April mop ? Bukan ! Saya tidak mengenal tradisi itu. Tetapi, 1 April (2006) kemarin alhadulillah setelah menunggu sekitar empat tahun, akhirnya program Doktor Manajemen Bisnis IPB resmi diluncurkan di Jakarta bersamaan dengan pengelepasan lulusan Magister Manajemen Agribisnis (MMA) IPB. Tidak tanggung-tanggung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga alumni IPB dan beberapa menteri hadir. SBY memberi kuliah umum, khususnya bagi para mahasiswa Program Doktor Manajemen Bisnis.

Program Doktor Manajemen Bisnis IPB lahir tidak tiba-tiba. Itu sudah dipertimbangkan masak-masak dan terencana, baik dari sisi perspektif internal (ketersediaan sumber daya manusia, fasilitas dan kurikulum mutakhir) maupun perspektif eksternal (persaingan global, pembangunan nasional. permintaan pasar, dan IPTEK) sejak empat tahun lalu. Saya sendiri, lebih kurang lima tahun lalu pernah mengirim surat kepada Direktur Program MMA IPB untuk menelaah kemungkinan dibukanya program Doktor. Kemudian dua setengah tahun yang lalu dalam orasi saya sebagai Guru besar, saya menyampaikan agar program doktor dapat segera diwujudkan. Juga pada waktu yang sampir bersamaan diadakan diskusi hasisl studi kelayakan program doktor manajemen bisnis di tingkat IPB. Hasilnya, IPB menilai program ini layak segera diadakan. Lalu promosi lewat media cetak dan kunjungan ke berbagai instatnsi pun diadakan secara intensif.

Ternyata peminat untuk mengikuti program ini relataif besar. Ada sekitar seratus orang yang mendaftar. Setelah seleksi awal, sebanyak 64 orang kemudian diseleksi lanjut melalui penskoran prestasi akademik dan wawancara. dari hasil wawancara, kemudian diputuskan sejumlah 24 orang diterima sebagai mahasiswa angkatan pertama yang diluncurkan tanggal 1 April 2006 yang lalu. Selamat, semoga sukses dalam menambah ilmu. Alhamdulillah, impian saya terkabul.

Berkatalah orang-orang yang dianugerahi ilmu : “Kecelakaan besarlah bagimu, pahala Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, dan tidak diperorleh pahala itu, kecuali oleh orang-orang yang sabar” (Al-Qashash : 80). (03.04.06).

About these ads