Mengapa pembelajaran dapat mengalami kegagalan? Antara lain unsur penyebabnya adalah tidak diterapkannya prinsip-prinsip pemebelajaran. Tiap proses belajar memiliki prinsip-prinsip tertentu. Gunanya adalah agar peserta belajar dapat mengikuti proses belajar sedemikian rupa sehingga mampu mencapai manfaat belajar yang maksimum. Belajar tidak selalu dalam kelas secara terstruktur. Karyawan yang sedang bekerja dan berkomunikasi dengan atasan dan yang setara pun  merupakan suatu proses belajar.  Sebagai manajer, dia pertama kali harus menjelaskan pada karyawan tentang prinsip-prinsip belajar:

1.    Para karyawan belajar bekerja dengan cara mengerjakannya,

2.    Para karyawan belajar bekerja untuk apa yang mereka kerjakan dan tidak untuk  sesuatu yang lain,

3.    Tanpa membaca, kegiatan belajar akan tidak efisien dan cenderung merugikan,

4.    Tanpa motivasi tidak ada yang dapat dipelajari sama sekali,

5.    Agar  kegiatan belajar tercapai secara efektif, semua respon belajar harus segera dikembangkan, tidak diabaikan,

6.    Muatan pelajaran yang bermakna menghasilkan kegiatan belajar yang lebih baik dan bertahan lebih lama dan sebaliknya kalau muatan yang kurang bermakna,

7.    Agar proses pengalihan belajar  tercapai maksimum, setiap respon harus dipelajari dengan cara bagaimana respon itu akan dimanfaatkan,

8.    Respon tiap orang akan beragam sesuai dengan bagaimana orang tersebut memandang situasi,

9.    Suatu respon individu akan beragam sesuai dengan atmosphir kegiatan belajar.

           Lalu apa tugas seorang manajer dalam pembelajaran? Tidak dapatdipungkiri dunia bisnis dalam era global ini dihadapkan pada proses perubahan yang begitu cepat dan rumit. Untuk itu kebutuhan akan perubahan yang dinamis dalam berbagai hal seperti visi, misi, tujuan dan sistem berpikir menjadi hal  pokok yang harus dimiliki perusahaan. Dalam konteks organisasi belajar, setiap individu organisasi bisnis harus memiliki komitmen dan kapasitas untuk belajar pada setiap tingkat apapun dalam perusahaannya. Dengan kata lain setiap pekerjaan harus mengandung unsur pembelajaran yang semakin aktif. Sebagai manajer, dia bersama karyawan seharusnya terdorong untuk selalu melakukan kajian dengan menghasilkan gagasan-gagasan baru dan mengkontribusikannya pada perusahaan.

          Sikap manajer yang mungkin selama ini begitu toleran terhadap setiap kesalahan karyawan manajer patut diubah. Manajer harus mengambil posisi untuk mencegah terjadinya resiko besar dari suatu kesalahan kerja. Memang suatu ke berhasilan biasanya didasarkan pada kegagalan yang pernah dialaminya. Namun manajer harus mengevaluasi setiap kegagalan dan melakukan evaluasi diri. Fungsi manajer adalah lebih sebagai peneliti dan sekaligus perancang ketimbang hanya sebagai penyelia. Dalam hal ini manajer harus mendorong para karyawan untuk menciptakan gagasan baru, sekecil apapun, dan mengkomunikasikan gagasan-gagasan tersebut ke karyawan lain. Selain itu hendaknya manajer mendorong karyawan untuk mengerti keseluruhan pekerjaan dan permasalahannya, membangun visi kolektif dan bekerja bersama mencapai tujuan perusahaan.  

About these ads