fitri 2008. ”Kalau kriteria,dia masuk,”kata Ketua Umum DPP HANURA kepada KOBUKI PERS, tadi malam. Meski demikian, tentang siapa yang akan menggantikan Makfud Batsuni, dia menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden. ”Tunggu saja bisa besok atau lusa,” tegasnya. Meski masuk kriteria, dia menilai Gus Har memiliki kekurangan yang perlu diperbaiki. Salah satunya menyangkut Kepolosannya dalam segala Hal. Politikus Partai HANURA AS HIKAM, bila melihat kompetensi para figur yang muncul, saat ini ada tiga orang yang dinilai bagus, antara lain , Hazim Muzadi ,KH.Makruf amin, dan Gus Har ”Ketiganya Ulama dari kalangan NU dan memiliki pengalaman yang bagus,” katanya. Namun, bila Presiden menginginkan figur yang bisa mengetahui apa keinginannya, dia menyebut Gus Har lebih cocok. ”Gus Har sudah bersama Calon Presiden Wiranto SH.cukup lama. Ibaratnya Pak Wiranto baru ingin mengerjakan sesuatu, Pak Prof.DR.KH.Nanang Hariadi SE.MSC. tahu duluan.Jadi sudah ada chemistry-nya,” tandas dia. Ulama Muda penemu pecipta Huruf Jorab, menyerahkan sepenuhnya tentang pengganti Mahfudz Batsuni kepada Presiden SBY. Muhaimin Iskandar selaku Ketua Umum Tanfidyah DPP PKB sebagai partai Pendukung hanya berharap, Menteri Agama RI dapat bekerja sama dengan DPR karena banyak RUU Keagamaan yang harus diselesaikan dalam waktu dekat ini. ”Yang penting, Menteri Agama yang loyal sama Presiden, tidak nantinya berpotensi menjadi pesaing Presiden Calon Wiranto dan CaWapres Yusril Izza Mahendra pada Pilpres 2009 yang akan datang,” katanya. Bila muncul nama Gus Har yang saat ini menjabat Ketua Umum /Ajaraham DPP KOBUKI sebagai calon Menteri Agama RI, menurutnya sah-sah saja.Dia mengungkapkan bahwa Gus Har termasuk Ulama Muda yang moderat yang merakyat. Tentang perlu tidaknya izin kepada DPP PKB mengingat saat menjadi Ketua Umum DPP KOBUKI didukung Oleh Ketua Umum Tanfidyah DPP PKB,dia mempertanyakan balik kepada Gus Har . ”Apakah merasa anggota atau simpatisan PKB biar Gus Har sendiri yang tahu merasa atau tidak,”tukasnya. Meski begitu, dia mengingatkan bila mengetahui fatsun politik sudah semestinya Gus Har juga berkomunikasi dengan PKB Gus Dur. Bagaimanapun, PKB merupakan penyokong utama dalam pemilihan Ketua Umum DPP KOBUKI empat tahun lalu. Sebagaimana diberitakan, sejak ada rencana Presiden menentukan pengganti Mendagri Makfud Batsuni yang tidak bisa menjalankan tugasnya akibat sakit, telah muncul sejumlah nama, di antaranya calon dari kalangan Ulama Muda yang moderat Ketua Umum DPP KOBUKI Gus Har , KH Hazim Muzadi Ketua Umum Tanfidyah PBNU, sekaligus Pengurus Nahdhiyin lainnya. Pengamat Politik LIPI Syamsudin Haris mengatakan, sosok paling tepat untuk menduduki kursi Menteri Agama RI 2009-2014 mendatang hanya Presiden Wiranto yang tahu. Presiden, ujar dia, tentunya sudah mengamati dan mengerti betul calon yang layak untuk menjadi pengganti Makfud Batsuni. ”Kita tidak bisa menebak siapa yang layak untuk menjadi Menteri Agama RI,” kata Bambang Ibnu,kemarin. Bambang Ibnu menambahkan, entah itu Gus Har atau Hazim Muzadi yang kelak akan menjadi Menteri Agama RI, bagi dia tidak menjadi masalah. Yang terpenting, sosok tersebut bisa sejalan dengan visi Presiden, kompeten di bidangnya,menguasai lembaga-lembaga agama yang ada di Indonesia, dan bisa menjadi pemimpin yang tepat. Hanya Tersenyum Hingga berita ini diturunkan, Gus Har belum bisa dimintai keterangan. Namun menurut Sekretaris Jendral DPP KOBUKI Ir fahrurozi yang menyampaikan pertanyaan Kobuki Pers, Ketua Umum Gus Har belum memberi jawaban pasti. ”Bapak (Ajaraham DPP KOBUKI Gus Har ) cuma tersenyum,” kata fahrul, tadi malam. Fahrul mengatakan, tadi malam Ketua Umum DPP KOBUKI menyelenggarakan acara makan bersama di Hotel Borobudur . Ditanya apakah ada agenda terkait dengan ”pamitan” jika Ajaraham benar-benar menjabat Menteri Agama, Fahrul enggan mengungkapkan. Fahrul hanya menegaskan, kegiatan tersebut merupakan acara pribadi. Sementara itu dalam beberapa kesempatan sejak namanya mencuat sebagai kandidat Menteri Agama RI, Gus Har berulang kali menyebutkan kesiapannya mengisi pos tersebut.Kesiapan yang diungkapkan antara lain saat Gus Har selesai Menghadiri Halal bi Halal Tahun 1429 Hijriyah Tingkat Provinsi DKI Jakarta , 8 September 2008 lalu. ”Saya itu Rakyat ,jadi harus siap mengemban tugas apa pun yang diberikan. Kalau itu untuk kepentingan bangsa dan negara, tentu tidak boleh kalau sebagai warga negara tidak siap.Jadi,sebagai warga negara harus selalu siap mengemban tugas,” katanya. Pernyataan sama dia ungkapkan di sela-sela kunjungan kerja pada pembangunan Jalan Raya Arosbaya Bangkalan Madura ,2 September lalu.Gus Har mengatakan, sebagai seorang Ulama, dia siap ditempatkan di mana saja. ”Sebagai seorang Rakyat yang baik ,saya siap kalau nantinya diberikan amanah itu (jabatan Menteri Agama RI). Sekali lagi, sampai sekarang belum ada panggilan dari Istana Bayangan Wiranto terkait penggantian Menteri Agama RI,”ungkapnya. Pernyataan terakhir Gus Har disampaikan seusai mengikuti Rapat Alim Ulama di Jakarta , dengan agenda mendengarkan Pidato Presiden Wiranto pada Kamis (16/8) lalu. Saat ditanya wartawan tentang jabatan Menteri Agama RI, Gus Har tidak memberi jawaban pasti. ”Ya, nanti kalau saya ditunjuk, saya siap,”ujarnya.Dia juga mengatakan belum menerima kabar dari Wiranto


  469. waalaikum salam ww…..terimakasih bung helmy telah berkunjung…..saya juga sudah mampir ke blog anda……ayo sama-sama kita membangun komunitas blogor….kita berbuat yang terbaik buat masyarakat via blog……

  470. asji Says:

    makasih bpk artikelnya seteleh baca artikel bapak bisa saya pakai untuk referen mata kul saya. terus cari baha yang baru pak


  471. sama-sama asji……semoga bermanfaat……..

  472. Avis Says:

    Assalamualaikum,

    Pak Syafri Yth,

    Saya , Avis, pernah tercatat sebagai mahasiswa di kelas Bapak di MBIPB. Walau tidak sempat bertatapan secara langsung saya mengikuti pemikiran yang tertuang di Blog ini, dan tentu saja sangat tertarik dengan setiap ulasan yang diposting.

    Kebetulan saya ini saya sedang mengembangkan portal komunitas Pengembangan SDM di http://www.indosdm.com. Karena saya sadari sangat sedikitnya tulisan tentang SDM yang ditulis dalam bahasa indonesia sampai saat ini, padahal begitu banyak orang yang sangat haus tulisan-tulisan tersebut dan tulisan bermutu seperti yang bapak tulis.

    Bila Bapak berkenan saya mohon ijin untuk bisa me reposting setiap tulisan bapak di blog ini untuk juga ditayangkan di Website kami.

    Wassalam,

    Avis

  473. ikrarestart Says:

    mau bertamu tapi gak ada kopi dan teh
    ya sudah saya cuma ingin mengucapkan
    assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh
    ditunggu balasannya ke blog saya


  474. waalaikum salam ww…..terimakasih telah berkunjung…..ikrarestart…..


  475. Assalamu Allaikum
    Saya mendapatkan informasi mengenai blog ini dari bapak waktu kuliah Falsafah Sains tanggal 24 Oktober 2008 di Ruang Mawar SPs IPB Baranagsiang Bogor. Saya sudah banyak membaca blog tetapi tidak menemukan blog ini, ataupun saya pernah menemukannya tetapi karena kekurangan saya dalam mengenal pengajar IPB, maka saya tidak mengetahui bahwa itu adalah blog bapak Sjafri. Mungkin benar juga apa kata pepatah “tidak kenal maka tak sayang”
    Terima kasih. Wassalam.
    Semoga Bapak dan Keluarga tetap sehat wal afiat.

  476. veby Says:

    assalamualaikum…
    saya adalah mahasiswa manajemen di IPB yang sedang mempersiapkan skripsi. skripsi yang akan saya ambil mengenai pengaruh manajemen pengetahuan terhadap kinerja organisasi, dan rencananya saya akan mengadakan penelitian di PT Telkom. Sebelumnya, saya sudah membaca artikel bapak mengenai manajemen pengetahuan itu sendiri. Akan tetapi, saya bingung mengenai metodologi yang akan dipakai dalam penelitian saya nanti.. Apa yang seharusnya digunakan dalam metodologi tersebut? Saya juga sudah membaca beberapa buku mengenai manajemen pengetahuan, untuk mengukur kinerja dalam yang diterapkan dalam manajemen pengetahuan dapat digunakan balanced scorecard. Untuk itu, saya mohon saran dari bapak mengenai metodologi yang akan saya gunakan. terima kasih.

  477. veby Says:

    assalamualaikum…
    saya adalah mahasiswa manajemen di IPB yang sedang mempersiapkan skripsi. skripsi yang akan saya ambil mengenai pengaruh manajemen pengetahuan terhadap kinerja organisasi, dan rencananya saya akan mengadakan penelitian di PT Telkom. Sebelumnya, saya sudah membaca artikel bapak mengenai manajemen pengetahuan itu sendiri. Akan tetapi, saya bingung mengenai metodologi yang akan dipakai dalam penelitian saya nanti.. Apa yang seharusnya digunakan dalam metodologi tersebut? Saya juga sudah membaca beberapa buku mengenai manajemen pengetahuan, untuk mengukur kinerja dalam yang diterapkan dalam manajemen pengetahuan dapat digunakan balanced scorecard. Untuk itu, saya mohon saran dari bapak mengenai metodologi yang akan saya gunakan. terima kasih.
    email : alel_02@yahoo.com


  478. veby….bagaimana kalau suatu ketika kita diskusi langsung saja di kantor atau di rumah saya….ok….please dont hesitate to contact me….kita cari waktu ya…..hp saya 08161810880……


  479. trims bung ikbal….telah berkunjung….saya juga sudah mampir ke blog anda….keep writing……

  480. Wasidi Swastomo Says:

    Assalamu’alaikum Pak Syafri. Saya juga yakini keberadaan pengemis adalah skenario Allah ‘Azza wa Jalla sebagai ujian bagi orang-orang yang beriman. Meskipun Islam mencela “profesi” ini Allah mengingatkan kita dalam QS 93:10 agar tidak menghardik orang yang meminta-minta. Seandainya saja zakat dikelola dengan amanah dan profesional barangkali jumlah pengemis tidak akan bertambah. Mohon tulisan religius lainnya yang menyejukkan seperti ini. Syukran Ustadz, wassalamu’alaikum.


  481. waalaikum salam ww….terimakasih….betul pak……ulasannya memerkaya artikel ini…….salam

  482. Puti Redyanti Says:

    Assalamu’alaikum
    Pak Syafri,apa kabar?
    Sebelumnya saya mohon maaf karena baru membalas,kebetulan saya baru ngenet lagi,pak.
    Terima kasih ya,pak,atas masukan,saran dan rekomendasi bukunya.Semuanya sangat membantu saya.
    Awalnya saya sempat mentok di metode penelitian,tapi setelah saya membaca saran bapak,InsyaAllah saya mantap memakai metode AHP dan kembali bersemangat menyelesaikan proposal. Alhamdulillah sekarang sudah memasuki tahap akhir.
    Terima kasih banyak ya,pak. Mohon doa bagi UTS dan penyelesaian proposal saya.Semoga saya bisa langsung bertatap muka dengan bapak.Sukses selalu untuk bapak.


  483. waalaikum salam ww….baik-baik saja….semoga anda juga….sukurlah semoga bermanfaat….dan anda cepat selesai studinya ya…….sialkan kontak saya jika dibutuhkan……sukses…..

  484. pakde Says:

    Assalamujalaikum wa…
    Banyak hal yang dapat saya temukan disini wa.

  485. Trina Fizzanty Says:

    Assalammu’alaikum Pak Sjafri,
    Saya surprise lihat blog Bapak, dan juga berita tentang buku yang bapak tulis. Semoga menjadi amalan Bapak. Saya bangga jadi mantan mhs bimbingan bapak. Salam saya untuk keluarga.


  486. waalaikum salam….hi tina….senang saya mendapat kunjungan anda….apa kabar?….sukses ya…..salam

  487. Lisa Says:

    Saya mau nanya…
    apa manfaat penilaian kinerja dan insentif bagi motovasi ???
    contoh kasus terkait apa saja?
    contoh penerapan yang sudah dilakukan perusahaan bagaimana??

  488. Wongbagoes Says:

    Aslkum Prof…

    Saya jadi teringat ketika Prof mengajar mata kuliah pengantar manajemen dulu,..Kesan kesahajaan langsung terlintas di pikiran say…

    semoga dosen2 IPB seperti Prof…
    Selamat berkativitas Prof..


  489. lisa……semakin adil,transparan, dan akuntabilitas penilaian kinerja plus semakin besarnya insenstif semakin tinggi motivasi seseorang;ceteris paribus……..utamanya pada kasus organisasi pemerintah (PNS) dan bisnis…….


  490. waalaikum salam wongbagoes…….kalau ketemu langsung mungkin saya tahu anda…..selamat berkarya……

  491. adis imam munandar Says:

    alhamdulilah ada blog bagus sehingga kuliah dapat terbantu dan tulisan-tulisannya berbobot. semoga tetap nulis dan memberikan pengetahuan kepada setiap orang, amin

    adis imam munandar
    MB-IPB e-30

  492. omiyan Says:

    Wah tulisan bapak ok ok deh, salam kenal pak semoga eksis selalu

    salam hangat dari saya


  493. bung adis semoga blog ini bermanfaat…..trims telah berkunjung….


  494. omiyan….salam hangat juga….semoga blog ini bermanfaat…..

  495. Bambang Bimo Ajie Says:

    Pak Sjafri…saya mahasiswa MBIPB angkatan E31
    Saya ada pertanyaan, Pak.
    1. Saat posisi karir manajerial tidak ada lagi yang kosong alias semua terisi, apakah proses rekrutmen baru harus dihentikan atau harus ditampung kemana disaat perusahaan menerapkan bentuk organisasi yang ramping?
    2. Disuatu pengembangan karir dan manajemen suksesi belum berjalan baik akibatnya sulit mencari kandidat-kandidat internal utk mengisi posisi-posisi kunci. Dampaknya manajemen mengambil jalan instan dengan merekrut dr eksternal, namun tentunya hal ini membuat demotivasi kary.internal. Menurt Bpk, apa yang harus dilakukan selain membenahi jalur karir dan manajemen suksesi diatas?
    Terima kasih sebelumnya
    Salam hangat, Pak


  496. mas ajie……kalau perusahaan memiliki perencanaan dan pengembangan karir yang adil,tidak diskriminasi,prospektif, dan terbuka……seharusnya kasus-kasus yang anda sampaikan bisa ditekan sekecil mungkin timbulnya konflik internal…..lalu kalau semua posisi manajerial sudah terisi bukan berarti proses perencanaan dan pengembangan karir dalam bentuk kaderisasi (pelatihan pengembangan,rotasi atau mutasi) berhenti……tentang struktur organisasi tidak saja ditentukan oleh satu faktor seperti penempatan karyawan pada posisi tertentu tetapi juga antara lain oleh ekspansi bisnis,teknologi, dan mutu sdm……kalau kandidat pemimpin, jumlah dan mutunya terbatas, tak ada salahnya melakukan outsourcing lewat proses rekrutmen dan seleksi berbasis kompetensi……….jadi bukan jalan pintas …..

  497. nurul bariah Says:

    Assalamualaikum Pak Sjafri,

    Salut kepada Bapak, yg selalu berkarya….


  498. waalaikum salam ww….hi rul trims….saya senang dikunjungi….sukses karirnya ya….amiiin…..

  499. yossi Says:

    assalamualaikum, bapak apa kabar? semoga selalu dalam kesehatan ya pak,,
    bapak alhamdulillah sekarang yossi uda bekerja di perusahaan pembuat software untuk memanage karyawan perusahaan, jadi rada nyambung gitu pak ilmunya,,

  500. Rahardjo Says:

    Pak Prof, tidak sengaja saya menemukan link ke blog Bapak. Saya senang baca-baca tulisan Bapak, karena sangat menambah wawasan saya untuk mendukung kerja saya mengelola SDM. Trima kasih Pak. Sehat dan sejahtera selalu…


  501. waalaikum salam ww….saya ikut senang dan bersyukur yossi sudah bekerja……mudah-mudahan karirnya berkembang ya…..jangan lupa masih harus banyak menambah ilmu lewat baca buku…….


  502. mas rahardjo….terimakasih telah mampir….semoga blog ini bermanfaat bagi anda……

  503. yulyanto Says:

    Salam kenal Prof,

    Ketika melihat daftar hadir 1.000 blogger yang ikut pesta blogger 2008, saya melihat nama Prof. disana, kepengen tau ajach apakah betul seorang profesor juga mau Nge-blog???…..

    Setelah mampir, saya merasakan sebuah blog yang memiliki konten yang luar biasa Prof…..

    Bangga rasanya kita para blogger memiliki blogger senior seperti Prof. ini…..

    Kalau tak keberatan sudilah kiranya Prof. juga ikutan Ngeblog di http://www.kompasiana.com, sebuah blogging networking yang dikelola oleh http://www.kompas.com, yach mungkin sekedar berbagi ilmu pengetahuan yang pastinya akan sangat bermanfaat bagi kita semua…..

    Kalau berkenan mohon kirimkan saja tulisan Prof. ke: pep@kompas.com (wartawan senior kompas)…….

    Kita tunggu sharingnya ya Prof…….
    Oh iya, sampai ketemu di pestablogger 2008 nanti!!!…..

    Keep Blogging,
    Yulyanto


  504. terimakasih mas yanto….telah berkunjung…….saya sudah mampir ke blog mas yang banyak info tentang dunia perbankan dan keuangan……banyak membantu saya dalam pengetahuan tentang itu…..tentang sharing insya allah mas…….dengan senang hati…..

  505. melda yuliana Says:

    Pagi, Pak! Artikel Anda sungguh sangat membantu saya dalam mempersiapkan presentasi di perusahaan, tempat saya bekerja sekarang ini.
    Dalam menyampaikan ide, Anda terasa lugas dan tulus. Tulisan Anda mengalir dan tidak membosankan. Ada banyak penulis hebat, tapi tulisannya tidak mudah dicerna. Beda dengan Anda?
    Terima kasih, ya, Pak, karena telah menginspirasi saya!! God Bless U!

  506. antok Says:

    assalamu’alaykum pak prof..
    Anda orang hebat. mudah2an bisa belajar banyak dari Anda.

    salam kenal,


  507. Assalamualaikum ww,
    Prof, ini adalah kali kedua saya mengisi buku tamu setelah tidak berkunjung ke blog Prof selama lebih kurang enam bulan. Saya minta ijin postingan Prof saya copy, dibaca dan disebarkan untuk kemaslahatan. Terus berkarya Prof. Saya tunggu kunjungan di blog saya. Saya baru belajar ngeblog.

  508. syamsoe Says:

    Ass. Prof.. Menulis memang ngga ada matinyeee..Salam kenal dari Mks

  509. ryo lizarta Says:

    asalamualaikum wr wb
    artikelnya keren2
    pgn dunk ilmunya walau cuma setetes
    pasti akan berpengaruh besar dalam kehidupan saya
    salam kenal dari Ryo Lizarta


  510. mbak melda…terimakasih telah berkunjung…..semoga blog ini bermanfaat buat anda……salam….GBU2…..


  511. waalaikum salam ww….bung antok…..terimakasih telah mampir….saya juga sudah jalan-jalan ke blog-rusdianoto.net anda yang bagus itu….termasuk bahasanya yang komunikatif….selamat……


  512. waalaikum salam ww….bung alris….ya saya juga kehilangan anda selama ini…..blog anda tambah keren ya….artikel stroke sangat menarik buat mereka yang suka mengabaikan hipertensinya….silakan tulisan saya dicopy untuk syiar kebajikan…..salam


  513. waalaikum salam…..terimakasih bung samsoe….sudah mampir….saya baru saja nengok ke blog anda yang santai itu….selamat…..

  514. Ilona V. Oisina S. (Nola) Says:

    Malam Prof… Saya memberanikan diri utk ngisi komen di buku tamu Prof mdh2n ga salah, setelah Prof menanyakan Nola kamu belum buka bolg saya? Sebenarnya saya sering baca blog Prof (apalagi waktu mau UTS Strategi Kom Politik Pemb Pertanian n Pedesaan Lanjut, walaupun ga ada yang keluar…), tapi saya belum berani ngasih komen.
    Malam ini saya coba-coba ngisi buku tamu Prof skalian mengingatkan Prof besok pagi kita kuliah Manajemen Program Komunikasi..! Sampe ktm besok pagi ya Prof! Mdh2n saya tidak telat! Mlm Prof Safry


  515. ilona….trims telah berkunjung……mudah-mudahan terbiasa berkomen ria……tanpa harus segan dan khawatir salah……salam


  516. waalaikum salam ww….ryo….salam kenal juga….terimakasih telah mampir….salam

  517. ali alamsyah kusumadinata Says:

    Terima kasih atas kuliahnya dan terima kasih atas motivasi. saya berharap bapak senantiasa memberikan motivasi tiap diakhir perkuliahan. Karena tidak tiap hari kami mengalami semangat yang menggebu untuk memahami sebuah hakekat kehidupan.
    Ya, Saya mau tanya pak lebih baik menjadi manusia terdidik atau menjadi manusia pendidik. atau lebih baik menjadi manusia terdidik atau menjadi terpelajar.
    Kenapa di kehidupan ini lebih mengagungkan materi dibanding pengetahuan apakah itu bisa dirubah maaf saya bertanya pak karna saya terkadang bingung saja?
    terima asih jawannya.

  518. Ilona V. Oisina S Says:

    Terima Kasih Prof atas Reply message saya. Terima kasih juga buat kuliah tadi pagi (walaupun saya telat 5 menit), Kuliahnya sangat berguna karena berhubungan dengan kerjaan saya!
    Prof ada yang ingin saya tanyakan kenapa sejak saya kuliah saya jadi kurang tanggung jawab dengan pekerjaan saya ya Prof? Saya selalu mengutamakan kuliah tapi menomor duakan kerjaan. Saya lebih takut ga buat tugas daripada ga masuk ngajar dan sedikit cuek kepada anak bimbingan saya!
    Apa karena saya belum bisa ngatur waktu ya Prof?
    Mohon saran Prof supaya saya kembali mengutamakan tanggung jawab saya sebagai pendidik! Thx Prof!


  519. ilona….saya yakin anda mampu membuat keseimbangan antara tugas pendidikan dan belajar….asalkan mampu menerapkan manajemen waktu yang efektif…..tentunya dengan perencanaan yang terarah dan tertulis,monitoring, dan evaluasi…lalu alokasikan waktu optimum tanpa harus ada yang dikorbankan….nah setiap orang memiliki taktik tersendiri…..itulah prinsip=prinsipnya lona…selamat belajar tanpa mengabaikan tugas pendidikan…….btw panggil saja saya pak sjafri bukan dengan embel-embel prof…..


  520. ya ali……jadilah manusia cendekia…..yang peduli pada masalah-masalah lingkungan di sekitarnya….apalagi plus berpendidikan tinggi dan humanis……horisonnya bakal semakin luas dan kearifannya semakin tidak diragukan…..jadi bukan masalah terdidik,terpelajar,atau pendidik…..btw tentang materialisme….itu kerena apa yang dikenal sebagai buah proses dari demonstration effect via berbagai media komunikasi periklanan…..dan tentunya juga karena keteladanan kepala keluarga dan pemimpin untuk hidup wajar yang kurang……

  521. Sri Desti Purwatiningsih Says:

    Assalamualaikum wr.wb.Bapak, mohon maaf saya baru bergabung di blog Rona Wajah.Sementara saya baru mengisi buku tamu.Saya sangat berapresiasi terhadap tulisan Bapak yang sudah mulai meluas ke aspek Komunikasi.Pada dasarnya saya sendiri merasakan manfaat dari tulisan Bapak yang berkaitan dengan ilmu komunikasi yang aplikatif.Biar saya tambah pintar ya pak….seperti Bapak.Terima kasih pak.Wassalamualaikum wr.wb


  522. waalaikum salam sri…..trims telah mampir….btw nah mulailah berkomen terhadap artikel di blog ini…..sekali merespon pasti selanjutnya mengasyikan…..semoga anda menjadi lebih smart…..wassalam….

  523. Masani (E30) Says:

    Salam Kenal Pak,
    Saya mencoba untuk mencermati info yang Bapak sampaikan pada Blog ini. Banyak sekali pengetahuan di dalamnya. Saya sengaja menyampaikan tanggapan2 atas tulisan Bapak setelah Bapak tidak memberikan materi lagi pada kami di E-30 Jakarta, khususnya pada Triwulan 1. Ada rasa kangen mendengar kuliah bapak. Jadi ingin saya lanjutkan dalam diskusi di Blog Bapak ini. Mudah2an Bapak berkenan. Saya sendiri juga punya Blog, tapi tidak seoptimal Bapak. Hehehe…

    Salam
    Masani
    E-30 Jakarta


  524. bung masani….kita udah kenalan khan ketika di kelas……silakan saling berkomen ria…..btw saya sudah melihat blog anda….teruskan menulis…..

  525. ali Says:

    sukses bauat semua yang membaca.
    pak, sekali-kali bahannya tentang motivasi dong.
    maaf pak berkunjung lagi, saya merasa nyaman membaca blognya.
    ya, manakala kapan bapak menyediakan waktu buat mengisi blog. sedangkan bapak sendiri sibuk. kagum saya. tetap ngeblog pak. saya masih berusaha membuat blog juga.


  526. bung ali….insya allah nanti saya buat artikel bertemakan motivasi yang terkait dengan efektifitas komunikasi…..btw bisa ngeblog walau masih cukup banyak kegiatan lain….ya itu resepnya klasik yakni optimalisasi pemanfaatan waktu untuk bersyiar….plus nawaitu dan fokus……untuk kemaslahatan khalayak luas…..insya allah…..anda pun bisa……


  527. ALLOH INGSUN NANANG HARIADI (GUS HAR) PINARINGONO ROSO LAN PANGROSO INGKANG SAMPURNO.
    ALLOH INGSUN NANANG HARIADI (GUS HAR) PINARINGONO URIP LAN PANGURIPAN INGKANG SAMPURNO.
    ALLOH INGSUN NANANG HARIADI (GUS HAR) PINARINGONO WUJUD INGKANG SAMPURNO.
    ALLOH INGSUN NANANG HARIADI (GUS HAR) PINARINGONO WASKITO INGKANG SAMPURNO
    ALLOH INGSUN NANANG HARIADI (GUS HAR) PINARINGONO MURBO WASESO INGKANG SAMPURNO.
    ALLOH INGSUN NANANG HARIADI (GUS HAR) PINARINGONO KUOSO INGKANG SAMPURNO.
    ALLOH INGSUN NANANG HARIADI (GUS HAR) PINARINGONO SABDO LAN PANGENDIKO INGKANG SAMPURNO.
    ALLOH INGSUN NANANG HARIADI (GUS HAR) PINARINGONO PIRSO LAN PAMIYARSO INGKANG SAMPURNO.
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA SHOLLAITA ALAA Sayidina Abu Bakar As-Siddiq dilantik menjadi khalifah yang pertama selepas kewafatan Rasulullah Pemerintahanya bermula dari tahun 632 Masihi hingga 634 Masihi yang berpusat di Madinah
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA SHOLLAITA ALAA .Khalifah Umar Al-Khattab merupakan khalifah Islam yang kedua.Beliau dilantik menjadi khalifah Islam pada hari Selasa, 22 Jamadilakhir 13 Hijrah ,bersamaan 23 Ogos 634 Masihi
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA SHOLLAITA ALAA Sayidina Uthman bin Affan dilantik menjadi khlifah selepas kewafatan Sayidina Umar Al-Khattab pada awal Muharram tahun 23 Hijrah ‘bersamaan 644 Masihi
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA SHOLLAITA ALAA Sayidina Ali Karamallah Wajhah dilantik menjadi khalifah yang keempat atas permintaan orang ramai pada bulan Zulhijjah, tahun 35 Hijrah,bersamaan 655 Masihi.
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA SHOLLAITA ALAA IMAM ABU HANIFAH (RAHIMAHULLAH An-Nukman bin Thabit )lahir tahun 80 Hijrah / tahun 699 Masihi di Kufah,Iraq
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA SHOLLAITA ALAA IMAM MALIK RAHIMAHULLAH ( Malik bin Anas Bin Abu Amir Al-Asbahi ) lahir di Kota Madinah tahun 93 Hijrah bersamaan 712 Masihi
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA SHOLLAITA ALAA IMAM AS-SYAFIE RAHIMAHULLAH Abu Abdullah Muhammad bin Idris lahir tahun 150 Hijrah / tahun 767 Masihi di Ghazzah,Palestin
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA SHOLLAITA ALAA IMAM AHMAD BIN HANBAL RAHIMAHULLAH Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal As-Syaibani.lahir tahun 164 Hijrah / dengan tahun 780 Masihi di Baghdad
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA SHOLLAITA ALAA Abu Bakr Muhammad Ibn Yahya al-Saigh
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA SHOLLAITA ALAA Abu Ali bin Ahmad bin Muhammad bin Yaakub bin Maskawaih
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA SHOLLAITA ALAA Abu All Muhammad al-Hassan ibnu al-Haitham.
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA SHOLLAITA ALAA Abu Musa Jabir Ibn Hayyan
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA
    SHOLLAITA ALAA Badi’uzzaman atau Sa’id bin Mirza
    dilahirkan pada tahun 1876 (1294H) di Nurs
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA
    SHOLLAITA ALAA Abu Walid Muhammad Ibnu Ahmad
    lahir di Kardova pada tahun 1126
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA
    SHOLLAITA ALAA Abu Hamid Ibnu Muhammad al-Tusi al-Ghazali
    dilahirkan di Tus, Pars! pada tahun 450 Hijrah
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA
    SHOLLAITA ALAA Abu Nasr Muhammad Ibnu Muhammad Ibnu
    Tarkhan Ibnu Uzlaq Al Farabi. Beliau lahir pada tahun 874M (260H)
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA
    SHOLLAITA ALAA Abu Bakr Muhammad ibn Abdul Malik ibn
    Muhammad ibn Muhammad ibn Tufail al-Qisi
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA
    SHOLLAITA ALAA Shams al-Din Abu ‘Abd Allah Muhammad binAbu Bakr bin Sa’ad, lahir pada 7 Safar 691H
    bersamaan 9 Januari 1292M di Damsyik
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA
    SHOLLAITA ALAA Abu al-Raihan Muhammad ibn Ahmad al-Biruni. Beliau dilahirkan pada tahun 362 H (973 M)
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA
    SHOLLAITA ALAA Abu Bakar Muhammad bin Zakaria al-Razi, lahir pada tahun 236H bersamaan 850M.
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA
    SHOLLAITA ALAA Abu Ali al-Hussian Ibnu Abdullah ( IBN SINA). dilahirkan pada tahun 370 Hijrah bersamaan dengan 980 Masihi
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA PROF.DR.KH.NANANG HARIADI KAMMA
    SHOLLAITA ALAA (Ibn Khaldun ) Wali al-Din Abd al-Rahman bin Muhammad bin Abu Bakar Muhammad bin al-Hasan lahir di Tunis pada 1 Ramadan 732H
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA kakang kawa PROF.DR.KH.NANANG HARIADI
    (GUS HAR )KAMMA SHOLLAITA ALAA kakang kawa barrack obama.
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA adek ari-ari PROF.DR.KH.NANANG HARIADI
    (GUS HAR )KAMMA SHOLLAITA ALAA adek ari-ari barrack obama.
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA getih puser PROF.DR.KH.NANANG HARIADI
    (GUS HAR) KAMMA SHOLLAITA ALAA getih puser barrack obama.
    ALLOHUMMA SHOLLI ALAA jasad wa fiker PROF.DR.KH.NANANG HARIADI
    (GUS HAR) KAMMA SHOLLAITA ALAA jasad wa fiker barrack obama

    TERTANDA
    MAMPANG PRAPATAN III JAKARTA SELATAN
    HARUN AL RASYID
    HP 6221-94655949

  528. windi Says:

    alhamdulillah saya ketemu bapak lagi… saya anggota blogor yang jarang aktif ikut acara, soalnya anggota baru juga sih pak. Hehehe, tapi gak pa pa lah, mudah2 an kesananya bisa lancar. Gimana pak kabarnya? moga sehat selalu ya, punteun pisan saya numpang baca-baca nie …


  529. hi windi….alhamdulillah saya sehat-sehat saja semoga wind pun demikian……aktif ya di blogor…..berbagi curhat dan artikel….btw blogmu bagus banget…..terus menulis ya……salam….

  530. ali Says:

    makasih pak, sarannya. iya, apa resep bapak sehingga kelihatan muda dan fresh serta penuh semangat dalam menjalankan aktivitas.saya kok merasa iri, masih muda masih kalah dengan bapak. tolong masukannya pak. agar saya bisa semangat kayak bapak.

  531. Ilona V. Oisina S Says:

    Pagi Pa Safri..
    Maaf Pa pagi ini saya tidak bisa ikut perkuliahan bapak, karena saya lagi sakit!
    Mengenai tugas gimana caranya ya pa saya ngumpulinnya? Apa boleh via email atau ketemu bapak langsung minggu depan atau gimana baiknya pa? (Tapi jangan ngurangin nilai ya pa! Hehe, Kalau bisa malah nambah nilai karena buatnya lagi sakit)!
    (Maaf ya pa ngabarinnya lewat blog)!
    Thx n GBU

  532. Odjie Says:

    assalamualaikum wr.wb.dengan segala hormat..kagum saya dengan blog ini..sangat bermanfaat,membuat saya jadi meninggalkan jejak disini 2 kali.
    Konsistensinya ga perlu diragukan lagi, dan ini yang mau saya tanyakan. Kalau kita berhitung sejak april 2007 hingga sekarang, hanya 2 bulan yang postingannya dibawah 20 posting perbulan. Subhanallah andaikan waktu kerja sebulan adalah 20 hari kerja, artinya blog ini memposting 1 artikel yang sangat berguna setiap harinya.dan saya tak tahu berapa banyak orang yang menjadi bertambah ilmunya setiap harinya karena postingan tersebut. Disini sekalian mencoba bertanya pak, bagaimana memelihara konsistensi itu(baik menulis dan keakuratan data yang ada).

    Kemarin sempat jalan2 ke web IPB, di kolom web dosen kok ga ada blog ini ya?(atau jangan2 saya yang salah lihat ya??).

    Dalam pengantarnya di buku Bisnis, Manajemen, SDM ditulis bahwa blog ini berada di antara blog populer dan blog ilmiah, apapun penyebutannya, blog ini menjadi sebuah sumber pengetahuan buat kita semua yang sangat berguna.

    Oh ya terima kasih atas buku bisnis, manajemen, SDM (free gift) hari selasa malam pak, baru membaca sebagian(karena khan isinya dari blog ini)…….

    terus maju berkarya pak.
    Bermimpi semoga ada banyak profesor yang juga berkarya seperti ini di indonesia…..

  533. wahyuni zam Says:

    Assalamu Alaikum Wr.Wb
    sejak semester satu saya tau klo bapak punya blog dan pernah buka tapi baru sekarang isi buku tamunya, btw blog bapak bagus-bagus dan saya salut akan pemikiran-pemikiran bapak.
    semoga bapak sehat selalu, bisa membuat blog yang lebih banyak lagi,amin
    terima kasih,.

  534. Ilona V. Oisina S Says:

    Sore Pa Safri…
    Menanggapi tulisan bapak mengenai Program komunikasi dan komunikasi program, mengingatkan saya dengan tugas yang diberikan Pa Amir, untuk membuat Pusat Informasi Pembangunan Perdesaan (PIPP).
    Tulisan-tulisan bapak sangat bermanfaat untuk kami khususnya mahasiswa/i bapak! Apalagi jika berkaitan dengan komunikasi..
    Bdw bapak jaga kesehatan jangan terlalu diporsis dalam bekerja supaya tidak sakit seperti saya!
    Thx pa!

  535. sjafri mangkuprawira Says:

    bung ali….mungkin wajah seseorang terlihat muda ada kaitannya dengan sikap penuh rasa sukur yang diberikan allah….itulah hakekat kegembiraan pribadi secara total……

  536. sjafri mangkuprawira Says:

    ya ilona….kirim tugasnya via email saja….oke thx atas komennya pada artikel ini……get well soon…..

  537. sjafri mangkuprawira Says:

    ya odjie……buku itu berisi kumpulan artikel saya…..blog saya ada di website planet ipb….coba klik situs itu pasti ada artikel saya…..selamat belajar…..

  538. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam…trims wahyuni sudah mampir….semoga anda pun bisa buka blog ya….untuk berbagi info….salam

  539. ali Says:

    pak, saya mau tanya. Bagaimana menjdi orang tua yang baik ya?
    maslah baik dan jelek tentu relativ. umumnya anak terkadang tidak melihat kebaikan itu dari orang tua. bagaimana mengatasinya ya pak?
    Saya melihat bapak figure yang berhasil menjadi orang tua yang baik.


  540. bung ali….saya sendiri belum tahu persis apakah saya sudah menjadi ortu yang baik….namun alhamdulillah semua anak-anak saya berhasil studinya…..membentuk mereka mandiri……dan menciptakan iklim belajar bagi para cucu…..dan insya allah mereka mampu membangun keluarga yang sakinah,mawadah, wa rahmah……posisi ortu hanyalah mengkondisikan tut wuri handayani….

  541. Dwi Endang Puspitasari Says:

    Assalamu’alaikum..Wr.Wb.

    Perkenalkan pak saya Endang mahasiswi bapak di departemen manajemen ang.42.Sebagai mahasiswa manajemen,saya bangga sekali memilki Guru Besar SDM seperti bapak. saya ingin konsultasi berkaitan dengan tugas akhir saya. Topik penelitian saya adalah Pengembangan Karir Bersasis Kompetensi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan dan rencananya saya akan mengadakan penelitian di Direktorat Sumber Daya Manusia di IPB, namun yang menjadi hambatan saya sampai saat ini adalah metode penelitian yang akan digunakan.Menurut pandangan bapak,kira-kira metode yang tepat untuk digunakan dalam penelitian saya apa ya,pak? Dan referensi buku berkaitan dengan topik saya..
    Mohon bantuannya ya,pak..Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalam
    NB : email: endangpiepiet@yahoo.co.id

  542. bony Says:

    mas, maaf numpang tanya lagi, mas punya buku terbitan tentang SDM ga?
    kalau ada, tolong donk judul bukunya, coz aq lagi cari referensi yang banyak tentang SDM, thx b4


  543. kampus anda punya perpustakaan tidak?……….di kota anda ada toko buku tidak?…….coba upaya mandiri….buku sdm banyak dimana-mana ya…… salam……


  544. dwi silakan ketemu saya……kontak saya….nanti kita atur waktu dan tempat diskusinya…..biar masukan dari saya lebih rinci…..

  545. bony Says:

    ada mas,udah aq cari mas,cuma yang aq dapat terbitan lama,tp aq usahakan lg,thx y mas

  546. Ilona V. Oisina S Says:

    Pg Pa Sjafri..
    Boleh minta alamat email bapak? Saya mau ngirim tugas pa! Thx…


  547. ya bony….coba sering mengklik internet….disitu banyak sekali info tentang sdm dan bukunya……baik di dalam maupun di luar negeri….

  548. Dwi Endang Puspitasari Says:

    Terima kasih pak…. atas kesediaan bapak meluang waktu untuk saya…
    Insyaallah saya akan kontak bapak.

  549. M.Suja'i Anhar Says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Pertama kali saya baca blog Bapak, Saya kagum dan sangat bangga dengan semua yang Bapak berikan untuk bangsa ini.
    Saya mahasiswa S2 program studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, sedang menulis Tesis tentang Dinamika Kelompok dalam pengembangan SDM di salah satu perusahaan.
    pada bidang studi Teknologi Pendidikan, penekanan disain pelatihan menjadi sangat krusial. saya mohon bantuan Bapak untuk memberikan masukan dan referensi, maupun beberapa catatan dalam disain pelatihan dinamika kelompok tsb.
    Terima kasih. semoga Bapak selalu dalam lindungan Allah.

    Suja’i

  550. sjafri mangkuprawira Says:

    waalaikum salam ww….mas anhar….kalau anda sudah punya konsepnya silakan kirim ke saya via email sjaf43@yahoo.com….insya allah saya akan beri masukkan….salam

  551. Ilona V. Oisina S Says:

    Mlm Pa..
    Sudah saya kirimkan tugas manajemen ke e-mail bpk!!
    Terima Kasih dan Mlm Pa!!

  552. cahya maydiana Says:

    pak, saya mau tanya bagaimana ya pak menjwab kalau ditanya soal berapa gaji yang kita mau? oleh perusahaan. kebetulan saya pernah dapat panggilan dari astra, takutnya kalau gaji yang saya minta itu terlalu berlebihan dan saya dikatakan overconfidence dan matrealistis karena belum diterima saja sudah seperti itu (belum melaksanakan kewajiban tapi sudah meminta hak), akan tetapi apa salah kalau kita punya kemampuan trus kita meminta yang lebih dari perusahaan. apakah tindakan itu benar pak? mohon sarannya ya pak, terimakasih

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      ya mbak cahya….mengatakan berapa gaji yang diinginkan bukanlah sesuatu yang tabu….silakan asalkan kita juga perlu lakukan “survei” gaji dahulu di tempat perusahaan itu atau di tempat lain……agar pas dengan kapabilitas pelamar…..promosi diri tidaklah salah…..karena suatu gagasan dan kompetensi itu kan harus dihargai dengan pantas……bravo cahya…..

  553. Alim Setiawan Says:

    Selamat Idul Qurban Pak….


  554. mas alim trims….selamat idul adha juga……

  555. hamid Says:

    ini dengan hamid mahasiswa ekstensi management angkata 4, pingin gabung biar nambah imu ‘ ada nasehat kl qt bergaul dengan penjual minyak wangi maka qt akn kena bau harumya

  556. hamid Says:

    ini dengan hamid mahasiswa ekstensi management angkata 4, pingin gabung biar nambah imu ‘ ada nasehat kl qt bergaul dengan penjual minyak wangi maka qt akn kena bau harumya, pertama-tamaa
    assalamualaikum wr. wb
    selamat idul adha bt bapak syafri paggilan kesukaanya apa ya? bapak saja, soalnya mengikuti temen’ yang diats

  557. Masani Says:

    Saya dan Keluarga mengucapkan Selamat Idul Adha 1419 H pak. Semoga amal qurban kita semua diterima oleh Allah SWT. Amin.

  558. Irwan Himawan Says:

    Ass. Wr.Wb.
    Saya baru membuka dan baca2 blog bapak ini, saya begitu bangga begitu banyak tulisan bapak dan belum sempat saya baca semua, oh iya Pa, saya irwan himawan mahasisa bapak program S2 MB IPB angkatan E31, terima kasih atas apa yang sudah Bapak Berikan

    Wass.
    irwan


  559. ya hamid….trims telah berkunjung….ya lingkungan bisa membentuk kepribadian seseorang…..apakah menjadi insan buruk atau baik……btw selamat id-kurban juga…..panggl saja saya pak sjafri…..


  560. ya hamid….trims telah berkunjung….ya lingkungan bisa membentuk kepribadian seseorang…..apakah menjadi insan buruk atau baik……btw selamat id-kurban juga…..panggl saja saya pak sjafri…..salam


  561. terimakasih bung masani….selamat idul adha juga….


  562. waalaikum salam….terimakasih bung irwan telah mampir….semoga blog ini bermanfaat bagi anda……sukses

  563. Durrotul Laili Says:

    Alhamdulillah,terima kasih telah menemukan beberapa refensi untuk bacaan buat bahan proposal dalam blog bapak

  564. alfha Says:

    asslamu’alaikum…
    pa kabar pak?
    mudah2an sehat selalu.
    saya alfha mahasiswa manajemen angkatan 42 sekaligus anak bimbingan bapak. kita hanya baru bertemu 2x pas bulan puasa, setelah lebaran saya tidak bisa datang karna saya masi di kampung.
    setelah saya membaca beberapa tulisan bapak saya menjadi termotivasi untuk tetap semangat dalam pembuatan proposal penelitian.sekarang proposal saya masih dalam tahap finishing, Insya ALLAH minggu depan saya akan menghadap bapak untuk menyerahkan draft proposal saya.
    terima kasih.
    wassalam.


  565. sukurlah laili….semoga artikel dalam blog ini banyak membantu anda memperlancar pembuatan proposal riset……


  566. waalaikum salam ww….saya baik-baik saja alfha….semoga anda pun demikian…….oke saya saya tunggu proposal anda…..selamat belajar……salam semangat…..

  567. Yusuf Says:

    Selamat, blog yang bagus.
    Pak Sjafri, saya setuju kalau blog ini lebih difokuskan pada satu bidang, misalnya pengembangan SDM atau Management Strategic

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      terimakasih bung yusuf…..ya fokusnya pada sdm dan msdm….tapi seklai-sekali juga bertopik lain….agar tak monoton….salam

  568. ali Says:

    Selamat malam salam sejah tera, saya harap bapak dalam keadaan baik dan sehat. terima kasih atas pertemuan kamis kemarin. sungguh membuat kami menngalami tekanan yang bukan main. Saya berpikr ntah kenapa kami harus takut. sedangkan Pak ssyafrie memberikan kabar baik buat ilmu pengetahuan kami agar kami tetap terjaga. Saya tak kan melupakan kesan itu. Apakah metode bapak mengajar demikian ya. Intinya saya mengucapkan terima kasih. wasalam


  569. bung ali….saya cenderung selalu merasa nyaman ketika mengajar…..mengapa? karena saya menganggap para mahasiswa merupakan rekan untuk berbagi ilmu termasuk becanda……..walau saya temasuk pengajar yang tidak kompromi dalam hal pengembangan mutu keilmuan para mahasiswa dan terkesan tegas……semata-mata demi kepentingan mereka sendiri….saya akan sedih kalau nilai ujian mahasiswa saya jelek,sebaliknya saya patut bersyukur dan senang ketika mahasiswa mendapat nilai ujian bagus……

  570. uchielz Says:

    Asw.
    saya Yugha, jangan kaget ya pak klo nick name saya agak aneh,hehe..
    maap kalau saya baru berkunjung ke blog rona wajah ini
    sebelumnya saya minta izin baca-baca mahakarya punya bapak.
    makasih

  571. uchielz Says:

    asw,
    begini pak, ada yang mau saya tanyakan mengenai marketing.
    saya tertarik dengan masalah ini.
    setelah saya banyak sharing dengan kakak kelas, mereka bilang sebagian kunci sukses itu ada pada marketing. trus saya tanya kepada mereka, apa yang harus saya mulai pelajari dengan marketing ini, dan mereka bilang marketing itu tidak perlu dipelajari karena pada dasarnya setiap manusia sudah punya yang namanya ilmu marketing.setelah itu jadi makin bingung saya dibuatnya. Sempat saya berpikir “Buat apa seseorang dengan susah payah membuat sebuah buku atau apapun itu mengenai ilmu marketing kalo pada dasarnya setiap manusia sudah punya yang namanya ilmu marketing”.
    Saya berharap sekiranya bapak bersedia memberi masukan atau solusi mengenai masalah ini.
    makasih ya pak sebelumnya.
    wassalam

  572. Adi Says:

    Asslm.
    Pak Sjafri, terima kasih atas acara mancing dan makan-makan kemarin. Saya senang bisa berkenalan dan ngobrol-ngobrol dengan bapak.
    Wassalam

  573. eni daniarti Says:

    Assalamualaikum wr. wb.

    Pak Syafri, salam kenal dari saya. Saya dulu almamater Sosek IPB angkatan 21, saya sudah memasuki tahun ke 17 berkecimpung sebagai praktisi SDM di salah satu Perusahaan swasta di Jakarta. Saya menemukan website ini dengan tidak disengaja, ketika sedang mencari kamus kata kompetensi versi hay consultant, saya menemukan alamat ini di urutan pertama, ketika dibuka agak jaget juga, “… wah ini pak Syafri.. dosenku dulu”.

    Sudah hampir semua artikel yg Bapak tulis sudah saya baca, terimakasih ya pak atas sharing knowledge nya.

    Sekian dulu salam perkenalan saya, Insyaallah saya akan ikut meramaikan website ini.

    Wassalamualaykum wr. wb.
    eni

  574. prys Says:

    salam kenal pak Safri.. jangan lupa main ke blog saya ya

  575. icHay Says:

    asssalamualaikum ww

    wew, blogs nya bermanfaat bgt pak!! walaupun saya bukan anak manajemen ato ekonomi dan sejenisnya [saya mahasiswa biologi 42 ipb pak, heheh], tapi blogs bapak membuka wacana saya mengenai banyak hal ttg manajemen. Saya kira dulu manajemen itu mudah dan gitu2 aja, tapi setetlah mengambil mata kuliah Manajemen Sumberdaya Manusia smt7 ini, dan lebih lagi membaca blogs bapak ini, saya jadi tertarik untuk mendalami manajemen lebih jauh. Banyak pengetahuan yang saya dapatkan dari bapak, mulai dari kuliah yang menarik sampai blogs ini yang juga sama menariknya.

    Mudah2an semangat bapak terus berkobar [jiaaa...berkobar...heheheh], dan menjadi inspirasi buat saya. Thx ya pak!!

    Keep on good work!!!
    cheers,
    __icHay__


  576. waalaikum salam uchielz….trims telah berkunjung…..semua ilmu perlu dipelajari dan dipraktekan….termasuk ilmu marketing walau kehidupan kita keseharian berpotensi perilaku marketing……namun beda dalam praktek untuk bisnis…..analoginya kita semua bisa berbicara dengan siapapun…..namun apakah ilmu komunikasi di fakultas komunikasi tidak perlu dipelajari…..justru dengan mempelajari suatu ilmu kita akan mampu memahami konsep dan teori sebagai alat analasis untuk mengatasi suatu masalah….misalnya memahami marketing ditinjau dari aspek-aspek prouduct,price,place, dan promotion dalam suatu kerangka pemikiran mengembangkan model-model pemasaran……


  577. waalaikum salam mas adi….saya juga senang kumpul-kumpul bersilaturahim……


  578. waalaikum salam ww….terimakasih mbak eni….wah senang anda sudah aktif bekerja cukup lama di bidang hrm……keep in touch…..sukses…..


  579. salam kenal juga bung prys…..saya sudah mampir ke blog anda yang bagus itu….keep in touch…..


  580. waalaikum salam mbak icHay….sukurlah anda senang mendalami manajemen…..kaidah proses manajemen banyak berasal dari fenomena biologi lho……btw blog anda eksotis banget….bagus n senang membacanya……hem jadi ingat sewaktu saya masih jadi pemuda gitu….salam manajemen….

  581. uchielz Says:

    Asw.
    begitu ya pak
    makasih atas masukannya
    wassalam….

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      terimakasih kembali….uchielz


  582. terimakasih kembali uchielz….salam

  583. Ilona V. Oisina S Says:

    Mlm Pa Sjafri…
    Gimana kbr bpk? Saya berharap bapak dan keluarga sehat dan selalu dalam lindungan NYA!! Amien…


  584. terimakasih ilona….saya baik-baik saja….semoga anda pun demikian…..amiin

  585. ali Says:

    asalamualaikum,
    sudah satu minggu saya tidak mengunjungi blok tsb.
    saya selalu berdoa bapak selalu sehat dan dilapangkan rezeki.
    Saya mau bertanya, Seorang pemimpin tentu harus memiliki karakter. apakah karakter tercipta oleh sebuah ideologi yang dipahaminya.
    terima kasih


  586. waalaikum salam ww……bung ali; doa mendoakan……ya bisa saja ideologi seseorang yang dianutnya melekat pada kepemimpinannya…..

  587. Yenni Says:

    Assalaualaikum Pak…
    Wah luar biasa nih blog. Artikelnya inspiratif :)
    Kalo Bapak tertarik diskusi tentang “Sang Guru Bangsa” Soeharto he he…bisa mampir ke blog saya, Pak.

    Salam kenal Pak…

    Wassalamualaikum

    http://yennioctarina.wordpress.com

  588. ali Says:

    asalamualaikum.
    selamat malam pak. selamat tidur. jangan lupa bangun malam pak!


  589. waalaikum salam ww…….terimakasih mbak yenni….saya sudah mampir ke blog anda yang bagus itu…..namun belum mengomentari ‘sang guru bangsa’……

  590. Hadiyanto Says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Kadang-kadang kita tersesat pun ada hikmah di balik itu. Sungguh suatu karunia malam ini bisa jumpa Bapak meski di dunia maya ini, hanya karena kesasar ketika menelusuri tulisan saya yang pernah dimuat di koran. Semoga Bapak tetap sehat dan terus berkarya.

    Wass. Wr. Wb


  591. waalaikum salam ww…..alhamdulillah, berarti saya lagi-lagi memiliki saudara baru….semoga anda pun tetap sehat dan berkarya….salam…..

  592. Adi Riyanto S Says:

    Assalamu “alaikum Wr.Wb

    Maaf Pak Sayfri, baru sekarang saya kembali bersilaturahim dengan bapak. Saya sedang browsing di internet dan menemukan blog bapak, dan sempat memberikan komentar. Walaupun terlambat mengetahui blog bapak ini, menurut saya tidak ada kata terlambat untk menjalin tali silaturahim. Sekedar flash back, saya adalah alumni KMP angkatan 2002 lulus tahun 2004, kebetulan Bapak adalah Ketua Komisi Pembimbing Saya pada waktu penyusunan Tesis.

    Wass. wr.wb


  593. ya mas adi….saya masih ingat anda…..bagaimana program studi lanjutnya?…..semoga sukses…..salam

  594. Adi Riyanto S Says:

    Alhamdulillah…..studi lanjutan saya di PPN lancar, Pak. Mohon selalu doa dan dukungan dari bapak untuk kelancaran dan kesuksesan saya dalam menempuh studi PPN tersebut.


  595. sukurlah mas adi….saya percaya anda bakal sukses meraih doktor….amiin

  596. Firman Says:

    Assalamu alaikum wr wb
    Prof…perkenalkan nama saya Firmanullah Firdaus,
    saat ini sedang melanjutkan kuliah S3 (MSDM Universitas Negeri Jakarta), salah satu pemicu saya untuk mengambil MSDM adalah keinginan untuk meneliti konsep pengembangan MSDM oleh Rasulullah SAW dibandingkan dengan pengembangan ala Barat dan atau Jepang…ketika browsing cari-cari info…eh ketemu blog bapak dan dari nama depan ada Tb…( Saya juga dari Cilegon Pak…)

    mohon masukan dan pencerahannya mengenai niatan saya itu prof…

    salam


  597. waalaikum salam ww….salam kenal juga……gembira anda akan memfokuskan studi anda dalam bidang msdm…..topik riset yang menarik…..sialakan kita berbincang suatu ketika……btw selasa kemarin saya menyajikan makalah dalam lokakarya PPM UNJ tentang Pengabdian Masyarakat oleh Perguruan Tinggi……salam

  598. bujanglahat Says:

    Salam Kenal dan Salam Hangat dari Penghuni Bumi Seganti Setungguan Pak… kapan kapan main kesana ya :)

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      salam kenal juga bung bujanglahat….saya sudah mampir di blog anda yang bagus itu……

  599. dodo Says:

    Salam kenal Prof., semoga tulisan Prof. bisa bermanfaat bagi banyak orang dan barokah, amiin

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      salam kenal juga bun dodo….semoga blog ini bermanfaat buat anda dan khalayak luas…..

  600. Yusron Says:

    Assalmualaikum Wr.Wb.
    semoga pak syafrie sekeluarga dalam lindungan allah
    Selama libur akhir tahun kebetulan kegiatan saya di PNPM sangat padat sekali. Pak apa yang harus saya lakukan untuk bisa menjaga spirit team work dengan kondisi biaya operasional yang minim. Toh sekalipun ada biaya operasional hanya dapat membiayai operasional kegiatan saja, belum sampai pada membayar uang lelah personal yang ada. apalagi kegiatan yang kami lakukan sangat padat dengan dinamika yang kuat, mohon pandangan bapak. Terima kasih

    Santri IPB

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      waalaikum salam ww……bung yusron…….sekali kita mengetahui sejak awal untuk melakukan sesuatu hanya didukung dengan fasilitas dan anggaran terbatas maka yang harus diperbuat adalah mengoptimumkan sumberdaya tersebut…….nah idealnya ketika itu terjadi, setiap pelaku harus sadar diri dan terus membangun semangat mengabdi demi pemberdayaan masyarakat…… hal ini memang dapat menimbulkan tandatanya karena setiap pelaku di lapangan pada dasarnya butuh hidup buat diri dan keluarganya…..tidak cuma sekedar modal idealisme…….sangatlah disayangkan anggaran berupa honor tidak ada…….berarti perencanaan program dan anggarannya kurang rasional…….

  601. murniramli Says:

    Assalamu alaikum wrwb
    Pak Syafrie,
    Agak telat untuk menyapa Bapak, karena biasanya saya cuma mampir membaca…mohon maaf.
    Kalau tidak salah, rasanya saya pernah ikut kuliah Bapak di IPB.
    Saya seangkatan dg Ahmad, putra Bapak. Dulu kami sekelas di TPB.
    Tapi saya melanjutkan ke Budidaya Pertanian. Sekarang sy masih studi S3 di Jepang.

    Blog Bapak menjadi tempat saya berguru,sebab bersinggungan dengan bidang yg saya tekuni sekarang,manajemen pendidikan. Sangat senang karena ada dosen IPB yang ngeblog :D
    Terima kasih atas ilmunya dan semoga senantiasa diberi kekuatan untuk terus berkarya, Pak.

    Salam takzim,
    Murni Ramli

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      waalaikum salam ww…….ya murni….ahmad,anak saya…dia sekeluarga tinggal di birmingham inggris….kerja di royal bank setelh menyelesaikan studi PhD di bidang finance, universitas strachlide tahun lalu……senang anda studi lagi….semoga sukses…..amiin….

  602. Refniza Yanti Says:

    Assalamualaikum..wr..wb..
    Pak Sayfri, saya tahu blog Bapak ini dari Pak Adi Riyanto. Saya ingin kembali bersilaturrahmi dengan Bapak. Sekedar informasi, saya adalah alumni KMP angkatan 2002 lulus tahun 2004, dan waktu saya kuliah di KMP saya ikut kuliah Bapak di Manajemen SDM. Kebetulan juga saya bimbingan Ibu Aida waktu penyelesaian tesis saya dulu. Blogs nya sangat bermanfaat dan menarik sekali….. Sukses selalu untuk Bapak…Dan titip salam untuk Ibu ya Pak…

    Wass. wr.wb

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      waalaikum salam ww…..terimakasih mbak yanti…….telah berkunjung ke blog ini………salam anda sudah disampaikan ke ibu aida….dan salam kembali katanya…….semoga anda selalu sukses….amiiin

  603. yusron Says:

    Ass. Wr.Wb. Pak syafri yang budiman semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Ada ganjalan di hati saya, saya menjalankan proyek PNPM dengan pemerintah hanya dibrikan biaya operasional hanya 7 juta selama masa pengabdian saya 2 tahun. Sedangkan operasional itu habis untuk membiayai kegiatan organisasi mulai pengadaan sarana pra sarana. Dan dana tersebut diturunkan tidak secara langsung melainkan bertahap selama 2 tahun. Bagaimana organisasi bisa berjalan dengan kondisi seperti itu. Dalam organisasi ada tim inti sebagai motor penggerak yang bekerja secara marathon. otomatis dana yang ada tidak mencukupi. Hal yang kami lakukan adalah dengan melakukan ‘permainan cantik’ dengan tanpa mengurangi nilai pekerjaan. kita melakukan pengendalian pembelanjaan dan mendapat selisih. Pantaskah selisih pembelanjaan ini menjadi hak kami yang bekerja hanya mengandalkan dana operasional yang tidak cukup. Terus terang kiprah saya di PNPM memang terasa berat termasuk agak sedikit kedodoran dengan kuliah.
    Selanjutnya kenapa selama 1,5 tahun saya belum bisa melakukan pencangkokan kader-kader masyarakat lainnya yang mau berkiprah melakukan pemberdayaan untuk masyarakat. Padahal difusi inovasi sudah saya lakukan. Apa yang dapat merangsang masyarakat lainnya untuk berkiprah dalam pemberdayaan masyarakat dengan konsep kerja sosial. Maaf kata selama ini saya dipandang oleh masyarakat saya, segala-galanya, tanpa saya masyarakat tidak bisa bergerak meski distribusi pekerjaan sudah saya lakukan tapi motivasi dan inovasi masih menunggu apa kata saya. Sekarang persoalannya saya tidak bisa optimal berada di Cirebon karena harus kuliah di Bogor. Mohon solusi dan strateginya pak supaya motivasi inovasi masyarakat muncul tanpa stimuli saya.


  604. waalaikum salam ww….bung yusron saya melihat anda menghadapi beberapa hal (1) dalam periode yang sama terjadi konflik peran antara sebagai kader pembangunan dan sebagai mahasiswa; (2) keterbatasan pembagian waktu untuk masyarakat dan waktu untuk sekolah secara optimum;(3) keterbatasan sumberdaya rupiah yang begitu kecilnya untuk melaksanakan program pemberdayaan masyarakat……..menurut pengalaman hampir tidak mungkin terjadi optimalisasi beragam peran ketika peran itu membutuhkan perhatian sama-sama fokusnya……pasti ada saja konflik bathin dalam bentuk trade off yakni mana yang harus “dikorbankan” demi meraih keberhasilan yang lain…….karena itu anda harus memilih apakah sekolah dahulu baru anda meneruskan proyek atau sebaliknya hingga proyek selesai baru sekolah…..pengambilan keputusan adalah soal memilih…..pilihan pasti berdasarkan urgensinya……pilihan juga akan mengundang resiko…..nah silakan anda pilih mana yang urgensinya tinggi tetapi dengan resiko terkecil….misalnya demi kelanjutan proyek di satu sisi dan sisi lain perlu sekolah maka anda harus memberi kepercayaan kpd salah seorang teman atau kader dari desa itu yang anda nilai siap mengganti anda………maaf saya tidak mampu memberi remedi cespleng……karena saya yakin andalah yang paling tahu……..salam…..

  605. Hamba Allah Says:

    Wa’alaikum sallam…
    Pa’. saya mau bertanya, memang semuanya yang telah saya baca benar..
    tetapi bagaimana cara menghadapi dan menyikapi karyawan yang dimana kondisi perusahaan sendiri dalam sisi keuangan sedang dalam masalah (cash flow tidak bagus) sehingga gaji untuk karyawan selalu tertunda sampai dengan sekitar sepuluh hari dari waktu biasanya akhir bulan setiap bulannya dan mengenai aturan belum dapat respon dari pihak pimpinan sedangkan waktu trus berjalan..(pasti sudah terbayang situasi/suasana lapangan kerja kami)
    Memang perusahaan kami ini termasuk baru berdiri ( sekitar 1 thn lebih) dan saya baru bergabung sekitar 3 bulan sebagai personalia.
    Apa yang harus saya lakukan dan tindakan apa yang harus saya lakukan


  606. mas Hamba Allah……..yang jelas karyawan melakukan protes misalnya bukan karena kesalahannya tapi akibat kelemahan kebijakan perusahaan……karena itu anda bisa mengusulkan perusahaan segera mengeluarkan dana talangan untuk pembayaran gaji……lewat pinjaman dari lembaga keuangan atau bank…..atau menjual sebagian aset perusahaan……asalkan proses produksi tetap bisa berjalan……sementara itu kalau saran anda disetujui manajemen maka anda bisa segera menjelaskan kebijakan itu kepada karyawan…..sekaligus menenangkannya agar tidak melakukan protes besar-besaran……salam

  607. agusmohid Says:

    salam kenal
    saya senang membaca artikel bapak.


  608. salam juga mas agus….terimakasih telah berkunjung……saya pun sempat mampir ke blog anda yang bagus itu…..

  609. finna trisnawaty Says:

    Assalamu’alaikum Bapak..

    Apakah boleh berkonsultasi dengan Bapak via email..? Jikalau berkenan saya ingin mengetahui email Bapak.. Terima kasih, wassalam

  610. finna trisnawaty Says:

    oh iya Bapak, email saya finna_trisnawaty@yahoo.co.id.. Mohon keluangan waktunya disela2 kesibukan Bapak.. wassalam


  611. waalaikum salam ww…….dengan senang hati finna……silakan kontak saya via sjaf43@yahoo.com……salam

  612. yusron Says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Berkenaan dengan aktivitas saya di pemberdayaan masyarakat, sekarang ini saya lagi mencoba kekuatan masyarakat saya dalam hal motivasi dan inovasi. Harapannya semoga ada masyarakat yang dapat membantu saya dalam pemberdayaan yang akan digulirkan dalam hal ini kegiatan sosial dan perguliran ekonomi.
    Di luar masalah ini kalau pak syafri asli dari kuningan, sedangkan nama Bapak mencirikan gelar kebangsawanan banten.

  613. batik Says:

    siip banget informasinya


  614. waalaikum salam ww…..semoga berhasil bung yusron……btw alm ayah saya orang asli Gilegon Banten…….


  615. terimakasih mas budho…..batiknya bagus-bagus

  616. Eja Says:

    Assalamualaikum W W

    Subhanalallah…..

    saya sangat beruntung bisa menemukan blok bapak bagus bangat.

    Saya ingin menjadi orang yang bisa berkomunikasi, dan belajar memberi kometar bukan orang yang selalu bergantung pada orang lain.

    Boleh bergabungkan Bapak

    Tetap Sukses buat bapak.

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      boleh mbak eja….saya pasti senang kita bisa berkomunikasi….walau lewat dunia maya…..

  617. Yana Says:

    Assalamualaikum. Wr. Wb.

    Pak Sjafri perkenalkan saya Yana, saya belakangan ini sedang memperlajari MSDM, saya merasa senang melihat dan membaca blog nya bapak. tulisan dan komentar2nya bagus2. mohon kiranya bapak dapat mengirimkan beberapa ebook ke email saya (novipriyana@yahoo.com) untuk menambah pencerahan bagi saya.

    terima kasih
    Wassalamualaikum

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      waalaikum salam…. terimakasih mbak yana….kalau buku-buku teks tentang msdm sudah banyak sekali tersedia di toko-toko dan perpustakaan……..salam…..

  618. siti/titi Says:

    ass.wr.wb.
    met pagi bapak. Hari ini hari pertama saya membuka dan membaca blog bapak. Bagus dan memberikan semangat saya untuk selalu menyampaikan hal tersebut kepada temen2 lain. Boleh kan bapak saya anggap sebagai sumber referensi saya. saya bekerja di RS swasta. Ada beberapa hal yang ingin saya sharing kan dengan bapak terkain dengan pengelolaan SDM di RS saya. Kira2 berkenankah dan media apa yang bisa saya gunakan?
    lewat buku tamu ini atau yang lain? terimakasih.


  619. waalaikum salam ww….mbak siti terimakasih telah berkunjung……silakan blog ini dijadikan referensi…….kalau mau berbagi info silakan via sjaf43@yahoo.com……..salam……

  620. Maeya Says:

    Salam Kenal, Pak Sjafri…
    Boleh minta alamat email/ no yang bisa dihubungi, Pak? Saya berminat untuk mengundang Anda dalam acara pelatihan.
    Terima Kasih

    Maeya
    maerose11@yahoo.com


  621. salam kenal juga mbak maeya………email saya sjaf43@yahoo.com…..

  622. ilona vicenovie oisina Says:

    Selamat Pagi Pa Sjafri..
    Semoga bapak dan keluarga selalu dalam keadaan sehat dan selamat beraktifitas dihari ini..
    Thx

  623. Dasril Daniel Says:

    Ass Wr Wb,
    Pak Sjafri, Sudah lama saya mengikuti blog Bapak, baru saat ini menyampaikan salam kenal kepada bapak, saya guru bantu di suatu sekolah tinggi di Jambi, saya terinpirasi dari bapak sehingga lebih rajin menulis di blog saya. saya akan belajar terus dengan bapak, melalui blog ini. sekali lagi terima kasih Pak

  624. Andri purna Says:

    Assalammualaikum Wr Wb
    Saya Alumni IPB Pak. Sangat tertarik saya melihat blog bapak. Isinya padat berisi, cukup memberi inspirasi dan menggugah. Saya selalu menunggu tulisan bapak yang bisa memotivasi. Salam saya untuk Ibu dan Keluarga Bapak.

    Wass Wr Wb

    Andri Purna
    (BPN RI)

  625. Agam S Says:

    Ass…
    Pa saya guru SMA di Cianjur..Sy suka buka blog, tapi baru kali ini menemukan blog yang menurut saya Inspiratif..Banyak orang pinter, tapi malas berbagi dan memberi pencerahan motivasi..Bapak kayaknya lain..Semoga bapak berkenan kalau materinya termasuk saya ambil..Sukses untuk Bapak, maju terus pa…Beri pencerahan dalam mencerdaskan anak negeri ini.
    Wassalam.


  626. terimakasih ilona….semoga anda pun sehat-sehat saja……


  627. waalaikum salam ww……salam kenal juga bung dasril……,saya senang anda telah berkunjung….semoga blog ini bermanfaat….btw blog anda apa namanya?…..terimakasih


  628. waalaikum salam ww….terimakasih bung andri…..semoga blog ini bermanfaat….semoga anda sukses selalu…….salam kembali dari keluarga……salam


  629. waalaikum salam ww….terimakasih bung agam telah berkunjung…..silakan manfaatkan dan syiarkan isi blog ini oleh anda….dengan senang hati…… semoga anda sukses selalu….salam

  630. ali Says:

    as. saya selalu berdoa bapak dalam keadaan sehat wal afiat.
    selamat tahun baru imlek. semoga di tahun ini menambah khazanah keluarga besar ronawajah.
    saya mau tanya pak, apakah budaya feodalisme itu ? dan apakah bisa terjadi pada dunia kerja atau perusahaan.

  631. Dasril Daniel Says:

    Terima Kasih Pak Syafri, blog saya namanya Das Venches dan Revitalisasi.


  632. ya bung ali….semoga anda pun demikian……budaya feodalisme bisa terjadi di mana-mana….termasuk didunia kerja…..ini dapat dilihat dari gaya kepemimpinan dan tatakelola yang sentralistik dan kebergantungan pada sang “raja/ratu”……..demokrasi hampir tidak pernah berkembang……respek sepihak….dsb….


  633. bung dasril….saya baru blagwalking ke das venches…..tampilan blog yang sederhana…..tetapi isinya bagus dan perspektif…….

  634. aan Says:

    Pengen sukses mendapatkan ratusan juta rupiah lewat internet?
    email yang anda miliki sekarang bisa lakukan itu.

    Klik aja ke :

    http://www.bisnis5milyar.com/?id=gungde

    lalu klik pada pendaftaran…….isi data pribadi …..

    Sistemnya sederhana, mudah dimengerti dan logis. Apa yang anda cita-citakan selama ini bisa segera terwujud

  635. endah Says:

    Assalamu’alaikum pak…
    Saya endah, mahasiswa MB IPB R40 dan saya juga bekerja di Biro SDM salah satu LPND. Saya sedang mencari inspirasi untuk penulisan tesis tentang SDM. Harapannya, tesis yg saya buat bisa bermanfaat untuk organisasi, amin.
    Mohon masukan bapak.
    Terima kasih sebelumnya
    Wassalam

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      waalaikum salam ww……mbak endah……senang anda berminat untuk memperdalam msdm….semoga sukses…..sampai jumpa nanti di ruang kuliah…..salam

  636. iis Says:

    Assalamu’alaikum pa^^

    kami mohon bantuan, tentang pembobotan struktur AHP di bidang SDM..

    kapan ya kira-kira bisa ketemu bapa?

    trima kasih bapa ^^

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      waalaikum salam……iis, anda mahasiswa dep manajemen fem ipb?…..kalu betul silakan kontak lagi saya via telepon….nanti saya berikan beberapa referensi untuk anda…….

  637. ali Says:

    selamat malam, pak. saya mau tanya lagi. bapak masih mengajar gak ya di semester genap untuk di mayor kpm. saya berharap bapak dapat memberikan kami pengajaran. saya berdoa bapak selalu diberikan kesehatan dan kesejahteraan. wasalam

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      bung ali….saya tidak mengajar kmp di semester genap……sama-sama….terimakasih….

  638. Adi Riyanto S Says:

    Mohon ijin pada bapak, saya menempelken/menggandengkan blog bapak pada blog saya. Terima kasih

    http://arsury.blogspot.com/


  639. silakan mas adi….dengan senang hati….btw saya mencoba meninggalkan kesan dan pesan di buku tamu belum berhasil….pinnya kurang jelas…..bravo….. semoga blognya mas adi yang bagus itu dapat ikut membangun masyarakat belajar dan masyarakat membangun……

  640. mulan Says:

    Selamat siang Pak Sjafri,
    Apakah saya boleh bertukar pikiran tentang karir saya lewat e-mail?
    Terima kasih banyak ya pak….

  641. emmy djatiningsih Says:

    Ass.wr.wb pak Sjafri…salam kenal untuk bapak (yang menurut saya amat bijak). Setelah saya baca tulisan bapak tentang good corporate goverment, apakah saya boleh minta pendapat bapak? apakah ada perbedaan prinsip dengan antara gcg indonesia dengan oecd?
    Terima kasih pak Sjafri…

  642. sanggita Says:

    Subhanallah, saya salut dengan semangat berbagi Bapak. Semoha menginspirasi Bapak saya juga untuk menulis blog, hehe. Saya link ya, Pak.


  643. waalaikum salam ww, salam kenal juga mbak emmy……perbedaan good corporate governance atau tatakelola korporat yang baik dengan oecd atau organisasi kerjasama ekonomi dan pembangunan;pada dasarnya tidak ada….tiap negara oecd menempatkan gcg sebagai pilar untuk mencapai keberhasilan program ekonomi dan pembangunan di masing-masing negara anggota……


  644. mbak sanggita…..semoga saya pun memperoleh inspirasi dari blog sanggita…..blog yang sederhana,padat bermutu, dan enak dibaca……silakan dengan senang hati anda me-link sang ronawajah……

  645. Sutia Budi Says:

    Salut sama Profesor. Smoga sehat selalu. Amien. Tadi saya hadir di Seminar mahasiswa bimbingan Bapak. Tentang Analisis Kemiskinan dan Strategi Penangggulangannya (studi kasus; Pandeglang). Sukses Prof !


  646. bung sutia….terimakasih telah berkunjung……semoga anda selalu sehat dan sukses studinya……..

  647. Burhanudin JP Says:

    Assalamu alikum, Wr,Wb
    Salam kenal Prof, nama saya Burhan JP, umur 53 tahun, kerja sebagai Widyaiswara /pengajar pada Pusdiklat Kehutanan, saya bangga pada bapak tentang kreatifitas dan produktifitas yang tidak henti dalam berbagi ilmu. Semoga Alloh SWT memberikan pahala kepada Bapak dan selalu ada dalam lindunganNYA panjang umur serta sehat. Tulisan bapak banyak menjadi referensi sebagai penambah wawasan saya. Saya sudah tahu e-mail bapak, kalau bapak ijinkan sekali-kali bolehkah saya ngontak bapak untuk konsultasi. Terima kasih sebelumnya. Sukses selalu buat Bapak. Salam buat semua keluarga.

  648. hertomo heroe Says:

    Assalamualaikum , Prof Syafri,

    izin ikut nimbrung di ” Rona wajah ”Bapak kebetulan saya coba merumuskan Kelembagaan PUG ( bidang nya Ibu Aida nih Pak ) , begitu saya ketik di google , syukur Allhamdulillah muncul nama Bapak saya tlusuri terus sampai ketemu rona wajah , boleh ikutan yterus ya pak ngangsu ilmu,
    salam hormat, untuk bapak dan ibu Aida,

    Wassalam, Heroe


  649. waalaikum salam ww…..terimakasih bung burhan telah mampir…..mudah-mudahan blog ini bermanfaat….semoga anda sehat-sehat dan sukses selalu….silakan kita dialog via email atau mampir ke rumah saya yang sangat dekat dengan pusdiklat kehutanan gunung batu sebelah rb dianza…….amiiin…salam


  650. waalaikum salam ww mas heroe….trims telah berkunjung……semoga blog ini bermanfaat….salam kembali…….

  651. Jumanta Says:

    Salam Kenal, Pak Sjafri, nama saya Jumanta, sungguh salut dan bangga melihat orang yang memiliki dedikasi, motivasi, dan keuletan yang tinggi seperti Bapak. Semoga saya dapat mengambil hikmah, teladan, seperti Bapak karena saya juga seorang pendidik. Terima kasih.

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      salam kenal juga bung jumanta…..terimakasih telah berkunjung……semoga blog ini bermanfaat….salam sukses buat anda…..

  652. Ade Putri Utami Says:

    Assalamu’alaikum..Wr.Wb.

    Saya Ade Putri Utami mahasiswi departemen manajemen angkatan 42.Saya ingin konsultasi berkaitan dengan tugas akhir saya. Topik penelitian saya adalah Analisis penerapan model organisasi pembelajar dalam membentuk organisasi pembelajar. namun hambatan yang saya alami saat ini adalah kurang banyaknya buku referansi tentang organisasi pembelajar. menurut bapak buku berjudul apa dan karangan siapa yang harus saya miliki untuk referensi yang berkaitan dengan topik penelitian saya tersebut..
    Mohon bantuannya ya,pak..Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalam

  653. siska Says:

    Assalamualaikum. Saya Siska Nofrianti manajemen 42. Saya ingin konsultasi tentang topik penelitian saya yaitu Human Resources Scorecard. Begini pak, setelah saya melakukan perbandingan antara Tesis yang ada di UI dengan skripsi yang ada di IPB tentang HR scorecard, saya menemukan perbedaan-perbedaan. Dalam tesis UI, disana membahas tentang HR scorecard beserta dimensi-dimensi yang ada pada HR scorecard itu sendiri yaitu HR competencies, high performance work system, HR system alignment, HR efficiency, dan HR deliverable. Sedangkan pada skripsi di IPB yang saya baca, disana membahas tentang 4 perspektif balanced scorecard dan tidak membahas tentang dimensi-dimensi yang ada dalam Human resources scorecard padahal judul yang diambil adalah perancangan HR scorecard. Kira-kira yang dapat saya jadikan acuan untuk pembuatan skripsi saya, tesis dari UI atau skripsi dari IPB pak?

    Mohon bantuannya ya pak
    Terima Kasih
    Wassalam

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      waalaikum salam siska….bergantung pada masalah yang akan diteliti dan apa tujuannya……kedua tipe tesis ui dan skripsi ipb tentang hr scorecard tidak bertentangan satu dengan lainnya……salam

  654. Fajrillah malonda Says:

    Ass, Pak saya rencana penelitian tentang “hubungan budaya kerja dan iklim organisasi dengan kepuasan kerja” bagaimana tanggapan bapak tentang judul saya mohon masukannya pak, dan mohon literatur terkait penelitian saya bisa peroleh dimana. trima kasih sebelumnya pak, sukses dan sehat selalu

  655. MAS TIMBUL Says:

    ass.wr.wb…
    semoga selalu dalam lindunga Allah SWT..amien..
    salam kenal pak,,,
    saya sangat senang sekali membaca artikel di blog bapak..
    ada beberapa yang ingin saya tanyakan :
    1. Bagaimana bapak mendapatkan ide2x tentang MSDM yang menurut saya ide2x yang bapak tulis sangat relevan dengan kondisi sekarang dan merupakan hal yang sangat baru di dunia MSDM, apa ada kiat khusus..?
    2. Bagaimana kiat sukses bapak, hingga saat ini bapak masih banyak dibutuhkan orang..bagaimana kiat-kiat bapak meng-up grade pengetahuan bapak..?
    3. Kiat sukses bapak (maaf pakk..) dalam membina keluarga,sehingga putra-putri bapak bisa sukses…? terus terang saya ada perasaan ” IRI HATI ” (bukan karena harta bapak …lho pak) tetapi terhapap kesuksesan bapak…ilmu pengetahuan bapak yang banyak..IRI dengan ilmu pengetahuan bapak yang banyak, kok bisa ?? padahal bapak sama seperti saya, orang indonesia dan makan nasi tiap hari…!!!
    Apakah orang tua yang sukses, akan melahirkan anak2X yang sukses pula..??tentu tidak ya..pak..!! “Allah tidak akan merubah takdir suatu kaum jika kaum itu sendiri yang mengubahnya”…
    Terus terang saya ingin sukses seperti Bapak, saya ingin berhasil pak..
    Dengan segala hormat, Mohon kiranya bapak dapat membagi tips.., jawaban atas pertanyaa2x saya, dan juga motivasi2x bapak dalam kehidupan ini..
    Atas perhatian dan kerjasama bapak , saya sampikan banyak terimkasih
    wassalam wr.wb…
    Semoga ALLLAH AWT selalu melindungi kita semua…AMIEN…

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      waalaikum salam ww……mas timbul salam kenal juga…saya pun sangat senang bisa jumpa dengan mas….btw tentang tulisan-tulisan yang saya buat selama ini banyak dipengaruhi oleh latar belakang jabatan akademik (guru) dan minat saya di bidang msdm dan sdm….kemudian banyak membaca buku teks, artikel dan berita faktual di berbagai media…..bentuk ini merupakan proses bagi saya untuk tetap terus belajar dan belajar….terus berbagi kebajikan dalam bentuk ilmu pengetahuan…..tentang anak-anak yang sekarang sudah dewasa dan berkeluarga….keberhasilan mereka lebih karena potensi mereka sendiri dan rahasia allah…..saya sebagai ortu hanyalah sebagai pendorong dan pengawas dan teladan tanpa harus mengurangi kebebasan mereka untuk berkreasi dalam studi dan berkarir…..mereka adalah harta bathin yang tak ternilai….resepnya cuma satu yakni doa,usaha, dan pandai bersyukur…… dan semua terjadi karena rahasia dan pertolongan allah…..kebahagiaan seseorang karena dia pandai bersyukur….amiiin….salam

  656. MAS TIMBUL Says:

    ass.wr.wb…
    semoga selalu dalam lindunga Allah SWT..amien..
    salam kenal pak,,,
    saya sangat senang sekali membaca artikel di blog bapak..
    ada beberapa yang ingin saya tanyakan :
    1. Bagaimana bapak mendapatkan ide2x tentang MSDM yang menurut saya ide2x yang bapak tulis sangat relevan dengan kondisi sekarang dan merupakan hal yang sangat baru di dunia MSDM, apa ada kiat khusus..?
    2. Bagaimana kiat sukses bapak, hingga saat ini bapak masih banyak dibutuhkan orang..bagaimana kiat-kiat bapak meng-up grade pengetahuan bapak..?
    3. Kiat sukses bapak (maaf pakk..) dalam membina keluarga,sehingga putra-putri bapak bisa sukses…? terus terang saya ada perasaan ” IRI HATI ” (bukan karena harta bapak …lho pak) tetapi terhapap kesuksesan bapak…ilmu pengetahuan bapak yang banyak..IRI dengan ilmu pengetahuan bapak yang banyak, kok bisa ?? padahal bapak sama seperti saya, orang indonesia dan makan nasi tiap hari…!!!
    Apakah orang tua yang sukses, akan melahirkan anak2X yang sukses pula..??tentu tidak ya..pak..!! “Allah tidak akan merubah takdir suatu kaum jika kaum itu sendiri yang mengubahnya”…
    Terus terang saya ingin sukses seperti Bapak, saya ingin berhasil pak..
    Dengan segala hormat, Mohon kiranya bapak dapat membagi tips.., jawaban atas pertanyaa2x saya, dan juga motivasi2x bapak dalam kehidupan ini..
    Atas perhatian dan kerjasama bapak , saya sampikan banyak terimkasih
    wassalam wr.wb…
    Semoga ALLLAH AWT selalu melindungi kita semua…AMIEN…

  657. MAS TIMBUL Says:

    ass.wr.wb…
    semoga selalu dalam lindunga Allah SWT..amien..
    salam kenal pak,,,
    saya sangat senang sekali membaca artikel di blog bapak..
    ada beberapa yang ingin saya tanyakan :
    1. Bagaimana bapak mendapatkan ide2x tentang MSDM yang menurut saya ide2x yang bapak tulis sangat relevan dengan kondisi sekarang dan merupakan hal yang sangat baru di dunia MSDM, apa ada kiat khusus..?
    2. Bagaimana kiat sukses bapak, hingga saat ini bapak masih banyak dibutuhkan orang..bagaimana kiat-kiat bapak meng-up grade pengetahuan bapak..?
    3. Kiat sukses bapak (maaf pakk..) dalam membina keluarga,sehingga putra-putri bapak bisa sukses…? terus terang saya ada perasaan ” IRI HATI ” (bukan karena harta bapak …lho pak) tetapi terhapap kesuksesan bapak…ilmu pengetahuan bapak yang banyak..IRI dengan ilmu pengetahuan bapak yang banyak, kok bisa ?? padahal bapak sama seperti saya, orang indonesia dan makan nasi tiap hari…!!!

    Apakah orang tua yang sukses, akan melahirkan anak2X yang sukses pula..??tentu tidak ya..pak..!! “Allah tidak akan merubah takdir suatu kaum jika kaum itu sendiri yang mengubahnya”…

    Terus terang saya ingin sukses seperti Bapak, saya ingin berhasil pak..
    Dengan segala hormat, Mohon kiranya bapak dapat membagi tips.., jawaban atas pertanyaa2x saya, dan juga motivasi2x bapak dalam kehidupan ini..

    Atas perhatian dan kerjasama bapak , saya sampikan banyak terimkasih
    wassalam wr.wb…
    Semoga ALLLAH AWT selalu melindungi kita semua…AMIEN…

    E-mail : timbulmas@yahoo.com
    makasih pak…

  658. MAS TIMBUL Says:

    ass.wr.wb…
    semoga selalu dalam lindunga Allah SWT..amien..
    salam kenal pak,,,
    saya sangat senang sekali membaca artikel di blog bapak..
    ada beberapa yang ingin saya tanyakan :
    1. Bagaimana bapak mendapatkan ide2x tentang MSDM yang menurut saya ide2x yang bapak tulis sangat relevan dengan kondisi sekarang dan merupakan hal yang sangat baru di dunia MSDM, apa ada kiat khusus..?
    2. Bagaimana kiat sukses bapak, hingga saat ini bapak masih banyak dibutuhkan orang..bagaimana kiat-kiat bapak meng-up grade pengetahuan bapak..?
    3. Kiat sukses bapak (maaf pakk..) dalam membina keluarga,sehingga putra-putri bapak bisa sukses…? terus terang saya ada perasaan ” IRI HATI ” (bukan karena harta bapak …lho pak) tetapi terhapap kesuksesan bapak…ilmu pengetahuan bapak yang banyak..IRI dengan ilmu pengetahuan bapak yang banyak, kok bisa ?? padahal bapak sama seperti saya, orang indonesia dan makan nasi tiap hari…!!!

    Apakah orang tua yang sukses, akan melahirkan anak2X yang sukses pula..??tentu tidak ya..pak..!! “Allah tidak akan merubah takdir suatu kaum jika kaum itu sendiri yang mengubahnya”…

    Terus terang saya ingin sukses seperti Bapak, saya ingin berhasil pak..
    Dengan segala hormat, Mohon kiranya bapak dapat membagi tips.., jawaban atas pertanyaa2x saya, dan juga motivasi2x bapak dalam kehidupan ini..

    Atas perhatian dan kerjasama bapak , saya sampikan banyak terimkasih
    wassalam wr.wb…
    Semoga ALLLAH AWT selalu melindungi kita semua…AMIEN…

    E-mail : timbulmas@yahoo.com
    makasih pak…

  659. Puad Hasan Dipaleksana Says:

    Assalamu’alaikum pak,
    Salam kenal dari Purwokerto, saya cari di search engine mengenai produktifitas utk memperkaya pengetahuan sehubungan tugas saat ini sbg Productivity and Program Manager di sebuah bank swasta. Jbtn tsb sebelumnya tidak ada, jd new job post, mesti saya cari di luar utk memperkaya pengetahuan. Saya belum membaca semua postingan tp dari moto yang ada ‘syiarkanlah … walau st kata’ sangat menyentuh dan menggugah saya menulis message ini. Krn jarang mrk yang punya ilmu mau berbagi via media ini… gratis lagi.
    Tks n wassalam


  660. waalaikum salam ww…salam kenal juga mas fuad…..jabatan yang menarik dan menantang mas….selamat ya……trims telah mampir, silakan kita berbagi…..salam……

  661. hermansyah Says:

    Saya sangat bersyukur sekali mengunjungi blog Bapak. saya saat ini sedang menyusun tesis manajemen SDM, saya sedang mengkonsentrasi kan kepada masalah kompetensi guru. Karena masalah ini sangat baru dan sangat bermanfaat bagi bidang saya.
    Apalagi dunia pendidikan sedang mengalami “sakit” yang cukup parah. sementara perhatian para peduli pendidikan hanya menyentuh kepada permukaan yang nampak di depan mata “wah” gitu. Saya sebagai mahasiswa pasca sarjana universitas Indonesia dan guru SMA negeri terpanggil ingin mendalami masalah kompetensi guru ini, saya mohon kiranya bapak dapat memberi masukan untuk tesis saya ini.
    wassalam

  662. emmy djatiningsih Says:

    Ass.wr.wb..
    Slamat malam Pak Syafri..

    Pak..boleh saya bertukar pikiran dengan Bapak lewat email bapak? Saya saat ini sedang mengambil mm di unpar bandung..saya ambil sdm..
    Mudah-mudahan Pak Syafri tidak keberatan..

    Terima kasih..
    Wass.wr.wb


  663. waalaikum salam ww…..mbak emmy,silakan kita bedialog ……dengan senang hati via sjaf43@yahoo.com….salam


  664. selamat pagi pak. nama saya robin dari bandung. melihat blog ini, saya jadi teringat dengn kuliah manajemen SDM di bangku kuliah saya.
    saya mempunyai cukup ketertarikan di bidang manajemen SDM. dan sampai saat ini saya masih berpendapat banyak model manajemen SDM, salah satunya model dari Jepang. Ingin sekalian bertanya pak, model apa yang cocok digunakan di Indonesia ini, dimna sebuah model tentunya melihat karakteristik pribadi yang terlibat dalam sistem manajemen SDM tersebut.
    terakhir saya izin menaruh link blog bapak di blog saya ya..sekalian saya juga pa, hehehe..terima kasih pak

  665. andry octavia Says:

    selamat siang pak , salam kenal semoga apa yang bapak tulis menjadi pencerahan


  666. bung robin…..terimakasih telah mampir….tentang msdm model indonesia belum pernah diteliti…..jadi saya tidak tahu……btw silakan saling berlink…..


  667. salam kenal juga andry…..semoga bermanfaat…..


  668. terima kasih pak. blognya saya link ya..


  669. silakan bung robin….trims

  670. Lucia Tutut Widiati Says:

    Saya baru hari ini membaca blog bapak…
    Tapi….kalo saya punya jempol lima…saya pasti acungkan ke bapak semua…tapi sayang saya hanya dijatah 4 sama Yang Kuasa…itupun plus jempol kaki saya Pak….tapi saya sudah pinjem jempol tangan suamiku…jadinya 4 jempol tangan untuk bapak….
    Tulisan bapak bagus banget….suamiku yang manager HR GA sangat terbantu…aku yang Lean Six Sigma Section Head lebih terbantu…
    Terus berkarya ya pak….Hanya ilmu yang bisa kita wariskan ke anak cucu kita khan pak….

  671. Ilona Vicenovie Oisina Situmeang Says:

    Selamat Malam Pa Sjafri…
    Gimana Kabarnya pa? Mudah-mudahan bapak selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Tuhan..
    Amin!

  672. Ilona Vicenovie Oisina Situmeang Says:

    Mlm Pa Sjafri…
    Mdh2n Bapak dalam keadaan sehat..
    Sudah 2 hr ini bapak absen berbagi pencerahan bagi para rona wajah mania…
    Mdh2n Bapak absen 2 hr ini krn lg sibuk bukan krn lg skt..
    Kita tunggu topik2 berikutnya ya pa!
    Slmt mlm n slmt istrhat!
    Thx


  673. mbak ilona….alhamdulillah,saya baik-baik saja…semoga anda pun demikian….belakangan ini saya agak sibuk sehingga komen-komen yang saya berikan agak terlambat….terims atas perhatian….

  674. Ilona V. Oisina Situmeang Says:

    Mlm Pa Sjafri..
    Apakah bsk bpk ada ngajar di IPB?
    Kl bpk ada wkt, Sy ingin ktm bpk untuk meminta tandatangan permohonan bpk menjd pembimbing disertasi sy..
    trima kasih n slmt beristirahat pa!

  675. sjafri mangkuprawira Says:

    ilona…..kontak saya, gunakan saja ponsel atau hp…..

  676. Ilona V.Oisina Says:

    pagi pa..
    Baik pa nanti saya akan hubungi bapak via hp..
    Terima kasih..

  677. sanggita Says:

    Pak, saat ini saya sedang membutuhkan informasi tentang Man Power Zero Growth. Bisakah di-share referensi yang membahas tentang hal tersebut?

    Mohon maaf, saya sudah jauh dari teori2 psikologi industri organisasi, hehe…

    Terimakasih sebelumnya.

  678. Erika Says:

    Siang pak, saya salah satu alumni mahasiswi bapak,..
    senang dech klo bapak ngajar pengetahuan saya jadi tambah
    n klo ngajar bapak ga ngebosenin,always fresh & semangat,,saya malah jadi tertantang untuk menjawab setiap pertanyaan yang di ajukan bapak
    (^_^ kali-kali aja benar..)
    oya pak mau nanya,bagaimana strategi jitu dalam mengalahkan pesaing-pesaing dalam melamar kerja??maupun dlm dunia kerja mendapat posisi yang ok??
    1 lagi pak,Gimana cara jitu bapak, dengan umur sekarang masih tetep exist?pernahkah bapak mengalami kejenuhan kerja/organisasi?
    Terima kasih pak
    Semangat pak untuk mencetak buku-buku selanjutnya..
    smoga always sehat2 aja beserta family


  679. halo erika…senang anda berkunjung….strategi meraih persaingan kerja antara lain….siapkan potensi diri tidak saja dalam hal intelektual atau hard skills tetapi juga soft skills….pelajari secara mendalam pekerjaan yang bakal dilakukan….termasuk kebutuhan yang diinginkan organisasi…..pelajari kekuatan dan kelemahan pesaing….nah siap-siap memahami proses pelamaran termasuk kesiapan teknik wawancara….btw setiap orang pasti pernah mengalami kejenuhan kerja…yang membedakan cuma derjadnya saja….untuk itu yang tetap harus punya keinginan bekerja plus keikhlasan…semua terbungkus dalam sistem nilai beribadah…..oh ya insya allah tahun ini saya akan meluncurkan buku baru “strategi sukses mengelola karyawan”…..semoga erika sehat dan sukses selalu…..


  680. sanggita…bagaimana kalau via email saya sjaf43@yahoo.com…..

  681. chandra irawan Says:

    assalamu’alaikum pak sjafri,

    saat ini saya membutuhkan pengetahuan tentang KPI atau kinerja
    dan referensi buku atau jurnalnya

    mohon kiranya bapak dapat membantu saya
    email saya irawan_chan@yahoo.com
    terima kasih banyak pak

    wassalam

  682. widianto b. poerwoto Says:

    selamat sore bapak

    perkenalkan nama saya widianto, apakah boleh mendapatkan pengetahuan mengelola calon karyawan yang akan di wawancara, misalkan antara laki-laki & perempuan, faktor usia, jenis pekerjaan dll yang berkenaan dengn SDM, karena saya mencoba menggeluti dunia tersebut.

    terima kasih untuk perhatiannya & kiranya mendapatkan bantuan jawaban ke email saya di : wpoerwoto@yahoo.co.id

    Salam
    Widianto


  683. insya allah mas poer…tolong diingatkan kalau saya lupa….


  684. insya allah mas chandra…tolong diingatkan kalau saya lupa….

  685. Agust Girsang Says:

    Peace….

    Saya senang membaca artikel yang ada, untuk dapat mengencourage diri sendiri dan meneruskannya kepada orang lain.

    Salam

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      trims bung agust…semoga bermanfaat….

  686. Syamsu Daris Says:

    Umumnya, para tamu kagum dengan artikel dan Blognya. Kalau saya mah, bukan cuma itu, tapi kagum juga sama Pak Sjafri-nya. Itu lho, udah tua tapi masih tetap Gagah dan Ganteng. Ha… ha…. ha… Punteun Pak, hampir seperempat abad kita gak ketemu, tapi rasanya kok masih sedekat ketika saya jadi mahasiswa Bapak. Semoga Bapak senantiasa dilimpahkan kesehatan dan kebahagiaan bersama keluarga dan dapat terus berkarya. Amin

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      bung syamsu, wah kalau saya ketemu anda…..pasti anda masih tetap ganteng…….ya saya suka merindukan ingin bertemu dengan para mantan mahasiswa saya…..pasti mereka sudah berkarir dengan baik….insya allah lewat dunia maya ini kita intensifkan silaturahim….semoga anda selalu sehat dan bahagia…sukses karir dan kehidupan…..

  687. hmcahyo Says:

    salam kenal Pak… wah kalo dosen pada ngeblog kayak Bapak, Pak husnun (husnun.wordpresss.com), pak HEru (kajiankomunikasi.wordpress.com) kita2 bisa cepet pinter neh :)

    salam dari malang Pak :D


  688. mas cahyo….salam kenal juga….saya senang baca blog learn english….lewat media syiar agama yang bagus…..salam dari bogor….

  689. Niken S. Winarni Says:

    Hi Om Sjafri …. udah mampir nih ….
    Seneng euy baca2 blognya …. keep writing ya Om …


  690. hi juga niken…trims sudah nongol…buka blog juga ya…biar kita share….salam buat semua……

  691. Bambang Wahjudjati EN Says:

    AssWrWb, pak SJAFRI, saya telah berkunjung ke blog bapak….wah seneng baca tulisan-tulisan yang ada di blog bapak….ibu juga ada blognya pak ? Saya juga ingin add FB ibu bisa pak ? hatur nuhun..WassWrWb.

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      waalaikum salam…mas bambang, trims telah mampir…semoga bermanfaat…tolong link juga ke sobat yang lain….btw ibu aida belum buka blog dan fb……insya allah….nuhun….

  692. Reslawati Says:

    Salam silaturrahmi..
    Prof. sekilas aku sdh baca tulisannya di blog rona wajah ini…sangat menambah wawasan..sekaligus jadi tempat konsultasi yang efektif. banyak hal yang bisa di dapat dari blog ini…ilmu, pengetahuan, saran, dll..pokoknya patut diteladani….

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      trims resla sudah berkunjung…semoga bermanfaat……salam

  693. Taufik Anwar Says:

    Pagi P Sjafri….kebetulan sj sy mencari artikel atau apapun namanya, yg berkaitan dgn kompetensi…buat persiapan test pd job opening manajer…tkasih banyak, blog ini jadi sangat membantu persiapan sy….Salam kenal Pak.

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      trims mas anwar telah berkunjung…semoga bermanfaat……salam kenal juga

  694. Aprini Sarah Marpaung Says:

    Ass Prof…saya Sarah, Alumni IPB Manajemen 39. Sekarang saya sudah kembali ke daerah saya di Medan dan bkrja di perbankan syariah. Alhmd. berkat bimbingan Bpk selama menjadi pembimbing skripsi saya dulu,saya byk termotivasi oleh Bpk. Buku Rona Wajah yang bpk beri kpd kami anak2 asuhan Bpk, byk yg suka loh Pak, mama saya aj seneng bacanya.. Saya seneng bgt bs mmbc tulisan2 bpk. Ingin rasanya maen ke Bogor dan ketemu Bpk..truz..ketemu cucu Bpk yg lucu&smart itu..Saya ingat bgt klo Bpk sering bercerita ttg Ara. Gmn kbrnya skrg, Pak?? sudah kelas brp??
    Mungkin Bpk g ingat lg sm saya yah??he..anak2 Bpk kan byk bgt.
    Sekedar mengingatkan Bpk, saya dulu meneliti ttg efektivitas Pelatihan ESQ,. Key. Mr. Sjafri Mangkuprawira yang saya banggakan..met malam..see u some day..i do hope it will.


  695. waalaikum salam….sarah,tentu saya masih ingat anda…..selamat anda telah bekerja, semoga sukses…sukurlah kalau buku ronawajah laris dibaca….oh ya ara sedang sibuk-sibuknya menghadapi UAN sekolah dasar….doakan ya….jangan lupa mampir ke rumah saya ketika anda visit bogor some other time….salam berkarya…..amiin

  696. Mas Gaptek Says:

    Blogwalking, eh dapet tulisan soal organisasi kantor disini. Mencerahkan dan informatif, salam kenal..

  697. yossi Says:

    Assalamualaikum,,,

    pak Sjafri apa kabar?masih ingat pak sama saya?yossi?
    rasanya sudah lama sekali pak tidak menghubungi bapak.

    semoga selalu sehat ya pak,,,


  698. mas gaptek salam kenal juga…..semoga bermanfaat ……

    1. yossi Says:

      amin,,,terimakasih doanya pak,,,


  699. waalaikum salam…..baik-baik saja…semoga yossi pun demikian….tentu saja masih ingat yossi….keep in touch ya….


  700. ingin pasang iklan murah? ingin penghasilan tambahan besar tanpa modal? ingin mencari kerja? ingin mengetahui tentang dunia internet? ingin menjadi affiliate secara gratis? kunjungi dan join ke http://informasinetonline.blogspot.com. semoga bermanfaat.

  701. Hasan Suharna Says:

    Assalamu alaikum……
    Wilujeng sonten Pak Syafri…salam kenal…
    Saya sudah sering ikuti tulisan Bapak di Indosdm, tapi baru kali ini sempat berkunjung ke Rona Wajah.
    Rupina Bapak teh batur salembur. sami-sami ti Kuningan….
    Tulisan-tulisan Bapak sangat bermanfaat, berbobot namun disajikan dengan bahasa yang sederhana. Produktifitasnya sangat mengagumkan, saya jadi pengen niru nih.
    Wassalam.

  702. bony Says:

    assalamualaikum pak, uda lama ga muncul di blog ini,,,mohon maaf sebelumnya pak, tapi kalo boleh minta masukkan buku sumber daya manusia yang bagus,,,tolong kirimin ke email aja
    orychalum@yahoo.com

    sertakan judul dengan pengarangnya…mohon kerjasamanya pak, semoga kebaikan bapak dibalas Allah SWT
    wassalam


  703. waalaikum salam…wilujeng tepang…..mugi manfaat….salam


  704. waalaikum salam…wilujeng tepang kang hasan…..mugi manfaat….salam

    1. Hasan Suharna Says:

      Hatur nuhun Pak Syafri. Salam sukses. Saya selalu membaca tulisa-tulisan Bapak, walaupun tidak secara langsung saya applikasikan.

      Hatur nuhun…
      Wilujeng.


  705. bony….silakan ke toko buku dan perpustakaan…banyak buku msdm stratejik yang bagus…..

  706. bony Says:

    maslahnya pak, aq tinggal di kota yang hanya satu toko bukunya dan buku SDM sangat langka…jadi perlu banyak info dan pesan di daerah Jawa

  707. Chandi Salmon Conrad Says:

    Selamat Pagi Pak Sjafri,
    Salam Kenal Pak..
    Perkenalkan nama saya Chandi, Saya adalah muridnya pak Riri di MM PPM Manajemen, saat ini saya sedang mengambil thesis mengenai restrukturisasi organisasi dengan menggunakan metode working complexity nya Elliott Jaques.

    Senang bisa tahu blog ini pak, saya bisa banyak belajar dr blog ini, kalau mau beli bukunya kemana ya pak?

    Have a nice day pak :-)

    Your’s
    Chandi SC


    1. salam kenal juga bung chandi….topik thesis yg menarik…banyak baca buku teori organisasi…..banyak tersedia di gramedia….salam sukses….

  708. alibeta Says:

    Selamat siang Pak Sjafri,
    Salam kenal Pak, appreciated untuk Bapak dan Tim. Saya interest dengan blog ini. Beberapa saat yang lalu sy coba search beberapa artikel mengenai kepemimpinan dan kinerja hingga menemukan artikel dalam blog ini yang sangat cocok untuk saya. Namun saya sangat mengharapkan bantuan Bapak utk referensi Buku yang Bapak gunakan utk pengisian pd daftar pustaka pada tesis yg sedang saya susun. Selain ini jika Bapak ada waktu mohon bantuan mengirimkan artikel gaya kepemimpinan (leadership). Tarimokasiah. Doa dhan harapan saya, Bapak senantiasa sehat dan dalam lindungan-Nya.


    1. salam kenal juga alibeta…..coba anda lihat beberapa komen pada artikel ttg kinerja dan penilaian kinerja disitu saya bvanyak memberi referansi yg dapat digunakan….beberapa artikel kepemimpinan pun tersedia pada blog ini…salam sukses


  709. Assalamu alaikum….
    Wilujeng siang Pak Syafri. Maaf, sedianya saya mau kirim email, tapi gagal terus. Langsung saja ya Pak, setelah perkenalan beberapa waktu lalu, trus saya ikuti tulisan-tulisan Bapak, selanjutnya sasya ada satu permohonan untuk Bapak.
    Saya sedang merancang Satu Website tentang Manajemen Rumah sakit bersama dengan beberapa teman. Untuk itu, saya mohon kesediaan Bapak untuk bisa jadi kontributor di web kami, seperti yang Bapak lakukan di Indosdm. Hatur nuhun sateuacanna.

    Salam,
    Hasasn.


    1. waalaikum salam kang hasan…..mangga tiasa diakses kanggo web anda….nuhun

  710. visakana Says:

    Assalamualaikum Pak…
    Numpang mampir di blognya…


    1. waalaikum salam…trims sudah mampir visakana

  711. yossi Says:

    bapak,,selamat hari jadi ya pak semoga berkah usia yang di berikan Allah bermanfaat dan bisa terus menyiarkan kebaikan. semoga ilmu bapak dapat bermanfaat dan di manfaatkan semua orang.
    amien,,,


    1. amiiin….trims yossi…semoga anda sukses selalu……salam


  712. Dear Pak Sjafri,

    TK dan apresiasi atas blog Bapak. Sangat membantu dalam pemahaman terhdp pengembangan SDM. Selama ini saya banyak bergelut di perencanaan program kerja. Begitu tour of duty ke pengembangan pegawai, benar2 lebih spesifik. TK sehingga saya punya referensi.

    Salam SEHAT,

    don_C


    1. trims nagiot…semoga blog ini bermanfaat…..salam sejahtera….

  713. Sri Sulistiawati Says:

    Assalamualikum Pak Syafry….

    Minggu ini saya baru menemukan blog Bapak, biar agak terlambat tapi sangat bermanfaat. Salut dengan Bapak, tetap kreatif dan tambah semangat sepertinya. Membaca artikel-artikel Bapak, bisa menyegarkan kembali memory saat jadi mahasiswa Bapak di MMA. Oh Ya, semoga Bapak masih ingat saya yang sekarang ada di Manokwari.


    1. waalaikum salam….amiiin…ya mbak wati saya masih ingat mahasiswa berprestasi cemerlang….saya tunggu lagi di bogor menjadi mhs doktor mb…..


  714. Pak Syafrie, sosok guru besar IPB yang saya kagumi. Terima kasih telah menjadi inspirasi untuk tetap menjaga semangat mudanya dan menebarkan kebajikan untuk sesama.

    Saya Rian Pak, anggota bloggerIPB.org yang pernah berkunjung ke rumah Bapak. Terima kasih untuk bukunya. Doakan saya Pak biar cepet lulus :)


    1. ok rian…trims telah mampir….semoga anda sukses studinya…..amiin

  715. imran Says:

    thank’s Prof. ur article are important for…..: anak bangasa bangsa ini….teruskan berkarya kami menantikan kan ….yg selanjutnya…..sebagaian yg saya alami ditemui dalam karyamu…..Prof.

  716. Yono Says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Salam perkenalan, dan saya baru saja mengirim perytanyaan lewat email Bapak. Sebelumnya terima kasih atas solusinya.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      mas yono tolong kirim ke email saya lagi…maaf yg terdahulu terhapus…..

  717. Sari Says:

    Sukses Selalu!! Semua tulisan Bapak sangat bermanfaat untuk team building di perhotelan. Terus berkarya Pak..tulisan Bapak membuat saya jadi tambah tertarik dengan Human Resources Management sekalipun saya bukan lulusan sarjana psikologi, hukum atau manajemen.


    1. trims mbak sari….semoga anda semakin tertarik pada MSDM…salam

  718. razwir Says:

    Ass Wr Wb.

    Saya senang dapat membuka situs ini yang cukup membantu saya

    Terima kasih


    1. semoga bermanfaat bung razwir

  719. windarti Says:

    Asw. Pak Sjafri
    Saya windarti, mahasiswa manajemen IPB. Wah, saya senang sekali bisa mendapat wawasan mengenai SDM melalui web ini, karena jujur,, saya lebih suka membaca di internet daripada di buku.
    Bapak, kalu tidak keberatan, saya ingin menanyakan mengenai salah satu metode dalam Appraisal performance, yaitu point allocation method. Sejauh ini, saya sudah mencari-cari literatur mengenai penilain kinerja, namun hanya penjelasan secara general mengenai penilain kinerja. Saya sangat berharap Bapak memebri penjelasan mengenai pertanyaan saya ini. Terimakasih banyak sebelumnya.

    Regard,
    Windarti
    Undergraduate student
    Dept. of Management
    IPB


    1. ya windarti….teknik penilaian kinerja cukup banyak….bisa dengan audit model,assessment centre,balanced score card,dsb….coba cari waktu untuk diskusi dengan saya nanti….salam

  720. reki Says:

    assalamualaikum bapak…..
    saya mau tanya pak,
    saya akan melakukan penelitian dengan metode AHP.
    1) sebenarnya apa peran pakar dalam metode ini pak?apakah pakar itu bisa disebut sebagai responden kita?apakah pakar juga masuk dalam struktur hirarki AHP?
    2) untuk mengidentifikasi faktor dalam hirarki AHP, apakah mutlak dilakukan wawancara dan apakah semua responden yang dilibatkan dalam penelitian tersebut harus diwawancarai?
    3) judul penelitian saya InsyaAllah adalah analisis strategi pemasaran jasa pada hotel ABC. Untuk judul semacam ini berapa responden yang paling baik saya libatkan?
    terima kasih atas jawaban bapak….kalau bisa jawabannya dikirimkan ke email saya di reky.gusman@ymail.com ya pak.
    wassalam….


    1. reki…insya allah saya akan jawab via email…ingatkan saya ya….

  721. ali alamsyah Says:

    as. selamat pagi prof, saya berdoa bapak senantiasa mendapat curahan rahmat. ada yang saya mau tanyakan. Akhir-akhir ini sering sekali membicaraka marketing politik. apakah dalam ilmu manejemen berlaku untuk marketik manajemen politik. terima kasih.


    1. ya bung ali…mirip dengan istilh social marketing atau penyuluhan atau penerangan tentang sesuatu kepada khalayak…..agar perhatian khlayak meningkat,lalu juga minat,keingginan,dan keputusan serta aksi terjadi sesuai dengan isi pesan dalam promosi pemasaran sosial dan politik…..

  722. Jajat Says:

    Assalamualaikum.
    Perkenalkan saya Jajat, guru di SMKN 1 Kuningan sejak thn 1985. Asal Tangerang. Tamat D3 PGKP-Fapoltan IPB thn 1985.
    Terus terang saya tertinggal oleh yg lain dalam menyimak tulisan Bpk. Luar biasa… saya semakin termotivasi. Saat ini saya sedang mencoba berbagi ilmu dg petani/masyarakat Kuningan dlm usaha perikanan dlm wadah JKMPP (Jaringan Komunitas Masyarakat Peduli Perikanan). Semua dilakukan mandiri. Tdk ada yg biayai dan dibiayai. Bahkan saat ini sedang dipersiapkan utk pembinaan di lapas Kuningan. Kami tdk mau meminta apapun, tetapi menerima apapun untuk anggota. Tim kami hanya 8 orang, tetapi yg aktif cuma 4 orang. Berkaitan dg kepakaran Bapak, sudilah kiranya memberikan saran dan bimbingan untuk kami. Terima kasih


    1. kang jajat…usaha dan upaya yg mulia…sangat jarang dalam situasi bangsa seperti ini ada kelompok pembangunan yg mandiri yg anda kelola ini…..semoga sukses….


  723. Ass. wr.wb

    pak syahfri yth,
    berkali-kali saya kunjungi blog ini, namun baru hari ini saya memiliki kesempatan percaya diri untuk menulis dibuku tamu dan setelah saya beretmu dengan bapak dikelas. Ternyata, suami saya sudah lebih dulu mengisi buku tamu ini tanggal 5 peb..waah keduluan jadi malu deh.

    saya sangat sepakat dengan bapak, bahwa kita harus selalu bersyiar untuk kebajikan. kita harus selalu ingat bahwa kita dianjurkan untuk selalu menyampaikan kebajikan walau hanya satu ayat.

    oh ya.. blog saya dalam perbaikan, mudah-mudah2an kita dapat sering berdiskusi di dunia maya (bukan hanya dikelas).

    sukses untuk akan dilaunching buku baru manajemen etika bisnis (mudah-mudaha2an saya bisa dapat langsung dari penulisnya lagi neh ..heheh) semoga Allah selalu meridhai langkah kita untuk selalu mencerdaskan diri kita dan berbaginya dengan orang lain.

    wass..


    1. ayo mbak alida….buka blog anda lagi…..kita berdiskusi via dunia maya….sukses selalu….

  724. affie Says:

    assalamu’alaikum..
    salam kenal pak sjafri..

    saya mahasiswa s2 sedang tesis mengenai evaluasi kinerja karyawan khususnya di instalasi farmasi rumah sakit…dan saya kaitkan dengan implementasi ISO 9001:2000 yg sudah jalan 1 tahun di RS tersebut..

    tp saya msh binggung data yang harus saya ambil berkaitan dengan kinerja karyawan..

    mohon bantuannya..
    terimakasih,


    1. ya mbak affie…saya masih kurang memahami tentang kebingungan tentang data…apakah maksudnya data kualitatif dan kuantitatif, sumbernya,pengolahan dan analisisnya????….

  725. Reki Says:

    terima kasih bapak…..saya sebenarnya juga sudah mengirimkan pertanyaan sejenis ke email bapak di sjaf43@yahoo.com pada 14 mei.
    di balas ya Pak.
    wassalam…..


    1. reki…bisakah dikirim kembali via email saya….

  726. reki Says:

    assalamualaikum bapak….sebelum nya mohon maaf karena responnya agak lama.
    saya sudah kirim ulang ke email bapak. topiknya adalah “tanya tentang AHP” dari reky.gusman@ymail.com
    terima kasih bapak.


    1. reki…insya allah saya akan tampilkan dalam bentuk artikel dalam postingan ini….

  727. reki Says:

    terima kasih bapak…..

  728. Mary S. Maryam Says:

    Assalamu’alaikum,

    Walaupun relatif terlambat, pada hari ini alhamdulillah saya secara tidak sengaja “menemukan” Rona Wajah yang mencerahkan hati dan mengilhami siapapun peminat MSDM, termasuk saya sendiri.
    Terima kasih banyak, Pak.

    Wass’
    Mary

  729. nofri Says:

    Assalamu’alaikum,

    Semoga ilmu atau pengetahuan yang telah Bpk sampaikan bermanfaat bagi generasi mendatang dan bagi Bpk mendapatkan pahala dari Allah SWT, aminnn…


    1. waalaikum salam nofri…..amiin….terimakasih…salam

  730. aswan Says:

    Assalamualaikum…
    setelah sya membaca tulisan bapak kemudian saya tertuju pada foto bapak sayasangat terkesan dengan tulisan dibawah foto bapak tersebut.sebuah kalimat sederhana menurut saya namun sangat dalam maknanya…..

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      ya insya allah…bung aswan…trims….

  731. lili Says:

    Assalamu’alaikum.
    salam hormat dari saya untuk profesor.
    saya selalu ngefans sama yang namanya profesor jd kalo kuliah, saya paling suka kalo dosen yang ngajar punya gelar profesor.
    saya sih gak pernah kepikiran jadi profesor karena kok kayaknya susah banget ya?


    1. waalaikum salam…..lili…jadi profesor memang syaratnya tidak ringan…harus punya karya di tiga bidang yakni pendidikan/pengajaran,penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dan integritas kelimuan dan kepribadian….siapapun bisa termasuk anda nantinya…..


  732. ass wr wb… salam kenal prof…sy pns yg berusia hampir 50 th namun baru sadar perlunya belajar mgt..skrg sy kuliah msdm dan wktnya nyusun tesis…sbnarnya bnyk masalah ktr yg bisa jadi topik tesis…jadi sbaiknya bgmn prof? website prof sangat menarik perhatian sy…trims, wass wr wb


    1. waalaikum salam….mas achmadi…saya belum sempat mengomentari lewat email…..insya allah….tolong diingatkan….trims telah mampir….


    1. waalikum salam …trims SeR4Y4 telah mampir dan lewat blog ini…saya sudah mampir ke blog anda Quran dan Sunnah yang bagus penuh nasehat itu….

  733. Pardan Prasetyo Says:

    Salam….. Bung Syafri, semoga ketulusannya mendapatkan ganjaran Allah SWT karena informasi dan sharing ini banyak dirasakan manfaatnya bagi smua…
    Wassalam

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      amiin..terimakasih mas pardan…salam

  734. khairunnisa amaliah Says:

    aku ingin sekali menjadi oramg yang BIJAK..

    menjadi bijak dalam segala HAL.. :D 8)

    :*

  735. windarti Says:

    Assallamuallaikum Pak Sjafri

    Saya Windarti, mahasiswa manajemen 43, FEM IPB.
    Bapak, saya butuh bimbingan dalam menulis skripsi. Saya sangat tertarik mengenai knowledge management, namun saya sangat sulit sekali mencari studi pustaka di LSI maupun perpus FEM. Sepertinya jarang sekali yang menulis mengenai topik ini.

    Saya rencana ingin menulis mengenai Analisis Penerapan Knowledge management pada PT X dalam peningkatan pemberdayaan sumberdaya manusia. menurut Bapak, bagaiaman judul ini pak?
    Saya masih bingun menentukan metode penelitian yang bisa digunakan.

    Saya sangat menanti jawaban bapak. Terimaksih atas kesempatannya. ditunggu ya Pak jawabnnya…. Terimakasih….

    Best regard,
    Windarti
    Undergraduate Student
    Department of Management
    IPB


    1. windarti….ada yang lebih ahli lagi dan penelitiannya (disertasi) tentang knowledge management yakni bu anggraini; dosen dep manajemen…silakan kontak dia…..salam sukses….

  736. arifin Says:

    pak sy orang paling gaptek yang mengunjungi web bpk ” tapi saya selalu ingin tau apa yang asaya blm tau””’


    1. bung arifin…rasa ingin tahu atau penasaran dari seseorang tentang sesuatu…sebagai indikasi dia sangat berbakat untuk menjadi peneliti….saya pun hingga kini masih gaptek untuk beberapa hal….salam….

  737. arifin Says:

    pak sy orang paling gaptek yang mengunjungi web bpk ” tapi saya selalu ingin tau apa yangsaya blm tau””’


    1. waalaikum salam bung syamsul…..

  738. tri harsini wahyuningsih Says:

    luar biasa bapak sjafri ini…..saya jadi malu dengan diri saya sendiri yang belum berbuat apapun….btw pak, gimana kalo salah satu naskah buku bapak diterbitkan di penerbitan kami? kebetulan saya juga mengelola unit bisnis bidang penerbitan dan percetakan buku di salah satu PTS di Yogyakarta…Pendistribusian buku kami juga melalui beberapa toko buku besar di seluruh Indonesia koq, pak….Saya ingin banyak belajar dari Bapak, yang sukses dalam segala hal….Insya Allah, sukses dunia akhirat


    1. trims mbak tri….semoga anda banyak berbuat…btw buku-buku saya dan teman-teman diterbitkan di pt ipb press….pendistribusiannya lewat gramedia,gunung agung dll….salam sukses….

  739. Rachel Marx Says:

    Siang Pak Sjafri,
    Terimakasih Banyak atas atikelnya, Pak. Sekaligus minta ijin untuk mengcopy dan akan saya gunakan dalam bahan tugas paper saya.
    Terimakasih dan terus berkarya , Pak Sjafri.


    1. bung rachel…silakan artikel saya dicopy sejauh untuk kemaslahatan umum….salam karya…..

  740. Amali Says:

    Assalamualaikum…

    Salam kenal Pak Sjafri,,
    Saya banyak mendapat pencerahan di blog anda ini terkait dengan pekerjaan saya.
    Terima kasih banyak pak..
    Ditunggu tulisan2 lain yang lebih dahsyat..

    Regards,
    Amali Azminur
    Alumnus Psikologi UI
    HRGA Staff PT. Komatsu Reman Indonesia


    1. waalaikum salam bung amali…salam kenal juga…semoga blog ini bermanfaat buat anda…salam

  741. Agustian Says:

    Salam Sejahterah dan Salam kenal buat Pak Sjafri,

    Nama saya Agustian, menyambut baik blog ini. Walaupun kita tidak saling kenal atau mungkin suatu saat nanti, tapi saya harap melalui blog ini kita bisa saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman sehingga bisa memberikan manfaat yang baik khususnya tentang SDM dalam rangka membangun manusia Indonesia yang lebih berniai, kompetitif, dan humanis.

    Saya yakin dengan pengalaman Pak Sjafri bisa memberikan sesuatu kepada saya yang masih mudah untuk terus belajar tentang sesuatu yang bernilai baik untuk pribadi saya maupun orang orang lain. Jadi sekali lagi trima kasih.

    Salam sukses selalu buat pak Sjafri.

    Thank,

    AGUSTINUS GIUS GALA

    Alumnus Univ. Atma Jaya Yogyakarta
    Business Advisor of Global Artha Futures Jakarta


    1. sama-sama bung agustinus….terimakasih…..semoga anda pun selalu sukses….

  742. Ika Wahyuni Says:

    assaLamu’aLaikum pak…
    saya mahasiswa komunikasi tingkat 2 di salah satu PTN di Sumatra…
    saya saLut membaca riwayat akademis Bapak..
    say juga ingin menjadi anak bangsa yang Cerdas seperti Bapak… :-)


    1. ika..insya Allah anda bisa…asalkan terus berdoa, belajar, dan berkarya…demi ridha allah….

  743. Supratman ws Says:

    Ass.wr.wb.
    Saya mahasiswa Program doktoral pada The National University of Malaysia, sangat terkesan dengan blog bapak, khasnya riwayat pendidikan dan keberhasilan bapak menjadi pemimpin daripada isteri dan anak-anak, sehingga semuanya berhasil menempuh pendidikan tinggi. salut dan satu apresiasi buat bapak. semoga konsep dan proses meraih itu semua dapat ditularkan kepada yang lain….semoga!!!


    1. waalaikum salam…terimakasih mas supratman….semoga studi anda berjalan lancar dan sukses…..

  744. nurussadad Says:

    Pak Sjafri mau nanya Pak.

    Faviconnya udah berubah jadi Photo sendiri.. Bapak Upgrade CSS kan?


    1. bung sadad…maaf saya kurang paham maksud anda….bisa dijelaskan?…trims

  745. Nurul Fadilah Says:

    Assalamu’alaikum pak. Senang dan bangga bisa baca karya Bapak. Saya mahasiswa sedang dalam penyusunan skripsi. Apa Bapak juga pernah menulis karya ilmiah tentang budaya kerja dan loyalitas?

    Terima kasih atas balasannya.
    Wassalam.


    1. waalaikum salam nurul….silakan lihat kategori..disini ada tulisan ttg budaya kerja….

  746. Wahyu Susila Nugraha Says:

    Ass Wr Wb.
    Saya sangat bersyukur sekali menemukan blog Ronawajah ini karena sangat membantu dalam pengembangan diri dan kesuksesan dalam berkarier.
    Wass Wr Wb


    1. waalaikum salam…semoga bermanfaat….

  747. wilmar Says:

    I would like to say THANKS for this web (http://ronawajah.wordpress.com) that created and arranged by Mr. Sjafri. This web can make me got much information ‘n learning knowledge in developing motivation SPIRIT N MENTAL. Outgiving I think that in the work (private sector employees) in one of the MNC company feel less valued, from the point of ability, privasi, n my needs.

    i will suggest n hope to make a grup or follower way in this web so that can us being closer relationship.

    SPIRIT ‘N GOING TO BE BEST PERSONALITY!


    1. mr wilmar…thanks to you for appreciation….


  748. Salam MSDM,

    Pak Sjafri yang baik.,

    Ini ke2 kali saya berkomentar, maafkan bila saya bertanya dan ternyata sudah ada informasi terkait dalam blog bapak ini.

    Mengenai critical mass (CM) pegawai dalam suatu organisasi. Saya sudah mencoba cari referensi di internet tapi belum ada yang memuaskan keingintahuan saya.

    Beberapa hal yang sangat saya butuhkan:
    1. Apa kaitan/pengertian CM dalam manajemen SDM
    2. Bagaimana CM untuk pengembangan SDM di organisasi
    3. Bila organisasi saya, lembaga riset dan pengembangan kesehatan, akan restrukturisasi yang lebih mengedepankan aspek keilmuan/kepakaran, notabene peneliti yang dominan, bagaimana menyusun CM nya tanpa melupakan pekerja lain (teknis dan supporting staf)

    Mohon pencerahan Bapak.

    TK dan Salam SEHAT,

    don_C


    1. bung nagiot…trims atas pertanyaannya…insya allah nanti saya tanggapi…buru-buru nih ada tugas di jakarta…salam

  749. wini Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb.,Bp. Prof. Sjafri. Alhamdulillah saya menemukan blog Bapak. Sangat bermanfaat, ilmu saya bertambah. “Two tumb up” atas semangat Bapak untuk tetap membagi ilmu.

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      waalaikum salam…semoga bermanfaat mbak wini

  750. vahmi Says:

    Assalamualaykum wr.wb.
    Salam kenal pa…
    Isi blog bapa, membantu memberikan inspirasi buat saya…
    trimakasih pa.

  751. vahmi Says:

    Assalamualaykum wr.wb.
    Salam kenal pa…
    Isi artikel-artikelnya bapa, membantu memberikan inspirasi buat saya…
    trimakasih pa.


    1. alhamdulillah…semoga bermanfaat vahmi…


  752. Assalmualaikum….. pesan moral di halaman muka sangat baik….. saya setuju sekali… dan berupaya menerapkan…. semoga Allah ridho


    1. waalaikum salam….amiin….trims bung nazaruddin….

  753. Ramadhan Prabowo Says:

    Assalamu’alaikum..
    Salam kenal Pa’ Sjafri…saya seorang mahasiswa manajemen bisnis yg sedang menyusun TA.. dengan adanya blog ini smoga dapat membantu saya dalam menyusun TA..

    Smoga bapak dapat terus berkayra lagi…Sukses selalu Pa’..!!
    Wassalam Wr.wb.


    1. waalaikum salam mas prabowo…salam kenal juga…amiin…semoga blog ini bermanfaat….

  754. trinurti Says:

    salam kenal pak…
    artikel bpk, sangat mbantu saya mencari cara n jalan mjadi dosen yang baik (syukur2 mjadi manusia yang brtakwa)
    saya minta ijin blog bpk, saya link
    makasih pak


    1. mbak trinurti…salam kenal juga…amiin…silakan dilink…

  755. indraty Says:

    Bapak sebagai profesor jelas tidak akan resah, pensiun 65 th dan tetap digunakan oleh kampus sampai kapanpu selama sehat dan kuat. Bagaimana dengan peneliti perkebunan yang pensiun umur 56 tahun dan tidak ada kompromi lagi? Menurut bapak sebaiknya harus apa?


    1. mbak indraty…pensiun adalah fenomena struktural suatu organisasi…di samping fenomena alami dan manusiawi….kalau yg bergerak di bidang penelitian perkebunan…setelah masuk masa pensiun antara lain bisa dgn cara selfemployed di dunia bisnis produk-produk riset,bekerja sbg oursourcing atau tenaga akhli di lbg riset atau biro konsultan,menulis buku dan jurnal ilmiah,mengajar di sekolah dan perguruan tinggi,dsb….

  756. Angkycelo Says:

    Sukses buat blognya Pak Sjafri…. Blog yang sangat bermanfaat buat kami yang baru dalam dunia proyek..smoga bermanfaat bagi semua orng…amiin


    1. terimakasih bung angkycelo…semoga…


  757. hai rona dan roni saya nak bagi tau siapa kah yang suka dekat rona…………..???????????????

  758. sherlywati limijaya Says:

    Selamat malam Pak Sjafri..
    Salam kenal..
    terimakasih untuk waktunya dalam menuangkan pemikiran, masukkan, juga inspiratifnya di blog ini..sangat bermanfaat bagi saya dalam membangun karir, menjalankan kuliah pasca sarjana dan dalam membangun bisnis kecil-kecilan saya..
    lanjutkan karyanya Pak..:)terimakasih banyak..


    1. terimakasih mbak sherly…semoga blog ini bermanfaat….

  759. ABDUL AZIZ Says:

    Assalamu’alaikum

    Alhamdulillah, baru pagi ini saya bisa mengenal Bapak. Saya baru beberapa waktu lalu ikut-ikutan blogging. Bukan apa-apa, tapi saya betul-betul tidak mengerti dunia maya ini.

    Dengan mengenal Bapak yang lebih tua dari saya, semangat saya bangkit kembali. Usia saya hamoir 56 tahun.

    Mudah-mudahan jalinan silaturahmi bisa lebih erat. Kapan-kapan mampir ke Cianjur.

    Terima kasih

    Wassalamu’alaikum.


    1. waalaikum salam bung aziz…senang kenalan dengan anda…saya sudah mampir ke blog anda yg bagus itu…semoga silaturahim kita berlanjut….

      1. ABDUL AZIZ Says:

        Asslamu’alaikum,
        Aduh Pak bagus apanya ? Yang benar aja Pak.
        Kalau sempat beri saya kritik dan saran di blog saya. tentu akan sangat bermanfaat.
        Terima kasih Pak telah mampir di tempat saya.

        Wasalamu’alaikum.

  760. suswanto hanes Says:

    assalamualaikum pak sjafri……
    pak, saya akan membuktikan semua yang di katakan orang2 sukses, termasuk kata2 bapak….

    bapak punya pesan atau saran buat saya gak pak..????


    1. mas suswanto….semoga….berbuat kebajikan nan bijak…..amiiin….

  761. jr Says:

    Terima kasih banyak pak atas data-datanya.,

  762. Nugraha Winasis Says:

    Sebelumnya terima kasih pak, sudah membantu saya dalam hal mengumpulkan bahan untuk membuat artikel.

    Terima kasih ya pak!

  763. bony Says:

    bung sjafri,udah lama aq ga bercuap-cuap diblog ini…bung, aq mau tanya nih,,bung sjafri tau ga tempat download jurnal yang gratis,,soalnya aq mau nulis nih tapi literatur sangat terbatas…jadi aq mau dukung dengan jurnal,,tapi uda search sana sini yang adanya banyak berbayar….judulq tentang “pengaruh adversity quotient dan budaya kerja terhadap prestasi kerja”

    kalau bisa tolong kabari aq via email ya orychalum@yahoo.com

    ditunggu kabar baiknya..dan semoga Allah membalas kebaikan bung sjafri berlipat ganda…

    keep success bung…


    1. bung bony…sudah saya balas via email anda….

  764. imran Says:

    Assalaamualaikum Pak Prof……saya sangat berterima kasih atas article yang saya ambil dari Blog Prof. mdh2an Allah akan berikan balasanNya pada Prof : panjang umur, sehatkan badan, terus berkarya…dan rajin ibadah …….Amin Ya Rabb

    note : kalo ada article tentang efektifitas organisasi mhn di bagi Prof……..


    1. waalaikumsalam…sukurlah bung imran…semoga bermanfaat…semoga anda juga sukses dan sehat selalu…tentang artikel yg anda maksud….insya allah

  765. Achmad Kurniawan Says:

    Terima Kasih Pak…

    saya dapat ilham dari tulisan bapak buat ngerjain tugas saya (etika bisnis).

    Achmad K
    Mahasiswa MB-IPB angk. R41


    1. sukurlah bung achmad….semoga sukses ya….


  766. Bapak Syafri yang baik, semoga bapak selalu dalam keadaan sehat selalu…, walaupun saya sangat terlambat dalam menelusuri blok ini, tetapi sekali saja membacanya ingin keterusan menjelajahinya, karena sesuai dengan posisi kerja saya sebagai seorang SPV. Personalia (HRD), walaupun bidang akademik saya berbeda seorang Mnj. Informatika…, salam kenal dari saya dan semoga materi-materinya selalu bertambah khususnya di bidang MSDM….tx.


    1. trims mas syukri….salam kenal juga….semoga anda sukses selalu…

  767. yunita Says:

    Apa kabar pak?masih ingat Yunita?
    sudah lama sekali tidak bertemu dan berkomunikasi dg Bapak…semoga Bapak sehat selalu
    saya mau memberitahu kalau saya sudah diangkat menjadi karyawan tetap di BNI awal Agustus kemarin..
    pekerjaan saya sekarang belum sesuai dengan bidang pendidikan yang saya minati, yaitu SDM..
    pekerjaan saya lebih mengarah pada research and development.
    kebetulan saat ini saya ditugaskan di salah satu proyek besar BNI. salah satu rekan kerja saya merupakan anak bimbingan S2 Bu Aida pak..
    saya suka menanyakan keadaan Bapak dan keluarga melalui dia..
    ingin sekali rasanya meneruskan ke S2..namun saya masih mencari beasiswa untuk itu pak..
    mohon doa nya ya Pak..
    sukses untuk Bapak
    salam untuk Mba Ratih ya Pak..
    salam hangat selalu,,


    1. yuanita…tentu saja saya masih ingat anda…saya ikut gembira anda sudah diterima sebagai pegawai tetap…kalau toh anda tidak pada posisi sdm…saya yakin lulusan ipb selalu siap ditempatkan di posisi mana saja…asalkan tidak pernah berhenti belajar,tekun, dan fokus serta jujur tentunya….anda bisa kembangkan sebenarnya sisi riset ttg sdm dan msdm di divisi riset n development….btw saya gembira juga anda berminat melanjutkan studi ke jenjang s2….semoga mendapat beasiswa…dan sukses selalu…salam


  768. bisa tidak saya minta informasi brp jmlh dana yang di butuhkan jika mengadakan seminnar SQ, EQ, IQ??

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      maaf shinta…saya tidak berpengalaman mengadakan seminar seperti itu….

  769. Amri Anwar Says:

    Assalamu’alaykum,
    Wak Syafri, hatur nuhun sudah banyak berbagi ilmu. Semoga jadi amalan dunia dan akherat.
    Saya dulu di HR dan saat ini di PR yang kedua bidang kerja ini sangat butuh info atau artikel wisdom yang bisa bermanfaat untuk “disharing” kepada sesama.
    Jadi mungkin ada beberapa artikan uwak saya gunakan (bukan untuk komersial sama sekali) , boleh yaa Wak…?
    Hatur nuhun
    Wassalam

    aa’


    1. waalaikum salam…silakan amri..demi syiar…semoga bermanfaat….

  770. Hesty Asnita Says:

    pak sjafri…saya Hesty…mahasiswi Universitas Negeri Medan…mengambil jurusan pendidikan fisika.saya sedang menyusun skripsi.tapi ada masalah sedikit.kata fungsionaris di jurusan saya, untuk S1 tdk boleh meneliti ttg pendelatan pembelajaran,kara S1 bukan pakar,yg blh hrs yg setara S2.kira2 alasan nya apa ya pak…???saya sgt berharap bapak bersedia menjabarkannya dari segi pendekatan pembelajaran


    1. …hesty…saya sendiri tidak memahami mengapa anda tidak boleh meneliti ttg pendekatan pembelajaran….padahal itu fenomena umum yg biasa terjadi dalam kehidupan apapun khususnya di dunia akademik…yg membedakan dgn S2 adalah dari sisi luasnya lingkup masalah,tujuan dan kegunaannya, dan metode penelitiannya saja….hemat saya anda seharusnya boleh-boleh saja meneliti ttg pendekatan pembelajaran….

  771. unggulcenter Says:

    Halo pak Syafriii…. pakabar semoga sehat.. sampai jumpa di kopdar mancingnya pak hehe.. makasih atas invitasinya.

    saya yang kemaren pas mancing jilid II bawa pancingan sendiri dan kailnya dobel hehe.. besok2 ga bawa sendiri ah soalnya ikannya tau mana pancingan yang asing mana yang lokal hahaha

    1. sjafri mangkuprawira Says:

      halo juga unggul….jangan-jangan pancingannya terlalu mewah buat sang ikan….maklum ikannya belum mengglobal…oke selamat mancing nanti desember….

  772. yusrizalfirzal Says:

    ass… salam kenal pak.. lagi blogwalk nih… mampir ke blog bapak….
    saya admin http://yusrizalfirzal.wordpress.com/
    ditunggu ya kunjungan balasannya


    1. salam kenal juga bung yus..saya sudah mampir ke blog anda yg bagus itu…

  773. vitamins Says:

    pertama berkunjung kesini,blognya simpple
    dan cool..thanks ..saya tunggu postingan brunya..

    information-on-vitamin-and-supplements

  774. safa Says:

    salam kenal pak..terus terang pak…semenjak saya membuka blogger bapak hampir tiap hari saya baca tulisan2 bapak, pokoknya nggak akan pernah pindah ke lain hati deh……


    1. trims safa…namun agar bisa nambah variasi ilmu…anda pun bisa buka blog lainnya….

  775. arlina Says:

    Salam kenal Prof, artikel anda bagus simpel mudah difahami so pasti ada manfaatnya bagi yang membutuhkan, kunjungan saya ke blog anda memang ada hal-hal yang ingin saya ketahui….khususnya yang berkaitan dengan SDM…..Selamat berkarya terus ya Prof


    1. trims arlina telah berkunjung…semoga blog ini bermanfaat….

  776. Poltak H Silaban Says:

    SELAMAT MALAM ,,,!!! BAPAK YANG SELALU FIT & FRESH….DALAM MENGAJAR KAMI… SMOGA KARYAMU YG MEMOTIVASI, INSPIRATIF SELALU MENGALIR….SAYA INGAT KATA2 BAPAK DI KELAS…” JANGAN PELIT BERBAGI ILMU ” SEMOGA SUATU SAAT SAYA BISA MENGIKUTINYA…KIRANYA HIDUP INI BISA LEBIH BERMAKNA …….


    1. amiin….trims bung poltak….semoga anda sukses selalu….

  777. didit Says:

    assalamualaikum pa sjafri… saya posting ini tepat jam 2 malam, sy tidak bs tdr kemudian ingat ketika di kelas bapa mempersilahkan kami untuk mengunjungi blog bapa.. apa salahnya saya coba.. hee.. inspiratif sekali pa blognya,, walaupun baru baca sdkit.. hee

    saya coba baca lagi blog bapa dan tela’ah lagi lebih jauh.. siapa tau sy bisa menginspirasi orng jg seperti layaknya bapa.. hee..

    btw,, mobil bapa yg nabrak mobil orang tidak apa2 pa? jgn di marahi pa supir bapa.. sy engga tega ngeliat supir bapa..

    “salam super”


    1. trims didit telah mampir…semoga blog ini bermanfaat….dan anda pun akan buka blog…btw masalah senggolan mobil sudah terselesaikan dengan sangat baik…penuh pengertian…sementara sang supir karena punya kesalahan,lalu dia minta maaf…bagi saya kejadian itu tak perlu dipersoalkan menjadi lebar….yg sudah ya sudah…

  778. Nugroho Edi Wicaksono Says:

    Salam kenal pa Syafri.

    Pa saya suka dengan cara bpk mengajar yaitu, “non text book”. Dan bpk mengaplikasikan ilmu dengan kasus-kasus, menurut saya itu sangat baik sekali pak karena merangsang kreatifitas untuk selalu berpikir.

    Nah yang menjadi masalah, mohon maaf pa, masih saja ada dosen yang selalu mengajar selalu berpatokan pada text book.

    Bagaimana pa menghadapi dosen yang berperilaku demikian?

    Tampa mengurangi rasa hormat saya pa.Terima Kasih.


    1. ya nugroho…tiap dosen punya gaya mengajar masing-masing dengan kelemahan dan kekuatannya…ketika kita mengikuti pelajaran maka yg penting jangan terpengaruh oleh gaya ngajar yg kita kurang sukai…adaptasilah..karena kalau tidak, kita bakal terbenam pd ketidaksukaan kita…so fokus dan nikmati saja…biar efektif…..salam

  779. Dewi Kurnia Says:

    Assalamu’allaikum prof…salam kenal…
    Tulisan di blog ini sangat membantu kami dalam mencari referensi baik dalam melaksanakan tugas kuliah maupun pekerjaan, karena mudah dipahami dan terkait dengan “issue yang happening”…
    Terima kasih telah berbagi ilmu dengan kami,kami tunggu karya – karya berikutnya…


    1. trims mbak dewi…telah berkunjung…semoga bermanfaat