Apakah kita sebagai seorang pemimpin suatu bisnis? Kalau ya maka seandainya akan memengaruhi lingkungan khususnya subordinasi dan pasar, sekurang-kurangnya ada tiga unsur pokok yang harus dimiliki dan dikembangkan:

 

Ø Tujuan dan standar kinerja yang dikembangkan. Organisasi yang berhasil memiliki pemimpin yang menetapkan standar kinerja dan tujuan tinggi melalui beragam kegiatan seperti perumusan strategi matang, kepemimpinan pasar, perencanaan, rapat-rapat dan presentasi, berorientasi pada produktifitas, mutu, dan keandalan;

Ø Nilai-nilai yang dikembangkan yang merefleksikan kepedulian atau perhatian terhadap karyawan, pelanggan, pemegang saham, penjual, dan masyarakat sekitar. Nilai-nilai ini menggambarkan ciri bagaimana proses bisnis dijalankan dengan layak finansial dan ekonomi.

Ø Memiliki konsep bisnis dan orang-orang. Konsep menggambarkan barang dan jasa apa yang perusahaan tawarkan dan apa metode dan prosedur yang digunakan dalam melaksanakan bisnis. Tentu saja perusahaan memiliki program pengembangan sumberdaya manusia karyawannya.

 

Tujuan, nilai-nilai, dan konsep mencerminkan perusahaan memiliki semacam merek atau cap yang disebut ”kepribadian”. Untuk itu bagaimana perusahaan perlu terus menerus diamati baik oleh pemangku kepentingan internal maupun eksternal. Gunanya untuk selalu memperbaiki kinerjanya termasuk perluasan segmen pasar. ”Kepribadian” itu tergambarkan dalam wujud peranan, hubungan, penghargaan, dan tatacara. 

About these ads